10 Rekomendasi Pariwisata di Palembang dan Pilihan Hotel Terbaik di Palembang, buat kamu yang ingin berlibur ke kota Pempek (2018)

10 Rekomendasi Pariwisata di Palembang dan Pilihan Hotel Terbaik di Palembang, buat kamu yang ingin berlibur ke kota Pempek (2018)

Kamu berencana berlibur ke Palembang, untuk pertama kali atau beberapa kali namun hanya singgah saja? Ada beberapa pilihan destinasi di Palembang yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu dan keluarga ketika memutuskan liburan ke kota Pempek ini. Simak ya pilihan dari BP-Guide berikut ini.

Palembang adalah Salah Satu Kota Terbesar di Indonesia

Sumber gambar palembang-tourism.com

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan. Sebagai kota terbesar kedua setelah Medan di Pulau Sumatra, masyarakat Palembang tetap mengutamakan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan keharmonisan antara semua masyarakat, baik luar maupun asli Palembang. Wong kito galo seakan sudah menjadi tagline masyarakat Palembang, yang berarti 'orang kita semua'. Karena sudah menjadi kota besar kedua, pembangunan di Palembang tentunya ikut mengalami kemajuan. Begitu pula dengan destinasi wisatanya.

Hotel Terbaik di Palembang yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar tanah-palembang.com

Berkunjung ke suatu daerah untuk berwisata, tentunya membutuhkan tempat untuk menginap. Di Palembang, kamu tidak perlu khawatir masalah satu ini. Kota yang telah dipercaya sebagai ajang olahraga ini memiliki beraneka ragam pilihan hotel lengkap dengan segala fasilitasnya. Sebelum kamu menentukan destinasi hotelmu, ada baiknya kamu menilik tips-tips yang sudah BP-guide rangkum ini ya!

1) Sesuaikan antara kebutuhan dan anggaranmu, yang tentunya hal itu akan berpengaruh pada lokasi dan tingkat keamanannya.
2) Untuk mendapatkan harga semurah mungkin, ada baiknya kamu mencoba tips last minutes hotel. Mengapa? Karena di saat tersebut biasanya hotel akan membuka harga murah agar kamar tetap terisi.
3) Jika membawa anak-anak, cari tahu lebih dulu kebijakan hotel yang akan kamu huni. Mencari hotel dengan kamar mandi dilengkapi bathtub akan memudahkanmu. Nah, hotel-hotel di bawah ini bisa kamu jadikan referensi ya.

Novotel Palembang

Sumber gambar www.agoda.com

Hotel ini terletak di samping Palembang Trade Center. Desain bangunannya tampak seperti benteng dengan arsitektur keren. Cukup banyak fasilitas yang ditawarkan hotel ini, seperti mini bar, TV satelit, juga kamar mandi luas lengkap dengan toiletries. Banyak pula fasilitas bersama yang pastinya akan melengkapi liburanmu, seperti pusat kebugaran, kolam renang, kedai kopi, dan restoran. Meskipun tergolong bangunan tua, Novotel jauh lho dari kesan kuno ataupun jadul. Pepohonan di halamannya menjadikan suasana hotel ini semakin nyaman. Kisaran harga per malam hotel ini adalah Rp 813.000 sampai dengan Rp 960.000. Bisa juga pesan online seperti di Agoda ya.

Hotel Aryaduta Palembang

Sumber gambar www.traveloka.com

Konsep kehangatan dan keramahan sangat tercermin dalam layanan hotel ini. Hotel yang terletak berdampingan dengan Palembang Square Mall ini berdiri sejak tahun 1976 dan menyediakan total 174 kamar. Terkenal sebagai hotel yang memiliki lokasi baik karena dekat dengan berbagai titik penting, seperti Stasiun Kertapati, Palembang Icon, Jembatan Ampera, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin. Hotel berbintang 5 ini dihiasi perabotan bergaya klasik dengan fasilitas TV kabel, kulkas, dan coffee maker. Berbagai fasilitas umum lainnya juga bisa kamu dapatkan di hotel yang per malamnya dibanderol mulai harga Rp 832.883 ini.

Aston Palembang Hotel & Convention Center

Sumber gambar www.agoda.com

Jika kamu mencari penginapan dengan fasilitas premium untuk wisata di Palembang, inilah pilihannya. Bagaimana tidak? Hotel dengan interior klasik yang menyediakan 163 kamar ini memiliki berbagai fasilitas menggiurkan. Selain lokasi yang strategis, Aston Hotel menawarkan berbagai nilai plus, seperti kenyamanan yang tiada duanya, sarapan yang bervariasi dan berganti setiap hari, banyak musala, pelayanan ramah, dan lahan parkir luas. Untuk menginap di sini, kamu perlu menyiapkan anggaran mulai dari Rp 754.040.

The Arista Hotel Palembang

Sumber gambar www.wego.co.id

Arista Hotel terletak di Ilir Barat, yang menjadi titik awal wisata kamu di Palembang. Lokasi ini strategis karena berada di kawasan bisnis yang berjarak beberapa menit berkendara dari Stadion Jakabaring. Selain fasilitas standar yang diberikan kelas hotel bintang lima, hotel ini juga memberikan iming-iming berupa fasilitas rekreasi, seperti sauna dan pijat yang pastinya menghilangkan letihmu. Staf yang selalu siaga pula untuk memandumu. Dengan harga mulai Rp 1.157.057, tentu kamar yang kamu dapat tidak akan mengecewakan.

Horison Ultima Palembang Hotel

Sumber gambar www.infohotel.co

Bagi kamu yang menginginkan suasana tempat menginap yang tenang dan harmonis, Horison Ultima Palembang bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Hotel yang menyediakan 175 kamar ini menawarkan berbagai pilihan fasilitas rekreasi. Jenis pelayanan yang benar-benar bergengsi dan kamu akan merasakan liburan yang sesungguhnya. Terletak hanya 10 menit dari Jembatan Ampera dan berbagai mal, menjadikan kamu tidak perlu mengkhawatirkan akses. Harga yang ditawarkan juga cukup murah lho. Dengan menyiapkan anggaran mulai dari Rp 541.800, kamu bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang membuat fresh.

Rekomendasi Pariwisata Palembang yang Bisa Dijadikan Pilihan

Tidak hanya sumber daya alam, kekayaan Indonesia juga meliputi pesona wisatanya. Hampir semua pulau di Indonesia memiliki kawasan atau kota yang bagus untuk melepas penat dan menjadi objek foto. Salah satunya Palembang.

Di sana, terbentang sungai besar yang bisa diarungi dengan perahu getek. Juga kita bisa menikmati indahnya Jembatan Ampera pada malam hari. BP-Guide akan mengupas tuntas rekomendasi tempat-tempat wisata di Palembang. Simak ya!

Jembatan Ampera

Sumber gambar id.wikipedia.org

Awalnya, jembatan ini diberi nama Jembatan Bung Karno yang diresmikan tahun 1965 dan saat itu menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Pada tahun 1966 berubah nama menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat) yang saat itu tengah kuatnya gerakan anti Bung Karno. Landmark Kota Palembang ini menghubungkan dua bagian kota, yakni ulu dan ilir.

Tentu kurang sah apabila kamu berwisata ke Palembang tetapi tidak mengunjungi jembatan sepanjang 1.177 meter ini dan berfoto di sana. Kamu bisa melihat keindahan Sungai Musi yang membentang luas dari jembatan ini. Perubahan antara jembatan dulu dan yang sekarang ada pada dua bandul seberat 500 ton. Dua bandul tersebut dihilangkan karena dikhawatirkan jatuh dan melukai pengunjung.

Sungai Musi

Sungai terpanjang di Pulau Sumatra ini merupakan sarana transportasi utama masyarakat Palembang. Jika kamu berwisata ke Palembang, kamu bisa mengunjungi Pelabuhan Boom Baru dan Museum Sultan Badaruddin II di tepi Sungai Musi. Kamu dapat menikmati semilir angin dan indahnya sungai tersebut dengan menyewa perahu yang terletak di Benteng Kuto Besak. Kamu akan disuguhkan pemandangan luar biasa berupa rumah-rumah apung. Lebih seru lagi kalau kamu datang ke sini pada saat acara festival air Sungai Musi. Banyak acara yang digelar, seperti perlombaan perahu, kontes menghias perahu, dan lomba menyeberang sungai.

Pulau Kemaro

Sumber gambar www.otonomi.co.id

Tempat wisata lainnya adalah Pulau Kemaro. Serupa dengan Pulau Samosir di Danau Toba, Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi. Arti dari nama tersebut adalah pulau yang tidak pernah tergenang air. Ketika air sungai pasang, pulau tersebut tetap terlihat terapung-apung di atas sungai. Daya tarik dari salah satu destinasi wisata Palembang ini adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah pulau. Juga terdapat Klenteng Kuan Im dan makan Tan Bun An. Ada satu mitos yang dipercaya dari Pulau Kemaro. Di sana tumbuh pohon beringin yang sudah cukup tua dengan ranting yang begitu rimbun. Pohon itu disebut pohon cinta. Konon, apabila kamu menuliskan namamu dan pasangan, cinta kalian akan abadi. Coba datang dan buktikan sendiri ya!

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Sumber gambar www.yukpiknik.com

Destinasi wisata di Palembang satu ini tergolong sebagai wisata hutan kota. Delapan puluh persen area Hutan Punti Kayu merupakan lahan konservasi yang masih sangat terjaga. Hutan ini dibuka dari Senin sampai dengan Jumat pukul 09.00-17.00. Harga tiket masuknya juga murah, cukup Rp 10.000. Hutan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lho, seperti musala, gazebo, area bermain anak, kebun binatang mini, dan outbond.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak yang terletak di sisi Jembatan Ampera ini selesai dibangun pada 21 Februari 1797 M yang awalnya berfungsi untuk melindungi Keraton Kuto Baru dan Keraton Kuto Lama. Bangunan ini memang cocok untuk dijadikan destinasi wisata favorit di Palembang karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Keindahan matahari tenggelam sangat menawan untuk dinikmati dari tempat ini, dilengkapi jajaran banyak pedagang di sepanjang bangunan. Saat senja beranjak, pemandangan akan digantikan dengan lampu warna-warni yang berasal dari Jembatan Ampera.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan masjid paling megah di Palembang, memiliki arsitektur perpaduan antara Indonesia, Cina, dan Eropa. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah adanya ukiran khas Palembang yang disebut dengan Lekeur. Arsitektur bergaya Eropa tampak pada pintu masuk di gedung baru yang besar dan tinggi, sedangkan arsitektur Cina, ada pada masjid utama dan bagian menaranya yang terlihat mirip kelenteng. Masjid yang menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang ini terletak Kelurahan 19 Ilir, Ilir Barat I yang berhadapan dengan Bundaran Air Mancur yang menjadi titik nol kilometer Kota Palembang. Jika kamu mampir ke masjid ini, kamu bisa juga sekalian berfoto dan menikmati air mancur di sore hari. Tingginya nilai histori masjid ini terlihat dari fungsinya, yang dulu menjadi pusat komando pejuang Republik Indonesia. Masjid ini seolah menjadi saksi bagaimana perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda.

Taman Kambang Iwak

Sumber gambar www.1001wisata.com

Sesuai namanya, Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang di bagian tengahnya terdapat kolam ikan, dan dipercantik dengan air mancur. Awal mula dibangun untuk keturunan Belanda, selain sebagai taman tempat olahraga, bagian tengahnya berfungsi untuk menampung luapan air hujan. Tempat ini wajib kamu agendakan ya saat berwisata ke Palembang. Di sini, kamu bisa berkumpul bersama sambil menikmati suasana sekeliling. Kamu juga bisa lari sore di sini karena sudah ada fasilitas jogging track. Tidak perlu khawatir kehausan karena di sini sudah disediakan air minum gratis lho.

Gelora Sriwijaya

Sumber gambar id.wikipedia.org

Stadion yang juga dikenal dengan Stadion Jakabaring ini terletak di dalam Kompleks Olahraga Jakabaring. Stadion kebanggaan warga Palembang ini mampu menampung hingga 40.000 penonton. Bahkan, 2011 lalu, stadion ini dipakai sebagai salah satu tempat pelaksanaan SEA Games lho. Meskipun sedang tidak ada pertandingan, kamu tetap bisa menikmati sekelilingnya kok.

Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang merupakan salah satu destinasi wisata di Palembang yang sering dikunjungi masyarakat di akhir pekan. Air terjun setinggi 40 meter memang layak untuk dinikmati. Sebab, menawarkan keindahan alam dengan aliran sungai jernih di bawahnya. Bunyi derasnya air terjun dan burung-burung berkicauan yang bersahut-sahutan pastinya akan membuat kamu akan betah berlama-lama di sana.

Masjid Cheng Ho

Sumber gambar www.pergiberwisata.com

Masjid dengan nama resmi Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya ini terletak di kawasan 15 Ulu. Pembangunan Masjid bernuansa Muslim Tionghoa ini diprakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia di sekitar Palembang. Kamu bisa menikmati bagaimana perpaduan budaya antara Melayu, Muslim, dan Tionghoa yang pastinya akan membuat kamu semakin mencintai Indonesia. Destinasi wisata religi seperti ini cocok kamu kunjungi saat jeda siang. Kamu bisa salat sambil beristirahat sebelum melanjutkan wisata dan makan siang.

From our editorial team

Hindari dehidrasi ketika kamu sedang berwisata di kota Pempek

Palembang terkenal dengan kota-nya yang panas karena termasuk kota yang dekat dengan garis khatulistiwa. Selain itu karena terletak di dataran rendah jadi semakin menambah panas saja. Untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di kota milik wong kito galo ini memang menyenangkan, karena terdapat beberapa pilihan. Namun jangan lupa untuk membawa botol air minum kemanapun kamu pergi, supaya mencegah dehidrasi. Bisa juga sih kamu membeli minuman yang dijual di pinggir-pinggir jalan sambil menikmati kuliner khasnya.

Tag