Tampil Stylish dengan 5 Merek Jam Tangan yang Ngetren di Tahun 2018 Berikut Ini

Tampil Stylish dengan 5 Merek Jam Tangan yang Ngetren di Tahun 2018 Berikut Ini

Sumber gambar theidleman.com

Selain fungsinya sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga dipilih sebagai aksesori simpel yang menghadirkan berbagai macam kesan. Mulai dari kasual hingga mewah nan berkelas, jam tangan hadir dalam beragam material juga desain untuk melengkapi penampilan. Seiring perkembangan zaman, berbagai macam model dan tipe jam tangan bermunculan. Berikut tren jam tangan di tahun 2018 yang mewarnai penampilan.

Jam Tangan Menjadi Salah Satu Aksesori Andalan para Pria dan Wanita untuk Tampil Stylish

Sumber gambar cheatsheet.com

Sebagian orang memang sudah ada yang memutuskan untuk nggak menggunakan jam tangan, setelah merasa gadget seolah sudah tak bisa lepas lagi dari tangan mereka.

Sah-sah saja, sih. Namun, sebenarnya selain fungsi penunjuk waktu, jam tangan tetap punya fungsi penting untuk mendukung penampilan sampai kapan pun. Dengan menggunakan jam tangan, karakter kepribadian yang menghargai waktu akan terpancar dalam diri seseorang.

Berbagai Tren Model Jam Tangan yang Keren

Sumber gambar gearpatrol.com

Desain jam tangan memang kian beragam. Dari tahun ke tahun ada saja model jam tangan terbaru, sementara desain klasik akan tetap abadi. Untuk kamu yang suka tampil up-to-date, tren jam tangan 2018 berikut ini bisa kamu jadikan acuan untuk penampilanmu di berbagai kesempatan.

Nato Strap

Sumber gambar gearpatrol.com

Dengan jam tangan bejenis nato strap, penampilanmu akan terlihat muda dan lebih kasual. Jam tangan dengan nato strap saat ini pun cocok dan sedang ngetren dipadukan dengan busana kasual maupun busana kerja berselera muda. Tali nato yang umumnya berbahan nilon ini juga relatif mudah pemasangannya.

Kayu

Sumber gambar treehut.co

Jam tangan dengan desain yang unik? Salah satunya ya jam tangan dengan material kayu. Memang awalnya agak jarang dibandingkan jam tangan dengan material plastik atau logam. Namun, ternyata tren jam tangan 2018 bergeser. Makin banyak merek yang melirik bahan kayu dengan kualitas terbaik. Hasilnya, selain unik, kreatif, penampilan juga semakin trendi.

Kalau kamu berminat dengan jam tangan yang unik dan berselera muda, kamu beruntung karena untuk mendapatkannya nggak harus jauh-jauh. Jam tangan kayu banyak didesain dan diproduksi dengan teknik handmade oleh orang-orang kreatif dari Indonesia sendiri.

Menggunakan jam tangan kayu buatan mereka bukan hanya mengangkat kehidupan pengrajin kita saja. Tapi yang nggak kalah penting, kita pun mengangkat merek negeri sendiri yang sebenarnya, mungkin lebih dulu didengar gaungnya oleh negara luar?

Nah, pertanyaannya, apa saja merek jam tangan yang menggunakan kayu sebagai material? Jawabannya bisa kita lihat seperti di bawah ini.

  • Matoa
    Dengan teknik handmade, merek Matoa bisa dibilang sebagai produsen jam tangan kayu yang paling sukses. Selain menggunakan material kayu pilihan yang memang sudah dipercaya, jam tangan Matoa sangat unik. Karena keseluruhan jam, kecuali kaca depan, menggunakan material kayu. Termasuk bagian strap. Indonesia patut berbangga dengan kemampuan tenaga terampil dan desainer jam tangan yang sangat kreatif. Keunikan jam tangan Matoa bahkan sudah mencuri perhatian penggemar jam tangan di berbagai negara. Sedikitnya, Matoa berhasil menjual produknya ke 9 negara selain di Indonesia sendiri, lho! Bahan kayu yang menjadi pilihan Matoa di antaranya adalah kayu maple kanada, kayu jati sungkai, dan kayu sonokeling (rosewood).
  • Woodka
    Selain unik, image kreatif dan inovatif khas anak muda yang bersemangat akan kamu dapatkan dengan menggunakan jam tangan Woodka. Agak berbeda dari Matoa, jam tangan Woodka memilih material kain atau kulit handmade untuk strap, yang nantinya bisa diganti kapan saja sesuai selera dan busana yang kamu kenakan. Sekadar info, jam tangan Woodka sendiri banyak diminati di Afrika Selatan.
  • Zwagerry
    Yang menarik dari merek yang satu ini adalah bahan kayu yang digunakan adalah kayu ulin pilihan. Kualitas kekuatannya menjadikan jam tangan ini dipercaya kuat, tidak mudah terpengaruh oleh serangan rayap dan kelembapan udara yang mengubah kondisi sebagian kayu berkualitas kurang bagus. Jadi, sepertinya jam tangan handmade Zwagerry cocok untuk menemani aktivitasmu yang padat dan sering bepergian ke berbagai kota.
  • NR Bowties
    Eksplorasi bahan kayu untuk produksi jam tangan yang keren nggak hanya sampai di situ saja. Hal ini dibuktikan oleh brand NR Bowties yang juga memproduksi dasi kupu-kupu handmade dari kayu. Harga produknya juga termasuk lebih murah dibandingkan brand lain yang sama-sama memproduksi jam tangan kayu handmade. Tapi bukan berarti desainnya tidak keren, lho.

Silver

Sumber gambar linksoflondon.com

Jam tangan dengan tampilan warna silver merupakan pilihan yang lebih netral karena lebih cocok untuk digunakan untuk berbagai kesempatan yang menuntut penampilan yang resmi. Berbeda dengan jam tangan berwarna-warni cerah, dengan jam tangan berwarna silver yang berdesain feminin atau maskulin maka kamu dengan tenang bisa memadukannya dengan busana resmi ke kantor atau menghadiri pesta.

Menghadirkan selera klasik yang juga modern, jam tangan silver masih merupakan bagian dari tren jam tangan 2018. Mungkin kamu masih ingat jam tangan Alba? Merek jam tangan yang masih merupakan bagian dari Seiko-Jepang ini sangat mewakili selera generasi muda yang menyukai selera klasik.

Coba saja perhatikan desainnya, yang keren, klasik, namun juga simpel dan nyaman di pergelangan. Selain desainnya enak dilihat, jam tangan Alba juga dilengkapi dengan mesin yang berkualitas.

Kulit

Sumber gambar popovleather.com

Bahan kulit mungkin sudah lazim kita temukan sebagai strap jam tangan. Untuk kamu yang sedang mencari jam tangan yang lebih dari sekadar trendi tetapi juga sangat berkualitas, kamu perlu tahu cara menilai tali jam kulit yang oke.

  • Pertama, tentu dari coraknya. Dengan melihatnya secara sekilas, lalu mengamat-amatinya, pilih corak kulit yang paling mendekati seleramu! Tren jam tangan 2018 lebih cenderung pada corak yang eksotis. Dan corak ini umumnya mengusung tali jam dari bahan kulit organik, alias yang asli. Seperti strap jam tangan dari kulit sapi, kulit ikan, sekaligus kulit ular yang sudah lebih dulu nge-tren. Jika tidak? Ya, nggak masalah juga, sih. Karena organik atau pun tidak, tali kulit yang bagus yaitu yang tahan lama.
  • Karena ‘musuh’ tali jam kulit organik adalah jamur dan kondisi cuaca, atau tepatnya kelembapan, merawatnya cukup dengan niat dan sedikit ketelatenan. Jika terpaksa terkena air, seperti karena kehujanan, jangan lupa lepas jam tangan dan angin-anginkan setelah melapnya dengan kain kering yang lembut.
  • Hindari pula dari paparan panas. Selebihnya, mengoleskan lotion akan membuat tali jam lebih awet, termasuk menjaga tekstur seperti baru. Sepertinya bukan hal yang sulit.

Tali Resin

Sumber gambar amazon.com

Lain tali jam berbahan kulit, lain pula tali jam berbahan resin. Termasuk dalam tren jam tangan 2018, tali resin tetap memiliki kelebihan, dong.

Kalau bagi sebagian orang strap jam tangan berbahan resin berkesan kurang elegan, bagi sebagian yang lain justru berkesan menarik, sporty dan lebih fleksibel. Cocok untuk kamu yang suka berpenampilan kasual, atau aktif di kegiatan lapangan, termasuk untuk aktivitas yang sering berhubungan dengan air.

Campuran plastik dan karet pada strap jam tangan biasanya nggak membutuhkan perawatan rumit. Selain lebih tahan terhadap cuaca atau suhu udara, membersihkannya juga lebih mudah karena kamu bisa mencucinya dengan air mengalir. Kena keringat setiap hari pun tidak masalah.

Chronograph

Sumber gambar indiamart.com

Jam tangan chronograph masih menjadi tren jam tangan 2018. Ya, di balik modelnya yang berkesan sangat techy, fungsi jam tangan ini memang dilengkapi dengan chronometer untuk mengukur waktu secara akurat.

Chronograph sendiri berasal dari kata chrono yang berarti "waktu", dan graph yang berarti "grafik atau gambar". Jam tangan chronograph tentu saja dilengkapi dengan chronometer, yang berfungsi mengukur dan mencatat waktu secara akurat.

Awalnya jam tangan chronograph banyak digunakan oleh tentara militer untuk mengestimasi waktu dalam kegiatan operasi militer. Namun, jam tangan ini juga dipergunakan oleh penyelam, pilot, dan siapa saja yang membutuhkan stopwatch sebagai pengukur waktu, misalnya atlet.

Ana-Dig

Sumber gambar jakartanotebook.com

Ana-Dig alias analog digital menghadirkan jam tangan dengan mode analog dan juga digital. Dengan dua display jam yang bisa kamu aktifkan sekaligus, jam tangan ana-dig termasuk jam tangan dengan tampilan yang mewah.

Baik tampilan digital maupun analog sebenarnya sama saja. Tinggal bagaimana selera penggunanya saja. Namun, biasanya mode analog akan menghadirkan tampilan yang mewah dan berkelas, sementara mode digital pada jam tangan ana-dig menghadirkan tampilan yang lebih praktis dan fungsional dengan display jam, menit, dan detik serta tanggal.

Umumnya jam tangan ana-dig bukan hanya berdesain keren. Tapi juga waterproof dan dilengkapi fitur-fitur lain, seperti lampu LED untuk digunakan saat keadaan gelap, fitur kalender, bahkan nggak ketinggalan kalkulator dan GPS.

Gold

Sumber gambar dhgate.com

Mungkin kamu yang nggak begitu suka dengan tampilan warna gold pada aksesoris seperti jam tangan. Citra yang dihadirkan memang mungkin sangat mewah, dan menggambarkan selera kaum yuppies alias young urban professionals a la 1980-an. Tapi jangan salah, ternyata banyak jam tangan dengan balutan warna gold yang berdesain keren dan masih termasuk tren pada 2018 ini.

Meskipun begitu, menggunakan jam tangan emas memang butuh keyakinan. Karena selain paduan busananya yang harus cocok, waktu menggunakannya juga bukan setiap saat, melainkan hanya pada kesempatan tertentu, seperti menghadiri pesta malam hari yang mewah, atau pesta resmi bersama partner bisnis.

Selain itu, tentu tanpa kecocokan dengan karakter penggunanya, jam tangan emas hanya akan menunjukkan kesan yang tanggung. Karakter yang cocok maksudnya adalah mereka yang berjiwa profesional, berselera tinggi dan memang gemar dengan penampilan mewah dan rapi.

Contoh brand jam tangan emas yang terkenal dengan desainnya yang keren antara lain Rolex dan Cartier. Desain brand ternama ini bukan hanya menghadirkan jam tangan berbalut emas kuning, tapi juga emas putih dan emas berwarna rose yang feminin, lembut dan yang jelas penampilannya kurang mencolok dibanding emas warna kuning.

Merek Jam Tangan yang Paling Digemari

Seiko

Sumber gambar www.zalora.co.id

Sebelum bermunculan berbagai model jam dinding dan jam tangan yang unyu-unyu, mungkin jam tangan yang kamu kenal berasal dari brand yang satu ini.

Well, tahukah kamu, perusahaan Seiko mulai didirikan pada tahun 1881 di Tokyo, Jepang, oleh seorang Jepang bernama Kintarō Hattori? Brand Seiko sendiri berasal dari produksi jam tangan pertamanya, yang ia beri nama Seikosha, yang berarti “rumah pengerjaan yang indah”. Di Tokyo itulah, Hattori mengembangkan produksi berbagai jenis jam, baik kinetik, chrono, dan quartz.

Nah, kalau kamu adalah salah satu pria penggemar jam tangan Seiko, rekomendasi kali ini adalah jam tangan Pria Seiko Chronograph-Silver-Strap Stainless Steel–SRW001P1. Jam ini dilengkapi fitur tahan air hingga kedalaman 100 meter.

Dengan diameter 43 mm dan ketebalan 11 mm, jam tangan pria ini menghadirkan citra maskulin sehingga penampilanmu akan keren di berbagai kesempatan penting. Dengan strap bermaterial stainless steel dan kaca hardlex crystal yang jernih dan halus sehingga penampilanmu senantiasa terlihat siap untuk berbagai kesempatan.

Jika kamu berminat mendapatkan jam tangan pria yang keren dan menghadirkan karakter yang muda dan menyukai tantangan ini, kamu bisa segera memesannya sekarang, melalui zalora.co.id. Jam tangan ini ditawarkan dengan harga Rp 2.414.000.

TAG Heuer

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tentunya brand jam tangan ternama juga menyediakan jam tangan khusus wanita dengan desain yang feminin, elegan dan berkelas. Salah satunya adalah jam tangan TAG Heuer Aquaracer 43mm.

TAG Heuer sendiri adalah brand keluaran Swiss, yang mulai didirikan pada 1860. Dan nama TAG Heuer sendiri merupakan gabungan dari “Techniques d’Avant Garde” dan nama belakang pendirinya, yaitu Edouard Heuer.

Tidaklah mengherankan jika TAG Heuer memiliki beragam desain produk yang keren dan digemari kalangan berkelas. Desainnya yang elegan dan nggak meragukan lagi sebenarnya adalah hasil pengalamannya bergelut di bidang desain dan pemasaran produk-produk seperti aksesoris mode dan kacamata, semenjak didirikannya di Swiss, yaitu pada tahun 1860.

Nah, rekomendasi untuk pria, kamu bisa memperoleh jam tangan Brand New TAG Heuer Aquaracer 43mm, asli dengan desain yang keren. Dengan strap berupa steel bracelet, jam tangan chrono ini dilengkapi dengan garansi selama 2 tahun. Kalau kamu berminat, kamu bisa segera memesan jam tangan Brand New TAG Heuer Aquaracer 43 mm di Bukalapak, dengan harga Rp 29.000.000.

Sementara untuk wanita tersedia juga jam tangan TAG Heuer Carrera WAR101A.FC6367. Jam tangan analog ini berkesan feminin dengan material titanium steel dan carbide coated fine strap warna hitam yang elegan.

Tak hanya itu, selain dilengkapi fitur tanggal dan tahan air hingga kedalaman 100 meter, jam tangan ini mengeluarkan Special Edition with Diamonds. Nah, untuk memperolehnya cukup mudah, karena untuk yang ini kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga Rp 94.900.790. Minat?

Omega

Sumber gambar www.bukalapak.com

Memang tak bisa disangkali jika Swiss terkenal sebagai negara produsen jam. Banyak perusahaan jam tangan telah didirikan di sana, sebagai wujud bahwa penduduk Swiss memang sangat menghargai waktu dan penampilan untuk berbagai urusan yang menjadi prioritas.

Salah satu brand ternama yang sudah lama menjadi brand kebanggaan Swiss adalah Omega. Didirikan pada 1848, rupanya brand Omega mempunyai track record yang membuat jam tangan ini semakin diminati masyarakat dunia.

Saking kerennya Omega digunakan oleh banyak orang terkenal di dunia. Di antaranya adalah John F. Kennedy, Elvis Presley, George Clooney dan termasuk Pangeran William.

Mungkin mengetahui kabar ini, kamu pun tertarik menggunakan brand Omega sebagai penunjang penampilanmu di tengah pergaulan? Kalau memang mampu, kenapa tidak? Dan berikut ini rekomendasi jam tangan Omega yang bisa kamu pilih.

Jam tangan Omega Speed Master Original. Jam tangan pria in bisa kamu dapatkan di Bukalapak, dengan harga Rp 62.000.000.

Swatch

Sumber gambar shop.swatch.com




Jam tangan Swatch SUOB702 Original ini berdiameter 3,9 cm dan dengan material strap berupa rubber. Jam tangan dengan pilihan warna hitam ini juga dilengkapi fitur water resist. Sangat cocok untuk kegiatan di lapangan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti berenang. Membeli jam tangan ini, kamu juga akan mendapatkan garansi resmi 1 tahun. Berminat? Jam tangan ini bisa kamu dapatkan di Bukalapak, dengan harga Rp 810.000.

Hublot

Sumber gambar www.ubuy.co.id

Brand jam tangan ini baru didirikan pada 1980. Meskipun usianya terbilang muda dibandingkan dengan brand jam tangan lainnya keluaran Eropa dan Jepang, tapi Hublot telah berhasil memasarkan produknya di seluruh dunia, di antaranya melalui butik yang dibuka, yang jumlahnya tak kurang dari 80 buah di seluruh dunia.

Seri yang pertama kali keluar adalah Hublot Classic fusion. Dengan diameter jam 33 cm, jam tangan analog dengan mesin chronograph ini dilengkapi dengan strap berbahan karet warna hitam. Hublot Classic Fusion bisa kamu dapatkan melalui Bukalapak, yang dijual dengan harga Rp 65.000.000.

Tak hanya itu, brand jam tangan ini juga mengeluarkan jam tangan dengan image maskulin, salah satunya adalah Hublot King Power Men's Chronograph Watch - 701.QX.0140.RX.

Jjam tangan analog ini memiliki diameter 48 mm. Material strap-nya terbuat dari karet. Terdapat pula fitur water resist hingga kedalaman 100 meter.

Jam tangan ini bisa kamu dapatkan di ubuy.co.id dengan harga yang akan membuatmu merogoh kantong cukup dalam, yaitu Rp 464.294.400. Nah, keputusan ada di tanganmu.

From our editorial team

Simpan dan Rawat Jam Tangan Sesuai Material

Perbedaan bahan di antara banyaknya jam tangan yang beredar di pasaran tentu membuat cara penyimpanan serta perawatan yang tidak sama. Kamu harus cermat dalam membersihkan jam tangan karena ini akan berpengaruh pada tampilan jam tangan yang dipakai. Perhatikan bahan dan pilih produk pembersih yang sesuai dengan material. Jika tidak sempat membersihkan sendiri, kamu bisa membawanya ke toko jam tangan dan membeli layanan pembersihan. Agar jam tangan tidak mudah tergores, sebaiknya simpan dalam wadah kering dan beri penyerap kelembapan agar tali jam tangan tidak mudah berjamur. Kamu bisa menyimpannya dalam kotak yang sudah tersedia atau menaruhnya dalam laci kaca khusus.