Butuh Dispenser Mini? Kami Punya 11 Rekomendasi dan Tips Cara Memilihnya (2022)

Butuh Dispenser Mini? Kami Punya 11 Rekomendasi dan Tips Cara Memilihnya (2022)

Dispenser merupakan salah satu peralatan elektronik, yang saat ini wajib ada di dalam rumah. Terdapat berbagai macam merek untuk dispenser mini yang digunakan di dalam rumah. Namun, sebelum membeli pastikan Anda mengetahui tips memilih dispenser mini terbaik di bawah ini. Berikut BP-Guide rekomendasikan dispenser terbaik yang bisa menjadi pilihan.

Saat dulu, dispenser merupakan peralatan elektronik yang hanya ada di kantor atau tempat umum. Namun, saat ini dispenser telah banyak ditemukan di rumah-rumah, dan mungkin menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib ada di rumah.

Dispenser saat ini telah tersedia dalam ukuran besar dan mini. Tetapi kebanyakan orang menggunakan dispenser mini untuk digunakan di dalam rumah. Dispenser mini ini telah menawarkan air dalam beberapa jenis, jika berdasarkan suhunya yaitu dispenser mini air normal dan panas serta dispenser air normal, panas, dan dingin.

Biasanya alasan orang-orang menggunakan dispenser mini di dalam rumah adalah karena praktis dan memudahkan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli dispenser mini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips memilih dispenser mini.

Hal ini dilakukan agar membeli dispenser mini tetap sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengetahui tips nya maka akan ada beberapa rekomendasi dispenser mini terbaik dari berbagai merek yang bisa menjadi pilihan untuk dibeli.

Tips Memilih Dispenser Mini Terbaik

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu dispenser mini dari merek tertentu, hal yang juga perlu diperhatikan adalah tips memilih dispenser mini terbaik. Ini dilakukan agar mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dispenser mini yang akan dibeli, sehingga sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips memilih dispenser mini terbaik.

Kapasitas dan Bahan Tangki atau Tabung Air

Dispenser dari berbagai merek yang ada di Indonesia telah memiliki kapasitas tangki airnya masing-masing. Pemilihan kapasitas tangki air ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila untuk pemakaian sendiri maka kapasitas tangki air satu liter sudah cukup. Namun, apabila digunakan oleh banyak orang misalnya untuk di kantor maka pilihlah dispenser mini dengan kapasitas hingga tiga liter.

Selain kapasitas, hal yang juga perlu diperhatikan adalah bahan tangki air. Perlu mencari tahu bahan yang digunakan pada tangki air ini agar mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan tersebut atau apakah aman atau tidak jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Biasanya tangki air pada dispenser mini ini menggunakan bahan stainless steel, yang memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan ini diantaranya adalah kuat pada suhu rendah dan tinggi, higienis, perawatan mudah serta tampilan yang modern.

Listrik Tidak Boros

Dispenser mini biasanya memiliki dua kran untuk dua jenis air yaitu panas dan normal. Ketika memilih air panas, maka perlu listrik. Oleh karena itu, perlu mengetahui berapa kekuatan daya yang dibutuhkan oleh dispenser agar listrik tidak boros.

Hal ini dilakukan karena tidak sedikit dispenser mini dari beberapa merek membutuhkan daya tinggi saat digunakan. Apalagi jika menggunakan secara no stop. Biasanya dispenser mini hemat listrik telah dilengkapi dengan power cooling dan heating terbaik.

Tersedia Fitur yang Dibutuhkan

Hal penting selanjutnya dalam memilih dispenser mini adalah fitur yang tersedia memang sesuai kebutuhan. Misalnya jika membutuhkan dispenser mini untuk air panas dan normal, maka sebaiknya membeli dispenser mini dengan dua kran. Namun, jika membutuhkan dispenser mini untuk air panas, dingin dan normal, maka sebaiknya membeli dispenser mini dengan tiga kran.

Material Pipa Air

Selain tangki air, pipa air juga perlu diperhatikan materialnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa material yang digunakan tidak berbahaya bagi kesehatan. Sama dengan material dari tangki air, pipa sebagai saluran air panas dan dingin pada dispenser mini juga sebaiknya yang terbuat dari stainless steel.

Karena dari beberapa sumber dispenser mini dengan material stainless steel telah diklaim tidak berkarat. Oleh karena itu, kualitas air tidak akan rusak dengan komponen berbahaya sebab karat. Selain itu, kelebihan lain dari material stainless steel juga mengantisipasi melekatnya bakteri dan jamur pada kondisi lembab.

Fitur Pendukung yang Lebih Baik

Sumber gambar amazon.com

Dispenser mini yang memiliki fitur pendukung memang membuatnya akan terlihat lebih baik. Salah satunya adalah fitur child safety lock. Dispenser mini dengan fitur ini cocok dipilih jika memiliki anak kecil di dalam rumah. Karena biasanya anak kecil seringkali penasaran dengan benda disekitarnya atau mencontoh orang dewasa untuk menghidupkan kran.

Jika kran air panas yang mereka mainkan maka akan membahayakan. Oleh karena itu, dengan adanya fitur tambahan ini pemilik dispenser mini ini tidak perlu khawatir jika anak kecil berada di sekitar dispenser.

Ini Dia Rekomendasi Dispenser Mini Terbaik

Setiap dispenser mini ini memiliki beberapa fitur, harga serta material bahan tertentu yang dapat dijadikan pertimbangan untuk dibeli. Berikut ini akan dijelaskan beberapa dispenser mini terbaik dari berbagai merek.

Sanken HWN-676W

Dispenser mini dari Sanken HWN-676W merupakan dispenser dengan dua keran yaitu panas dan normal. Dispenser ini menjamin air minum lebih higienis dan sehat karena menggunakan tangki air panas 100% stainless steel dan pipa QYA anti bakteri dan jamur. Selain itu, dispenser mini ini low watt sehingga hemat listrik.

Harga Rp. 200.000-561.150

Cosmos CWD-1138 P

Dispenser mini dari Cosmos CWD-1138 P adalah dispenser portable hot dan fresh. Dengan tangki yang berasal dari bahan stainless steel yang anti karat dan lebih higienis. Kapasitas tangki nya juga cukup besar yaitu satu liter sehingga bisa digunakan untuk membuat minuman hingga lima cangkir teh atau kopi sekaligus.

Pada dispenser mini juga telah dilengkapi dengan kunci pengaman air panas, sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Dengan sistem anti bocor, bodi lentur dan kokoh serta daya masukan sebesar 385 watt.

Harga Rp. 148.180-338.000

Maspion UCHIDA Dispenser EX-18 PAS

Maspion UCHIDA Dispenser EX-18 PAS terbuat dari material yang memiliki standar tinggi dengan standar Food Grade. Oleh karena itu air yang dihasilkan dari dispenser mini ini higienis dan aman untuk dikonsumsi oleh setiap orang.

Apalagi dengan child safety lock, yang membuat pemilik dispenser mini ini tidak perlu khawatir jika anak kecil berada di sekitar dispenser. Hal ini disebabkan dispenser maspion dilengkapi kunci pengaman pada tuas airnya, sehingga tidak takut tersiram air panas dalam dispenser.

Selain itu, dispenser mini ini hemat energi karena hanya memiliki daya 320 Watt, dengan menghasilkan dua jenis air mineral yaitu air normal dan air panas.

Harga Rp. 184.500-411.000

Miyako WD-186 H

Merupakan dispenser mini dengan body dispenser yang terbuat dari plastik berkualitas sehingga mudah dibersihkan dan tahan lebih lama. Dispenser Miyako WD-186 H juga hemat listrik dengan daya 350 watt ini, yang dua fungsi sebagai air normal dan air panas.

Dispenser ini memiliki kapasitas panas 3.5 liter/jam. Selain itu, dispenser mini ini telah memiliki sertifikat food grade dan SNI sehingga tidak perlu khawatir untuk keamanan dan kualitasnya. Biasanya cocok diletakan di atas meja atau di sudut ruangan yang akan mempermudah dalam mendapatkan air bersih di rumah.

Harga Rp. 120.000-391.000

Sharp SWD-T40N-PK-BL

SWD-T40N-PK-BL menggunakan daya listrik sebesar 384 watt. Terdapat kran untuk dua jenis air yaitu air bersuhu panas dan normal. Tabung air yang dimiliki dispenser mini ini terbuat dari material stainless steel berkekuatan tinggi sehingga air tetap higienis dan tabung tidak akan berkarat. Desain dari SWD-T40N-PK-BL juga tampak segar serta eksklusif serta memiliki perangkat pengaman ganda untuk mencegah panas berlebih.

Harga Rp. 249.900-640.000

Niko 8WD

Niko 8WD merupakan dispenser mini yang telah mampu menghasilkan air dalam suhu normal dan panas melalui dua kran. Suhu panas yang dapat ditoleransi pada dispenser ini adalah 82-85 derajat. Dispenser Niko 8WD ini memiliki pintu depan serta menyertakan fitur anti tumpah, sangat ideal untuk penggunaan air panas.

Material pada tabung air adalah stainless steel untuk menjamin air tetap higienis karena tabung tidak akan berkarat. Selain itu, Niko 8WD menggunakan daya listrik 350 watt yang hemat. Meskipun merek Niko belum terkenal layaknya merek dispenser lainnya, namun produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Harga Rp. 90.000-287.000

Pisces WD201

Pisces WD201 merupakan dispenser mini yang memiliki dua kran untuk dua jenis air yaitu panas dan normal. Dispenser mini ini memiliki tabung air dengan material stainless steel sehingga Anda kemudahan memperoleh kualitas air minum terbaik.

Terdapat indikator lampu yang dapat memberikan petunjuk jika air panas telah siap diperoleh. Model pada dispenser mini ini tampak modern, body kokoh serta sangat cocok diletakan pada ruangan dalam rumah. Selain itu, Pisces WD201 menggunakan daya listrik 3OO watt yang hemat.

Harga Rp. 85.900-26.500

OX-128 Oxone Water Tank Dispenser

Merupakan tempat minum serba praktis dengan penempatan water tank yang tidak perlu ruangan besar, sehingga nyaman dan mudah digunakan. Fungsi water tank ini untuk air panas dan dingin, dengan kapasitas 12 Liter.

Tempat minum ini merupakan dispenser mini yang terbuat dari stainless steel anti karat yang aman untuk keluarga. Dilengkapi dengan pegangan atau cangkingan agar mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam rumah.

Harga Rp. 870.000-1.605.000

Sanex D188

Sanex D188 memiliki desain ergonomis. Dengan tabung stainless steel yang anti karat dan higienis. Terdapat dua keran dengan dua jenis air yaitu panas dan normal. Temperatur panas 90 derajat dengan kapasitas 3,5 liter per jam.

Terdapat pintu penutup kran dan safety Lock, sehingga tidak mudah bocor saat mengambil air. Tersedia dalam beberapa varian warna, yaitu ungu, hijau, serta biru.

Harga Rp. 90.000-432.000

Sekai WD 333

Sekai WD 333 merupakan dispenser tipe top loading. Dengan tiga kran air untuk tiga jenis air yaitu air panas, normal, dan dingin. Dispenser ini memiliki tabung air panas terbuat dari stainless steel anti karat dengan kapasitas 0,6 liter. Dispenser mini ini juga memiliki konsumsi daya 350 watt serta telah dilengkapi dua sekring pengaman.

Harga Rp. 255.000-876.000

Denpoo Xavier-2

Denpoo Xavier-2 merupakan dispenser dengan dua kran yaitu untuk air panas dan normal. Material tabung air pada dispenser mini adalah stainless steel tahan karat. Selain itu, telah dilengkapi dengan child lock sehingga tidak perlu khawatir ketika dimainkan oleh anak-anak.

Memiliki kekuatan daya 190 watt, maka dengan watt rendah ini Denpoo Xavier-2 termasuk dispenser mini hemat listrik. Selain itu, telah tersedia dalam beberapa varian warna yaitu merah, hijau dan ungu.

Harga Rp. 189.000-486.000

Demikian telah dijelaskan bagaimana tips memilih serta beberapa rekomendasi dari dispenser mini terbaik. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda maka pilihan dispenser mini juga bisa dapat berbeda. Namun, jika sudah memutuskan untuk membeli salah satu dispenser mini yang direkomendasikan, pastikan keuangan yang dimiliki juga cukup.

From our editorial team

Rutin Membersihkan Dispenser

Dispenser mini tentunya sering digunakan, pastikan Anda juga tidak lupa membersihkan dispenser. Dispenser yang kotor tentu akan mempengaruhi kualitas air minum. Bila air minum rasanya tidak enak dan bau bisa jadi adanya kuman dan bakteri. Bisa juga terjadi karena filter air kotor. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan dispenser mini agar kesehatan tubuh tetap terjaga.