10 Drone untuk Pemula dengan Harga Terjangkau di Tahun 2022!

10 Drone untuk Pemula dengan Harga Terjangkau di Tahun 2022!

Drone sudah umum jadi bagian dari kehidupan banyak orang untuk dimanfaatkan setiap harinya. Jika Anda masih belum bergabung dengan mereka, yuk, cek rekomendasi drone untuk pemula yang kami siapkan!

Memahami Cara Kerja Drone

Drone atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Orang yang mengendalikan drone disebut pilot drone, Ia bertugas mengontrol drone dari jarak jauh dengan bantuan remote control. Drone memiliki bentuk seperti helikopter dan umumnya memiliki dua pasang baling-baling.

Namun, ada juga drone yang memiliki bentuk seperti pesawat kecil tanpa baling-baling yang biasanya digunakan untuk kepentingan militer. Drone dilengkapi dengan kamera yang berfungsi sebagai “mata” bagi pilot untuk mengendalikan arah drone. Kamera ini juga memiliki beberapa fungsi lain, tergantung tujuan penggunaannya.

Pada mulanya, drone dibuat untuk kepentingan militer dan penginderaan jauh. Fungsi drone adalah untuk mematai-matai musuh atau untuk memetakan wilayah darat melalui udara. Kini, penggunaan drone sudah meluas dan dipakai untuk tujuan komersial. Kebanyakan drone digunakan oleh videografer untuk mengambil video atau foto aerial.

Hasil video yang diambil menggunakan drone memang sangat menarik untuk dijadikan bahan pembuatan video iklan, promosi, hingga video pernikahannya. Pasalnya, drone bisa menangkap lanskap alam yang unik dan memukau.

Drone terhubung dengan remote control yang juga berfungsi untuk mengendalikan kamera yang terpasang. Dengan begitu, pilot drone bisa merekam video, mengambil foto, memperbesar gambar, hingga mengarahkan kamera ke sisi lain.

Jenis-jenis Drone

Fixed Wing

Jenis drone yang pertama adalah Fixed Wing. Sesuai dengan namanya, drone yang satu ini menggunakan sepasang sayap untuk terbang. Sayap tersebut memiliki berbagai bentuk dan ukuran, tergantung tujuan penggunaannya.

Drone jenis ini lebih cocok digunakan untuk pemetaan, sebab memiliki kemampuan terbang yang lebih baik dibandingkan drone yang menggunakan baling-baling. Akan tetapi, drone jenis ini tidak dapat melayang seperti helikopter, sehingga tidak cocok digunakan untuk merekam video yang estetis maupun mengambil foto dari sudut-sudut tertentu.

Ducted Fan

Sumber gambar www.coolthings.com

Jenis drone selanjutnya adalah Ducted Fan, jenis drone yang satu ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan jenis drone lainnya. Drone yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti donat dengan baling-baling tunggal di bagian tengahnya.

Kamera drone ini terletak di bagian sisi luar drone dan menyatu dengan tabung donatnya. Karena ukurannya yang kecil, Anda bisa menyimpan drone ini dalam saku celana. Menariknya, drone ini bisa menghasilkan daya dorong yang cukup tinggi.

Flapping Wing

Sumber gambar www.dronefromchina.com

Flapping Wing merupakan jenis drone yang sangat unik. Drone ini memiliki sayap dan dapat terbang seperti burung dengan mengepakkan sayapnya. Teknologi drone ini digunakan untuk kepentingan militer sebagai bentuk kamuflase.

Namun, drone ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah memiliki durasi terbang yang terbatas, sebab membutuhkan banyak daya untuk mekanisme flapping ini. Kelemahan lainnya adalah drone jenis ini memiliki kemampuan manuver yang kurang baik.

Rotary Wing

Jenis drone berikutnya adalah Rotary Wing. Jenis drone ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan komersial, sebab memiliki daya jelajah yang baik dan mampu mengambil gambar dengan stabil. Drone jenis ini memiliki beberapa sistem rotor atau baling-baling. Ada yang menggunakan rotor tunggal, rotor ganda, rotor triple, bahkan ada juga yang menggunakan 8 buah baling-baling.

Semakin banyak rotor yang terpasang, tentu daya jelajah dan stabilitasnya akan semakin baik. Untuk pemula atau penggunaan wajar, biasanya drone dengan empat baling-baling menjadi pilihan utama. Pasalnya, drone dengan empat baling-baling dikenal cukup stabil dan terjangkau.

Tips Memilih Drone Sesuai Kebutuhan

Pilih Drone dengan Empat Rotor

Salah satu jenis drone yang paling direkomendasikan untuk pemula adalah drone dengan empat rotor atau baling-baling. Drone jenis ini lebih mudah dikendalikan, memiliki daya jelajah yang luas, dan dibekali dengan fitur terbang yang lebih stabil.

Oleh karena itu, drone jenis ini sangat cocok digunakan oleh pemula. Meski begitu, drone dengan empat rotor juga dibedakan lagi menjadi beberapa kelas, bergantung pada kecanggihan fitur, daya jelajah, dan kualitas kamera yang dimiliki.

Perhatikan Kualitas Kamera

Jika Anda mencari drone untuk kebutuhan fotografi atau videografi, pastinya kualitas kamera menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Drone memiliki beberapa jenis sensor, jenis sensor terbaik adalah sensor 1 inci yang dijadikan sebagai standar kualitas kamera untuk fotografi.

Perhatikan juga kelengkapan fitur kamera yang dimiliki, termasuk jenis lensa, aperture, ISO, fitur zoom, hingga resolusi gambar yang mampu dihasilkan. Semakin tinggi resolusi gambar, maka hasil jepretan juga akan semakin tajam dan jelas.

Dukungan Format RAW

Jika Anda akan mengedit hasil foto menggunakan Adobe, maka pastikan drone yang Anda pilih mendukung hasil foto dengan format RAW. Format RAW adalah format foto mentah yang memungkinkan fotografer untuk bereksperimen dengan foto yang diambilnya.

Pasalnya, mengonversi format foto ke bentuk RAW secara manual akan sangat merepotkan dan memakan waktu lama. Namun, jika Anda tidak menggunakan aplikasi Adobe untuk proses editing, Anda bisa mengabaikan tips ini.

Mampu Terbang dengan Stabil

Ketika berada di ketinggian, kecepatan angin akan semakin tinggi. Artinya, sangat mungkin drone Anda mengalami gangguan saat terbang, seperti bergetar karena hempasan angin dan membuat hasil gambar jadi kurang fokus.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda memilih drone dengan kemampuan terbang dan stabilitas yang baik. Drone merek DJI banyak disukai karena memiliki stabilitas yang baik saat mengudara.

Perhatikan Durasi Terbang

Kebanyakan drone untuk fotografi memiliki durasi terbang tidak lebih dari 30 menit. Semakin tinggi durasi terbang drone tentu akan semakin canggih dan mahal. Artinya, drone tersebut memiliki kapasitas baterai yang besar dan lebih hemat energi.

Idealnya, drone yang mampu terbang selama 20 menit dianggap sebagai drone level tertinggi. Meski begitu, durasi terbang drone tergantung juga pada penggunaan dan kondisi cuaca. Anda sendiri yang dapat menghemat baterai drone dengan menggunakannya seefisien mungkin.

10 Rekomendasi Drone Terbaik untuk Pemula

DJI Mavic Mini SE Lightweight

Rekomendasi pertama adalah drone merek DJI Mini SE Lightweight yang memiliki berat yang cukup ringan, yaitu kurang dari 249 gram. Drone yang satu ini mampu terbang hingga 30 menit dalam kondisi tertentu. Untuk urusan stabilitas, drone ini juga memiliki kemampuan level 5 dalam menahan hembusan angin saat mengudara.

Drone DJI ini dilengkapi dengan fitur Vision Sensor dan GPS yang bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Menariknya, drone yang satu ini juga bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Anda jadi bisa membawanya dengan praktis dan tentunya hemat ruang.

Harga Rp. 4.689.000-4.939.000

DJI Mini 2 Ultralight

Rekomendasi selanjutnya masih dari merek DJI, yaitu drone DJI Mini 2 Ultralight yang memiliki berat yang sangat ringan, setara dengan berat sebuah apel. Drone berukuran mungil dan ringan ini cocok menjadi teman perjalanan Anda untuk mengabadikan setiap momen.

Drone DJI Mini 2 dilengkapi dengan kamera beresolusi 12 MP yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dan memukau. Drone ini juga mendukung video beresolusi 4K/30 fps yang mampu mentransmisikan video HD hingga 10 km.

Drone ini mampu terbang selama 31 menit dengan ketinggian maksimal 4.000 meter. Selain itu, DJI Mini 2 juga dilengkapi dengan fitur Zoom Digital 4x yang membuatnya dapat mengambil gambar objek dari jarak jauh.

Harga Rp. 6.849.000-9.399.000

FIMI X8 Mini

FIMI X8 Mini merupakan rekomendasi drone berikutnya yang memiliki berat yang sangat ringan serta ketahanan angin yang baik. Menariknya, drone ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya sebesar telapak tangan. Drone ini mampu dikendalikan dari jarak 8 km dengan tambahan upgrade dari TDMA.

Dengan waktu terbang mencapai 30 menit, Anda bisa mengabadikan banyak momen dalam sekali mengudara. Drone FIMI X8 juga sudah mendukung kualitas kamera 4K dan segudang fitur canggih lainnya, seperti Smart Tracking, Timelapse, Live Streaming, dan lain-lain.

Harga Rp. 7.150.000-7.499.000

DJI Tello Mini

DJI Tello Mini diklaim sebagai drone paling menyenangkan yang pernah dibuat. Drone ini dilengkapi prosesor gambar berkualitas tinggi untuk menghasilkan gambar yang memukau. Drone berukuran kecil ini dapat digunakan dengan sangat mudah oleh pemula bahkan anak-anak.

Dengan berat yang hanya 80 gram, drone ini mampu terbang selama 13 menit dengan ketinggian maksimal 30 m. Drone ini bahkan bisa dikendalikan dari jarak 100 m dan sudah didukung dengan fitur kamera yang canggih.

Harga Rp. 1.499.000-1.599.000

Drone Autel Evo Lite

Drone Autel Evo Lite dan Lite+ merupakan drone pertama di dunia yang menggunakan desain gimbal 4 axis, sehingga Anda bisa mengambil gambar dengan mudah dan terfokus. Drone Autel Evo Lite merupakan satu-satunya drone seukurannya yang mampu terbang hingga 40 menit.

Dengan jarak terbang hingga 12 km dan kemampuan transmisi 4K-6K, drone ini mampu membawa Anda menjelajahi setiap momen yang memukau. Drone ini didukung dengan kamera beresolusi 20 MP untuk versi Lite, dan 50MP untuk versi Lite+.

Selain itu, drone yang satu ini juga mampu menahan hempasan angin hingga level 7 dan mampu mendeteksi obstacle atau rintangan yang mendekat, sehingga bisa menghindar dengan cepat.

Harga Rp. 18.750.000-24.750.000

Eachine E58

Rekomendasi berikutnya adalah Drone Eachine E58 yang cocok bagi Anda yang masih belajar menjadi pilot drone. Eachine E58 merupakan drone yang dapat dilipat, sehingga mudah untuk dibawa. Drone ini memiliki mode terbang yang stabil dan dilengkapi dengan fitur WiFi untuk terkoneksi dengan smartphone.

Drone ini juga dapat bergerak ke berbagai arah, termasuk berputar 360 derajat dan mampu terbang dalam 3 tingkat kecepatan. Drone ini mampu terbang selama 7-9 menit dengan jarak hingga 100 meter.

Harga Rp. 645.000-648.900

DJI Mavic Air 2S

DJI Mavic Air 2S merupakan drone profesional yang dibekali dengan sensor CMOS 1 inci dan kamera beresolusi 20 MP. Drone ini mampu menghasilkan video berkualitas 5.4K dan 4K yang tajam dan memukau.

Dilengkapi dengan fitur MasterShots dan FocusTrack, drone ini sangat cocok digunakan oleh pemula lanjutan atau fotografer udara yang senang berpetualang.

Harga Rp. 15.445.000-16.769.000

JJRC H47

JJRC H47 merupakan drone mini yang sangat cocok digunakan oleh pemula untuk latihan menerbangkan drone. Drone mini ini mampu dikendalikan dalam jarak 50-80 meter dengan durasi terbang selama 7 menit.

Drone ini menggunakan koneksi WiFi untuk dapat terhubung dengan smartphone. Didukung dengan kamera 720P HD, Anda bisa belajar menerbangkan drone dengan cepat dan mudah menggunakan JJRC H47 ini.

Harga Rp. 600.000-695.000

Giime GM XI

Rekomendasi berikutnya adalah drone Giime GM XI yang cocok digunakan untuk pemula dan untuk pemakaian ringan. Drone ini dibekali dengan kamera 4K dan mampu berputar 360 derajat. Didukung dengan pergerakan yang stabil, Anda bisa menghasilkan foto dan video yang fokus dan jernih.

Drone ini juga dapat dihubungkan dan dikendalikan lewat smartphone sebagai remote control pengganti. Anda bisa melatih kemampuan menerbangkan drone dengan menggunakan drone GM XI ini.

Harga Rp. 500.000-600.000

Autel Evo Nano/Nano+

Rekomendasi terakhir adalah drone Autel Evo Nano dan Nano+ yang mampu terbang hingga jarak 10 km dengan kualitas transisi 4K/30fps. Autel Evo Nano dilengkapi dengan kamera beresolusi 48 MP, sedangkan versi Nano+ dibekali kamera beresolusi 50 MP.

Drone ini memiliki sensor canggih untuk mendeteksi objek asing yang ada di depannya, sehingga bisa mengirim sinyal ke pilot untuk menghindari tabrakan. Dengan kemampuan terbang selama 28 menit dan memiliki ketahanan angin level 5, drone ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Harga Rp. 14.250.000-15.599.000
From our editorial team

Drone tersedia dalam berbagai rentang budget yang bisa disesuaikan!

Rekomendasi drone yang kami sediakan di atas telah mempertimbangkan berbagai kemampuan membeli konsumen. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih drone terbaik sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tak perlu ragu dengan rekomendasi di atas, Anda akan mendapatkan yang terbaik sesuai harganya!

Tag