8 Rekomendasi Drone Canggih dan Murah di 2019 untukmu yang Tertarik dengan Aerial Photography

8 Rekomendasi Drone Canggih dan Murah di 2019 untukmu yang Tertarik dengan Aerial Photography

Drone adalah jenis kamera yang sangat populer saat ini, terutama di kalangan pencinta aerial photography. Sudut pandang udara yang diambil oleh drone memberikan hasil video yang berbeda. Kamu tertarik belajar menggunakan drone? Simak rekomendasi drone terbaik dan termurah 2019 dari BP-Guide berikut ini.

Teknik Pengambilan Video dan Foto Menggunakan Drone Kini Semakin Marak

Sumber gambar adorama.com

Mendengar kata drone, pikiranmu pasti langsung mengarah ke kamera tanpa awak yang bisa terbang dan dikendalikan jarak jauh menggunakan remote. Kamu tidak salah, tentunya. Tetapi secara umum drone tidak hanya kamera terbang, lho.

Drone adalah kendaraan udara yang bisa beroperasi sendiri tanpa adanya awak atau pilot. Di dunia militer, drone banyak digunakan untuk menyelesaikan banyak misi yang berisiko untuk para personel militer. Belakangan drone juga diintegrasikan dengan kamera.

Pengambilan gambar dengan menggunakan drone camera disebut dengan aerial videography. Teknik ini sangat digandrungi karena drone bisa menangkap gambar dan momen dari sudut pandang yang lebih baik dibandingkan kamera biasa.

Pastikan Kamu juga Mengetahui Cara Merawat Drone

Perhatikan Kondisi Baterai

Sumber gambar youtube.com

Agar drone tetap awet, perhatikan baterainya. Jika kamu berencana tidak menggunakan dalam waktu lama, jangan sampai baterainya benar-benar habis. Begitu pula saat kamu sedang memakainya, batasi penggunaan baterai hanya 70% saja.

Misalnya saat kamu menerbangkan drone dan baterainya tersisa 95%, maka daratkan drone saat baterainya sudah mencapai 25%. Kamu juga harus membatasi persentase minimal baterai yang aman saat diterbangkan. Apabila baterai drone tersisa hanya 30% atau di bawahnya, maka jangan memaksakan drone untuk terbang.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah pengisian dayanya. Pastikan kamu hanya menggunakan pengisi daya yang asli agar tidak merusak baterai drone. Pengisi daya bajakan biasanya tidak memiliki tegangan yang sama sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan pada baterai drone.

Pilih Tempat yang Cocok untuk Penyimpanan

Sumber gambar blog.dronedeploy.com

Tips kedua merawat drone agar tetap awet dan tahan lama adalah menyimpannya di tempat yang baik. Jauhkan drone dari tempat yang lembap karena air bisa menyebabkan korosi di bagian rangkaian panelnya. Sebelum disimpan, isi dulu daya drone hingga mencapai 40% atau 65% untuk mencegah kerusakan.

Setelah memakai drone, periksa dulu kondisinya sebelum disimpan. Bagian yang wajib diperiksa adalah baling-balingnya. Baling-baling adalah bagian paling vital dari sebuah drone, karena tanpa baling-baling drone tidak akan bisa beroperasi dengan sempurna. Gunakan penutup untuk melindungi drone sebelum disimpan.

Bersihkan Drone Secara Berkala

Sumber gambar aliexpress.com

Karena drone banyak digunakan di luar ruangan dan terkena udara bebas, maka kebersihannya pun perlu dijaga. Saat drone terbang mengambil gambar, banyak debu yang menempel di permukaannya. Namun, membersihkan drone tidak cukup hanya dengan tisu atau cotton bud saja. Banyak bagian tersembunyi yang tidak bisa dijangkau hanya dengan menggunakan kedua alat tersebut.

Ada toolkit khusus untuk membersihkan drone yang bisa kamu beli. Satu set toolkit biasanya berisi sikat, kain pembersih, dan cairan pembersih khusus untuk semua permukaan drone. Bersihkan drone secara merata, mulai dari baling-baling, kamera, dan bodinya hingga tidak ada debu yang menempel sama sekali.

Cek Kondisi Frame Drone dan Baling-Baling

Sumber gambar dissolve.com

Segera setelah drone mendarat, periksa kondisi fisiknya. Tujuannya agar jika ada kerusakan dapat segera diminimalkan. Jangan lupa cek bagian frame-nya, apakah ada yang bengkok atau patah.

Selain frame, yang wajib kamu periksa adalah baling-balingnya. Baling-baling adalah bagian paling vital sekaligus paling rawan kerusakan. Kamu juga harus hati-hati saat memeriksa baling-baling karena tepinya yang tajam bisa melukai kulitmu.

Sebelum drone diterbangkan kamu juga harus mengecek bagian baling-balingnya. Menerbangkan drone dengan kondisi baling-baling yang rusak bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Drone bisa kehilangan keseimbangan, jatuh, dan menabrak berbagai benda di sekitarnya.

8 Rekomendasi Drone Canggih dan Murah di 2019

Eachine E33W WiFi FPV with Camera Drone

Sumber gambar www.blibli.com

Buat kamu yang masih pemula dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli drone, kamu bisa berlatih dengan produk yang satu ini. Eachine E33W adalah drone camera yang fungsi utamanya sebagai hiburan dengan teknik pengambilan gambar dan video yang masih dasar.

Drone ini dilengkapi dengan fungsi proteksi untuk mencegah perangkat macet saat terbang, juga dapat melindungi motor dari kerusakan yang tidak diinginkan. Fitur Headless Mode memudahkan pengguna sehingga tidak perlu mengatur posisi drone sebelum diterbangkan. Gyro 6 sumbu pada drone membuat perangkat ini bisa terbang dengan lebih stabil. Waktu terbang drone sekitar 8-10 menit, cocok untuk menangkap momen berhargamu. Eachine E33W WiFi FPV with Camera Drone tersedia di Blibli dengan harga Rp 780.000.

Xiaomi Fimi A3

Sumber gambar www.tokopedia.com

Satu lagi rekomendasi drone yang pas buat kamu. Xiaomi FIMI A3 hadir dengan desain yang mirip DJI Spark. Namun kakinya tidak bisa dilipat serta dimensi dan bobotnya lebih berat dari DJI Spark.

Salah satu fitur unggulan pada drone ini adalah fitur GPS yang menjamin kestabilan dan keamanan kamera saat diterbangkan. Ada mode navigasi pintar seperti return-to-home (RTH), follow-me, dan dronie yang memudahkan kamu untuk mengoperasikannya. Port DIY pada kamera ini mendukung aksesori tambahan seperti LED light dan lain-lain.

Kapasitas baterai sebesar 2000 mAh memungkinkan drone untuk terbang selama 25 menit penuh. Remote controller bisa dipakai dengan mudah karena disertai LCD, DVR, dan user interface. Drone ini disertai dengan Headless Mode, sehingga kamu tidak perlu lagi menyesuaikan posisi pesawat sebelum diterbangkan.

Dukungan kamera 8 MP dengan resolusi HD 1080 bisa menghasilkan gambar yang jernih, stabil, dan tidak pecah. Sensor Sony CMOS juga memberikan tampilan gambar dan video yang lebih sempurna. Drone canggih ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 5.998.000.

SG SG700 FPV RC Drone with Camera

Sumber gambar www.blibli.com

Bagi kamu yang masih pemula dan belum banyak pengalaman menggunakan drone, produk ini bisa jadi rekomendasi yang pas. Jenisnya adalah mini drone, sehingga lebih mudah untuk diterbangkan dan dioperasikan.

Fungsi kunci otomatis kembali pada drone ini memungkinkan pesawat untuk menemukan jalan kembali ke rumah dengan mudah. Fitur 2.4G 4CH transmitter dan 6-Axis gyro membuat kontrol drone lebih mudah dan stabil. Dengan mode kontrol gravitasi, drone dapat diterbangkan ke segala arah sesuai dengan sudut ponsel.

Kamera 2 MP pada drone ini mampu menghasilkan gambar yang jernih untuk drone di kelasnya. Kapasitas baterai sebesar 900 mAh juga memungkinkan drone untuk terbang selama 8-10 menit dengan waktu pengisian sekitar 80 menit. SG SG700 FPV RC Drone with Camera bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 480.000.

Syma X8SW 2.4G RC Quadcopter with WiFi Camera Drone

Sumber gambar www.blibli.com

Drone yang banyak dipakai untuk merekam video adalah drone jenis quadcopter yang memiliki empat motor dan empat baling-baling. Drone tipe ini memang lebih stabil. Selain itu fungsi keempat motor dan baling-baling ini adalah untuk mengubah kecepatan secara otomatis tanpa mengganggu kestabilannya saat di udara.

Syma X8SW 2.4G RC Quadcopter disertai fitur cerdas yaitu one key take off dan landing, barometer pengukur ketinggian, serta teknologi frekuensi 2.G agar drone lebih mudah dikontrol dan anti gangguan. Jika ada drone lain yang sama-sama beroperasi, frekuensi Syma X8SW tetap bisa stabil. Drone ini sangat cocok untuk digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Fitur unggulan lainnya adalah Air Press Altitude Hold yang memungkinkan drone mempertahankan ketinggian untuk pengambilan gambar dan video yang lebih stabil. Kapasitas baterai sebesar 2000 mAh memberikan waktu terbang hingga 9 menit, sementara waktu pengisiannya sekitar 150 menit.

Syma X8SW 2.4G RC Quadcopter with WiFi Camera Drone dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 950.000.

BLACKHAWK SQ800C Tarantula 6 Axis Gyro Drone with HD Camera

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kamu yang tertarik ingin belajar menggunakan drone bisa menggunakan BLACKHAWK SQ800C Tarantula 6 Axis Gyro Drone with HD Camera.

Satu hal yang unik dari drone ini adalah desainnya yang mirip tarantula. Drone 6 Axis ini bisa bergerak 360 derajat untuk menghasilkan video yang lebih keren. Fitur Headless Mode memungkinkan pengguna untuk mengontrol drone dari jarak jauh. Landing Skid drone terbuat dari bahan ABS berkualitas yang kuat dan kokoh, sehingga drone bisa mengambil gambar hingga ketinggian maksimal 80 meter.

Kamera 2 MP dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tidak buram dengan waktu terbang maksimal antara 8-12 menit.

Satu set BLACKHAWK SQ800C Tarantula 6 Axis Gyro Drone with HD Camera dapat dibeli di Blibli seharga Rp 674.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 756.000.

Gyosho Q500WI Black 6

Sumber gambar www.blibli.com


GYOSHO Q500WI adalah drone dengan 4 channel dan 6 axis dengan desain yang unik. Resolusi kamera sebesar 2 MP dapat menghasilkan gambar yang jernih dan terang. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Shock Proof, Auto Return, dan Headless Mode yang bisa diaktifkan hanya dengan satu tombol saja. Fitur One Key Return membuat drone mudah menemukan jalan pulangnya.

Drone ini dibuat dengan bahan ABS yang kokoh pada landing skid-nya sehingga bisa mengambil gambar dari ketinggian maksimal 50 meter.

Jam terbang maksimal drone adalah 8-12 menit, cukup lama untuk merekam momen favoritmu. GYOSHO Q500WI Black 6 Axis Wifi Android Drone with HD Camera tersedia di Blibli dengan harga Rp 746.000.

MJX Bugs 5W GPS 5G WIFI HD 1080P Camera Drone

Sumber gambar www.tokopedia.com



MJX Bugs 5W dilengkapi dengan motor brushless 1500 kv yang kuat dan tahan terhadap angin sehingga drone tetap stabil di udara. Kapasitas baterai 1800 mAh dapat memberikan waktu terbang 15 menit, sementara untuk pengisian baterai selama 180 menit. Jarak transmisi kamera maksimal adalah 200-300 meter sehingga memberikan kamu kenyamanan untuk merekam gambar dari jarak jauh.

MJX Bugs 5W GPS 5G WIFI HD 1080P Camera Drone tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 2.000.000 atau di Blibli dengan harga Rp 2.111.500.

Hubsan X4 H107C+ Camera Plus 2.4G 720P RC Quadcopter Mode Switch RTF Drone

Sumber gambar www.tokopedia.com

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat membeli drone adalah jangkauan terbangnya. Yang dimaksud dengan jangkauan terbang adalah jarak antara kamera dengan remote control. Ada drone yang jangkauan terbangnya hanya 20 meter saja, ada juga yang ratusan kilometer.

Hubsan X4 H107C+ adalah drone 4 channel dengan 6 axis dan kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 720P. Landing skid drone terbuat dari bahan ABS berkualitas untuk pendaratan yang lebih stabil dan sempurna. Drone dapat mengudara untuk waktu 6-8 menit dengan lama pengisian baterai 80 menit.

Hubsan X4 H107C+ Camera Plus 2.4G 720P RC Quadcopter Mode Switch RTF Drone tersedia di Blibli dengan harga Rp 1.184.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 825.000.

From our editorial team

Boleh Saja Beli Drone Murah, tetapi Jangan Murahan, Ya

Buat kamu yang masih belajar menggunakan drone, membeli drone harga murah dengan fitur sederhana adalah pilihan tepat. Hal ini didukung dengan maraknya produsen yang menjual drone dengan harga murah. Boleh beli barang murah, tetapi jangan murahan, ya. Cek dulu spesifikasi, kualitas, dan ulasan pengguna, baru boleh mantap membelinya. Oh iya, jadikan rekomendasi drone BP-Guide di atas sebagai panduan, ya!