Hijabers Merapat! Cobalah 10 Merek Hijab Lokal Bagus yang Wajib Anda Miliki (2023)

Hijabers Merapat! Cobalah 10 Merek Hijab Lokal Bagus yang Wajib Anda Miliki (2023)

Wanita berhijab selalu bisa tampil trendi dan stylish dengan menggunakan outfit kekinian, lho. Termasuk dengan memilih hijab yang paling sesuai untuk dirinya. Anda bisa mulai mencari produk-produk hijab lokal yang berkelas nih. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, merek hijab yang direkomendasikan ini sudah sangat terjamin. Yuk, intip dulu.

Tetap Tampil Trendi dan Stylish Menggunakan Hijab

Seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak terdapat berbagai model hijab yang dijual di pasaran. Menggunakan hijab, bukan berarti Anda tidak dapat mengikuti tren fashion saat ini. Ada beragam hijab yang modelnya disesuaikan dengan outfit yang Anda kenakan.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak merek hijab lokal karya anak bangsa yang turut meramaikan pasar. Dari segi kualitas, boleh diadu, lho!

Mencari model hijab yang sesuai dengan perkembangan fashion memang bukanlah masalah saat ini. Namun, yang menjadi masalah adalah masih banyak hijabers merasa kesulitan menemukan hijab yang nyaman ketika digunakan seharian.

Di pertengahan hari, terkadang sebagian hijabers merasa panas atau merasa kulit kepala yang gerah karena hijab yang dikenakannya. Mungkin, Anda perlu memperhatikan bahan yang dipakai sebagai material sebelum membeli lain kali.

Temukan Jilbab yang Pas Anti Gerah dengan Empat Cara Ini

Beraktivitas di tengah kota Jakarta dengan suhu yang panas harus pintar memilih outfit yang nyaman, hijab salah satunya. Jangan sampai, outfit yang dikenakan malah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Memilih hijab juga merupakan tindakan yang tricky, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar hijab sesuai dengan selera dan nyaman digunakan sehari-hari.

Jika Anda merasa kesulitan menemukan hijab yang pas, simak tipsnya di bawah ini.

Pilih Hijab dengan Bahan yang Ringan

Salah satu penyebab hijab terasa gerah atau berat saat dikenakan adalah jenis bahannya. Terdapat lima bahan hijab anti gerah yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu bahan katun, bahan linen, bahan rayon, bahan wolfis, dan bahan voal.

Bahan katun merupakan bahan yang sering dijumpai pada pakaian karena bahannya yang nyaman dan anti gerah. Jika Anda mencari hijab yang dapat lebih cepat menyerap keringat, maka bisa mencoba untuk menggunakan hijab dengan bahan linen.

Bahan rayon juga dapat menjadi pertimbangan jika Anda mencari hijab dengan bahan yang sejuk namun masih menampilkan kesan yang mewah.

Untuk digunakan seharian, Anda juga bisa mencoba hijab dengan bahan wolfis karena tidak mudah kusut, halus, namun memiliki permukaan yang tidak licin. Terakhir, ada bahan voal, kualitasnya sama dengan bahan katun, yaitu tipis, nyaman digunakan, namun memiliki tekstur yang lebih tipis.

Sesuaikan Model Hijab dengan Aktivitas Keseharian Anda

Saat ini, sudah banyak model hijab di pasaran yang dapat Anda pilih, mulai dari pashmina, hijab segitiga, bergo, dan juga instan square.

Sebagian orang lebih menyukai mode hijab yang instan atau langsung pakai agar lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengenakannya. Terlebih jika hijab berantakan juga akan lebih mudah dalam merapikannya. Jika Anda mencari kepraktisan, maka hijab instan square lebih pas.

Balik lagi, memilih hijab yang tepat adalah menyesuaikannya dengan kegiatan yang dilakukan perharinya. Sebagian orang juga ada yang menyukai hijab pashmina dan model hijab non-instant lainnya.

Hal yang terpenting adalah bahan yang dikenakan nyaman dan hijab terasa ringan saat dikenakan. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan lokasi, jika outdoor lebih baik menggunakan hijab dengan model yang simpel.

Hindari Hijab dengan Warna yang Gelap

Ketika memilih hijab, sebaiknya pilih hijab dengan warna yang terang dan hindari warna gelap. Terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya, menggunakan hijab dengan warna gelap akan menambah ketidaknyamanan.

Warna gelap akan menyerap panas sinar matahari lebih banyak dibandingkan dengan warna terang. Hawa panas yang dihasilkan ini karena cahaya panas dari sinar matahari tidak dipantulkan kembali.

Jika Anda beraktivitas di outdoor, pertimbangkan untuk memilih warna terang seperti pastel. Selain menyerap panasnya sinar matahari, warna terang seperti pastel akan lebih membuat penampilan Anda terasa colorful dan juga feminim.

Berpenampilan menarik tentunya menjadi salah satu pembangkit semangat untuk melewati rutinitas tiap harinya. Selain pastel, Anda juga bisa mempertimbangkan warna putih.

Padukan dengan Inner Hijab

Selain memperhatikan kualitas kainnya, Anda juga harus menyamakan warna hijab dengan inner hijab. Model inner hijab sendiri ada beragam, mulai dari inner yang menutupi kepala, sampai menutupi leher pun dijual di pasaran.

Penggunaan inner atau ciput hijab berfungsi agar tampilan hijab lebih menarik dan juga terkesan rapi. Jika hanya menggunakan hijab saja, masih ada anak-anak rambut yang ke luar, sehingga memberikan kesan penggunaan hijab yang kurang rapi.

Pilihlah inner hijab yang nyaman digunakan, seperti teksturnya yang elastis dan juga tipis. Hindari memilih inner atau ciput hijab dengan karet yang kuat atau terlalu ketat karena dapat membuat kepala Anda menjadi pusing. Pilihlah yang sedikit longgar, namun bisa menutupi rambut dengan sempurna.

10 Merek Hijab Lokal yang Akan Memaksimalkan Penampilan Anda

Zoya

Jika bergaya simpel adalah kesukaan Anda, maka Zoya adalah merek hijab lokal yang pas untuk memaksimalkan tampilan Anda.

Pasalnya, merek hijab lokal satu ini dikenal dengan modelnya yang simpel dan menyediakan berbagai pilihan pakaian musim mulai dari bergo, rok panjang, hingga scarf.

Motifnya juga pas digunakan untuk Anda pergi ke tempat kerja, kuliah, ataupun sekedar bermain bersama dengan teman-teman.

Zoya merupakan salah satu merek hijab lokal yang sudah dikenal dan menjadi incaran para hijabers di luar sana karena kualitas hijab yang ditawarkan.

Harga Rp. 30.000-200.000

Meccanism

Siapa yang tidak kenal dengan Zaskia Adya Mecca? Artis cantik sekaligus istri dari direktur film Hanung Bramantyo ini memperluas bisnisnya dengan mendirikan brand hijab sendiri bernama Meccanism. Model hijab yang disediakan terinspirasi langsung dari style sang owner sendiri, yaitu Zaskia Adya Mecca.

Jika Anda mengikuti media sosialnya, Anda pasti melihat gaya busana yang ditampilkan oleh beliau, seperti menggunakan ciput hijab agar tampilan rapi.

Meccanism juga menyediakan atasan dan juga bawahan pakaian muslim yang cocok digunakan untuk sehari-hari maupun untuk berpergian.

Harga Rp. 79.000-100.000

Vanilla Hijab

Butuh sentuhan motif hijab yang manis layaknya kue? Maka, Anda perlu mempertimbangkan Vanilla Hijab sebagai merek hijab lokal yang wajib Anda beli.

Seperti namanya yaitu Vanilla, merek satu ini menyediakan berbagai model dengan warna dan motif yang manis, pas untuk Anda yang gemar berbusana feminin.

Tidak perlu bingung dalam memilih warna, karena Vanilla Hijab menyediakan berbagai warna yang bisa Anda coba.

Bukan hanya bergaya feminim saja, Vanilla Hijab juga menyediakan model hijab yang dapat mendukung tampilan Anda menjadi lebih elegan. Gimana? Penasaran dengan koleksinya?

Harga Rp. 120.000-300.000

Daissy.id

Setiap orang memiliki karakter gayanya masing-masing. Ada yang menyukai tampilan colorful, tampilan serba hitam, atau berpenampilan simpel, seperti atasan atau bawahan dengan satu warna tanpa ada tambahan motif tertentu.

Jika Anda juga menyukai gaya tampilan seperti ini, maka Daissy.id adalah hijab merek lokal yang pas untuk Anda. Bagaimana tidak, merek hijab lokal satu ini memiliki koleksi hijab satu warna namun tetap terlihat cantik saat digunakan.

Daissy.id juga menyediakan warna basic yang cocok dipadukan dengan warna dan outfit apapun. Selain itu, Daissy.id juga menyediakan hijab dengan warna-warna pastel agar gaya tampilan Anda semakin estetik.

Harga Rp. 160.000-200.000

Rabbani

Anda pasti sudah familiar dengan merek hijab satu ini, apalagi kalau bukan Rabbani. Merek hijab lokal satu ini sudah sering dijumpai di berbagai toko hijab. Koleksi model hijabnya cukup lengkap, mulai dari bergo, hijab instan, sampai baju muslimah pun mereka sediakan.

Kelebihan dari hijab Rabbani terletak di kualitas bahannya. Rabbani menggunakan bahan polyester yang dikenal awet, tidak mudah kusut, mudah dikeringkan, dan perawatannya yang mudah.

Harga Rp. 24.000-100.000

Hameeda

Hal terpenting yang wajib diperhatikan saat membeli hijab selain kualitasnya adalah kenyamanannya saat digunakan. Hameeda merupakan merek hijab lokal yang tidak hanya mementingkan model, tetapi juga desain inovatif yang nyaman ketika digunakan.

Mulai dari inner hijab, model instan, pashmina pun dapat Anda temukan di sini. Tidak perlu khawatir soal pilihan warna, Hameeda juga menyediakan banyak pilihan warna yang bisa Anda dapatkan.

Anda suka bergaya simple? Maka warna-warna basic pada hijab pas untuk tampilan Anda. Jika Anda menyukai tampilan yang colorful, Hameeda juga menyediakan warna-warna terang yang bisa Anda kenakan.

Harga Rp. 90.000-200.000

Heaven Lights

Rekomendasi hijab merek lokal lainnya yang wajib Anda coba adalah Heaven Lights. Hijab lokal satu ini didirikan oleh kakak beradik bernama Jihan Malik dan Emma Malik.

Brand pakaian muslim Heaven Lights milik kakak beradik ini terbilang sukses dan terkenal di pasaran. Terbukti, saat ini Heaven Lights memiliki total 2 juta pengikut di instagram, lho.

Melihat potensi bisnis pakaian muslim yang memiliki potensi, kakak beradik Jihan dan Emma Malik memulai bisnisnya dan mendapatkan perhatian pasar di tahun 2013.

Wah, perjalanan yang cukup panjang ya! Dari segi kualitas, hijab dari Heaven Lights tidak kalah bagus dengan brang ternama lainnya.

Harga Rp. 100.000-200.000

Nafisa

Jika Anda membutuhkan hijab simpel untuk dikenakan sehari-hari, di dalam rumah misalnya, Anda bisa mencoba Nafisa. Merek satu ini memang dikenal menyediakan model hijab simpel sekali pakai dan dikhususkan untuk dikenakan di rumah ataupun bagi mereka yang lebih suka berpakaian simple.

Hijab ini juga menyediakan berbagai ukuran, mula dari ukuran M sampai yang jumbo pun tersedia. Tidak perlu khawatir soal pilihan warna, hijab dari Nafisa menyediakan banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih dan dipadukan dengan outfit warna apapun.

Harga Rp. 20.000-60.000

Dian Pelangi

Hijab dengan berwarna pastel dan motif kekinian mungkin sudah dapat Anda temukan di berbagai toko hijab, tapi bagaimana dengan hijab yang menggunakan unsur tradisional, seperti kain batik dan juga ulos?

Jika Anda tertarik menggunakannya, Anda bisa mencoba merek hijab lokal bernama Dian Pelangi. Unsur adat tradisional yang ada pada hijab Dian Pelangi inilah yang membuatnya berbeda dengan merek hijab lokal lainnya.

Di tengah perkembangan zaman, Dian Pelangi tetap konsisten melestarikan budaya dan juga tradisi sekaligus mengajak pelanggannya untuk tetap mencintai budaya dan tradisi Indonesia.

Harga Rp. 200.000-500.000

Buttonscarves

Rekomendasi merek hijab lokal terakhir berhasil tembus ke pasar internasional, yaitu Malaysia dan Singapura, lho.

Pernah mendengar merek hijab lokal bernama Buttonscarves? Merek hijab satu ini sudah memiliki total 25 toko sampai Malaysia. Jika Anda pergi ke mall, mungkin Anda pernah melihat toko buttonscarves dengan tampilan pajangan hijab bermotif cantik.

Buttonscarves sendiri didirikan oleh perempuan cantik bernama Linda Anggrea di awal tahun 2016. Menurutnya, saat ini belum ada perlengkapan muslim yang ditargetkan untuk pasar premium atau menegah ke atas.

Akhirnya, buttonscarves dibuat untuk target pasar menengah ke atas, terlihat dari harga yang memang lebih mahal dibandingkan merek hijab lainnya.

Harga Rp. 400.000-700.000
From our editorial team

Padukan Hijab Anda dengan Outfit yang Sesuai, Ya

Jika Anda masih belajar dalam memadupadankan hijab dan outfit, sebaiknya Anda lihat berbagai referensinya melalui Pinterest. Anda bisa melihat berbagai ide outfit yang manis, anggun, kasual, ataupun formal dengan sangat mudah. Tinggal pilih dan sesuaikan warnanya dengan warna favorit Anda.