10 Tempat Minum Kucing Berkualitas Agar Anabul Tidak Dehidrasi (2022)

10 Tempat Minum Kucing Berkualitas Agar Anabul Tidak Dehidrasi (2022)

Bukan hanya tempat makan, tempat minum juga sangat penting untuk si kucing lho! Berikan tempat minum berkualitas untuk anabul kesayangan dengan membaca rekomendasi BP-Guide dalam artikel berikut!

Jangan Sampai Dehidrasi, Pastikan Si Anabul Cukup Minum Setiap Hari

Anda memelihara kucing di rumah? Agar si anabul tetap nyaman dan tumbuh dengan sehat, pastikan semua kebutuhannya terpenuhi. Tidak hanya memberikan makanan yang bagus, pastikan kucing juga punya kandang yang cukup luas untuknya bergerak.

Yang tidak kalah penting adalah tempat makan dan minumnya. Kini sudah banyak tempat minum kucing yang bekerja secara otomatis, sehingga si kucing pun tidak akan terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, pilih tempat minum kucing terbaik agar kucing bisa minum setiap saat!

Tips Merawat Kucing Dehidrasi

Bersihkan Wadah Minum Secara Rutin

Wadah makan dan minum kucing sebaiknya dipisahkan. Selain itu, kebersihannya pun harus dijaga. Pastikan Anda membersihkan wadah minum setiap hari, agar air yang ada di dalamnya pun tetap bersih dan segar. Jika wadah minum kotor karena ada bulu yang menempel atau kotoran lainnya, maka kotoran tersebut bisa ikut terminum juga.

Letakkan Beberapa Tempat Minum di Dalam Rumah

Jika Anda membiarkan kucing berkeliaran bebas tanpa harus masuk kandang, sediakan beberapa tempat minum di sudut rumah Anda. Tujuannya agar si kucing bisa cepat minum dimana saja dia berada. Pastikan bentuk wadah minum tidak menyulitkan kucing untuk minum.

Pastikan Posisinya Benar

Tempat minum juga harus diletakkan pada posisi yang benar dan di atas tempat yang datar. Lokasinya pun sebaiknya mudah dijangkau oleh kucing, baik di dalam maupun di luar kandang.

Berikan Makanan Basah Pada Kucing

Saat kucing sedang dehidrasi, ganti makanan kering dengan makanan yang basah. Makanan basah mengandung sekitar 70 sampai 80 persen air, sehingga bisa menambah cairan di dalam tubuh kucing. Jika sudah sehat kembali, berikan makanan kering secara bertahap.

Tambahkan Kaldu

Agar kucing bersemangat makan saat ia sedang sakit, tambahkan kaldu ayam atau kaldu tuna untuk memancing nafsu makannya. Tetapi perhatikan kadar garamnya, jangan sampai terlalu banyak karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya pada kucing.

Tipe Tempat Minum Kucing yang Bisa Ditemukan di Pasaran

Bowl

Tempat minum tipe bowl atau mangkuk bentuknya sangat sederhana, namun memudahkan kucing saat ingin minum kapan saja. Produk semacam ini bisa diletakkan di dalam atau di luar kandang. Namun kelemahannya, air di dalamnya mudah tumpah dan Anda harus mengisi ulang air secara manual.

Dispenser

Buat Anda yang sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lain, tempat minum tipe dispenser adalah pilihan terbaik. Karena produk semacam ini bisa menampung cukup banyak air, jadi Anda tidak perlu sering-sering mengisinya. Selain itu, kebersihan air juga tetap terjaga.

Fountain

Tempat minum model fountain atau air mancur sangat menarik perhatian kucing. Biasanya produknya adalah produk elektrik yang bisa memancarkan air. Namun tempat minum tipe dispenser memerlukan perawatan yang rutin, seperti membersihkan filter di dalamnya.

Rekomendasi Tempat Minum Kucing

Bardi Smart WiFi Water Fountain

Seperti namanya, Bardi Smart WiFi Water Fountain adalah produk yang bisa Anda kendalikan lewat smartphone Anda. Anda bisa mengatur berapa volume air, lalu kapan air akan dikeluarkan, termasuk mematikan atau menghidupkan produk ini. Kapasitas air di dalam wadah ini cukup banyak, yaitu 2 liter. Selama ada jaringan WiFi, produk ini bisa bekerja tanpa henti!

Harga Rp. 650.000-750.000

FOCAT Pet Water Dispenser Fountain

FOCAT Pet Water Dispenser Fountain punya desain yang unik karena merupakan perpaduan dua jenis tempat minum sekaligus. Modelnya akan menarik perhatian kucing agar mau sering-sering minum karena air yang terus mengalir.

Keunggulan produk ini adalah bahannya yang ramah lingkungan dan tidak beracun, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keselamatan kucing. Tersedia juga Night Mode dan LED Light yang membuatnya terlihat cantik.

Selain itu, 4 tahap filterisasi menjamin kualitas air yang diminum oleh kucing. Filter produk pun tidak perlu diganti, cukup dibersihkan saja secara rutin.

Harga Rp. 100.000-150.000

Angola Dispenser Minum Hewan Otomatis M25

Berikutnya ada Angola Dispenser Minum Hewan Otomatis M25 yang direkomendasikan kepada Anda. Tempat minum model dispenser ini memiliki daya tampung sebesar 3 liter dengan 3 lapisan filter. Sistem sirkulasi di dalamnya bekerja tanpa henti untuk menjaga kualitas dan kebersihan air.

Produk ini cocok untuk kucing dan anjing. Desainnya dibuat cukup tinggi agar leher hewan tidak pegal saat minum. Produk ini juga tidak bising sama sekali, sehingga tidak akan mengganggu ketenangan di rumah. Agar air tetap bersih, ganti filternya sebulan sekali ya!

Harga Rp. 100.000-150.000

TaffHOME Water Dispenser Fountain Tempat Minum Anjing Kucing 2 Liter

TaffHOME Water Dispenser Fountain Tempat Minum Anjing Kucing 2 Liter menggunakan sistem flowing water yang unik, sehingga air akan terus mengalir. Hal ini tentu akan menarik perhatian kucing Anda bukan?

Filter yang digunakan adalah filter carbon 3 tahap yang menjamin kualitas air. Pompa yang mengalirkan air pada produk ini adalah pompa hemat energi yang tidak berisik. Kapasitasnya yang cukup besar tidak akan merepotkan Anda karena bisa bertahan 2 sampai 3 hari.

Harga Rp. 150.000-250.000

Dogness Tempat Minum Anjing Kucing Otomatis D03

Dogness Tempat Minum Anjing Kucing Otomatis D03 merupakan produk yang bisa bekerja secara otomatis. Dengan menggunakan produk ini, anabul bisa meminum air yang bersih dan segar.

Tentu saja ada sistem filterisasi yang bisa menyaring berbagai kotoran pada air. Air yang bersih dan segar juga bisa mencegah berbagai penyakit seperti ginjal hingga kandung kemih.

Terdapat indikator LED yang menunjukkan sisa air di dalam dispenser. Pompa produk ini beroperasi dengan suara kurang dari 40dB sehingga sangat sunyi dan tidak berisik.

Harga Rp. 300.000-350.000

VS Set Auto Feeder Food Water Dispenser

Bagi sebagian dari Anda, menggunakan wadah makan dan minum yang berbeda mungkin bisa merepotkan. Untungnya ada VS Set Auto Feeder Food Water Dispenser, dimana tempat makan dan minum tergabung menjadi satu.

Ukuran produk ini tidak besar, sehingga tidak memakan banyak ruang meskipun diletakkan di dalam kandang yang kecil. Kapasitas tempat minum berbentuk dispenser ini adalah 500 ml, sehingga bisa bertahan hingga 2 hari. Bahan pembuatnya adalah plastik PP bebas BPA yang tidak berbahaya untuk si kucing kesayangan.

Harga Rp. 40.000-70.000

Pet Fountain

Tempat minum kucing elektrik atau otomatis harganya memang tidak bisa dibilang murah. Jika Anda mencari produk yang estetik namun harganya tetap terjangkau, Pet Fountain mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat.

Desain produk ini cukup tinggi, sehingga tidak membuat leher kucing sakit saat minum air. Daya tampung 2,4 liter. Ada juga fitur LED yang memudahkan kucing Anda menemukan tempat minum di malam hari atau dalam gelap.

Harga Rp. 170.000-200.000

Ubowl Cubic & Hanger

Ubowl Cubic & Hanger adalah tempat minum tradisional yang bisa digantung di kandang. Ini membuat air tidak mudah tumpah ke luar dan membuat kandang kotor. Jika si kucing sedang tidak di kandang, Anda tidak melepaskan kaitannya dan meletakkan tempat minum ini di luar.

Mangkuk ini berbahan stainless steel yang membuat air tetap segar dan dingin. Hanya saja kapasitas airnya sangat sedikit yaitu 350 ml.

Harga Rp. 40.000-50.000

Petkit Eversweet 3 Smart Drinking

Petkit Eversweet 3 Smart Drinking adalah produk pintar yang didesain khusus untuk hewan peliharaan. Produk elektrik ini bisa disetel dalam mode smart, sehingga air hanya akan keluar ketika kucing mendekat. Saat mati lampu tempat minum ini tetap bisa bekerja karena baterainya bisa bertahan sampai tujuh hari.

Volume suara yang dikeluarkan hanya 30dB, sehingga sangat hening. Filter produk pun bisa bekerja dengan baik untuk menyaring partikel debu, makanan, hingga bulu. Sementara kapasitasnya cukup besar yaitu 1,35 liter.

Harga Rp. 900.000-1.000.000

M-PETS Nile Water Dispenser

M-PETS Nile Water Dispenser jadi produk terakhir yang direkomendasikan kepada Anda. Produk ini memiliki daya tampung air sebesar 1,5 liter yang bisa bertahan sampai 7 hari untuk kucing dewasa! Airnya pun bisa mengalir secara otomatis, jadi si kucing bisa minum kapan saja dan terhindari dari dehidrasi!

Harga Rp. 150.000-250.000
From our editorial team

Jaga Kebersihan Tempat Minum, Tempat Makan, Hingga Kandang Anabul

Memelihara kucing kesayangan juga harus memperhatikan kesehatannya. Kesehatan kucing dipengaruhi oleh kebersihan tempat hidup dan peralatan yang dipakai. Oleh karena itulah sangat penting untuk membersihkan wadah makan, minum, hingga kandang si kucing. Pastikan Anda memilih tempat minum kucing terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!