Ingin Dekorasi Kaligrafi Semakin Indah? Yuk, Ulik 10 Rekomendasi Sofware Desain untuk Hiasan Pinggiran Kaligrafi (2019)

Ingin Dekorasi Kaligrafi Semakin Indah? Yuk, Ulik 10 Rekomendasi Sofware Desain untuk Hiasan Pinggiran Kaligrafi (2019)

Rasanya masih ada yang kurang setelah membuat kaligrafi dan hendak memajangnya di rumah. Jika merasa demikian, mungkin Anda harus mencoba menambahkan beberapa hiasan pada kaligrafi Anda dengan bantuan software desain. Kira-kira apa sih rekomendasi dari BP-Guide? Langsung aja pelajari, yuk!

Kini, Kaligrafi Sudah Menjadi Salah Satu Tren Dekorasi Rumah Kekinian

Sumber gambar bukalapak.com

Kaligrafi merupakan seni menulis indah menggunakan pena. Kaligrafi yang banyak ditemukan di masyarakat biasanya berupa tulisan Arab yang mengutip ayat-ayat Alquran. Sebagai hiasan, kaligrafi telah dikembangkan dalam berbagai bentuk, hingga ke bentuk tiga dimensi. Hiasan kaligrafi dapat membuat rumah Anda memiliki nuansa islami yang memikat dan menenangkan.

Langkah Pembuatan Kaligrafi

Pembuatan Sketsa

Sumber gambar obatrindu.com

Sebelum membuat hiasan pinggir kaligrafi, Anda perlu membuat sketsa terlebih dahulu. Sketsa membantu Anda agar memiliki bentuk dasar yang dapat dijadikan acuan untuk menggambar. Jika tidak ada sketsa, hiasan yang Anda buat akan tidak teratur dan tidak terkonsep. Agar pembuatan sketsa lebih terkonsep dan lebih efektif, Anda bisa mencontoh tutorial yang tersedia di Youtube.

Penebalan Sketsa

Sumber gambar haurgeulis.com

Setelah sketsa selesai, proses selanjutnya adalah penebalan sketsa. Kenapa sketsa perlu ditebalkan? Karena sketsa hanya berisikan konsep gambar yang biasanya menggunakan garis tipis-tipis. Cara penebalan sketsa sangatlah sederhana, Anda bisa menggunakan tinta yang lebih tebal untuk mengulang gambar yang ada di sketsa.

Gunakan Teknik Mirror

Sumber gambar seruni.id

Teknik miror adalah sebuah teknik yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda dalam mendesain kaligrafi. Teknik mirror menghasilkan duplikat gambar pada layer baru yang mempermudah Anda dalam mendesain kaligrafi.

Untuk menggunakan teknik mirror, Anda bisa melakukannya dengan cara menandai semua bagian gambar dengan Crtl + A, kemudian salin menggunakan Crtl + C. Lanjutkan ke dokumen, setelah itu paste-kan file dengan tombol Crtl + V, lalu tekan Crtl + T untuk mengatur ukuran dan posisi kaligrafi. Cara ini dapat Anda lakukan di aplikasi Adobe Photoshop.

Pemberian Warna

Sumber gambar www.blibli.com

Warna memiliki peran penting dalam seni kaligrafi. Pemilihan warna yang tepat dapat membuat kaligrafi menjadi lebih indah. Namun perlu Anda perhatikan terlebih dahulu warna dari interior ruangan Anda. Jika warna kaligrafi bertabrakan dengan warna dinding atau perabot ruangan, maka dapat membuat hiasan kaligrafi menjadi rusak dan tidak indah. Pilihlah warna yang sesuai dengan interior ruangan Anda dan usahakan untuk tidak terlalu mencolok, agar hiasan kaligrafi dan ruangan senada.

Untuk Memudahkan Menghias Kaligrafi, Anda Bisa Menggunakan 10 Aplikasi Bingkai Foto sebagai Penghiasnya

Jika kaligrafi sudah berhasil dibuat, maka sebaiknya tidak berhenti sampai di situ saja. Berikan hiasan semacam bingkai di sekeliling kaligrafi. Dengan demikian kaligrafi buatan Anda menjadi lebih indah. Untuk memudahkan Anda, manfaatkan aplikasi berikut ini untuk membuat bingkai kaligrafi.

Photo Art Frame

Sumber gambar www.diskusiandroid.com

Photo Art Frame adalah aplikasi yang dapat membantu Anda membuat bingkai yang indah dan cocok untuk kaligrafi. Software ini menyuguhkan berbagai macam bingkai yang cantik. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan dapat juga disesuaikan dengan kaligrafi serta interior ruangan. Pengoperasiannya yang sederhana dan tidak rumit membuat Anda tidak akan kesulitan ketika melakukan pengeditan.

Pho.to

Sumber gambar appmirror.net

Pho.to adalah aplikasi pengolahan gambar yang dapat Anda manfaatkan untuk menghias kaligrafi Anda dengan bingkai. Berbagai bingkai yang memiliki beragam bentuk dapat Anda pilih sesuai selera. Tidak hanya bingkai, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya seperti fitur efek foto, kartu pos, dan template.

Tersedia pula berbagai filter yang dapat Anda gunakan untuk memberikan nuansa yang berbeda untuk hiasan kaligrafi. Anda juga bisa memperbaiki warna dan ketajaman dari hiasan kaligrafi.

InstaCollage

Sumber gambar twitter.com

InstaCollage adalah aplikasi kolase yang dapat mengolah kaligrafi Anda menjadi lebih indah dan menarik. Anda bisa memilih berbagai bingkai yang tersedia dan tentunya dapat membuat kaligrafi Anda lebih menakjubkan. Berbagai fitur disediakan oleh software ini seperti kisi foto, tata letak, filter, efek dan alat editor. Aplikasi yang dapat digunakan untuk perangkat iOS dengan ukuran 24.4 MB ini juga dapat menggabungkan 9 foto sekaligus.

FrameUrLife

Sumber gambar keepo.me

FrameUrLife adalah aplikasi pengolahan foto yang memiliki 48 bingkai dengan bentuk dan konsep yang berbeda. Anda bisa membingkai hiasan kaligrafi Anda dengan bingkai yang indah. Anda juga bisa memberikan efek dan mengubah warna dari kaligrafi Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan teks dan mengubah ukuran agar lebih indah dan menawan.

Pic-Frame Grid

Sumber gambar keepo.me

Pic-Frame Grid adalah aplikasi yang menyediakan berbagai bingkai kolase yang indah untuk hiasan pinggir kaligrafi Anda. Tersedia 31 bingkai dengan gaya yang berbeda, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai selera.
Pic-Frame Grid juga memiliki fitur layout sebanyak 72 buah yang dapat Anda gunakan untuk kolase.

PicFrame

Sumber gambar apps.apple.com

PicFrame adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Pavan Reddy yang dapat membantu Anda untuk menambah bingkai dengan gaya kolase. Software yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini menyediakan 50 template dan beragam bingkai yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Tidak hanya itu saja, PicFrame juga memiliki fitur efek dan filter yang dapat membuat kaligrafi Anda memiliki nuansa yang berbeda dan tampilan yang menarik.

LiPix Pro

Sumber gambar lipixapp.com

LiPix Pro adalah aplikasi pengolahan foto yang dapat memberikan hiasan pinggir untuk kaligrafi Anda. Software yang memiliki berbagai fitur menarik, seperti pengaturan sudut membulat, pengaturan perbatasan, dan pengaturan bayangan ini menyediakan 54 bingkai yang indah.

Template yang berjumlah 90 buah pada aplikasi ini dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda untuk menciptakan tampilan yang indah.

Framatic

Sumber gambar www.yatekno.com

Framatic adalah aplikasi pengolahan foto gratis yang telah diunduh lebih dari 20 juta pengguna. Software ini dapat membantu Anda membuat kolase dan bingkai foto yang indah dengan mudah. Aplikasi yang memiliki 1.000.000 warna latar belakang ini memiliki berbagai fitur yang menarik, seperti magic shaking, magic capture, dan lainnya. Tersedia pula 36 tata letak, 92 efek, dan 40 pola yang dapat Anda manfaatkan untuk memperindah hiasan pinggir kaligrafi Anda.

MOLDIV

Sumber gambar apps.apple.com

MOLDIV adalah aplikasi editor foto yang menyediakan fitur lengkap. Anda dapat menghias kaligrafi Anda dengan 310 bingkai yang memiliki bentuk dan model yang beragam. MOLDIV juga dilengkapi dengan 135 layout, 194 filter, 13 tema, dan 300 font. Anda juga dapat memanfaatkan 560 stiker dan 92 pola latar belakang untuk kebutuhan Anda.

LiveCollage Classic

Sumber gambar sensortower.com

LiveCollage Classic adalah aplikasi yang dapat memberikan hiasan pinggir untuk kaligrafi Anda. Berbagai bingkai tersedia dalam bentuk dan model yang beragam, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan selera dan konsep kaligrafi Anda. Anda dapat mengaplikasikan berbagai fitur dengan mudah, sehingga dapat digunakan untuk para pemula.

From our editorial team

Yuk, Ngulik Banyak Software Desain!

Nah, sekarang sudah tahu dong beragam aplikasi desain yang bisa mempercantik kaligrafi? Kuncinya satu, jangan bosan ngulik setiap aplikasi karena berbagai aplikasi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Jika sudah Anda pelajari, pasti Anda akan menemukan aplikasi yang lebih cocok dan mudah untuk Anda.