Rekomendasi 11+ Jam Tangan Buatan Indonesia yang Berkualitas dan Keren

Rekomendasi 11+ Jam Tangan Buatan Indonesia yang Berkualitas dan Keren

Cintailah produk-produk Indonesia. Begitu pula jam tangan. Sekarang, produk jam tangan buatan Indonesia sudah siap bersaing, bahkan ada yang kualitasnya melebihi produk impor. Ingin tahu apa saja produk jam tangan buatan Indonesia yang keren dan berkualitas? Simak ulasan BP-Guide berikut ini.

Sekilas Info Jam Tangan Buatan Indonesia

Tidak hanya negara Swiss atau negara-negara Eropa saja yang bisa memproduksi jam tangan premium. Kini, Indonesia mampu memproduksi aneka jam berkualitas internasional sehingga kamu tak perlu lagi melirik jam tangan impor.

Sekarang ini, jam tangan menjadi salah satu item fashion yang dapat menunjukkan selera fashion seseorang. Untuk melengkapi penampilan, kamu bisa menilik beberapa produk jam tangan asli Indonesia dengan kualitas kelas dunia.

Tak perlu khawatir, sentimen, atau takut tertipu dengan jam tangan lokal karena beberapa brand, seperti NAM watches dan Licius & Ki punya jam tangan yang berkualitas. NAM watches, di bawah naungan PT Naga Abadi Manufaktur, mampu memperoleh pendanaan internasional sehingga kualitasnya sudah sangat berkembang dan diminati oleh dunia.

Lain halnya dengan Licius & Ki, dua pengusaha Lucius Leon Worang dan Hocky Santha membangun bisnis jam tangan eksklusif di tahun 2009 dengan membawa keunikan dari produknya. Salah satu keunikan jam tangan miliknya adalah komponen kayu di dalamnya.

Fakta Menarik Jam Tangan Buatan Indonesia

Alasan Harus Memiliki Jam Tangan Buatan Indonesia

Sekarang ini, jam tangan bukan hanya sekadar penunjuk waktu, melainkan sebuah karya seni yang sangat elegan. Keunikannya dalam hal desain, jam tangan kini menyasar selera anak muda.

Khusus jam tangan asli Indonesia, kamu akan menemukan produk dengan konsistensi yang tinggi dan penamaan produk yang 'Indonesia banget'. Para produsen juga sedang gencar melakukan kerjasama bersama desainer dan merk lokar untuk berkolaborasi dan memajukan pasar jam tangan Indonesia.

Salah satu unggulan jam tangan Indonesia adalah material pembuatannya yang bisa dibilang unik. Sebagai contoh, jam tangan unik dan menarik adalah jam tangan kayu. Memang bentuknya sama, tetapi jam kayu memiliki tekstur, serat, warna, dan corak yang unik dan berbeda satu dan lainnya.

Hal ini membuat jam tangan kayu menjadi terkesan eksklusif, alami, dan ramah lingkungan. Tidak hanya kayu saja, ternyata ada bahan lainnya yang tak kalah unik, seperti tulang sapi hingga tanduk kerbau.

Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Buatan Indonesia

Kelebihan jam tangan buatan Indonesia adalah bahannya unik dan sangat ramah lingkungan. Beberapa produsen jam tangan kayu memilih sisa kayu pembuatan produk lain untuk memaksimalkan produksi dan meminimalkan sampah.

Produk buatan negeri juga punya kualitas yang memenihi standar internasional. Para produsen sangat serius untuk membatalkan suatu produk apabila tak lolos tahapan kontrol kualitas.

Bagi kamu yang suka bergaya etnik, jam tangan Wish memiliki desain tali jam tangan berupa batik yang cantik. Ide yang sangat unik ini ternyata mampu menjadi sarana untuk melestarikan salah satu warisan Indonesia yang bisa dipakai kemana saja.

Tips Memilih Jam Tangan Buatan Indonesia

Tips untuk memilih jam tangan yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhanmu. Carilah jam yang tak hanya bisa menunjukkan waktu, apabila kamu gemar berpetualang outdoor. Pilihlah jam dengan fitur waterproof dan tahan tekanan apabila kamu suka mendaki gunung bahkan menyelam.

Pilihlah jam tangan sesuai dengan kepribadian, desain, dan tren yang ada. Kamu bisa memilih jam tangan dengan desain yang kamu sukai dan nyaman ketika dikenakan. Selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan tren yang sedang ada di pasaran.

Pastikan bahwa jam tangan yang kamu pilih memiliki ukuran dan ketebalan yang sesuai dengan pergelangan tanganmu. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dan rasa percaya dirimu ketika mengenakannya.

Material adalah hal yang tak boleh kamu lupakan saat memilih jam tangan. Kamu dapat menyesuaikan material jam tangan dengan kebutuhan dan alergi yang kamu miliki. Aneka material jam tangan, mulai dari tainless steel, kulit, kain, silikon, hingga logam mulia dapat kamu pilih dengan pertimbangan tersebut.

11 Referensi Jam Tangan Buatan Indonesia

Woodka

Sumber gambar blibli.com

Woodka merupakan brand lokal Tanah Air yang memproduksi jam tangan kayu handmade dengan strap kain atau kulit berdesain lucu dan unik. Strap-nya bisa diganti sesuka hatimu karena mereka juga menyediakan strap secara terpisah.

Ada empat pilihan kayu yang digunakan sebagai pembuat jam tangan. Mulai dari kayu pinus jerman yang berwarna cerah, kayu sonokeling atau rosewood yang berwarna gelap, kayu jati dengan kualitas unggul, dan kayu hitam. Bahan-bahan tersebut akan memberi tampilan yang sangat elegan dan eksklusif pada tiap koleksinya.

Produk jam tangan Woodka yang direkomendasikan untukmu adalah Woodka LCP-035 Mini Kovu Jam Tangan Unisex. Memiliki spesifikasi berupa jam tangan analog bermaterial wood case dan strap kulit, jam ini memiliki kristal mineral dan three hands Miyota 2035 movement. Woodka LCP-035 Mini Kovu Jam Tangan Unisex ini juga water resistant sehingga tahan terhadap air.

Woodka LCP-035 Mini Kovu Jam Tangan Unisex dapat kamu pesan secara online di Blibli dengan harga Rp 695.000.

NoL_ID

Sumber gambar maskoolin.com

"Simple wooden watch", slogan yang dibawa oleh seorang pengrajin jam tangan asal Boyolali ini ternyata benar-benar merepresentasikan produknya.

Memiliki bentuk yang sederhana, jam tangan kayu yang diproduksinya memiliki badan jam berbentuk khas dan bagian pinggir yang cukup tebal. Strap yang digunakannya juga sangat sederhana, terbuat dari kulit sapi asli tanpa detail dan jahitan pemanis.

Mesipun sedang 'out of stock', kamu tetap dapat memesannya secara online di Qlapa. Harga jam tangan ini sangat murah, yaitu Rp 170.000/unit.

Nowis Handmade

Sumber gambar qlapa.com

Mengeksplorasi kemampuannya dalam membuat jam tangan kayu, NR Bowties, awalnya hanya pengrajin yang memproduksi dasi kupu-kupu handmade. Sebelum sampai pada jam tangan, NR Bowties juga membuat aneka produk dari kayu selain dasi, seperti pin kayu dan kacamata kayu.

NR Bowties sudah memproduksi jam tangan kayu berbagai model. Lima model yang sudah berhasil dibuatnya merupakan jam tangan couple yang memiliki strap berbahan kulit sapi dan empat lainnya menggunakan kayu. Produsen jam tangan ini menggunakan kayu asal Banjarmasin dengan kualitas unggulan sehingga menghasilkan jam tangan kayu handmade kualitas tinggi.

Jam tangan rekomendasi dari NR Bowties adalah Ebony Woodwatch Nowis Handmade. Memiliki material utama kayu ebony, jam tangan ini memiliki kepala berdiameter 42 mm dengan panjang strap 19,5 cm. Jam tangan tersebut menggunakan penggerak berupa mesin Myota asal Jepang. Produsennya menyediakan garansi selama enam bulan dan free box dari bambu.

Ebony Woodwatch Nowis Handmade bisa kamu beli secara online di Qlapa dengan harga Rp 650.000.

Matoa

Sumber gambar www.daftarhargajam.info

Brand jam tangan kayu yang cukup terkenal adalah Matoa. Jam tangan kayu yang dibuatnya menggunakan aneka jenis kayu sebagai bahan utama, seperti kayu sonokeling (rosewood), kayu maple kanada, atau kayu jati.

Mereka memproduksi jam tangan dengan bahan kayu pada semua bagiannya, termasuk pada strap-nya. Matoa mengeluarkan lima jenis koleksi, yaitu Sumba, Rote, Flores, Gili, dan Moyo. Kelima koleksinya memiliki bentuk dan bahan kayu yang berbeda.

Jam tangan kayu Matoa yang dapat kamu pilih adalah Matoa Gili. Memiliki spesifikasi berupa jam tangan berbahan dasar kayu ebony makassar, Matoa Gili memiliki fisik jam berdiameter 42 mm. Matoa Gili adalah koleksi jam tangan dari Matoa Bandung. Jam tangan ini temasuk dalam golongan jam resistant splash atau tahan cipratan air saja.

Dalam paket pembeliannya, kamu akan mendapatkan free grafir maksimal tiga baris yang terdiri dari delapan huruf/baris. Kamu bisa menulis nama, tanggal lahir, atau tulisan lainnya sesuai permintaan. Proses grafir akan memakan waktu 3-5 hari. Selain free grafir, kamu akan mendapatkan jam tangan Matoa, kartu garansi yang berlaku selama satu tahun, dan box kayu.

Matoa Gili bisa kamu pesan secara online melalui Tokopedia dengan harga Rp 1.100.000.

Lima

Sumber gambar www.blibli.com

Konsep minimalis akan kamu temui dalam jam tangan kayu merek Lima. Semua produknya memiliki model badan yang bulat dan tebal serta strap kulit polos tanpa jahitan tambahan. Lima menggunakan kayu yang sangat beragam, mulai dari kayu jati, ebony, maple, dan beberapa kayu yang lainnya.

Produk jam tangan kayu yang dibuat Lima termasuk dalam kelas premium karena penggunaan kristal dan mesin jam yang berkualitas tinggi.

Lima Watch Pagi Maple, jam tangan pria yang satu ini tersedia dalam variasi warna navy blue. Termasuk dalam jam analog, seri jam tangan Lima tersebut menggunakan kayu maple dan strap kulit. Jam ini memiliki penunjuk waktu jam dan menit, black setting crown, dan Ronda 1063 Quartz Movement.

Lima Watch Pagi Maple dapat kamu beli secara online di Blibli dengan harga Rp 700.000.

L&K

Sumber gambar rumahukm.com

Bukan termasuk negara penghasil jam tangan premium seperti Swiss, tak membuat dua pengusaha, Lucius Leon Worang dan Hocky Santha, surut niat untuk berbisnis jam tangan. L&K adalah brand jam tangan premium dengan komponen kayu yang sudah berdiri sejak tahun 2009. Mereka menggunakan kayu merbau dan rengas bersertifikat 'hijau' dari Sumatera.

Salah satu jam tangan L&K yang bisa kamu miliki adalah Wayang L&K. Jam tangan ini memiliki badan berdiameter 42 mm dengan Melanorhoea Walichii wooden dial. Wayang L&K juga menggunakan Engraved Unitas 6498 Manual Winding dan case berbahan stainless steel rose gold atau silver. Koleksi yang satu ini menggunakan strap dari kulit calf yang berkualitas tinggi.

Wayang L&K dijual secara online melalui website luciusandki.com dengan harga $2,999.00 atau Rp 41.281.096/unitnya.

NAM

Sumber gambar zalora.co.id

Rekomendasi jam tangan asli Indonesia selanjutnya adalah NAM Toba TB002. Jam tangan ini memiliki spesifikasi dial hitam dengan aksen stadium, case stainless steel yang dilapisi PVD hitam poles, dan jarum jam yang bisa menyala.

NAM Toba memiliki ukuran badan 44 mm dengan strap berbahan kulit warna hitam. Jam ini tahan air hingga kedalaman 3 atm atau 30 meter. Koleksi jam tangan dari NAM Watches ini dibanderol secara online di Zalora dengan harga Rp 1.290.000.

Didanai oleh sebuah platform crowdfunding asal Amerika Serikat, Kickstarter, PT Naga Abadi Manufaktur kini memproduksi jam tangan berkualitas dengan brand NAM Watches. Brand ini sedang memfokuskan diri untuk membangun brand awarness di Indonesia. Sebanyak 85% pembeli jam tangan dari brand ini berasal dari Amerika Serikat, Eropa, Korea hingga Jepang.

NAM Watch Co. kini sudah berhasil hadir di berbagai outlet internasional, seperti Singapura. Untuk outlet lokal, mereka bisa ditemukan di tockroom, Pasaraya, dan Tigre.

Expedition

Sumber gambar www.zalora.co.id

Jam tangan wanita ini bisa dibilang premium karena harga dan kualitasnya. Expedition Woman, jam tangan wanita dengan chrono detail gold tone dial dan lather strap ini punya case dari stainless steel, three hands movement, dan detail bar numeric display. Koleksi Expedition wanita ini bisa kamu temukan secara online di Zalora dengan harga Rp 1.935.000.

Expedition merupakan brand yang cukup terkenal dan populer. Jam tangan koleksinya sangat mudah dikenali karena punya logo perisai dan tagmine "Profesional Adventure Equipment". Sebelum menyandang nama Expedition, jam ini menggunakan nama Swiss Expedition. Seiring berjalannya waktu, nama Swiss dihilangkan dan menyisakan nama Expedition saja.

Produknya yang bertahan lama dikarenakan body jam dan talinya yang menggunakan baja. Setiap koleksinya memiliki desain yang keren dan cocok dikenakan oleh anak muda hingga kalangan profesional. Banyaknya pilihan model dan warna yang dikeluarkan oleh Expedition memberi Anda kemudahan dalam memilih sesuai karakter dan keinginan Anda.

Eiger

Sumber gambar jd.id

Terinspirasi dari nama gunung, Eiger menjadi salah satu brand outdoor equipment berkualitas dan harga yang terjangkau. Di bawah naungan PT Eigerindo Multi Produk, produk-produk Eiger kini mulai mendobrak pasar Eropa. Berawal dari dua mesin jahit, Ronny Lukito selaku pendiri Eiger asal Bandung, meluncurkan tas sebagai produk pertamanya pada tahun 1993.

Eiger juga punya koleksi jam tangan yang bisa kamu pakai untuk petualangan level ringan dan aktivitas sehari-hari. Eiger Jam Tangan Pria Leschaux 4.0 ini termasuk dalam jam tangan digital dengan tambahan fitur kalender, el backlight, alarm, dan counter time. Jam ini juga menggunakan teknologi water resistant hingga 100 meter. Kamu bisa membeli jam tangan orisinal dari Eiger dengan harga Rp 350.000 di Blibli.

Sebagi tips saat membeli jam tangan orisinal adalah keberadaan kotak dan kartu garansinya. Biasanya mereka akan menyertakan petunjuk perawatan jam yang terkemas rapi dalam kardusnya. Kartu garansi akan diisi oleh pihak toko yang bersedia memberikan garansi berupa layanan service jika jam tangan mengalami kerusakan.

Zwagerry

Sumber gambar marketplus.co.id

Produk jam tangan kayu selanjutnya adalah Zwagery. Brand tersebut punya koleksi jam tangan yang terbuat dari kayu ulin yang kuat dan tahan rayap. Umumnya kayu ulin digunakan untuk pembuatan kapal sehingga jam ini memiliki kualitas bahan yang tak perlu diragukan lagi.

Salah satu koleksi jam tangan Zwagery bisa kamu dapatkan secara online di Instagram milik @zwagerywatches. Jam tangannya menggunakan material gabungan aluminium, full kayu, dan strap kulit. Zwagery mematoknya dengan harga Rp 1.500.000 untuk tiap unit jam tangan yang dibuatnya.

Kualitas bahan kayu ulin atau kayu besi membuat jam tangan dari Zwagery terjamin kualitasnya. Brand ini sendiri sudah menjual tiga jenis jam kayu yang berbeda. Blanco adalah koleksi yang pertama dengan material 100% kayu ulin. Opple adalah koleksi jam kayu Zwagery dengan strap kulit dan yang terakhir adalah Axon, jam dengan strap aluminium.

Groot Watch

Sumber gambar blibli.com

Berasal dari kota kembang, Groot Watch adalah brand jam tangan yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Brand tersebut memiliki keunikan yang sangat luar biasa, yaitu material utama jam tangan hasil produksinya yang terbuat dari limbah tulang sapi. Groot Watch menilai bahwa bahan tersebut kuat, aman, dan awet untuk digunakan sehingga terciptalah jam tangan yang unik dan kreatif.

Groot Watch memproduksi jam tangan secara handmade dengan detail dan kerapian yang sangat baik. Desainnya sangat cocok buatmu yang gemar tampil unik, gaya, dan casual.

Groot Watch Dayak adalah salah satu koleksi jam tangan analog pria dari Groot. Memiliki grey dial dan index and numeral, jam tangan ini juga dilengkapi dengan Japanese movement. Groot Watch masuk dalam jam berkategori water splash proof atau aman terhadap cipratan air. Kamu bisa mendapatkan Groot Watch Dayak secara online di Blibli dengan harga Rp 950.000.

Hampir setiap koleksi jam tangan dari Groot Watch memiliki keunikan dengan tema yang mengusung keberagaman Indonesia. Bahannya yang memanfaatkan limbah membuat daya tarik tersendiri. Mereka juga mencoba memperkenalkan budaya Indonesia ke pasar mancanegara melalui produk jam tangan dengan deatil yang rapi dan unik.

From our editorial team

Jam Tangan Indonesia, Unik dan Berkualitas

Kelebihan dari jam tangan Indonesia adalah keunikannya, juga khas tradisi dan budaya Indonesia. Jadinya, Anda bisa tampil dengan tampilan yang klasik, vintage, sekaligus bernuansa etnik. Bahan yang digunakan juga adalah kayu Indonesia yang berkualitas tinggi. Tentunya, ingin tampil menarik dan beda, maka jam tangan buatan Indonesia adalah solusinya.