Tips Foto Instagram Lebih Menarik dan 10 Rekomendasi Kamera Terbaik! (2022)

Tips Foto Instagram Lebih Menarik dan 10 Rekomendasi Kamera Terbaik! (2022)

Banyaknya fitur menarik dan lengkap dengan filter-filter yang lucu, Instagram menjadi platform untuk stress relief dari rutinitas sehari-hari. Yuk, intip tips mendapatkan foto yang baik ujntuk Instagram! Cek juga rekomendasi kameranya!

Instagram, Buku Harian Digital Sejuta Umat

Pesatnya perkembangan teknologi menghadirkan banyak inovasi baru, seperti aplikasi media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh semua rentang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa pun menggunakannya. Selain sebagai galeri untuk membagikan momen dalam bentuk foto dan juga video, Instagram juga digunakan untuk mencurahkan isi hati atau pengalaman yang dialami.

Saat ini, Instagram juga menghadirkan fitur terbaru bernama Reels, di mana penggunanya dapat membagikan momen seru mereka dalam bentuk video dengan berbagai pilihan musik yang tersedia. Pesatnya perkembangan Instagram dan juga bisnis online akhirnya menjadikan media sosial tersebut sebagai platform untuk mendapatkan pendapatan. Influencer atau selebgram merupakan sebutan bagi pengguna yang memiliki jumlah followers banyak dan mendapatkan pendapatan dari produk yang mereka promosikan di Instagram.

Tips Agar Foto Instagram Lebih Menarik

Sebagai galeri untuk membagikan moment, pengguna Instagram pun berlomba-lomba untuk menjadikan akun mereka menjadi lebih menarik dan aesthetic. Jika dilihat dari segi bisnis, feeds Instagram yang menarik menjadi kelebihan bagi para pelaku bisnis online ketika sedang mencari influencer atau selebgram yang tepat untuk mempromosikan produk mereka.

Bukan hanya influencer atau selebgram saja yang dapat membuat foto Instagram lebih menarik, pengguna lainnya pun juga bisa. Berikut tips agar foto Instagram Anda menjadi lebih menarik.

Pilih Tema yang Sesuai

Tiap akun Instagram memiliki tema yang berbeda-beda. Tema tersebut nantinya akan menentukan jenis foto atau konten seperti apa yang akan Anda bagikan kepada followers. Beberapa akun Instagram memiliki tema seperti traveling, quotes atau typography, ataupun review produk dan tempat makan tertentu. Tema ini digunakan untuk membedakan akun Instagram Anda dengan akun lainnya.

Misalnya akun dengan tema traveling memiliki tujuan untuk menarik traveling enthusiast lainnya. Jika foto atau konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, traveling enthusiast pun tidak akan ragu untuk mengikuti akun Anda. Penentuan tema ini juga bertujuan agar Anda tetap konsisten dengan konten yang disajikan serta menghindari kebingungan atau kehabisan ide mengenai konten apa yang harus disajikan selanjutnya.

Sesuaikan Tone dan Font

Jika sudah mendapatkan tema, tips selanjutnya adalah pastikan foto-foto yang Anda sajikan memiliki tone dan font yang sama. Hal ini bertujuan agar foto yang Anda sajikan terlihat selaras. Misalnya Anda ingin menggunakan warna-warna cerah pada foto, maka terapkan warna-warna cerah tersebut di foto-foto selanjutnya. Penampilan kolase foto instagram yang selaras akan menambah kesan aesthetic ketika pengguna Instagram lainnya mengunjungi akun Anda.

Selain tone, Anda juga harus memastikan menggunakan font yang sama pada foto. Jika akun Instagram Anda bertema typography, Anda harus memastikan keselarasan penggunaan font pada setiap foto yang disajikan. Bukan hanya memanjakan mata para pengguna Instagram yang mengunjungi akun Anda, penerapan font dan tone yang selaras akan menjadi nilai lebih dan menarik untuk diikuti.

Perhatikan Border Foto

Terdapat berbagai ukuran border foto yang bisa Anda gunakan di Instagram. Namun, pastikan Anda memilih ukuran border yang konsisten di setiap foto yang disajikan. Jika ukuran border foto berbeda, maka tampilan feeds Instagram pun terlihat tidak selaras. Ukuran standar untuk foto yang berlaku di Instagram adalah 1:1. Ukuran ini memiliki space yang luas, sehingga Anda dapat mengunggah foto dengan tampilan yang lebih luas.

Jika Anda kesulitan mengatur border foto, Anda dapat memanfaatkan aplikasi untuk mengaturnya. Saat ini, sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari aplikasi yang dapat menunjang tampilan Instagram menjadi lebih aesthetic. Penggunaannya pun juga mudah, Anda hanya perlu input foto yang dibutuhkan kemudian pilih ukuran border yang sesuai. Penggunaan ukuran border foto yang konsisten akan membuat akun Instagram Anda terlihat seperti pameran foto.

Sajikan Foto dengan Kualitas Terbaik

Tema, font, font, dan juga ukuran border sudah disesuaikan, tapi kualitas foto buruk? Jika Anda memiliki kualitas foto yang buruk, segera ubah foto ke resolusi yang lebih tinggi. Sayang rasanya jika secara konsep sudah bagus, namun kualitas foto yang disajikan tidak mendukung. Agar kualitas foto bagus dan HD, ada baiknya juga Anda mempertimbangkan untuk membeli kamera berkualitas baik namun harganya terjangkau.

Saat ini, sudah banyak keluaran tipe kamera terbaru yang menyajikan berbagai fitur dengan kualitas yang terjangkau. Jika Anda menyukai konsep vintage, terdapat kamera retro yang dapat Anda gunakan. Jika ingin tampilan foto yang trendy, Anda juga dapat memanfaatkan lensa fish eye yang dapat digunakan pada kamera. Jika dasar kualitas foto sudah bagus, maka Anda hanya perlu menambahkan sedikit editan untuk menyempurnakan hasil foto yang disajikan.

10 Kamera Terbaik untuk Mempercantik Feeds Instagram

Fujifilm X-E2 Kit

Jika Anda menyukai tampilan feeds Instagram ala vintage, boleh dicoba menggunakan Fujifilm X-E2 Kit. Terlebih lagi, Fujifilm X-E2 Kit termasuk jenis kamera mirrorless yang saat ini sedang banyak menjadi favorit para pecinta photography. Bukan hanya hasil foto saja yang retro, desain kamera pun juga bergaya retro.

Fujifilm X-E2 Kit mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam dengan spesifikasi resolusi kamera 16,3 MP. Terdapat fitur Wifi, sehingga memudahkan Anda untuk membagikan foto. Anda dapat membeli Fujifilm X-E2 Kit di marketplace kesayangan Anda dengan harga Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000.

Harga Rp. 3.000.000-10.000.000

Sony A5100

Kalau kamera yang satu ini pas untuk dijadikan teman selama traveling. Apalagi kalau bukan Sony A5100. Kelebihan pada kamera ini adalah memiliki ukuran body yang compact, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Membawa kamera ini tidak akan menyulitkan karena tidak terasa berat saat menggunakannya.

Spesifikasi unggulan dari kamera Sony A5100 adalah menggunakan sensor APS-C 24,3MP. Jika Anda ingin mengabadikan moment melalui video, kamera Sony A5100 juga menawarkan kualitas video 1080p dengan hasil yang tajam dan jernih. Untuk Anda content creator, tunggu apalagi?

Harga Rp. 4.000.000-5.000.000

Nikon FE2

Jika berbicara mengenai kamera, pasti tidak terlepas pada merek Nikon. Bagi Anda pecinta photography, sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Dalam dunia photography, Nikon telah banyak menghadirkan berbagai kamera dengan jenis dan spesifikasi yang selalu diperbarui mengikuti perkembangan zaman.

Sama seperti Sony A5100, Nikon FE2 hanya memiliki bobot 550 gram saja. Hal ini tentunya memudahkan untuk dibawa ke manapun. Sayangnya, Nikon FE2 sudah tidak lagi diproduksi dan hanya bisa ditemui dalam kondisi bekas. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 3.000.000.

Harga Rp. 1.000.000-3.000.000

Olympus OM-1

Pecinta kamera tua wajib tau yang satu ini. Olympus OM-1 merupakan kamera tua yang diluncurkan tahun 1972. Namun, jangan berfokus pada usianya. Olympus OM-1 memiliki jangkauan ISO 25-1600 dengan shutter speed hingga 1/1000 detik. Buat Anda pecinta street photography atau travel photography, Olympus OM-1 pas karena bentuknya yang compact.

Spesialnya dari Olympus OM-1 adalah, kamera ini diklaim sebagai SLR teringan dan terkecil di dunia dengan bobot sebesar 510 gram saja! Anda dapat hunting foto tanpa rasa lelah atau pegal-pegal di area tangan. Sayangnya, Olympus OM-1 hanya dapat Anda temukan pada kondisi bekas di marketplace kesayangan.

Harga Rp. 3.000.000-4.000.000

Sony Compact Camera DSC-H300

Bagaimana jika bisa mengabadikan momen ataupun panorama pemandangan alam yang indah dalam satu frame? Anda bisa mewujudkannya dengan Sony Compact Camera DSC-H300. Harganya bersahabat namun memberikan fitur-fitur yang sangat serbaguna. Sony Compact Camera DSC-H300 memiliki fitur kamera 360 derajat, di mana dapat memotret pemandangan dalam satu frame.

Kesulitan mengabadikan foto dengan tangan yang stabil? Jangan khawatir, hasil foto Anda tetap aman meskipun difoto dengan keadaan goyang karena memiliki fitur optical steady shot. Selain itu, Anda juga dapat merekam video dengan kualitas 720p.
Bagaimana? Tertarik untuk membeli?

Harga Rp. 2.000.000-4.000.000

Fujifilm Instax Mini Liplay

Anda sedang mencari kamera yang dapat merekam suara pada saat mengabadikan moment? Fujifilm Instax Mini Liplay adalah solusi yang sangat pas! Selain dapat merekam suara, Fujifilm Instax Mini Liplay juga dapat dihubungkan ke smartphone, sehingga memudahkan Anda untuk mencetak foto secara instan.

Untuk membawanya sangat mudah, karena berat Fujifilm Instax Mini Liplay hanya mencapai 255 gram saja. Cocok untuk dibawa berpergian maupun sebagai teman traveling Anda. Terdapat juga koneksi bluetooth untuk dapat membagi foto menjadi lebih mudah. Fujifilm Instax Mini Liplay memiliki sensitivitas ISO 100–1600.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Canon EOS M100

Terkadang, merekam video terasa lebih sulit dibandingkan mengambil sebuah foto. Tangan yang tidak bisa stabil membuat hasil video goyang dan blur. Jika Anda mengalami itu, maka Canon EOS M100 dapat menjadi solusi. Fitur Combination IS berguna untuk meredam getaran saat merekam video, sehingga hasil video pun tetap stabil.

Desain body yang compact juga membuat Canon EOS M100 digandrungi oleh pecinta photography. Spesifikasinya tidak kalah dengan DSLR karena memiliki processor DIGIC-7 dan menggunakan sensor APS-C 24,2 megapixel untuk menghasilkan gambar yang akurat, tajam, dan detail.

Harga Rp. 4.000.000-4.500.000

Minolta SR-T 101

Jika berbicara mengenai kamera tua, Minolta SR-T 101 juaranya. Pasalnya, Minolta SR-T 101 dirilis pada tahun 1966 oleh Minolta Camera Co dan diproduksi selama 10 tahun. Melihat dari usianya, Minolta SR-T 101 merupakan pionir dari kamera SLR 35mm.
Minolta SR-T 101 memiliki jangkauan ASA/ISO dari 6 sampai dengan 6400.

Minolta SR-T 101 akan terasa nyaman untuk dibawa ke mana-mana karena memiliki berat 560 gram. Jika sedang hunting foto, Anda tidak akan terasa berat atau pegal saat membawanya. Sementara, shutter speed dan sinkronisasi flash hampir sama seperti kamera lain, yakni 1/1000 detik dan 1/60 detik.

Harga Rp. 1.000.000-3.000.000

Canon PowerShot SX430 IS

Kamera dengan hasil yang tajam sudah biasa, lalu bagaimana dengan hasil jepretan zoom sebanyak 45 kali namun tetap jernih?Canon PowerShot SX430 IS jawabannya. Dengan bantuan ultra wide, Canon PowerShot SX430 IS mampu membidik gambar dengan hasil yang jernih.

Lalu, bagaimana jika ingin membidik moment dengan pencahayaan yang minim? Jangan khawatir, Canon PowerShot SX430 IS memiliki fitur built-in-flash, sehingga mampu menghasilkan foto yang lebih terang di keadaan gelap. Canon PowerShot SX430 IS mampu merekam video dengan kualitas 720p.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

Pentax K1000

Jika Anda sedang mencari kamera dengan desain yang kokoh, maka Pentax K1000 patut dipertimbangkan. Karena desainnya yang kokoh dan penggunaannya yang tahan lama, Pentax K1000 berhasil terjual lebih dari tiga juta unit. Pentax K1000 diproduksi tahun 1976 sampai dengan 1997

Spesifikasinya tidak kalah dengan merek kamera produksi lama lainnya, Pentax K1000 memiliki jangkauan ISO/ASA 20-3200 dengan shutter speed hingga 1/1000 detik. Pentax K1000 juga memiliki sinkronisasi flash 1/60 detik. Namun, kekurangan dari Pentax K1000 adalah beratnya mencapai 628 gram.

Harga Rp. 800.000-3.000.000
From our editorial team

Gunakan kamera profesional untuk hasil terbaik!

Foto untuk Instagram memang bisa diambil menggunakan smartphone, namun tidak semua smartphone akan menghasilkan gambar yang baik. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyisihkan dana untuk memilih salah satu dari rekomendasi kami di atas!