10 Rekomendasi Produk Jerawat Punggung Buat Kulit jadi Lebih Bersih dan Halus (2022)

10 Rekomendasi Produk Jerawat Punggung Buat Kulit jadi Lebih Bersih dan Halus (2022)

Apakah Anda memiliki jerawat di punggung dan sedang mencari solusi untuk menghilangkannya? Yuk kenali beberapa produk yang dapat membantu menghilangkan jerawat punggung Anda. BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bisa dipertimbangkan untuk Anda pilih.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Punggung

Salah satu area tubuh yang rentan berjerawat adalah punggung. Hal ini dikarenakan punggung mempunyai kelenjar sebum. Jadi, punggung memiliki sifat yang sama seperti wajah, dada, leher, lengan atas, bahkan pubis (area di bawah pusar dan di atas kemaluan). Oleh karena itu, area-area tersebut termasuk area yang bisa berjerawat dan penting untuk selalu menjaga kebersihannya.

Jika Anda mengalami punggung jerawat, maka Anda bisa mengatasinya dengan produk penghilang jerawat bagian punggung. Ada beberapa jenis produk penghilang jerawat yang bisa Anda pilih. Selain itu, BP-Guide juga akan memberikan beberapa rekomendasi produknya yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan pilihan.

Jenis Produk Penghilang Jerawat

Anda harus menentukan jenis produknya terlebih dahulu saat akan membeli produk penghilang jerawat punggung. Ada beberapa macam jenis produknya dan BP-Guide akan menjelaskan empat jenis produk. Produk tersebut adalah sabun mandi, handuk atau sikat badan, body spray dan gel atau krim.

Sabun Mandi

Dalam upaya menghilangkan jerawat punggung, sabun mandi sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan kemampuan membersihkannya yang efektif, sehingga produk ini banyak disukai. Selain itu, jenis produk ini juga bisa digunakan saat mandi sehingga penggunaanya praktis. Apalagi saat ini, telah banyak sabun mandi yang secara khusus diformulasikan dengan bahan aktif pereda jerawat.

Secara umum, sabun mandi memiliki dua tipe yaitu berbentuk batang dan cair. Anda dapat menyesuaikan tipe sabun yang dipilih sesuai preferensi. Penting untuk diketahui, apabila Anda memilih sabun batang, maka sebaiknya jangan menggunakannya bersama orang lain. Pastikan juga sabun tersebut hanya Anda gunakan untuk bagian tubuh saja dan tidak digunakan mencuci tangan atau muka. Jadi, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan punggung untuk mencegah.

Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, maka sebaiknya Anda rutin mandi sebanyak dua kali sehari. Meski Anda hanya beraktivitas di rumah, Anda juga harus tetap mandi untuk membersihkan punggung dari keringat, minyak atau sebum, dan juga kotoran.

Jumlah jamur ragi yang ada di kulit secara alami dapat meningkat, apabila sebum dan minyak terus menumpuk. Jika jumlah jamur ragi yang meningkat adalah golongan Malassezia sp. maka ini dapat menyebabkan masalah jerawat punggung.

Selain itu, dengan meningkatnya koloni bakteri juga dapat menyebabkan jerawat punggung. Oleh karena itu, saat Anda mandi menggunakan sabun mandi yang memiliki efek fungisidal dan mampu membasmi jamur Malassezia sp. Anda bisa memilih sabun mandi yang mengandung bahan aktif sulfur dan tea tree oil.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah maupun mengatasi jerawat punggung. Selain itu, dalam membantu mengurangi jerawat meradang, Anda juga bisa memilih sabun mandi dengan kandungan bahan aktif antiseptik seperti triclosan ataupun zinc pyrithione.

Sikat Badan atau Handuk Badan

Produk selanjutnya yang mampu membersihkan punggung Anda secara menyeluruh adalah sikat badan atau handuk badan, jadi Anda perlu memilikinya. Biasanya yang sering digunakan adalah sikat dengan bahan yang terbuat dari serat sintetis seperti nilon.

Tetapi serat sintetis dapat mengiritasi kulit sehingga Anda perlu berhati-hati. Sebaiknya, Anda menghindari pemakaian bahan tersebut apabila bagian punggung Anda sedang berjerawat. Anda bisa menggunakan handuk badan yang terbuat dari sutra atau kapas untuk kulit yang sensitif dan berjerawat.

Sedangkan untuk sikat badan, Anda bisa memilih bulu alami seperti rambut kuda. Bahan tersebut lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif atau kering. Perlu diperhatikan juga untuk handuk yang Anda gunakan harus selalu bersih.

Agar tidak tumbuh jamur pada handuk, maka hindari menyimpan handuk di tempat lembap. Anda bisa menjemurnya atau angin-anginkan handuk setelah dipakai. Selain itu, saat akan dipakai kembali pastikan handuk dalam keadaan kering. Anda juga perlu mengganti handuk sebanyak dua kali seminggu.

Kemudian jika Anda menggunakan sponge ataupun sikat pembersih tubuh maka bersihkan sponge ataupun sikat badan setelah dipakai dan jangan biarkan kotoran ataupun sisa sabun menempel. Agar tidak berjamur, maka hindari menyimpan spons atau sikat badan di kamar mandi yang lembap.

Anda juga perlu menggosok punggung dengan tidak terlalu kuat supaya tidak menyebabkan reaksi iritasi yang bisa memperparah peradangan jika memiliki jerawat punggung.

Body Spray

Agar mencegah kulit kering, Anda bisa menggunakan body spray setelah mencuci punggung. Anda sebaiknya memilih spray yang bebas dari zat aditif, pewangi, dan pewarna buatan untuk menghindari iritasi. Penggunaan body spray juga sangat mudah karena Anda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian punggung tanpa perlu dibilas. Selain praktis, kemasannya juga lebih travel friendly.

Gel dan Krim

Jika masalah kulit kering Anda belum teratasi dengan memakai body spray, maka bisa gunakan gel atau krim jerawat punggung. Jenis ini menawarkan daya pelembap yang lebih tinggi. Terdapat juga jenis gel atau krim dapat meredakan jerawat aktif yang kemerahan dan meradang.

Penggunaanya juga cukup mudah dengan mengoleskannya di kulit punggung agar tidak terasa kering. Hal ini membuat gel atau krim lebih sulit diaplikasikan di bagian punggung dibanding body spray. Meski begitu, pilihlah produk yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

Hindari pemilihan skincare punggung yang mengandung minyak. Karena minyak dapat menyebabkan meningkatnya pertumbuhan jamur Malassezia sp. Selain itu, penggunaan skincare yang bersifat oklusif atau menutup pori dapat menyebabkan masalah biang keringat pada punggung.

Ini Dia Rekomendasi Produk Jerawat Punggung

Erha Acneact BHA & Allantoin Acne Back Spray

Erha Acneact BHA & Allantoin Acne Back Spray merupakan salah satu produk dari Erha yang dikembangkan dengan formula dermatologi. Produk ini digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang untuk area badan yang terkena jerawat.

Kandungan dari produk ini adalah BHA, allantoin, aloe vera extract, zinc gluconate, zinc PCA, menthol dan menthyl lactate serta witch hazel extract. Manfaat dari produk ini adalah membunuh bakteri penyebab jerawat, mengontrol produksi sebum berlebih serta meredakan jerawat dan kemerahan.

Produk ini nyaman digunakan sehari-hari karena mudah menyerap dan memberikan cooling sensation. Cara menggunakan produk ini adalah dengan setiap setelah mandi sebanyak 1-3 kali sehari Anda kocok dahulu produk ini, kemudian semprotkan ke bagian punggung berjerawat.

Anda juga dapat menggunakannya pada area tubuh lainnya. Disarankan menggunakan Erha Acneact BHA & Mugwort Acne Body Wash untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Rp. 45.000-239.960

Acnes Sealing Jell

Acnes Sealing Jell merupakan gel transparan yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kulit berjerawat. Produk ini memiliki sejumlah kandungan zat aktif, diantaranya adalah isopropil metil fenol, asam salisilat, dan sulfur.

Kandungan isopropil metil fenol pada acnes sealing jell ini adalah untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Kemudian zat aktif asam salisilat dan sulfur berfungsi dalam membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga tekstur kulit. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin E dan vitamin B6 yang kaya akan antioksidan.

Anda bisa menggunakan produk ini dengan mengoleskan gel secukupnya pada bagian yang berjerawat. Kemudian diamkan beberapa menit hingga gel menyerap dan bekerja sesuai kandungannya. Perlu diperhatikan, apabila timbul iritasi atau kemerah-merahan pada kulit maka sebaiknya hentikan penggunaan produk.

Harga Rp. 4.900-131.000

Eco Tools 7401 Bamboo Loofah Bath Brush

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa produk untuk menghilangkan jerawat punggung bervariasi dan salah satunya adalah sikat. Sikat ini terbuat dari bahan alami yang biasanya bebas iritasi. Dengan menggunakan sikat ini maka Anda dapat membersihkan kotoran dan sebum yang bisa memunculkan jerawat, namun tidak dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa menggunakan loofah bambu ini dengan sabun batang atau sabun cair kesukaan Anda hingga berbusa. Kemudian gosok ke seluruh tubuh sampai ke bagian yang sulit dijangkau. Ketika dalam keadaan keadaan basah loofah ini akan mengembang.

Harga Rp. 159.920-512.400

Kun Anta Acne Herbal Solution

Sabun anti acne ini dibuat dengan bahan-bahan herbal pilihan. Diantaranya adalah tea tree oil yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat anti inflamasi dan mencegah bau badan.

Kandungan habbatussauda oil sebagai anti acne juga dapat membantu menyamarkan hiperpigmentasi dan menjaga keremajaan kulit. Bahan eucalyptus oil sebagai antiseptik dan antibakteri alami serta menginfeksi jamur dan antioksidan.

Bagi Anda yang memiliki jerawat punggung maka sabun jerawat dari Kun Anta ini bisa menjadi pilihan. Tidak hanya membantu mengatasi jerawat pada bagian punggung saja, tetapi juga pada bagian lain seperti dada dan lipatan lainnya.

Apalagi dengan centella asiatica yang membantu proses healing kulit dari bekas jerawat atau luka. Produk ini diklaim aman untuk kulit sensitif, balita hingga penderita eczema.

Harga Rp. 122.900-956.000

Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray

Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray mengandung bahan-bahan alami. Dengan ekstrak temulawak sebagai anti acne. Kemudian AC net yang merupakan campuran oleanoic acid yang dapat membantu menghambat sekresi sebum berlebih.

Kandungan nordihydroguaiaretic acid yang berfungsi dalam menghambat hyperkeratosis. Anda bisa menggunakan produk ini untuk menghilangkan jerawat di seluruh badan (punggung, dada dan lengan).

Produk ini bisa digunakan untuk kulit tubuh berjerawat tahap ringan hingga sedang. Produk ini juga dapat meminimalisir efek iritasi karena memiliki kandungan asam salisilat yang dikombinasikan dengan acia gum yang juga membantu mengangkat sel kulit mati.

Saat menggunakan produk ini juga akan terasa lembab karena bahan panthenol di dalamnya. Bersifat sebagai anti inflamasi dan menyejukkan kulit yang teriritasi.

Harga Rp. 8.000-30.000

REI Skin Betel Leaf + Glycolic Acid Gentle Acne Body

Produk ini merupakan body wash yang secara khusus diformulasikan untuk mencegah dan menangani body acne. Dibuat dengan campuran AHA (glycolic acid) dan bahan dari tanaman yang dapat menenangkan kulit seperti aloe vera dan niacinamide. Hal ini menjadikan body wash ini sangat gentle serta aman untuk digunakan setiap hari dan aman untuk kulit sensitif.

Benefits menggunakan produk ini adalah membantu mencegah jerawat pada kulit punggung, mengangkat sel sel kulit mati dan mencegah timbulnya jerawat pada punggung. Cara penggunaannya dengan tuangkan sabun secukupnya ke telapak tangan atau puff, kemudian oleskan secara merata. Setelah itu, bilas dengan bersih menggunakan air. Produk ini aman untuk digunakan setiap hari untuk pagi dan malam hari.

Jika Anda ingin hasil yang efektif, maka setelah mandi bisa gunakan Betel Leaf + Glycolic Acid Body Acne Spray REI. Pada siang hari, juga Anda perlu selalu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit. Perlu diperhatikan jika sebelumnya belum pernah memakai AHA, maka Anda bisa mulai dengan memakai produk 1 minggu 3 kali. Pelan-pelan tambah frekuensi menjadi 2 hari, jika kulitnya sudah bisa menoleransi kandungan AHA maka Anda bisa menggunakannya setiap hari.

Harga Rp. 81.000-623.500

The Body Shop Tea Tree Body Wash

Pembersih Tea Tree Body Wash merupakan pembersih yang diklaim dapat membersihkan dan menyegarkan kulit yang berjerawat. Brand ini juga dikenal dengan produk-produknya yang terbuat dari bahan alami sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari.

Dengan menggunakan produk ini maka kulit Anda akan terasa lebih bersih, cerah dan segar. Selain diklaim efektif membersihkan dan menyegarkan kulit yang berjerawat, sabun ini memiliki wangi segar alami.

Produk ini cocok jika Anda menyukai wangi alami yang bisa membuat Anda merasa relax. Jadi, saat mandi selepas beraktivitas dengan sabun ini maka akan membantu menenangkan pikiran Anda.

Harga Rp. 169.000-926.000

Glossier Zit Stick

Glossier Zit Stick memiliki bentuk pena portabel yang dirancang agar praktis untuk bisa dibawa kemana saja. Mengandung benzoil peroksida 5% yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat sambil mengecilkan ukuran dan bengkak dan kemerahan.

Kandungan capryloyl salicylic acid sebagai turunan asam salisilat yang lebih lembut untuk mengurangi stres pada kulit. Kemudian tea tree oil sebagai minyak alami yang dikenal karena khasiat penyembuhannya.

Cara pengapilikasiannya adalah dengan memutar Zit Stick hingga muncul di rollerball. Kemudian luncurkan rollerball langsung ke jerawat dan batasi ke area permukaan yang kecil. Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka disarankan untuk diuji pada lengan Anda terlebih dahulu.

Harga Rp. 255.000-1.020.000

SOMETHINC Bacne 1% Biosalicylic Spray

Somethinc Bacne 1% Biosalicylic Spray merupakan body spray yang memiliki tiga kandungan utama. Kandungan biosalicylic acid sebagai anti bakteri, membersihkan sel kulit mati, menyeimbangkan sebum berlebih dan menenangkan kemerahan.

Piroctone olamine yang dapat membantu melawan jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan jamur serta menenangkan kemerahan. Kemudian spearmint yang bisa memberikan sensasi sejuk dan menyegarkan.

Produk ini dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab jerawat badan dan membersihkan pori–pori badan. Dengan semprotan 360 derajat movement, sehingga mudah digunakan pada area tubuh yang sulit dijangkau. Selain itu, produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

Cara menggunakannya hanya, pertama bersihkan kulit secara menyeluruh sebelum menggunakan produk. Kemudian semprotkan secara merata ke area tubuh yang berjerawat sebanyak 2x sehari. Diamkan hingga kering selama 30-60 detik sebelum berpakaian. Perlu diketahui produk ini tidak disarankan penggunaan pada wajah.

Harga Rp. 69.900-322.000

Sensatia Botanicals Rosemary & Lavender Tea Tree Soap

Produk dari Sensatia Botanicals ini cocok untuk kulit berminyak cenderung berjerawat. Bahan utama pada produk ini adalah minyak esensial lavender yang beraroma herbal segar.

Lavender juga akan memberikan efek menenangkan untuk tubuh dan pikiran. Oleh karena itu sabun ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Dengan kandungan rosemary yang dapat mengangkat sel kulit mati secara alami dengan aroma menyegarkan.

Rosemary juga dapat meningkatkan sirkulasi yang lebih baik dan sering digunakan di dalam aromaterapi untuk meningkatkan konsentrasi. Sedangkan minyak tea tree dapat membantu mengontrol tingkat sebum pada kulit berminyak untuk melawan jerawat yang timbul pada kulit.

Anda bisa menggunakan produk ini dengan cara usap produk dengan air di tangan hingga berbusa. Kemudian gosok secara merata pada tubuh yang telah basah dari kepala hingga kaki. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan.

Harga Rp. 16.500-176.000

Itulah beberapa jenis produk untuk menghilangkan jerawat punggung. Bagi Anda yang memiliki jerawat punggung maka bisa memilih produk yang direkomendasikan BP-Guide. Penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kandungan atau material pada produk yang akan digunakan. Apabila Anda akan menghilangkan jerawat punggung dengan memilih produk sabun, maka pilihlah sabun yang tidak mengandung terlalu banyak detergen.

From our editorial team

Cek Kandungan Produk Sebelum Membeli

Selain pada produk sabun, untuk produk berupa gel atau krim dan body spray maka hindari bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti pengawet, pewarna, pewangi, mineral oil, dan alkohol. Sebaiknya Anda memilih produk dengan kandungan salicylic acid dan isopropyl methylphenol. Selain itu, agar kulit punggung Anda tidak kering maka pilihlah produk yang tinggi kandungan pelembap seperti glycerin. Anda juga bisa memilih bahan organik yang minim bahan kimia untuk meminimalkan efek samping seperti aloe vera, tea tree, ekstrak daun sirih dan sea salt.