10 Rekomendasi Game Visual Novel Keren yang Harus Kamu Mainkan, Ada yang Buatan Indonesia Lho!

10 Rekomendasi Game Visual Novel Keren yang Harus Kamu Mainkan, Ada yang Buatan Indonesia Lho!

Ada banyak genre game seru yang bisa dimainkan dan game visual novel bisa jadi salah satunya. Buat kamu pencinta game dengan alur cerita yang menarik BP-Guide sudah siapkan beberapa rekomendasi game seru yang bisa dimainkan dalam ulasan berikut ini!

Walaupun Tidak Sepopuler Genre Action, Game Visual Novel juga Punya Banyak Penggemar

Saat senggang, aktivitas bermain game memang banyak jadi pilihan. Beraneka macam game bisa dimainkan untuk membuang rasa jenuh akan aktivitas keseharian. Diantara banyak jenis game yang ditawarkan, game visual novel bisa jadi pilihan kamu.

Memang sih, game yang satu ini tak sepopuler game bergenre action. Meski demikian, game visual novel ini sudah memiliki penggemar tersendiri loh.

Rendahnya minat para gamers untuk memainkan game tipe visual novel ini salah satunya dikarenakan game ini menyisipkan banyak teks dialog sebagai alur utamanya. Umumnya gamers yang memainkannya harus memiliki kesabaran ekstra untuk membaca per dialog secara detail supaya mengerti maksud dari game tersebut.

Game ini tergolong sederhana karena memiliki jalan cerita yang unik. Kamu akan dihadapkan pada aneka pilihan jawaban yang bisa menentukan ending dari game tersebut.

Ciri Khas Game Visual Novel

Sumber gambar steamcommunity.com

Game visual novel merupakan tipe game yang menghadirkan sebuah alur cerita dalam bentuk visual dan audio. Game ini juga disertai dialog teks percakapan antar tokohnya. Salah satu contoh game visual novel adalah Naruto Shippuden Ninja Impact yang hadir dalam platform PSP.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang game visual novel, kamu wajib baca terus BP Guide. Kami akan menghadirkan ciri khas game visual novel beserta deretan game visual novel rekomendasi kami untuk kamu loh.

Gambar Statis

Sumber gambar www.youtube.com

Main game memang memberikan keseruan tersendiri. Apalagi jika gamenya memiliki alur cerita yang menyenangkan. Jika kamu penyuka game dengan alur cerita, maka game visual novel bisa jadi pilihan kamu.

Game visual novel ciri pertamanya adalah memiliki gambar yang statis. Selanjutnya kumpulan gambar statis tersebut dikombinasikan dengan teks dialog dan juga suara sehingga menjadikannya sebuah permainan game yang seru untuk diikuti kisahnya.

Pada Umumnya Bergaya Anime

Game visual novel boleh jadi tak begitu diminati para gamers penyuka genre action. Namun game visual novel ternyata cukup banyak diminati di negeri Sakura loh. Bahkan game macam ini mampu menguasai 70 persen pasar game PC. Sementara di negara Barat umumnya peminat game ini sangat minim.

Game dengan gambar statis ini memiliki ciri lain yang wajib kamu ketahui. Umumnya basisnya adalah fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel yang digambar dengan gaya anime.

Mengikuti Alur Cerita

Sumber gambar kotaku.com

Sesuai namanya, game visual novel ini memiliki alur cerita. Ini juga sekaligus sebagai ciri dari tipe game yang satu ini. Umumnya tema cerita yang dihadirkan adalah mengenai dating simulator dan petualangan.

Cerita akan ditampilkan melalui ucapan setiap karakter. Terkadang narasi juga akan ditampilkan sebelum percakapan antar tokohnya dimulai. Nantinya pemain akan memilih berbagai pilihan yang disediakan untuk menjawab dialog. Dan pilihan yang diambil tersebut akan mempengaruhi jalan cerita dari visual novel yang sedang dimainkan.

10 Rekomendasi Game Visual Novel Keren yang Bisa Kamu Mainkan

Steins;Gate

Sumber gambar www.crunchyroll.com

Game visual novel tak selalu diambil dari novel atau manga. Ada juga yang diambil dari anime seperti Steins;Gate ini. Game satu ini alur ceritanya tentang sekelompok remaja yang melakukan perjalanan melintasi ruang dan waktu. Bersama, mereka menelisik teknologi teranyar untuk memberi mereka kekuatan yang bisa digunakan untuk mengubah keadaan di masa lalu.

Game yang dikembangkan oleh 5pb dan Nitroplus ini memang cocok untuk siapa saja, tak sebatas untuk mereka yang pecinta genre fiksi ilmiah. Sebagai game yang hadir dengan plot non-linear, tiap pilihan yang kamu gunakan akan menentukan ending game ini untuk kamu.

Untuk memainkannya kamu bisa memakai platform seperti Android dan iOs. Jika sudah selesai memainkan namun masih ingin tahu kelanjutan kisah para remaja ini, kamu bisa menonton animenya yang menjadi sekuel kelanjutan dari cerita Steins Gate.

Nusantara: Legend of the Winged Ones

Sumber gambar sweetchiel.itch.io

Memainkan game yang seru bikin kita jadi lupa waktu. Apalagi bagi yang memiliki hobi membaca, pastinya kala memainkan game visual novel akan betah banget. Coba saja mainkan Nusantara: Legend of the Winged Ones yang merupakan salah satu game visual novel populer.

Dipersembahkan oleh Developer Indie, game ini menyuguhkan cerita intens dari Sweetchiel yang merupakan penulis dan ilustrator. Para pemain akan dibawa ke dunia baru yang seru. Pemain akan dikenalkan dengan unsur budaya nusantara yang kental. Mengambil latar budaya Indonesia yang dijadikan satu dalam sebuah cerita, game ini dijamin akan seru banget.

Doki-Doki Literature Club

Sumber gambar sumikai.com

Doki Doki Literature Club merupakan salah satu game visual novel yang wajib kamu coba mainkan. Game ini menceritakan seorang anak lelaki SMA yang memutuskan untuk bergabung dengan klub literasi yang ada di sekolahnya. Di sana ia berinteraksi dengan empat anggota cewek di klub tersebut.

Pada awal permainan mungkin kita akan merasa gamenya simple karena mengenai asmara remaja. Namun seiring berjalannya game kamu akan sadar bahwa permainan ini menggiring kamu pada cerita dunia horor psikologis yang muram. Rating game ini cukup bagus dan kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Steam.

Love Story: Highschool Romance

Sumber gambar www.youtube.com

Bagi gamers wanita yang suka tema cinta dan romantisme bisa coba game yang satu ini. Ada Love Story: Highschool Romance yang merupakan game visual novel yang keren banget. Ceritanya adalah murid pindahan yang berasal dari Kalimantan dan pindah ke sekolah di Jakarta. Ia ingin menjadi seorang teknisi mesin yang handal.

Dalam tujuannya meraih impian, ia malah mengalami kisah romantis bersama para siswi yang menjadi pilihannya. Dirilis oleh PT. Falcon, game ini diluncurkan di Android Store pada tanggal 2 November 2015 lalu. Kamu harus menaikan status untuk menarik perhatian dari setiap heroine. Perlu diketahui bahwa tiap heroine tertarik dengan status yang berbeda. Kamu bisa mendapatkan sad ending atau happy ending berdasarkan interaksi kamu dengan heroine pilihan kamu.

Clannad

Sumber gambar www.japaniac.de

Game visual novel selanjutnya yang bisa kamu lirik adalah Clannad. Ini merupakan sebuah game bergaya anime yang dirilis tahun 2004 untuk sistem operasi Windows. Dikembangkan oleh Key, game ini aman untuk semua kalangan.

Alur ceritanya bercabang, jadi kamu sendiri yang harus menentukan kejadian selanjutnya berdasarkan pilihan kamu. Berlatar tentang kehidupan anak SMA, game ini sempat menjadi game PC dengan penjualan tercepat pada masanya. Diproduksi Kyoto Animation, game yang satu ini seru banget untuk kamu coba mainkan.

Phoenix Wright : Ace Attorney

Sumber gambar www.nintendo.co.uk

Phoenix Wright : Ace Attorney merupakan sebuah game visual novel yang seru. Game ini dirilis untuk sistem konsol Game Boy Advance tahun 2001 pada awalnya. Lalu kemudian di port ke versi Nintendo DS seperti input melalui touchscreen.

Game dengan tema detektif ini seru untuk dimainkan. Mengusung plot non linear sehingga kamu bisa melakukan pilihan guna mempercepat proses investigasi kasus. Kisahnya adalah tentang Phoenix Wright yakni seorang pengacara junior yang harus menyelidiki sebuah kejahatan misterius. Selain mengumpulkan bukti, ia juga harus menebak siapa penjahat yang sebenarnya.

Just Desert

Sumber gambar www.youtube.com

Vifth Floor bekerja sama dengan Sekai Project dan menghasilkan game visual novel bernama Just Desert. Kisahnya adalah tentang perjuangan melawan para alien yang menyerang bumi. Serunya, selain melawan alien, kamu juga bisa membuat jadwal kencan dengan tokoh yang ada di dalam game.

Permainan yang dirilis pada 22 Desember 2017 lalu ini bisa diunduh di Steam ya. Game yang sci-fi action dating SIM ini seru untuk dimainkan. Meski relatif baru, namun game ini banyak penggemarnya loh.

Danganronpa: Trigger Happy Havoc

Sumber gambar www.digitalspy.com

Kamu yang hobi berteka teki bisa lirik game satu ini. Danganronpa: Trigger Happy Havoc ini merupakan sebuah game visual novel yang seru. Sekelompok siswa mulai sadar bahwa sekolahnya memberlakukan aturan Battle Royale. Artinya setiap siswa harus saling bunuh jika ingin tetap selamat dan lolos dari pengadilan yang dihelat oleh kawannya sendiri.

Kamu akan berperan sebagai Makoto Naegi yang tugasnya adalah untuk mengumpulkan bukti dan petunjuk lalu mengajukan argumen. Setelahnya kamu akan menunjuk siapa dalang sesungguhnya. Sedikit menyeramkan, game ini tersedia untuk PC dan juga untuk PS4 serta iOs dan Android.

In Reality

Sumber gambar www.kickstarter.com

Yuk coba game visual novel dari Indonesia. Game yang dirilis tahun 2016 ini sekarang memang masih terus dikembangkan. In Reality adalah game yang dikreasikan oleh VNProject.

Tema dari game ini adalah slice of life yang bernuansa romantis. Kisahnya mengenai seorang anak lelaki yang bertemu seorang anak perempuan yang misterius. Sejak bertemu perempuan tersebut, kehidupan lelaki itu jadi sedikit demi sedikit berubah. Kamu bisa mengunduh game ini di Android Store ya.

Psycho-Pass: Mandatory Happiness

Kembali 5pb menghadirkan game visual novel lain yang tak kalah serunya. Game yang dibuat karena terinspirasi dari anime ini berjudul Psycho-Pass: Mandatory Happiness. Berkisah tentang Tokyo di masa mendatang, pastinya gamenya seru banget.

Dikisahkan bahwa pada saat itu, orang akan langsung dipenjara jika ketahuan memiliki niat buruk. Hal ini karena munculnya teknologi pemindai kepribadian bernama Psycho-Pass. Kamu bisa memilih satu dari dua karakter utama untuk memainkan game ini.

Kamu bisa menjadi seorang inspektur wanita yakni Nadeshiko Kugatachi yang gemar berpikir logis. Atau bisa juga memilih menjadi seorang enforcer bernama Takuma Tusugi yang selalu bertindak berdasarkan emosinya.

From our editorial team

Yuk, Coba Keseruan Bermain Game Visual Novel!

Saat ini ada banyak genre game yang bisa ditemui dan kalau ingin mencoba sensasi bermain game yang berbeda, kamu bisa coba game bergenre visual novel. Meski tak terlalu banyak digemari game ini punya sisi keseruan tersendiri yakni permainannya yang mengikuti jalan cerita seperti dalam novel. Kamu bisa menikmati setiap momen dalam game ini tapi ingat jangan sampai lupa waktu ya!