Lengkapi Peralatan Memancing Anda dengan 3 Rekomendasi Alat Pancing Otomatis Berikut Aksesorisnya! (2019)

Lengkapi Peralatan Memancing Anda dengan 3 Rekomendasi Alat Pancing Otomatis Berikut Aksesorisnya! (2019)

Anda yang hobi memancing bisa memilih alat pancing otomatis untuk mempermudah saat memancing. Lengkapi juga peralatan memancing dengan aksesorisnya untuk mendapatkan pengalaman memancing yang menyenangkan. Yuk, cek rekomendasi produknya di BP-Guide berikut ini.

Memancing Merupakan Hobi yang Menyenangkan

Sumber gambar www.southernsavers.com

Memancing juga menjadi hobi yang menyenangkan untuk semua kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Aktivitas memancing tidak hanya bertujuan untuk mencari ikan. Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari memancing. Berikut manfaatnya dari BP-Guide.

Manfaat Aktifitas Memancing

Sumber gambar www.reviewjournal.com
  • Memancing dapat memacu konsentrasi dan mengendalikan emosi. Salah satu kegiatan saat memancing adalah menunggu ikan memakan umpan. Pada saat itu, Anda akan dipacu untuk meningkatkan konsentrasi dan berlatih menahan emosi. Kesabaran menjadi salah satu kunci utama pada olahraga ini.
  • Aktivitas memancing melatih Anda bertahan dalam segala kondisi dan cuaca. Saat memancing, Anda akan melihat lingkungan sekitar dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Terkadang, ada saat yang tidak terduga seperti tiba-tiba turun hujan atau gigitan nyamuk. Dengan memancing, Anda akan terbiasa bersiaga dengan segala kemungkinan.
  • Memancing juga baik untuk melatih penglihatan dan kejelian mata. Aktivitas ini dapat membantu Anda awas terhadap gerakan-gerakan air.
  • Memancing baik untuk melatih fokus dan tidak mudah melamun. Jika Anda lengah, tentu Anda tidak akan mendapatkan tangkapan.
  • Memancing dapat mengurangi stres. Pergi memancing dan melihat pemandangan dapat membantu Anda segar kembali.
  • Ketika di luar ruangan, Anda akan banyak mendapatkan sinar matahari yang berlimpah. Anda juga dituntut untuk bergerak. Oleh sebab itu, hobi memancing dapat meningkatkan asupan vitamin D yang dapat mengecilkan kemungkinan depresi.
  • Memancing dapat menjadi ajang sosialisasi dan mendapat kerabat baru. Saat memancing, Anda mungkin akan bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi sama.

3 Komponen yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Alat Pancing

Sumber gambar sea.banggood.com

Jika Anda ingin membeli alat pancing untuk diri Anda sendiri atau orang lain, sangat disarankan untuk melihat material yang ada pada alat pancingnya. Untuk membeli alat pancing, Anda dapat memperhatikan beberapa bahan berikut ini:

  • 1. Komponen dengan karbon dan serat kaca (fiberglass)
    Perpaduan komponen ini kuat terhadap tekanan. Karbon memiliki sifat yang kuat sedangkan serat kaca memiliki sifat yang liat dan lentur. Joran yang memiliki komposisi bahan ini merupakan joran yang cukup kuat dan lentur. Tetapi kekurangannya tidak dapat menangkap beban yang sangat berat.
  • 2. Komponen dengan bahan grafit dan serat kaca
    Bahan grafit merupakan bahan yang kaku dan kuat. Joran yang memiliki perpaduan bahan ini akan lebih kuat menahan beban berat. Namun, kekurangan dari bahan grafit adalah bahan ini merupakan penghantar listrik yang baik. Anda perlu berhati-hati jika akan menggunakan bahan ini ketika memancing di pantai, sungai, atau laut ketika ada hujan dan petir.
  • 3. Komponen dengan bahan grafit, karbon, dan E-glass
    Joran dengan komposisi bahan ini merupakan joran yang kuat, ringan, dan tahan lama. E-glass berfungsi sebagai pelindung untuk memancing saat ada petir. Campuran ketiga bahan ini sudah mulai digunakan untuk joran pancing. Kekurangannya adalah biaya bahan tersebut lebih mahal dari dua bahan lainnya.

Rekomendasi Alat Pancing Otomatis Berikut Aksesoris yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memancing

Joran

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Ada beberapa joran yang dapat dijadikan pilihan untuk Anda yang hobi memancing.

  • Boyi Joran Pancing Otomatis
    Joran otomatis ini sangat praktis digunakan karena sudah terdiri dari joran dan bracket atau dudukan. Anda akan lebih leluasa untuk menyiapkan umpan pancing yang lain. Boyi memiliki tiga tingkat sensitivitas yang dapat diatur. Joran ini terbuat karbon, logam campuran, dan baja yang dilapisi dengan busa pada pegangan agar tidak licin. Boyi joran otomatis ini memiliki warna hitam dan dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp156.750 di Shopee.
  • Crystalawaking, Joran Pancing Lipat Teleskopik Otomatis
    Joran Crystalawaking merupakan joran praktis yang dapat dilipat secara teleskopik. Joran ini mempunyai berat 420g dengan panjang 24 cm saat dilipat dan dapat dipanjangkan hingga 131cm. Crystalawaking terbuat dari bahan serat kaca (fiberglass) yang diperkuat oleh plastik dengan pegangan dari baja. Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp 228.000 di Lazada.
  • Joran GW Fiberglass, Instant Fisherman
    Joran berikutnya adalah GW Fiber Glass yang juga merupakan joran lipat teleskopik yang terbuat dari serat kaca. GW Fiber Glass memiliki panjang 24 cm ketika dilipat dan dapat memanjang hingga 131cm. Joran ini cocok untuk pemula karena sudah memiliki reel otomatis sehingga mudah menggulung tali pancing agar tidak kusut. Anda dapat memperoleh joran ini dengan harga mulai Rp 400.000 di Shopee.

Bracket atau Dudukan Joran

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anda juga dapat memilih beberapa aksesoris alat pancing yang juga penting untuk perlengkapan memancing. Salah satu aksesoris tersebut antara lain dudukan joran atau bracket. Berikut rekomendasinya dari BP-Guide.

  • Bracket Joran Otomatis/Local automatic fishing rod bracket
    Bracket joran digunakan sebagai tempat joran pancing. Bracket ini dapat menahan beban hingga 10kg. Anda dapat meletakkan joran pancing di atasnya sehingga Anda leluasa untuk melakukan aktifitas yang lain. Bracket joran lokal ini dilengkapi dua pegas sehingga memiliki daya balik yang kuat. Pegas ini juga berfungsi sebagai ikatan sehingga joran tidak mudah lepas ketika ada ikan yang menariknya. Anda dapat memperolehnya dengan harga terjangkau yaitu Rp 79.900 di Tokopedia.
  • 2. Lixada Automatic Double Spring
    Merk bracket Lixada hadir dengan keunggulan menahan beban ikan hingga 10kg. Bracket ini memiliki berat 420 g dengan dimensi ukuran 44,5x5cm. Anda dapat membeli bracket ini mulai dari Rp 251.000 di Amazon. Brecket ini memiliki tiga sensitivitas dengan dua pegas yang dapat merespon gerakan ikan dengan cepat.
  • 3. Wogoboo 2 Pack Adjustable Automatic Bracket
    Wogoboo merupakan alat penopang joran yang mudah dilipat dan dibawa secara praktis. Wogoboo mengemasnya dalam dua buah bracket joran. Berat bracket ini sekitar 420 g dengan ukuran 44,5x5cm. Dua alat ini dapat ditemukan di Amazon dengan harga Rp 475.000. Bahan bracket ini berasal dari baja dan memiliki handle yang baik.

Pelampung Otomatis

Sumber gambar www.lazada.co.id

Selain bracket atau dudukan joran, persiapkan juga pelampung otomatis. Berikut rekomendasinya dari BP-Guide.

  • Elec Eva Otomatis Pelampung Pancing
    EVA merupakan bahan busa berkualitas tinggi yang mudah mengapung dan elastis. Bahan ini juga tidak mudah retak. Dengan ukuran 390mm, pelampung pancing OEM memiliki tiga kait portable. Pelampung ini cocok untuk ikan-ikan yang memiliki gigitan kuat atau yang memiliki bobot hingga 2kg ke atas. Harga pelampung ini cukup beragam mulai dari Rp 45.000 di Lazada.
  • Smart Pelampung Pancing Gigitan Alarm Ikan
    Pelampung dengan bite alarm atau alarm akan menyala ketika ada tarikan dari ikan saat menggigit kail. Pelampung pancing tipe seperti ini cocok untuk joran dengan panjang hingga 3,6m. Pelampung ini memiliki baterai internal dan bermaterial serat kaca sehingga resisten terhadap tekanan air. Dengan sifat yang menyala saat ada umpan yang digigit, pelampung ini cocok di kedalaman air mulai dari 1-3m. Harga pelampung jenis ini mulai dari Rp 63.000 di Lazada.

Reel Elektrik

Sumber gambar www.hkahlonmarket.com

Reel pancing memang cukup mahal, tetapi alat ini merupakan alat yang penting dalam dunia memancing. Reel berfungsi untuk menggulung dan mengulur tali Pancing pada joran. Reel pancing dapat digunakan oleh pemula maupun profesional. Berikut adalah beberapa rekomendasi reel pancing elektrik dari BP-Guide.

  • Daiwa Tanacom Power Assist Reel
    Reel Daiwa jenis Tanacom ini merupakan reel otomatis dengan daya 12-168 volt. Reel ini telah dilengkapi LCD untuk melihat setting tali pancing. Daiwa Tanacom dapat mengangkat ikan hingga permukaan air. Berat ikan yang dapat diangkat menggunakan reel ini hingga 21,7 kg. Daiwa Tanacom dapat dibeli dengan kisaran harga Rp 6.977.000 - Rp 13.228.000 di Amazon.
  • Banax Kaigen 1000 Electric Reel
    Banax Kaigen 1000 Electric reel merupakan salah satu reel yang banyak diulas oleh pemancing. Dengan kapasitas 800m/100lb yang dapat mengangkat beban maksimal 20,4kg, reel pancing ini dihargai Rp 9.075.000. Banax Kaigen 1000 cocok digunakan untuk memancing di perairan air dalam. Daya listrik reel ini adalah 12 volt.
  • Banax Kaigen 7000CP Electric Reel
    Satu lagi reel elektrik yang dapat Anda pertimbangkan adalah Banax Kaigen 7000CP. Harga reel ini lebih murah dibandingkan seri 1000 Rp 4.460.000 di Amazon. Dengan harga yang lebih murah, Kaigen 7000CP dapat menahan beban setara dengan 30kg. Pegang tangan pada reel ini terbuat dari alumunium yang dilapisi dengan busa lembut dari EVA. Daya listrik reel ini sebesar 12 volt.
From our editorial team

Merawat Peralatan Memancing Agar Tahan Lama

Itulah beberapa alat pancing otomatis dan aksesoris yang perlu dipersiapkan sebelum memancing. Lengkapi peralatan memancing Anda untuk mendapatkan pengalaman memancing yang lebih seru dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga perlu merawat peralatan memancing agar lebih awet dan tahan lama.

Tag