Dapur Lebih Sehat dengan 10 Rekomendasi Cooker Hood dari BP-Guide! (2020)

Dapur Lebih Sehat dengan 10 Rekomendasi Cooker Hood dari BP-Guide! (2020)

Cooker hood akan membuat dapur lebih bebas asap dan aman untuk kesehatan. Intip yuk tips pemasangan cooker hood yang benar supaya bisa berfungsi maksimal. Jangan lupa, cek juga rekomendasi cooker hood dari kami di BP-Guide!

Cooker Hood Wajib Dimiliki untuk Dapur Lebih Segar dan Sehat

Asap dapur yang panas dan kotor tentu membuat dapur jadi pengap. Polusi udara semacam ini tentu sangat membahayakan kesehatan. Jika kita terus menerus menghirupnya, yang terjadi adalah infeksi saluran pernapasan. Bahkan jika berlarut-larut bisa membuat penyakit kanker paru-paru.

Dapur yang sehat wajib memiliki cooker hood. Ini merupakan sebutan untuk alat penghisap asap dapur. Cooker hood berfungsi untuk menyingkirkan asap, uap, dan bau yang timbul karena proses memasak. Cooker hood akan menghisap asap, uap, dan bau lalu memprosesnya kembali sehingga udara dalam ruang dapur bisa tetap segar dan sehat.

Cooker hood wajib dimiliki sebagai pengganti sirkulasi udara di dapur. Jendela di dapur mungkin kurang maksimal dalam mengalirkan pergantian udara sehingga, cooker hood bisa jadi solusinya. Dengan begini kualitas udara di dalam dapur pun menjadi lebih terjaga dan tidak pengap. Pemakaian cooker hood juga ditujukan supaya panas dalam dapur yang
menyebabkan gerah serta berkeringat bisa dikurangi. Anda bisa memasak lebih nyaman dan menyenangkan meski dalam waktu lama.

Tips Memasang Cooker Hood yang Benar

Cooker hood memiliki fungsi yang sangat krusial di dapur. Karena itu, pemasangannya juga jangan sampai keliru ya. Ini untuk memaksimalkan fungsi dari cooker hood itu sendiri. Supaya tak salah, kami menyiapkan beberapa tips ampuh untuk memasang cooker hood dengan benar.

Tips yang pertama adalah menyesuaikan jenis cooker hood yang dipasang sesuai dengan kompornya. Sesuaikan ukuran hingga penempatannya. Pastikan ukuran cooker hood tidak lebih kecil dari ukuran kompor. Jika kompor terpasang pada meja island, maka Anda memerlukan cooker hood model chimney. Namun, jika kompor diletakkan di sisi dinding, Anda bisa memakai model built-in maupun chimney.

Jarak cooker hood dengan kompor juga perlu dipertimbangkan. Pastikan jaraknya 60 hingga 90 cm dari kompor. Sesuaikan juga jenis kompornya untuk menentukan jaraknya. Misalnya, untuk kompor listrik, jarak idealnya dengan cooker hood adalah 60 cm. Sementara itu, untuk kompor gas, jarak idealnya adalah tidak boleh kurang dari 70 cm.

Cek saluran keluar dari cooker hood saat pemasangan. Kalau Anda memakai model cerobong keluar maka pastikan pipa keluar tidak terlalu panjang. Usahakan supaya saluran outlet tidak masuk dalam saluran ventilasi rumah. Jangan memasang pipa dengan sudut yang lancip dan banyak lengkungan. Dengan begini, cooker hood bisa berfungsi maksimal.

Hal lain yang wajib diperhatikan saat memasng cooker hood adalah memastikan tegangan listrik yang tertera pada pelat rating sesuai dengan sumber listrik rumah. Jangan lupa menyediakan pemutus tegangan omnipolar dengan jarak minimal 3 mm di antara sambungan.

Tips Memilih Cooker Hood yang Bagus

Pilih Berdasarkan Jenis Cooker Hood

Jika Anda berniat memasang cooker hood, maka ketahui dulu aneka jenis cooker hood yang ada. Ini supaya Anda bisa memilih dan menyesuaikan mana yang bisa Anda gunakan. Setidaknya ada 3 jenis cooker hood di pasaran. Anda bisa menentukan model yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Pertama, ada jenis Slim Line Hood. Ini adalah cooker hood dengan model sederhana dan banyak ditemui. Desainnya yang sederhana membuatnya lebih mudah untuk dioperasikan. Cooker hood jenis ini bentuknya persegi panjang dan pipih. Produk ini akan menghisap asap dan membuangnya melalui saluran ventilasi.


Berikutnya, ada jenis Downdraft Hood untuk Anda. Jenis yang satu ini berbentuk persegi panjang dan agak tebal. Jenis ini tak diletakkan di atas kompor. Cooker hood ini diletakkan di permukaan meja atau tepat di depan kompor.

Anda bisa juga memilih model Decorative Hood. Ini adalah cooker hood dengan desain lebih bergaya. Modelnya seperti cerobong yang ditempatkan pada tepi dapur. Umumnya, jenis yang satu ini sudha dilengkapi filter untuk mengolah kembali asap kotor menjadi lebih bersih.

Cek Fitur-fitur Cooker Hood

Sebelum membeli cooke hood, tentu saja Anda wajib mengecek berbagai fitur yang dihadirkan. Cek kontrol panelnya dan usahakan memilih kontrol panel yang berada di bagian depan agar lebih mudah untuk dioperasikan. Selanjutnya cek juga bagian power setting. Pastikan bahwa power setting daya hisap sudah berfungsi sesuai yang Anda inginkan. Ini berguna untuk mengatur kecepatan dan daya hisap ketika Anda memasak.

Fitur selanjutnya yang wajib dicek adalah pastikan cooker hood dilengkapi dengan grase filters supaya bisa menyaring partikel lemak dengan baik. Tak ada salahnya juga memilih cooker hood yang dilengkapi dengan fitur sensor otomatis sehingga Anda tak perlu repot menyalakan saat akan memasak. Dengan fitur ini maka, sensor tersebut alat akan langsung menyala apabila terdeteksi adanya asap.

Cek Tingkat Kebisingan Cooker Hood

Mesin cooker hood juga bisa mengeluarkan suara saat bekerja. Ada yang cukup bising suaranya dan ada juga yang suaranya tak begitu bising. Usahakan mencari mesin yang minim suara agar tak mengganggu Anda saat beraktivitas.

Anda bisa mengecek kebisingan alat penghisap asap dapur melalui ukuran decibel (dB) yang tertera pada kemasan atau deskripsi produknya. Makin kecil tingkat dB maka makin kecil suara yang dikeluarkan. Anda bisa memilih cooker hood dengan tingkat kebisingan rata-rata di bawah 60 dB sehingga lebih nyaman di dapur. Anda jadi bisa nyaman berbicara dan berkomunikasi di dapur tanpa berteriak karena tingkat kebisingan cooker hoodnya rendah.

Pilih Desain Cooker Hood yang Bagus

Siapa sih yang tak ingin memiliki tampilan dapur yang cantik? Anda bisa juga mendapatkan tampilan dapur menarik dengan adanya cooker hood. Caranya adalah dengan memilih desain cooker hood yang menarik. Sesuaikan desain cooker hood dengan tema atau desain ruangan. Dengan begini, cooker hood bisa mendukung tema ruangan dan bisa tampak lebih menarik untuk dilihat.

Tak ada salahnya juga memilih cooker hood berntuk melengkung. Ini cocok untuk Anda yang memiliki postur yang tinggi dan langit-langit dapur yang rendah. Cooker hood model yang satu ini mempermudah Anda mengolah makanan dengan lebih aman dan nyaman.

Ini Dia Pilihan Cooker Hood untuk Anda Miliki

Cooker Hood Electrolux EFT9516X

Cooker Hood Electrolux EFT9516X ini bisa jadi pilhan utama Anda yang sedang mencari cooker hood berkualitas. Produk ini akan membersihkan udara dapur dari asap dan panas yang mengganggu. Cooker hood ini hadir dengan frekuensi 50 hertz saja atau setara sekitar 16,9 desibel sehingga dijamin tak berisik dan tak mengganggu. Produk ini mempermudah Anda berbincang tanpa berisi di dapur. Alat ini akan mengurangi polusi udara di dapur yang membahayakan paru-paru. Produk ini mudah dibersihkan. Daya hisap alat ini adalah 550 m3/jam. Produk berukuran 900 x 135 x 500 mm ini terbuat dari bahan stainless steel. Cooker hood ini sudah dilengkapi filter sehingga lebih aman untuk memasak.

Harga Rp. 2.688.000-4.048.000

Modena Downdraft DX 9907

Modena Downdraft DX 9907 juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang tengah mencari cooker hood. Produk yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel yang dipadukan dengan tempered glass. Dengan diamond black color, produk ini tampak sangat elegan. Cooker hood ini dilengkapi dengan carbon filter. Alat ini memakai LED display dan memiliki 4 speed levels. Dalam cooker hood juga ada fitur shut off timer dan clock dispay. Alat juga memiliki LED lamp dan juga ekstra extensible hose untuk saluran pembuangan.

Harga Rp. 9.250.000-10.400.000

Winn Gas Cooker Hood W2198E

Ada juga Winn Gas Cooker Hood W2198E yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa menghasilkan udara yang lebih bersih di dapur. Terbuat dari bahan plastik ABS, plat SPCC dan filter alumunium yang berkualitas tinggi, produk ini bisa tahan lama digunakan. Desainnya cukup elegan sehingga dapur lebih menarik untuk dilihat. Cooker hood ini hadir dalam ukuran 93 x 52 x 17 cm. Alat ini mampu mengalirkan udara 300m2/jam. Cooker hood sudah dilengkapi dengan filter carbon dan juga filter alumunium. Ada 3 level kecepatan yang dihadirkan produk ini. Untuk penerangnya, produk ini memakai bohlam jantung 40 watt.

Harga Rp. 1.350.000-1.929.000

Cooker Hood Rinnai RH-C779-SB Chimney Hood

Cooker Hood Rinnai RH-C779-SB Chimney Hood tak bisa Anda lewatkan. Alat yang satu ini modelnya unik dan terkesan elegan. Produk ini hadir dalam ukuran 896 x 482 x 845 mm. Produk ini memakai daya listrik 220 watt. Alat ini dilengkapi dengan digital indikator dan clock delay cut off timer. Fitur lain yang dihadirkan dalam alat ini adalah Touch Screen, Recycle / Ventilation System, Extra Hood, dan Oil Pack.

Harga Rp. 4.550.000-8.400.000

Cooker Hood Delizia Slim Cooker Hood DSH9C4IX

Cooker Hood Delizia Slim Cooker Hood DSH9C4IX ini bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan model slim. Ada fitur Ducted and Re-circulated air operation yang membut alira udara tetap bersih dan segar. Produk ini memiliki kecepatan 480m3/jam dengan 3 speeds yang akan menghisap asap yang mengganggu kesehatan. Alat ini juga lengkap dengan alumunium grease filter dan full sealed alumunium motor. Terbuat dari bahan berkualitas, alatnya tahan lama digunakan.

Harga Rp. 1.315.000-1.980.000

Electrolux Cooker Hood EFC 6550X

Anda bisa juga memakai Electrolux EFC6550X Penghisap Asap. Alat yang satu ini hadir dengan 2 motor yang memiliki konsumsi daya sebesar 270 watt. Produk sudah lengkap dengan grease filter multilayer cassette sehingga bisa menyaring udara kotor dengan cepat. Ada 3 pengatur kecepatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas. Cooker hood ini tahan lama digunakan. Kesehatan keluarga lebih terjamin karena asap bisa cepat dialirkan keluar.

Harga Rp. 4.150.000-6.133.000

Modena Cx 7310 L Chimney Hood

Modena Cx 7310 L Chimney Hood tak boleh ketinggalan untuk jadi model andalan. Produk yang satu ini berjenis dinding sehingga bisa diletakkan di dinding. Cooker hood ini terbuat dari bahan glavanize steel yang dikombinasikan dengan tempered glass. Produk ini dijamin aman digunakan dan tahan lama. Alat ini hadir dengan Cassette Aluminum Filter dan Carbon Filter sehingga udara lebih bersih. Dengan push button control system, alat ini memiliki 3 speed levels yang bisa disesuaikan. Untuk penerangannya, produk ini memakai LED lamp.

Harga Rp. 2.490.000-4.090.000

AZALEA Chimney AHDANKE60

AZALEA Chimney AHDANKE60 ini tentu saja bisa jadi pilihan. Alat yang satu ini hadir dalam ukuran 59 x 27 x 28 cm dengan ketinggian 40 sampai 73 cm. Cooker hood ini memiliki aliran 500 m2 per jamnya. Penerangan dari alat ini memakai 2 x 1.5W LED. Cooker hood sudah lengkap dengan charcoal filter sehingga lebih aman dan lebih sehat. Produk ini bentuknya geometris persegi sehingga cocok untuk mempercantik dapur yang bertema minimalis.

Harga Rp. 2.950.000-5.700.000

Cooker Hood TEKA NC 980 Glass Chimney

Cooker Hood TEKA NC 980 Glass Chimney ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini tergolong cooker hood jenis decorative hood. Alat ini hadir dengan backlit electronic panel. Ada 3 kecepatan yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Tingkat kebisingan pada alat ini adalah 52dB sehingga tak berisik digunakan. Produk memakai LED ilumination untuk penerangan. Fitur lain yang dihadirkan dalam alat ini adlaah stop delay timer. Alat ini terbuat dari bahan stainless steel dikombinasi dengan glass wing.

Harga Rp. 8.360.000-8.644.000

Modena PX9002 Cooker Hood Slim Esile

Modena PX9002 Cooker Hood Slim Esile ini juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini hadir dalam warna hitam yang memberikan kesan elegan. Dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, cooker hood ini memiliki carbon filter dan akrilik filter. Cooker hood ini bisa mengalirkan udara 520 m3 per jam. Produk ini hadir dalam ukuran 900 x 500 x 80 mm. Hasil udara kotor yang disaring akan diresirkulasi sehingga bisa menghasilkan udara higienis dan sehat. Sistem pembuangan bisa lebih optimal karena filternya ampuh menyerap asap dan menetralisir aroma tidak sedap.

Harga Rp. 1.295.000-3.500.000
From our editorial team

Cooker Hood Bisa Digunakan untuk Mempercatik Dapur

Fugnsi cooker hood lebih dari sekadar membebaskan ktia dari asap dan panas dapur saja loh. Cooker hood juga bisa mempercantik tampilan dapur sehingga lebih enak dipandang. Sekarang ini desain, model, dan jenis cooker hood makin variatif. Kita bisa menyesuaikan dengan keinginan dan juga tema yang kita terapkan pada dapur. Dengan begini, interior dapur bisa tampak lebih menarik. Nah, cek rekomendasi kami di atas untuk memilih model yang bisa mempercantik dapur Anda ya!