10 Rekomendasi Genset Mini Portable Sebagai Penerang Terbaik! (2023)

10 Rekomendasi Genset Mini Portable Sebagai Penerang Terbaik! (2023)

Meskipun matinya listrik tidak selalu terjadi, tetapi memiliki genset mini portable bisa menjadi solusi yang cerdas. Genset mini portable memberikan kemudahan dan kepuasan tanpa batas ketika situasi darurat tiba atau untuk dibawa bepergian.

Genset Mini Portable sebagai Penerang Ruangan

Ketika lampu listrik padam biasanya kita langsung bergegas menyalakan beberapa lilin untuk menerangi beberapa area ruangan lalu berdiam diri. Tentunya ini merupakan hal sederhana dan kuno yang sering dilakukan orang-orang zaman terdahulu.

Tetapi saat ini, kamu tidak perlu lagi melakukan hal yang demikian, karena sekarang, kamu sudah bisa menggunakan genset mini portable ketika lampu listrik padam. Genset jenis ini banyak diminati oleh masyarakat luas.

Selain harganya yang murah, genset mini portable juga praktis dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Itulah salah satu faktor utama mengapa genset portable menjadi pilihan.

Walaupun bentuknya yang kecil, tapi genset portable bisa membantu kamu ketika beraktivitas di dalam maupun luar ruangan ketika listrik mati.

Genset mini juga biasanya memiliki kapasitas cukup besar mulai dari 750 watt hingga 6500 watt.

Dibawah ini kita akan membahas kelebihan menggunakan genset mini portable.

Kelebihan Menggunakan Genset Mini Portable

Portabilitas

Genset mini portable memiliki ukuran 25-50% lebih kecil dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan, beda dari model konvensional lainnya.

Kamu dapat membawanya ke tempat kerja, kegiatan outdoor, atau bahkan bisa digunakan sebagai cadangan listrik di rumah.

Hemat Bahan Bakar

Dibandingkan dengan genset yang lebih besar, genset mini portable memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih rendah karena kebutuhan daya listrik yang lebih kecil.

Selain itu, genset mini portable juga dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar seperti pengaturan RPM otomatis yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mudah Digunakan

Genset mini portable lebih mudah digunakan dan dioperasikan, bahkan oleh orang yang tidak terbiasa dengan mesin genset.

Genset mini portable umumnya dilengkapi dengan panel kontrol yang mudah dipahami dan digunakan.

Harga yang Terjangkau

Genset mini portable memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan genset yang lebih besar dan berat.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang membutuhkan genset dengan budget terbatas.

Memiliki Kualitas Listrik Terbaik

Genset portable memiliki daya listrik kurang dari 2,5% dilengkapi dengan microchip pengontrol gelombang (inverter), agar menghasilkan kualitas listrik terbaik yang setara atau lebih baik dengan daya listrik di rumah kamu.

Lonjakan daya genset jadi lebih kecil sehingga aman digunakan.

Cara Memilih Genset Mini Portable

Ukuran Generator yang Dibutuhkan

Generator portabel tersedia dalam berbagai ukuran. Ketahuilah bahwa generator kecil lebih cocok untuk pekerjaan ringan atau digunakan sebagai sumber daya darurat.

Generator sedang atau ideal cocok untuk alat-alat penggerak seperti kompresor, gerinda, dan tukang las fusi. Generator besar (biasanya 6-9kW atau lebih, seperti model 10-11,9kW ini) dapat memberi daya pada lampu dan beberapa alat atau peralatan.

Generator besar memiliki lebih banyak konfigurasi outlet yang tersedia.

Kapasitas Tangki

Kapasitas tangki menjadi salah satu penentu dimensi dari sebuah genset. Disarankan untuk memilih kapasitas tangki dibawah 10 liter atau kamu juga bisa menggunakan genset mini portable dengan kapasitas tangki dibawah 5 liter.

Ketahui Kapasitas Listrik

Ketahui terlebih dahulu kebutuhan listrik yang dibutuhkan sebelum membeli genset mini. Misalnya, jika daya listrik dirumah kamu 1.300 watt, berarti kamu membutuhkan genset dengan kapasitas minimal 2.500 watt.

Selain itu, kamu juga bisa menghitung dari total watt barang elektronik yang kamu miliki, salah satunya TV dan seluruh lampu. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui ukuran genset yang diperlukan.

Pertimbangkan Waktu Pengoperasian

Pilih genset mini yang waktu pengoperasiannya pendek untuk listrik yang padam tidak terlalu lama.

Namun, untuk kegiatan outdoor atau pekerjaan di luar lapangan, kamu bisa memilih genset mini dengan waktu pengoperasian yang panjang.

Perlu diingat waktu pengoperasian juga sangat dipengaruhi oleh kapasitas tangki bahan bakar.

Ketahui Tipe Mesin

Ketika kamu memilih genset mini, pastikan bahwa kamu telah memiliki tipe genset yang tepat. Terdapat 2 tipe mesin, yakni 2-tak dan 4-tak.

Genset 2 tak memiliki akselerasi lebih cepat dan responsif, sebab tipe ini menggunakan oli samping sehingga kamu tidak perlu sering mengganti oli mesin. Sebaliknya, genset 4 tak lebih silent dan irit bahan bakar.

Apabila kamu ingin lebih hemat bahan bakar, genset dengan mesin 4-tak lebih direkomendasikan, apalagi mesin ini memiliki suara lebih halus dan minim getaran serta perawatan.

Bahkan, mesin ini dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap seperti mesin 2 tak.

10 Rekomendasi Genset Mini Portable

Genset Mini Portable Starke

Genset mini portable brand Starke memiliki kapasitas hingga 850 watt dengan dimensi 37X33X33. Genset ini memiliki kapasitas tangki hingga 25L.

Terdapat electric & manual starter, roda, handle, accu dan gulungan 100% tembaga. Selain itu, menggunakan bahan bakar bensin dan AVR untuk menstabilkan arus listrik.

Genset Starke sudah terkenal dan teruji kehandalannya, jadi kamu jangan ragu untuk menggunakan genset mini portable dari Starke.

Harga Rp. 935.000-1.100.000

Genset Mini Portable Yamamax Pro 1200

Genset mini portable Yamamax Pro 1200 memiliki daya output 750 watt dengan sistem starter yaitu sistem tarik. Genset dengan kapasitas tangki 5L ini menggunakan bahan bakar bensin yang dicampur sedikit oli.

Selain itu, genset Yamamax Pro 1200 tanpa menggunakan oli mesin jadi kamu tidak perlu mengganti oli mesin ketika menggunakannya.

Genset mudah dibawa dan mudah dioperasikan, sangat cocok untuk kemping, toko kelontongan, tenda cafe, penjual minuman cup, pasar malam, kerja lapangan, rumah, klinik, sarana ibadah, dll.

Menariknya, genset satu ini hemat bahan bakar hingga 5 liter untuk 6 jam pemakaian.

Harga Rp. 1.195.000-1.242.000

Genset Mini Portable PROQUIP

Genset Proquip ini sudah terbukti awet, tahan lama, irit minyak dan ramah lingkungan.

Serta memberikan suara yg halus, ringan dibawa ke mana-mana sehingga sangat cocok untuk penggunaan listrik rumah dengan kapasitas 450 watt, listrik untuk usaha jajanan di luar rumah, listrik usaha untuk jual voucher pulsa, camping dan sebagainya.

Tipe dari genset ini yaitu, generator AC sinkron, dan kompensasi kondensor tanpa sikat/ fase tunggal dengan frekuensi 50.

Untuk penggunaannya, mesin genset ini harus menggunakan bensin yang sudah dicampur oli, lalu dikocok terlebih dahulu di wadah, kemudian taruh ke dalam tangki mesin genset.

Harga Rp. 1.350.000-1.500.000

Genset Portabel Mini Cuee

Genset portable mini merk Cuee berasal dari negara tirai bambu. Cuee berhasil mencuri perhatian berkat salah satu produk yang ditawarkan memberikan harga yang relatif lebih rendah, yaitu sekitar 1 jutaan.

Hal ini jelas menghebohkan pasar genset tanah air sehingga banyak sekali orang yang menjual genset terbaik ini.

Selain itu, genset Cuee memiliki kapasitas hanya 800 watt khusus diperuntukan untuk penggunaan skala kecil saja, jadi wajar saja jika portable merk ini banyak diburu pembeli.

Harga Rp. 1.312.500-2.000.000

Genset Mini Portable Maestro

Genset Maestro mt2500i memiliki output 1350 watt, dan menggunakan teknologi terbaru serta fitur voltase dan tegangan yang stabil jadi lebih aman untuk menjaga alat elektronik kamu.

Body genset ini lebih ringkas, hanya separuh dari ukuran genset biasa di tipe yang sama.

Kelebihan genset portable Maestro yaitu mudah dibawa ke mana-mana, dan menggunakan mesin 3hp 4 membuat suara jadi lebih halus dibanding tipe.

Harga Rp. 2.299.000-3.219.000

Genset Mini Portable ECOFLOW RIVER

EcoFlow RIVER Mini menyediakan layanan listrik sepanjang hari. Dengan daya 210Wh dan ukuran mini yang bisa kamu simpan di dalam ransel serta memberikan rasa nyaman, karena kamu memiliki daya listrik yang bisa di mana ke mana saja.

Tersedia 1 outlet listrik AC, 3 outlet USB-A, 1 outlet USB-C, 1 Car Charger & 1 Wireless Charging untuk HP. Semua port itu bisa kamu miliki hanya dalam satu genggaman saja.

Pengisian daya ekspress hingga 80% hanya dalam 1 jam berkat teknologi pengisian daya X-Stream EcoFlow yang sudah dipatenkan.

Dengan RIVER Mini, kamu dapat menyalakan hingga 7 perangkat sekaligus. Ideal untuk kamu yang sering berada di luar ruangan.

Harga Rp. 4.999.000-4.999.000

Genset Portable Mini Hyundai

Merk Hyundai berasal dari Korea, genset menggunakan digital inverter, listrik yang stabil dan pure sine wave agar aman untuk barang-barang elektronik kamu.

Genset portable mini ini memiliki kapasitas 2200 watt, namun direkomendasikan menggunakan 2000 watt saja.

Adapun terdapat 2 mode yaitu full mode dan eco mode, 4 tak bensin direkomendasikan menggunakan pertamax, mesin sangat halus seperti motor matic.

Selain itu kapasitas tangki bensin didalamnya dapat menampung hingga 4,5 liter dengan durasi 5 jam full mode dan 8 jam eco mode. Oli sudah di isi synthetic base.

Harga Rp. 6.215.000-9.307.750

Genset Portable Mini Honda

Genset portable mini Honda menggunakan tekanan output yang lebih stabil, tidak bising, irit bahan bakar, serta desain rapi dan ringkas jadi lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Mesin dari genset ini menggunakan model mesin GX80D, tipe mesin pendingin udara, 4 tak, OHV dan silinder tunggal.

Sistem penyalaan pada genset yakni Recoil, dengan kapasitas bahan bakar hingga 3.61, adapun lama pengoperasian terus menerus hingga 6.7 jam.

Frekuensi AC 50 hz dan sistem pengaturan tegangan Capacitor excitation (Kondensor) membuat kamu lebih mudah untuk menggunakannya.

Harga Rp. 13.354.600-13.982.500

Genset Portable Mini Matsumoto G

Genset Matsumoto g menghadirkan model mesin 4 stroke OHV Air-Cooled Singel Cylinder dengan frekuensi 50Hz / 60Hz. Menggunakan bahan bakar bensin murni, kapasitas oli bisa menampung 0,6 liter dan sistem penyalaan recoil.

Kelebihan genset mini portable dari Matsumoto G adalah mudah dibawa ke mana-mana, jadi kamu tidak akan kesulitan jika tidak ada listrik atau listrik padam diperjalanan.

Harga Rp. 7.290.000-7.290.000

Genset Mini CORMALL

Genset mini merk Cormall dapat disambungkan dengan mesin penggerak untuk menghasilkan listrik, diantaranya mesin bensin, solar, turbin, kincir air dan angin. Genset ini tidak membutuhkan RPM tinggi dan cocok untuk segala kebutuhan.

Ternyata genset mini portable Cormall ini berasal dari Denmark dan kapasitor dibuat dari Italy, tentunya ini sangat menarik dan unggul untuk digunakan.

Output 1000w sudah langsung pakai tanpa perlu inverter, arus juga stabil sudah ada indikator 220v 50Hz, lilitan full tembaga dan produk sangat berkualitas terbaik.

Harga Rp. 940.000-1.345.000
From our editorial team

Kemudahan dan Kepuasan Tidak Terbatas: Genset Mini Portable sebagai Solusi Daya Darurat

Genset ini juga cocok untuk digunakan saat melakukan perjalanan di alam terbuka atau tempat-tempat yang sulit dijangkau. Dengan memiliki genset mini portable, Anda tidak perlu khawatir kehilangan daya listrik, sehingga dapat melanjutkan aktivitas dan menjaga produktivitas Anda. Jadi, jangan ragu untuk memilih genset mini portable yang tepat untuk kebutuhan Anda!