Perkaya Wawasan Anda dengan 10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia yang Asyik Dinikmati dan Tidak Membosankan

Perkaya Wawasan Anda dengan 10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia yang Asyik Dinikmati dan Tidak Membosankan

Membaca buku adalah aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat waktu santai dan luang. Buku sejarah menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menyelami masa lampau dan menelusuri jejak-jejak sejarah. Yuk, segera intip rekomendasi buku sejarah yang bisa Anda nikmati!

Banyak Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Belajar Sejarah

Sumber gambar studyinrussia.ru

Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, keberadaan sejarah diperlukan untuk media pembelajaran dan pengetahuan. Secara umum sejarah memiliki pengertian sebagai kajian dari masa lampau yang ada kaitannya dengan manusia.

Dalam sejarah terdapat empat ruang lingkup yaitu peristiwa, ilmu pengetahuan, kisah, dan seni. Setiap ruang lingkup tersebut mempunyai ciri dan definisi masing masing yang dibedakan berdasarkan konsepnya. Selain itu sejarah juga dibedakan berdasarkan lokasi, tujuan dan waktu. Sejarah memiliki materi yaitu berupa apa saja yang ada di bumi ini, mulai dari penelitian para ahli, legenda atau pun terbentuknya suatu negara.

Selain itu, sejarah dapat membahas mengenai peran tokoh terkenal di dalam suatu negara untuk memajukan suatu bangsa. Tak hanya itu saja, sejarah juga dapat memberikan gambaran dan pedoman untuk kehidupan masa kini atau pun di masa mendatang untuk menjadi bangsa yang bijak.

Berbagai Cara Menarik Belajar Sejarah

Menonton Film Bertemakan Sejarah

Sumber gambar yoyochinese.com

Film memang dikenal sebagai gambaran apik dari potongan peristiwa. Film dengan tema sejarah umumnya menyajikan peristiwa dari masa lalu dengan ditambahi bumbu unsur fiksi. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena umumnya film jenis tersebut memiliki tim riset sendiri yang bertanggung jawab terhadap peristiwa sejarah yang ditampilkan.

Beberapa film yang mengandung unsur sejarah seperti film dokumenter Dunkirk, Schindler’s List, 300, Troy, 12 Years A Slave, Gandhi, Black Hawk Down, atau, Hotel Rwanda. Bagi para Quipperian, film menjadi alternatif untuk mendapatkan sari pati peristiwa sejarah secara menyeluruh daripada membaca berlama-lama.

Film dokumenter menyuguhkan ilustrasi peristiwa untuk mudah dimengerti isi dan alur dari peristiwa tersebut. Selain itu, Anda dapat belajar dari film sejarah, baik untuk memberikan semangat dan motivasi atau untuk menambah kecintaan Anda terhadap negara, seperti film Merah Putih, Jenderal Soedirman, Soekarno, Gie, atau bahkan film animasi seperti Battle of Surabaya.

Kunjungi Tempat Bersejarah

Sumber gambar www.hccmis.com

Indonesia memiliki kota yang penuh dengan sejarah dan layak untuk dijadikan sebagai tempat untuk jalan-jalan sekaligus menambah khasnah sejarah. Dengan mengunjungi tempat bersejarah, Anda dapat sekaligus belajar mengenai peristiwa yang pernah terjadi, mendapatkan wawasan lebih luas, mengambil gambar bangunan peninggalan dan berkomunikasi dengan warga lokal. Biasanya setiap kota memiliki sejarah dan cerita yang berbeda beda.

Selain itu, ragam museum di Indonesia juga dapat menjadi referensi Anda dalam memperdalam wawasan dan pengetahuan sejarah. Tak hanya museum saja, Anda dapat mengunjungi spot bersejarah lainnya sebagai peninggalan zaman dahulu, seperti candi Borobudur ataupun candi candi lainnya. Pada saat mengunjungi spot tersebut, jangan lupa untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, sehingga Anda mendapatkan wawasan informasi tak terbatas.

Kunjungi Museum

Sumber gambar gettyimages.com

Kini mengunjungi museum bukan lagi hal kuno dan membosankan, karena museum kaya akan sejarah dan pengetahuan. Anda dapat melihat secara langsung benda bersejarah sekaligus membaca deskripsi kecil yang ada di sana.

Mengunjungi museum secara tidak langsung dapat membawa Anda ke periode waktu tertentu dan sedikit merasakan peristiwa yang terjadi. Beberapa museum yang dapat menjadi referensi Anda adalah Museum Nasional, Museum Geologi Bandung, Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Bank Indonesia.

Sering mengunjungi museum dan tempat bersejarah dapat memahami sejarah dengan sangat cepat. Informasi semacam ini biasanya tidak ada di buku pelajaran atau pun seperti penjelasan guru. Dengan mengunjungi museum atau pun lokasi wisata sejarah, selain menambah wawasan dapat juga untuk liburan dan refreshing. Meskipun begitu Anda tetap harus menjaga sikap agar tidak merusak tempat tersebut.

Baca Buku

Sumber gambar fastcompany.net

Terkadang membaca memang dapat menjadi kegiatan yang sangat membosankan, terlebih lagi minat baca di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Meskipun begitu Anda dapat membaca kisah inspiratif tokoh yang menjadi idola Anda saja, seperti Mahatma Gandhi, Maya Angelou, Ernest Hemingway, Che Guevara, Fidel Castro, Soekarno, Wiji Thukul, Chairil Anwar, Tan Malaka dan lain-lain.

Umumnya buku autobiografi terdapat penggalan peristiwa penting sejarah, sehingga secara tidak langsung Anda dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan sejarah pula. Meskipun begitu Anda harus berhati-hati karena banyak beredar buku sejarah dengan konten kebenaran yang masih dipertanyakan.

Usahakan memilih buku dengan melihat referensi yang ada di daftar pustaka buku terlebih dahulu, apabila sumber informasi didapatkan dari wawancara langsung atau pun penelitian akademik maka Anda dapat membeli buku tersebut karena informasinya akurat tetapi apabila sumber informasi diambil dari internet sebaiknya jangan membeli buku tersebut karena isinya belum dapat dipertanggungjawabkan.

Berbagai Rekomendasi Buku Sejarah Dunia

Sumber gambar www.yogamov.ro

Mengingat sejarah bukan berarti membuat peristiwa sejarah tersebut berulang, tetapi dapat memberikan pemikiran terbaik untuk masa depan. Munculnya gadget yang menjamur seperti sekarang ini bukan berarti menurunkan minat generasi saat ini untuk membaca buku, tetapi mengubah pola baca dari buku manual menjadi buku digital dalam gadget.

Anda dapat menemukan berbagai macam buku sejarah baik digital atau pun konvensional untuk dijadikan sebagai tambahan sumber pengetahuan. Buku lama ataupun buku baru tetap memiliki makna dan nilai moral tinggi yang takkan lekang oleh waktu, sehingga buku sejarah sangat cocok untuk menambah khazanah wawasan Anda.

Homo Deus : Masa Depan Umat Manusia - Yuval Noah Harari

Sumber gambar bukukita.com

Buku ini mengeksplorasi proyek, impian, dan mimpi buruk yang akan membentuk abad ke 21 serta mengatasi kematian dan menciptakan kehidupan buatan. Selain itu, buku ini mampu mengguncang kesadaraan akan masa depan umat manusia yang akan tergantikan oleh mesin.

Buku Homo Deus "Masa Depan Umat Manusia " dengan penulis Yuval Noah Harari dan diterbitkan oleh penerbit Alvabet merupakan best seller internasional dan telah terjual lebih dari 2 juta kopi.

Buku ini menjadi nomor 1 di Best Seller versi Amazon kategori sains, Best Seller versi New York Times dan masuk dalam Top Ten Best Seller versi Sunday Times. Buku Homo Deus "Masa Depan Umat Manusia " tersedia dalam soft cover dan dapat dibeli di Buku Kita dengan harga Rp 93.500 dan di Bukalapak dengan harga Rp 109.000.

Riwayat Pemberontakan El Comandante Fidel Castro - Wahyu Budi Nugroho

Sumber gambar anakhebatindonesia.com

El Comandante atau Sang Komandan merupakan julukan yang melekat pada Fidel Castro. Beliau adalah pemimpin perang gerilya Kuba yang mampu menumbangkan rezim Fulgencio Batista. Selain itu beliau dikenal sebagai pemimpin Amerika Latin terlama dan sangat konsisten dalam menentang berbagai hegemoni negara-negara imperialis dalam lebih dari enam dekade.

Fidel Castro juga mampu melakukan pidato mengutuk Amerika Serikat selama kurang lebih lima jam di PBB. Beliau selalu berhasil lolos dari 634 upaya pembunuhannya yang dilakukan oleh CIA. Riwayat hidup Fidel Castro seperti membaca narasi pemberontakan manusia tanpa henti, meskipun begitu beliau mampu menghancurkan kesewenang-wenangan dan ketidakadilan yang terjadi dimana-mana.

Buku "Riwayat Pemberontakan El Comandante Fidel Castro" dapat menjadi referensi pilihan Anda karena merupakan kumpulan dari berbagai sumber data yang disusun menjadi narasi utuh, sehingga komplet dan terperinci.

Selain itu, buku ini juga berisi riwaya hidup Fidel Castro mulai dari masa kecil, memegang pemerintahan, sampai masa tutup usia. Buku "Riwayat Pemberontakan El Comandante Fidel Castro" dapat dibeli di Gramedia dengan harga Rp 39.500 dan di Tokopedia dengan harga Rp 35.500.

Mitologi Mesir - Don Nardo

Sumber gambar www.lkis.co.id

Mesir memiliki sistem kerajaan yang kuat dengan berbagai rahasia-rahasia didalamnya. Selain itu Mesir memiliki wilayah yang subur di lembah Sungai Nil serta legenda Ratu Cleopatra yang terkenal akan kecantikannya.

Mesir mampu mensejajarkan diri dengan peradaban yang ada di Yunani - Romawi sehingga tidak salah apabila kiblat peradaban di wilayah Afrika dapat jatuh ke tangannya.

Buku "Mitologi Mesir" yang ditulis oleh Don Nardo dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda dalam membaca buku. Buku ini dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 29.700 dan di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

Tinta Emas Sejarah - Rachmad Abdullah, S.Si.,M.Pd.

Sumber gambar bukukita.com

Perseteruan antara Ahlul Haq melawan Ahlul Bathil dimulai sejak Nabi Adam sampai abad 14 H. Ketika itu harus menghadapi berbagai tipu daya dari gembong kekafiran yaitu Iblis lanatullah alaihi. Kemudian perjuangan dilanjutkan sampai tiba di masa Khatamul Anbiya dan Mursalin oleh para nabi dan rasul. Ketika itu beliau harus berhadapan dengan kalangan musyrik dan kafir yang menghalangi jalannya dakwah tauhid.

Setelah Rasulullah Shalallahi'Alaihi Wassalam wafat, perjuangan jihad dilanjutkan dengan menghadapi gerombolan menyimpang. Perjuangan tersebut terus dilanjutkan smapai masa Khilafah Turki Utsmani mengalami keruntuhan. Sampai detik ini perseteruan di antara kedua kubu masih terus terjadi sampai hari kiamat kelak tiba.

Sepak terjang dari para pembela Al-Haq di masa lampau sangat dapat menjadi suri tauladan yang pantas untuk diikuti. Kisah tersebut tertulis dalam buku "Tinta Emas Sejarah" karya penulis Rachmad Abdullah, S.Si., M.Pd yang dapat Anda beli di Buku Kita dengan harga Rp 136.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 160.000. Buku tersebut hanya tersedia dalam bentuk hardcover.

The Chronicles of The Great War: Kronik Perang Dunia I (1914-1918) - Alfi Arifian

Sumber gambar goodreads.com

Dalam setiap peristiwa selalu terdapat pemicu kejadian, seperti pada Perang Dunia I (The First World War) yang tercatat sebagai perang besar dan pertama kali di dunia. Peristiwa ini mampu menghabisi seluruh sumber daya dan dikenal sebagai Perang Atrisi (War of Attrition) dimana pihak yang kalah akan membayar ganti rugi, namun mendapatkan hak mengambil alih beberapa wilayah lawan (konsesi).

Perang ini melibatkan kaum bangsawan Eropa (raja) yang mempunyai otoritas mutlak dalam wilayah teritorial kekuasannya serta sistem herediter atau monarki absolut. Sistem ini dikenal dengan sebutan European old system yang berpangku pada pilar dinasti sebagai otoritas dari penguasaan wilayah negara.

Buku "The Chronicles of The Great War: Kronik Perang Dunia I (1914-1918)" ditulis oleh penulis Alfi Arifian yang telah banyak melakukan riset di dunia sejarah dan filsafat. Beberapa karya Alfi Arifian pernah dimuat dalam surat kabar nasional dan buku terakhirnya pernah launching pada 2017 dengan judul Sejarah Dunia Abad Pertengahan.

Buku ini tersedia dalam bentuk soft cover dan dapat dibeli di Bukukita dengan hargaRp 58.225 atau di Tokopedia dengan harga Rp 89.000.

Sigmund Freud vs Carl Jung: Sebuah Pertikaian Intelektual Antarmahzab Psikoanalisis - Rika Febriani

Sumber gambar bukukita.com

Sigmund Freud merupakan bapak psikoanalisis yang memberikan berbagai pandangan baru dalam membaca ketidaksadaran. Beliau mengatakan bahwa ketidaksadaran selalu berhubungan dengan kesadaran dalam cara yang kompleks. Konsep ini berhubungan dengan cara membaca ketidaksadaran, pengaruhnya terhadap penyembuhan penyakit traumatis, menganalisa ketidaksadaran melalui konsep seksualitas, memori dan juga interpretasi mimpi.

Sedangkan Carl Jung melihat ketidaksadaran sebagai gambaran primordial yang berhubungan dengan tindakan manusia. Konsep ini meliputi cara kerja arketif dalam praktik kebudayaan, doktrin keagamaan, mimpi serta gambaran imaginatif dalam benak seseorang. Kedua pemikiran ini mampu memberikan pengaruh besar dalam sastra, agama, budaya dan psikoterapi, meskipun begitu pemikiran keduanya serupa tetapi tidak sama.

Buku "Sigmund Freud vs Carl Jung: Sebuah Pertikaian Intelektual Antarmahzab Psikoanalisis" dengan penulis Rika Febriani tersedia dalam bentuk softcover dan dapat dibeli di Buku Kita dengan harga Rp 42.075 dan di Shopee dengan harga Rp 44.500.

Descartes Spinoza & Berkeley : Menguak Tabir Pemikiran Filsafat Rasionalisme dan Empirisme - Aquido Adri & Syaiful Hadi

Sumber gambar bukukita.com

Filsafat merupakan sumber ilmu dari segala ilmu yang ada, karena di dalamnya terkandung unsur tentang keberadaan. Buku mengenai filsafat selalu menarik minat banyak orang karena berisikan proses pemikiran dari filsafat itu sendiri.

Buku "Descartes, Spinoza dan Berkeley Menguak Tabir Pemikiran Filsafat Rasionalisme dan Empirisme" berisikan tentang berbagai pemikiran filsafat dari tiga tokoh yang disajikan dalam bahasa mudah dimengerti dan disertai dengan contoh aplikatif dari kehidupan sehari hari yang sejalan dengan ide masing masing filsuf.

Pengarang dari buku ini adalah Aquido Adri dan Syaiful Hadi yang dihaturkan secara apik. Buku ini dapat dibeli di Anak Hebat Indonesia seharga Rp 44.500 dan di Bukukita Rp 37.825.

Jenghis Khan : Legenda Sang Penakluk dari Mongolia - John Man

Sumber gambar bukukita.com

Jenghis Khan merupakan tokoh abadi dalam sejarah. Jenghis Khan disebut sebagai pemimpin yang jenius sekaligus sebagai pendiri kerajaan darat terbesar di dunia, bahkan dua kali lipat dari luas Romawi. Kematian misterius Jenghis Khan menjadi pertanyaan banyak orang, terlebih lagi kematian tersebut mempertaruhkan segala hal dalam kondisi bahaya. Peristiwa kematian Jenghis Khan memang dirahasiakan sampai semua ahli warisnya berhasil mengamankan daerah taklukannya.

Makam Jenghis Khan sampai sekarang tidak pernah ditemukan, bahkan sering menimbulkan berbagai prediksi. Beberapa menyebutkan bahwa Jenghis Khan diperkirakan wafat di lembah tersembunyi di sebuah gunung, namun ada versi lain yang menyebutkan bahwa Jenghis Khan dikuburkan di Ordos, sebelah selatan lengkungan besar Sungai kuning dan kini tempat tersebut diberi nama Mausoleum Jenghis Khan. Meskipun begitu ada spekulasi lain yang menyebutkan bahwa Jenghis Khan dikuburkan di Burkhan Khaldun.

Di masa sekarang ini, Jenghis Khan dianggap sebagai momok, pahlawan dan manusia setengah dewa. Meskipun begitu bagi umat muslim, bangsa Rusia dan Eropa, Jenghis Khan dianggap sebagai seorang pembunuh massal. Sedangkan di tanah kelahirannya, Jenghis Khan dianggap sebagai bapak bangsa yang dipuja oleh banyak orang, bahkan bangsa Cina menghormatinya sebagai pendiri dinasti. Selain itu, Sekte Jenghis Khan juga memujanya sebagai Nabi atau pun manusia setengah dewa.

Buku "Jenghis Khan, Legenda Sang Penakluk dari Mongolia" dengan penulis John Ma mampu menjelaskan secara menarik mengenai kisah Jenghis Khan dengan gaya bahasa yang indah. Penulis John Ma sendiri adalah sejarawan dan travel writer yang memiliki ketertarikan khusus pada Mongolia. Buku ini tersedia dalam bentuk hard cover dan dapat dibeli di Buku Kita dengan harga Rp 84.150 atau di Bukupedia dengan harga Rp 89.900.

Sejarah Peradaban Dunia Kuno Empat Benua - Anisa Septianingrum

Sumber gambar gramedia.com

Penemuan berbagai tulisan-tulisan jaman kuno yang berasal dari bangsa Sumeria, Mesir Kuno, Yunani kuno mempunyai peran yang signifikan untuk generasi mendatang dalam menjelaskan gambaran kehidupan di masa lalu. Berbagai peninggalan di masa lampau, mampu menceritakan kondisi dari kehidupan di masyarakat kuno waktu itu.

Mulai dari peninggalan dokumen kuno, reruntuhan sisa peradaban, bangunan bangunan besar, tembikar, alat-alat rumah tangga, patung-patung pahatan yang dibuat dari batu pualam, kuil-kuil dewa dan lain-lainnya mampu memberikan keterangan secara tidak langsung tentang kebudayaan di masa itu.

Selain itu, beberapa tradisi masyarakat kuno masih dilakukan di era sekarang ini, seperti tradisi Halloween Party yang telah menjadi populer di dunia. Tradisi tersebut dilakukan setiap bulan Oktober dan dilakukan di seluruh dunia.

Buku "Sejarah Peradaban Dunia Kuno Empat Benua" dengan penulis Anisa Septianingrum, M.Pd mengupas tuntas mengenai peradaban dunia kuno tersebut. Buku ini dapat dibeli di Gramedia dengan harga Rp 35.500 dan di Shopee dengan harga Rp 31.900.

Unlimited Top Ten : Segala yang Serba membuat Anda Membelalakkan Mata - Agus Hariyanto

Sumber gambar bukukita.com

Buku "Unlimited Top Ten: Segala yang Serba membuat Anda Membelalakkan Mata merupakan buku yang layak untuk Anda miliki karena buku ini berisikan tentang berbagai hal yang terkait dengan negara dan pemimpinnya. Meskipun membahas mengenai negara dan pemimpinnya, Anda tidak akan dibuat pusing karena bahasa penulisan yang digunakan tersaji apik dan mudah untuk dimengerti.

Selain itu, buku ini memuat mengenai informasi-informasi penting yang cenderung ditutup-tutupi oleh pelakunya agar tidak diketahui orang. Buku ini dapat Anda beli di Bukukita dengan harga Rp 23.800 dan di Bukalapak dengan harga Rp 25.000.

From our editorial team

Siap Memperkaya Wawasan Sejarah Anda?

Tidak semua buku-buku bertemakan sejarah disampaikan dengan cara membosankan. Ada banyak buku sejarah disampaikan secara ringan dan menyenangkan sehingga pembaca lebih menikmati sejarah dan tidak mudah bosan karenanya. Yuk, perkaya wawasan Anda dengan membaca buku-buku sejarah yang direkomendasikan oleh BP-Guide ini!