Ini Dia 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik Untuk Kulit Wajah (2022)

Ini Dia 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik Untuk Kulit Wajah (2022)

Face mist merupakan salah satu produk perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat, hanya dengan cara disemprotkan ke bagian wajah. Setiap face mist dari berbagai produk mengandung bahan tertentu untuk kulit, dan terdapat beberapa face mist terbaik untuk kulit wajah.

Saat ini orang-orang mulai sering mendengar istilah face mist pada produk kecantikan yang akan digunakan. Bagi anda yang belum mengetahui segala informasi face mist mungkin belum berani untuk mencobanya. Oleh karena itu, kali ini bp-guide.id akan membahas mengenai apa itu face mist, manfaat, cara menggunakannya hingga rekomendasi face mist terbaik.

Apa Itu Face Mist?

Face mist merupakan produk perawatan kulit yang perlu anda semprotkan ke bagian wajah. Biasanya menggunakan botol semprot atau alat penyemprot. Tetesan yang berukuran mikro ini dirancang untuk menempel di wajah, tanpa mengganggu riasan yang digunakan dan memberikan kelembapan yang cepat.

Jenis face mist ini memiliki berbagai varian dan sebagian besar memberikan hidrasi secara instan. Hal ini dikarenakan terkadang kulit akan kehilangan simpanan airnya yang bergantung pada kondisi dan iklim dalam melakukan aktivitas setiap hari. Kemudian setelah mencuci muka, kulit tidak terasa segar. Justru sebagian orang merasa kulit pada wajah menjadi kering atau kusam.

Keadaan ini disebut TEWL (Transepidermal Water Loss), sehingga rehidrasi kulit secara berkala sangat penting untuk kulit yang bercahaya dan sehat. Oleh karena itu, face mist ini penting untuk digunakan pada wajah.

Manfaat Menggunakan Face Mist Untuk Wajah

Segarkan Kulit Sepanjang Hari Secara Instan

Semprotkan face mist pada kulit kusam, sehingga mendorong hidrasi dan memberi kecerahan secara instan. Hal ini dikarenakan pada face mist terdapat banyak humektan penyerap air untuk membantu kulit agar basah kuyup dengan air yang penuh manfaat. Oleh karena itu, dapat membantu kulit untuk tetap terhidrasi sepanjang hari secara instan.

Mengontrol Breakout dan Membantu Dalam Penyusutan Pori

Face mist memang dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit termasuk kulit berjerawat. Oleh karena itu, face mist dapat membantu untuk membersihkan wajah dan pori-porinya. Dengan beberapa ekstrak yang terkandung dalam face mist maka dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, menyerap minyak yang berlebih, dan membantu membersihkan permukaan jerawat dengan menghilangkan bakteri jahat pada kulit wajah.

Membuat Serum dan Pelembab Menyerap Lebih Baik

Sebelum menggunakan serum atau pelembap maka sebaiknya semprotan face mist terlebih dahulu. Ini dilakukan agar memaksimalkan kekuatannya, sehingga dapat membantu kulit melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menyerap apapun setelah menggunakan face mist.

Membuat Riasan Lebih Menempel dan Tahan Lama

Dengan menggunakan face mist sebelum, sesudah atau diantara riasan wajah makan akan memberikan aplikasi riasan yang lebih sempurna. Saat kulit wajah terhidrasi maka akan membantu alas bedak menyatu lebih baik, sehingga tampilan wajah tampak alami dan tidak terlalu tebal riasan. Selain itu, jika face mist digunakan setelah riasan, maka dapat membantu mengatur riasan bertahan lebih lama dan menciptakan hasil akhir yang lebih mulus.

Mengurangi Efek Setelah Sabun

Saat menggunakan sabun setiap hari secara berlebihan, dapat mengeringkan kulit dan membunuh bakteri baik yang ada pada permukaan kulit. Penggunaan sabun pada wajah memang menghilangkan kotoran dan minyak dengan baik, namun membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Ini dapat membuat kulit kering dan pengelupasan, jerawat dan gatal-gatal. Oleh karena itu, sebagai pencegah gunakan face mist untuk membersihkan dan memurnikan kulit sekaligus menjaganya agar tetap terhidrasi dan bercahaya.

Cara Menggunakan Face Mist

Face mist dibuat dengan varian berbeda yang sesuai dengan bahan-bahan yang baik untuk kulit, meski kebanyakan difokuskan pada hidrasi yang memang hampir semua orang membutuhkannya. Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan face mist yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Pilih Face Mist yang Sesuai Jenis Kulit

Jenis kulit wajah pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu hal pertama yang harus anda ketahui adalah jenis kulit pada wajah Anda. Jika kulit Anda sensitif, seperti kemerahan dan iritasi maka face mist yang tepat adalah yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, air anggur yang kaya akan mineral anti inflamasi.

Jika kulit anda kehilangan kelembapan alami karena aktivitas sehari-hari atau setelah mencuci wajah maka perlu mengembalikan kelembapan yang hilang, dengan memilih face mist yang mengandung emolien dan oklusif seperti aqualane, shea butter, minyak kelapa atau propanediol.

Jika kulit anda berminyak atau berjerawat maka harus membaca kandungan yang dimiliki face mist sebelum menggunakannya. Jika kulit berminyak, maka face mist yang digunakan harus berasal dari bahan silk powder, mineral alami seperti silika, atau mengandung niacinamide untuk membantu mengatur produksi minyak saat terhidrasi.

Jika kulit rentan berjerawat, maka pilihlah face mist yang mengandung exfoliant asam ringan. Selain itu, asam beta-hidroksi seperti asam salisilat, betaine salisilat atau air kulit pohon willow juga dapat membersihkan pori-pori dan mencegah berjerawat.

Face mist juga dapat digunakan untuk menyegel kelembapan ekstra dengan melapisi satu aplikasi face mist di antara langkah-langkah perawatan, maka face mist yang dipilih adalah yang kaya akan asam hialuronat.

Waktu Pemakaian Face Mist

Waktu pemakaian face mist yang tepat juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Bisa dilakukan setelah mencuci wajah, setelah menggunakan toner, sebelum moisturizer, sebelum atau sesudah bangun tidur atau ketika kulit terasa kering.

Pengaplikasian Pada Kulit

Cara menggunakan face mist yang benar yaitu dengan menyemprotkan di area wajah secukupnya, kemudian tepuk-tepuk dengan tangan secara lembut. Dalam penggunaanya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika digunakan untuk untuk memberikan kesegaran instan pada saat kulit terasa kusam, maka face mist dilakukan kapan saja sepanjang hari.

Jika digunakan untuk membuat serum dan pelembab menyerap lebih baik, maka face mist dapat diaplikasikan di antara sebelum pelembap dengan krim siang atau malam. Jika digunakan untuk aplikasi riasan yang lebih baik, maka lakukan touch up dengan face mist untuk menyegarkan dan melembabkan kulit sebelum sesudah atau diantara riasan.

Jika digunakan untuk mengembalikan pH level kulit setelah mencuci wajah dengan sabun atau pembersih wajah, maka semprotkan face mist setelah mencuci wajah.

Ini Dia Rekomendasi Face Mist Terbaik untuk Kulit Wajah

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kandungan dari face mist terbaik untuk kulit wajah. Setiap face mist mengandung bahan tertentu yang dapat membantu mengatasi masalah wajah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Mineral Botanica Face Mist

Rekomendasi face mist pertama adalah mineral botanica yang mengandung galactomyces ferment filtrate yaitu bahan aktif yang diperkaya dengan protein, vitamin B1, B2, nicotinic acid dan folic acid yang dapat membantu melembapkan dan mencerahkan kulit. Salicylic Acid juga dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Mineral Botanica juga telah dilengkapi dengan teknologi air mist yang dapat menyemprotkan cairan dengan sangat halus.

Harga Rp. 21.500-55.000

SK-II Mid-Day Miracle Essence

Mid-Day Miracle Essence diformulasikan dengan pitera dan moisturelock complex untuk memberikan kebaikan instan dari pitera untuk kulit kapanpun dan di manapun. Selain itu, SK-II Mid-Day Miracle Essence merupakan face mist pelembap yang dapat masuk ke dalam lapisan makeup serta mengunci kelembapan untuk kulit lembap dan segar untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Harga Rp. 595.000-1.416.000

Wardah Lightening Face Mist

Wardah Lightening Face Mist hadir dalam 3 in 1 mist, yaitu untuk primer make up, setting spray serta refresh kulit. Wardah Lightening Face Mist mengandung advanced niacinamide yang mencerahkan serta melindungi dari efek negatif blue light serta diformulasikan khusus dalam membantu menjaga tampilan make up agar lebih tahan lama dan diklaim cocok untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 17.700-55.000

Emina Aloe Vera Face Mist

Emina Aloe Vera Face Mist memiliki formula yang ringan menyegarkan, cepat meresap di kulit, serta membuat kulit lembap tahan lama. Dalam Emina Aloe Vera Face Mist terkandung quadruple hydration yang menyejukkan serta melembabkan kulit seketika. Selain itu, juga mengandung ekstrak aloe vera dan allantoin yang menghidrasi kulit serta sebagai skin protectant dan anti iritan bagi kulit serta memberikan efek sejuk.

Harga Rp. 29.800-108.000

Fountain Spray Supple Whitening Toner

Fountain Spray Supple Whitening Toner mengandung vitamin dan esensi Tumbuhan dan pelembab kulit-esensial. Pengujian telah menunjukkan bahwa face mist ini dapat melembabkan selama 24 jam, memberi rasa segar serta tidak berminyak.

Face mist ini juga membantu menjaga kulit tetap sehat dan cocok untuk kulit normal dan kering. Bisa digunakan di wajah dengan cara membersihkan wajah, ratakan ke wajah, kemudian pijat hingga meresap.

Selain itu, bisa digunakan dalam tubuh dengan langsung dioleskan ke bagian tubuh yang kering dan dipijat sampai meresap. Sebelum digunakan, disarankan agar coba di belakang kulit telinga melakukan tes karena karakteristik kulit setiap orang berbeda.

Jika memiliki ketidaknyamanan atau abnormal, disarankan agar berhenti menggunakan atau berkonsultasi dengan dokter.

Harga Rp. 12.800-95.000

LACOCO Aloe Vera Soothing Mist Spray

Kandungan utama pada soothing mist ini adalah aloe vera atau lidah buaya yang menjadi berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Selain itu, aloe vera juga berfungsi untuk menenangkan kulit dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit, mencegah timbulnya tanda penuaan seperti garis halus dan keriput, sehingga dengan kulit yang lembap akan terhindar dari gejala penuaan dini.

Aloe Vera Soothing Mist merupakan perawatan wajah yang serbaguna. Hal ini karena dapat digunakan untuk membersihkan wajah di pagi hari maupun malam hari dan membersihkan sisa makeup pada wajah.

Aloe Vera Soothing Mist juga dapat digunakan sebagai toner, eksfoliator, sekaligus pelembap yang digunakan sehabis mencuci muka. Face mist ini juga dapat digunakan sebagai alas makeup, dan setelah selesai makeup untuk mendapatkan hasil makeup yang halus.

Harga Rp. 230.000-601.600

PIXY Aqua Beauty Protecting Mist

PIXY Aqua Beauty Protecting Mist telah dilengkapi dengan vitamin E dan ekstrak green tea dari Jepang sebagai antioksidan, serta mengandung aloe vera untuk melembabkan dan menyejukkan kulit. Face mist ini ringan dan tidak lengket di kulit. Selain itu, dengan makeup lock yang dapat menjaga tampilan make up agar tahan lama hingga 10 jam.

Harga Rp. 22.000-96.000

Probio C Vitamin C Spray

Probio C Vitamin C Spray merupakan face mist yang mengandung ascorbyl glucoside dan Aloe barbadensis Leaf Extract. Oleh karena itu, dapat membantu menyegarkan serta melembabkan kulit wajah.

Dalam penggunaanya yaitu arahkan botol Probio C Spray ke wajah dan leher dengan jarak kira-kira 15-20 cm. Pejamkan mata dan semprotkan langsung beberapa kali ke wajah dan leher, kemudian biarkan hingga kering. Face mist ini dapat digunakan kapan saja, baik pagi, sore dan malam hari.

Harga Rp. 37.500-106.000

Vienka Skincare Saffron Face Mist

Vienka Skincare Saffron Face Mist memiliki kandungan Saffron didalamnya juga sangat membantu dalam mengatasi permasalahan jerawat. Selain itu, face mist ini tetap dapat membantu mencerahkan kulit, membuat kulit terlihat glowing dalam sekejap. Merupakan 3 in 1 product yang multifungsi, dapat digunakan sebagai facemist, toner dan juga setting spray sekaligus.

Harga Rp. 49.000-170.000

Avene Thermal Spring Water

Avene Thermal Spring Water memiliki kandungan formula thermale water yang melembapkan dan menyegarkan. Eau thermale Avene Spray dapat digunakan untuk kulit kering dan berminyak. Face mist ini juga dapat memberikan efek menyegarkan serta memberikan ketenangan pada kulit yang sedang mengalami efek dari alergi dan iritasi.

Harga Rp. 101.500-680.000
From our editorial team

Cek Kandungan Face Mist

Face mist memang bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah secara instan. Namun, pastikan Anda menggunakan face mist dengan benar agar tidak merusak kulit. Selain itu, pastikan juga bahwa face mist yang Anda pilih memiliki kandungan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Rekomendasi di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.