Tips dan 11 Referensi Liburan Low Budget Sesuai Kantong Kamu

Tips dan 11 Referensi Liburan Low Budget Sesuai Kantong Kamu

Tidak melulu punya uang banyak untuk bisa menikmati wisata. Kamu masih bisa, kok, memanjakan diri dengan traveling low budget. Tak kalah dengan destinasi wisata yang harganya selangit, tujuan wisata berikut ini bisa kamu nikmati walaupun dengan biaya yang minim. Simak, yuk!

Liburan Low Budget

Sumber gambar blog.tourism.gov.my

Sekarang ini travelling sudah menjadi sebuah lifestyle yang dilakukan tiap kali ada kesempatan. Liburan bisa dilakukan ke mana saja yang penting bisa menyegarkan pikiran. Apakah kamu salah satu penggemar travelling?

Dengan berlibur artinya kita meluangkan waktu untuk bebas dari rutinitas kita sejenak. Biasanya liburan dilakukan pada saat pertengahan tahun atau akhir tahun. Bisa juga liburan dilakukan dengan mengambil cuti dari rutinitas jika tak ingin liburan pada saat high season karena terlalu ramai.

Bagi kamu yang gemar berlibur pasti terkadang agak susah menyisihkan budget. Padahal kamu bisa juga, lho, melakukan liburan low budget. Artinya kamu berlibur dengan anggaran yang rendah. BP-Guide akan menuntun kamu dengan memberikan tips untuk liburan low budget.

Tips dan Cara Liburan Low Budget

bpguide_id
instagram.com

Liburan Low Budget di dalam Kota

Sumber gambar anekatempatwisata.com

Liburan memang bisa ke mana saja. Saat ini liburan bukan dipandang sebagai sesuatu yang mewah dan sulit dilakukan karena semua orang bisa melakukannya. Travelling dianggap sebagai suatu kebutuhan hidup karena kita juga perlu melepas penat sejenak dari rutinitas yang sibuk.

Liburan low budget bisa dilakukan di akhir pekan. Jika sudah tak sabar, kamu pun bisa melakukan liburan low budget tanpa menunggu akhir pekan tiba. Tak usah jauh ke luar kota, kamu bisa kunjungi wisata terdekat di dalam kota.

Dengan mengunjungi wisata dalam kota tentu kamu lebih hemat budget karena tak perlu uang untuk menginap. Selain itu dengan besaran budget kurang dari Rp 1 juta, kamu sudah bisa mengunjungi wisata menarik di kota kamu. Pilih hari biasa jika ingin harga tiket masuk yang lebih murah karena umumnya kala weekend tiket masuk wisata naik beberapa persen dari harga normal.

Tips lainnya adalah kamu bisa kunjungi wisata yang baru dibuka karena selalu ada promo menarik dengan harga tiket miring sebagai bagian dari promosi wisata tersebut.

Liburan Low Budget ke Luar Kota

Sumber gambar www.yukpiknik.com

Liburan memang tak selalu harus di luar kota. Apalagi jika kamu lagi mencari liburan low budget. Namun kalau kamu sudah bosan dengan wisata dalam kota boleh juga, kok, lirik luar kota. Tenang saja karena meski liburan di luar kota kamu juga bisa hemat anggaran.

Sebelum liburan tentukan mau kemana kamu berwisata dan tentukan tanggalnya. Hindari high season karena tiket transportasi hingga biaya penginapan jelas lebih mahal. Kamu bisa pilih low season jika ingin liburan murah.

Jauh dari hari keberangkatan, carilah penginapan murah dan tiket transportasi yang terjangkau. Pesan jauh-jauh hari akan lebih efektif untuk menghemat budget kamu. Kamu bisa juga cari promo harga tiket transportasi hingga promo harga hotel.

Liburan Low Budget ke Luar Negeri

Sumber gambar www.hipwee.com

Mau liburan tapi pusing karena budget terbatas? Sudah bukan zamannya lagi ingin liburan namun takut dengan besaran budgetnya. Kamu bisa lho, liburan hingga luar negara dengan low budget.

Pertama tipsnya adalah tukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing negara yang hendak kamu tuju dari jauh hari. Ini karena kalau kamu menukarnya di luar negeri maka kurs jadi lebih rendah. Jangan lupa bawa uang cash untuk jaga-jaga sekalian juga uang koin karena di luar negeri masih banyak yang menggunakan uang jenis ini.

Pilihlah negara yang membebaskan visa untuk WNI. Di ASEAN ada banyak negara menarik yang bisa kamu jelajahi, lho. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan pergi kala low season ya, supaya budget bisa lebih ditekan.

Referensi Liburan Low Budget

Solo

Sumber gambar ibnuasmara.com

Mau liburan low budget yang menarik maka kamu bisa kunjungi Solo. Kota yang ada di Jawa Tengah ini menyimpan sejarah yang unik, lho. Bersiaplah terpesona dengan istana keratonnya yang megah dan indah. Di Solo kamu bakal menikmati budaya dan juga sejarah dari Jawa yang masih kental di sana.

Untuk wisata di Solo tentunya kamu bukan hanya bisa kunjungi istana keraton saja. Ada juga Museum Radya Pustaka hingga Kebun Binatang Taru Jurug. Bagi yang suka berwisata alam, di Solo juga ada banyak air terjun dan taman kota yang menarik untuk dikunjungi. Yang gemar sejarah, wajib mengunjungi candi hingga museum yang ada di Solo.

Kamu juga bisa bawa pulang oleh-oleh menarik, lho. Intip saja batik dan juga kerajinan wayang yang banyak didapati di Solo. Sebagian besar penduduknya memang bekerja sebagai pengrajin wayang dan batik. Maka kamu bisa memborong kedua kerajinan tersebut dengan harga miring di sini.

Ujung Kulon

Sumber gambar ngulon.com

Sesekali melancong agak jauh boleh juga, lho. Coba deh, kamu kunjungi Taman Nasional Ujung Kulon. Memiliki hutan lindung yang luas, taman ini merupakan wujud pelestarian alam dan perlindungan hewan yang hampir punah seperti misalnya badak bercula satu. Kamu yang hobi mengunjungi wisata alam tentu tak boleh melewatkannya begitu saja, ya.

Di Taman Nasional Ujung Kulon kamu bisa juga mengunjungi Pulau Peucang yang menjadi gerbang masuk taman Ujung Kulon. Di sini kamu bisa dapat aneka fasilitas lengkap mulai dari penginapan hingga pusat informasi.

Kamu juga bisa menikmati ombak tenang dengan pasir putih dan pemandangan laut yang memanjakan mata. Ada monyet dan babi hutan juga yang bisa kamu temui di pulau ini. Dan yang tak kalah seru, kamu bisa menyelam dan menikmati indahnya biota laut di Pulau Badul.

Ranu Kumbolo

Sumber gambar www.youtube.com

Sekarang mari meluncur ke Kabupaten Lumajang di Jawa Timur. Di sana ada Ranu Kumbolo yang merupakan danau di lereng Gunung Semeru. Masih tergolong dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, danaunya luas dan menawarkan pemandangan memukau hati.

Kamu bisa juga mendirikan tenda untuk menikmati indahnya danau kala malam hari dengan cahaya bulan. Nikmati juga indahnya sunrise dengan keindahan bukit hijau menyejukkan mata. Kunjungi juga bukit cinta yang ada di samping danau. Ada mitos yang menyatakan jika kita mendaki bukit dengan memikirkan orang yang kita cinta tanpa menoleh ke belakang maka kita bisa bahagia bersamanya.

Anyer

Tak perlu jauh ke luar kota jika kamu tinggal di Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Anyer untuk melepaskan diri dari kepenatan sejenak. Dengan pantai indah tentunya kamu bisa menyegarkan pikiran kamu dari hiruk pikuk kota besar.

Di Anyer juga kamu bisa menikmati indahnya gunung Krakatau. Kamu bisa memanjakan mata dengan indahnya laut dan hamparan pasir putih serta diving dan snorkeling. Jangan lewatkan juga bermain jetski dan banana boat yang seru.

Ada juga beberapa pantai cantik lain di sekitaran Anyer seperti Carita hingga Bulakan. Untuk masuk ke daerah pantai kamu cukup merogoh mulai dari Rp 5.000 saja, lho.

Pedalaman Baduy

Sumber gambar www.antvklik.com

Mengenal budaya sendiri pasti jadi pengalaman mengasyikkan selama liburan. Kunjungi suku pedalaman Baduy yang hingga kini masih eksis. Kawasannya masih asri dan bebas polusi. Penduduknya ramah dan memegang teguh adat istiadat dan budaya mereka.

Kamu bisa melihat uniknya masyarakat Baduy yang mampu bertahan di era globalisasi ini. Mereka bertahan tak menggunakan aneka peralatan modern dalam kesehariannya. Dari pakaian hingga transportasi semuanya masih sangat tradisional dan unik.

Suku Baduy dibedakan menjadi dua yakni Baduy Luar dan Baduy Dalam. Untuk Baduy Luar umumnya menggunakan pakaian gelap sementara Baduy Dalam memakai pakaian serba putih.

Pantai Klayar, Pacitan

Sumber gambar independent-tour.com

Kunjungi Pacitan untuk melihat wisata pantainya yang mempesona. Ada Pantai Klayar yang keindahannya sudah termahsyur. Pantai ini mudah dijangkau dan keindahannya dijamin tak kalah dengan pantai indah di Bali.

Yang paling menonjol dari pantai ini adalah adanya suara mirip seruling dari karang yang ada di tepian pantai. Uniknya lagi adanya karang raksasa berbentuk mirip sphinx yang mengundang decak kagum yang melihatnya.

Pantai ini masih alami dengan pasir putih dan hamparan laut yang biru. Ada hal unik lain yang wajib kamu saksikan di pantai ini. Yakni adanya fenomena air laut yang memancar ke atas kurang lebih setinggi 10 meter. Sunset di pantai ini juga sangat memanjakan mata.

Kawah Ijen dan Baluran

Sumber gambar pesonabromo.com

Kawah Ijen termasuk wisata low budget yang bisa kamu kunjungi. Pemandangan indah ditawarkan oleh Kawah Ijen dan Baluran ini. Kamu bisa juga menikmati keindahan latar belakang film Hijab Traveler dari tempat wisata ini.

Ada fenomena blue fire yang menarik untuk disaksikan di Kawah Ijen. Ini merupakan fenomena langka maka dari itu wajib untuk diabadikan. Beranjak ke Taman Nasional Baluran kamu akan disuguhkan aneka hewan seperti Banteng Jawa hingga Kijang. Ada juga aneka burung dan merak hingga rusa di sini.

Kawasan Baluran menjadi tempat pohon Akasia untuk tumbuh subur dan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Jangan lewatkan mengunjungi Pantai Bana di kawasan Baluran juga, ya.

Karimunjawa

Pulau Karimunjawa sangat terkenal keindahannya. Kamu bisa kunjungi pulau ini sebagai tujuan wisata low budget kamu. Berlokasi di utara Semarang, pulau ini terdiri dari 27 pulau berantai yang semuanya menyimpan keindahan tersendiri.

Untuk kemari, kamu bisa naik pesawat kecil dari Semarang dan bisa juga naik speedboat dari Jepara. Jangan lewatkan resort menarik seperti Kura-kura Resort kala mengunjungi tempat ini. Diving juga untuk menikmati keindahan alam Taka Panyawangan dan Gosong Cemara.

Pantainya cantik dan menawarkan juga memiliki beragam aktivitas menarik. Bersiap terpesona dengan keindahan bawah lautnya, ya.

Kepulauan Seribu

Sumber gambar www.exploreseribu.com

Kepulauan Seribu mudah dijangkau dari Jakarta. Kamu cukup berangkat dari Ancol naik kapal yang menuju ke sana. Ada eco-tourism yang memperbolehkan kamu untuk berwisata sembari menjaga kelestarian alam.

Kamu juga bisa snorkeling di Pulau Macan karena keindahan bawah lautnya. Kamu juga bisa kunjungi deretan pulau lainnya yang tak kalah cantik. Dari Pulau Bidadari hingga pulau Kahyangan.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan kala mengunjungi Kepulauan Seribu ini. Apa pun aktivitasnya tetap usahakan menjaga kebersihan, ya. Jangan sampai pulau dan pantai cantiknya tercemar oleh sampah yang kita bawa.

Malang

Sumber gambar www.merdeka.com

Malang adalah kota sejuk yang menawarkan deretan wisata menarik. Dari deretan pantai Selatan indah hingga keagungan gunung Bromo dan Semeru siap menyambut kamu. Eits, ada juga beberapa taman hiburan seru yang siap kamu kunjungi dengan harga tiket terjangkau.

Jangan lewatkan juga mampir di Museum Angkut yang unik dan lain dari museum pada umumnya. Wisata kuliner di Malang juga tak boleh dilewatkan. Hangatkan perut dengan semangkuk bakso khas Malang hingga wedang angsle yang nikmat.

Kota yang dikenal dengan hasil perkebunan apel ini menawarkan juga kampung unik bernama Jodipan. Di sini kamu bisa berswafoto dengan latar belakang yang cantik. Kamu cukup merogoh kocek Rp 2.000 saja untuk masuk ke rumah yang terkenal dengan tembok warna-warninya ini.

Bogor

Sumber gambar www.brilio.net

Bogor merupakan kota berhawa sejuk yang bisa menjadi alternatif liburan low budget kamu. Cuacanya yang sejuk bikin kamu betah berlama-lama liburan di sini. Aneka wisata unik dan keren hadir di kota ini yang sayang jika dilewatkan.

Kunjungi tiruan Kota Venesia Italia di Bogor. Kamu bisa merasakan naik perahu khas Italia sekaligus menikmati deretan rumah cantik khas Eropa. Masuknya hanya butuh membayar Rp 20.000 per orang, lho.

Kamu juga bisa berkemah di Bogor hingga foto dengan latar belakang bunga aneka warna. Naiki Dotto Train dan Garden Tram supaya lebih puas berkeliling di Bogor. Coba juga wahana lain yang tak kalah seru, ya.

From our editorial team

Wisata Low Budget Tak Berarti Kecewa

Tak usah khawatir akan ketidakpuasan destinasi low budget, karena kamu akan dijanjikan pengalaman yang tak kalah menakjubkan. Liburan berkualitas tidak selalu dengan merogoh kocek dalam, kok. Kamu bisa lihat sendiri beberapa referensi liburan dengan budget minim namun tetap menawan. Jadwalkan segera destinasi wisata low budget dengan keluargamu, ya.

Tag