Mahasiswa Butuh Banget Laptop! 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Ini Memiliki Harga Murah dan Spesifikasi Mumpuni

Mahasiswa Butuh Banget Laptop! 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Ini Memiliki Harga Murah dan Spesifikasi Mumpuni

Memasuki dunia universitas pasti berbeda dengan dunia sekolah. Apalagi tugas-tugasnya. Alat tempur yang wajib dimiliki mahasiswa adalah laptop. Senjata utama para mahasiswa untuk mengerjakan tugas ini sudah menjadi harga mati. Nah, BP-Guide punya rekomendasi laptop murah dan spesifikasi tinggi untuk para mahasiswa. Simak, yuk!

Mahasiswa Tanpa Laptop Ibarat Sayur Tanpa Garam

Sumber gambar i.pinimg.com

Kalau dulu, mungkin yang diperlukan oleh mahasiswa adalah buku dan pena. Tanpa keduanya, mahasiswa akan kesulitan dalam membuat tugas dan sebagainya.

Nah, sekarang di zaman teknologi seperti saat ini, tentunya yang menjadi benda penting untuk dimiliki mahasiswa adalah laptop. Laptop menjadi hal penting, karena semua pekerjaan, mulai dari tugas, makalah sampai hal penting lainnya, misalnya skripsi, semuanya memerlukan laptop.

Nah, biasanya laptop yang dibutuhkan oleh mahasiswa adalah laptop dengan kemampuan yang bagus dan tangguh. Hal itu dibutuhkan agar ada banyak tugas yang bisa disimpan di dalamnya, dan tentunya bisa digunakan mengetik tanpa banyak masalah. Tidak mau kan, ketika sedang asyik mengerjakan satu tugas, eh laptop mendadak hang?

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Pilih Laptop yang Tahan Banting

Sumber gambar i.pinimg.com

Syarat pertama laptop untuk mahasiswa adalah ketahanannya. Laptop tersebut harus punya desain yang simpel, kecil, ringan, mudah dibawa, tetapi kuat dan tangguh. Bila perlu, bahannya kuat dan tahan lama.

Tidak hanya itu, laptop yang dibutuhkan mahasiswa juga perlu daya tahan baterai yang kuat. Sebab, sangat sulit untuk membawa laptop yang sedikit-sedikit harus dihubungkan dengan charger dan sebagainya, bukan?

Bisa Dipakai Multitasking

Sumber gambar i.pinimg.com

Seperti sempat diulas sebelumnya, laptop yang dibutuhkan mahasiswa adalah laptop yang mumpuni serta tangguh. Tentu saja, diperlukan prosesor yang mantap juga RAM yang cukup baik. Hal itu dikarenakan, laptop tersebut akan bekerja lebih berat. Karena, mahasiswa cenderung multitasking ketika mengerjakan tugas.

Misalnya, ketika hendak membuat tugas, maka mahasiswa biasanya setidaknya langsung menjalankan dua atau lebih aplikasi. Sebut saja misalnya microsoft Word, sekaligus dengan aplikasi internet seperti Chrome. Belum ditambah editor foto untuk memasukkan foto ke dalam dokumen, atau mungkin bisa sambil mendengarkan musik. Nah, ada berapa aplikasi yang sekali jalan itu?

Beli Laptop yang Bergaransi

Sumber gambar gadgetren.com

Ini harga mati, laptop yang Anda beli seharusnya bergaransi. Sebab, apabila tiba-tiba ada masalah, maka perlu cepat diperbaiki.

Masalahnya terjadi, kantong mahasiswa kan biasanya tidak begitu tebal. Bayangkan, kalau habis membeli sebuah laptop, selang satu bulan mendadak rusak, lalu harus diservis, pastinya akan memakan banyak uang, kan?

Karena itu, sebaiknya pilih laptop baru dari brand yang ternama. Hal itu memastikan laptop yang Anda beli akan mendapatkan garansi. Apalagi, kalau kerusakannya tersebut adalah cacat produksi, tentu wajib menjadi tanggungan penjual atau produsennya, bukan?

Pilih yang Gampang Dicari Sparepart-nya

Sumber gambar www.marketlaptop.com

Ini kelebihan lain dari membeli produk yang sudah terkenal mereknya. Produk tersebut akan lebih mudah dicari sparepartnya, apabila dibutuhkan. Hindari membeli produk yang tidak jelas mereknya.

Tidak hanya itu, hindari juga membeli laptop rakitan, yang biasanya isinya atau sparepartnya akan saling comot sana-sini. Hasilnya, ketika diperlukan penggantian sparepart, maka yang terjadi adalah Anda akan kesulitan mencarinya.

Harga

Sumber gambar ulasharga.com

Ops, yang ini jangan lupa. Pertimbangkan dulu harga dari produk yang akan Anda beli. Misalnya Anda hanya menyiapkan bujet Rp 3 juta, maka cari laptop seharga itu. Biasanya, untuk kelas mahasiswa, ada banyak brand ternama yang menyediakan produk seharga Rp 3 juta sampai Rp 6 jutaan untuk laptop yang presisi untuk mahasiswa.

Jangan memaksakan diri untuk membeli laptop dengan kemampuan premium dan high grade. Laptop dari entry level sudah sangat pas untuk mahasiswa kok. Laptop dengan kemampuan kelas tinggi, harganya juga tinggi, bahkan ada yang Rp 20 jutaan. Tetapi, kegunaannya justru untuk main game berat-berat tanpa masalah. Nah, kalau mahasiswa malah beli laptop yang ini, kejadiannya malah membuat Anda lebih sering main game, daripada buat tugas.

10 Laptop Ini Cocok untuk Mahasiswa yang Butuh Laptop Murah

Asus Eee PC X201E

Sumber gambar priceprice.com

Rekomendasi pertama adalah Asus X201E yang sangat pas untuk mahasiswa, karena bisa dibawa ke mana saja. Ukurannya yang kecil dan tipis, dengan layar 11,6 inci menjadikan laptop satu ini menjadi salah satu pilihan yang pas untuk Anda.

Salah satunya bisa Anda temukan di Hitech-Mall. Asus X201E di situs ini dijual seharga Rp 3.073.000 dengan spesifikasi antara lain prosesor Intel Dual Core dengan kecepatan 1,5 GHz yang didukung oleh RAM DDR3 4GB.

Didukung pula oleh sejumlah fitur menarik seperti WiFi, Bluetooht, OS Free Dos, serta Port USB yang super cepat. Gambar yang dihasilkan sangat jernih dengan display Intel HD 3000 dan max resolution 1366x768.

Acer Aspire ES1-131

Sumber gambar Lelong.my

Selanjutnya, ada Notebook Acer Aspire ES1-131. Ukurannya yang kecil dan tipis menjadikan notebook seberat 1,25 kg ini menjadi salah satu pilihan yang pas untuk Anda.

Urusan kinerja, jangan ragukan Prosesor intel Dual Core yang didukung oleh RAM DDR3 2GB ini. Ditambah lagi dengan storage seluas 500 GB yang menjadikan daya tampung notebook ini begitu luas.

Layarnya seluas 11,6 inci menghasilkan gambar yang super terang dengan VGA Intel HD Graphics. Dapatkan notebook ini di Bhinneka seharga Rp 3.499.000 atau di Lazada seharga Rp 3.299.000.

Lenovo G40-80

Sumber gambar kawomputer.co.id

Ingin yang layarnya lebih besar? Ada produk dari Lenovo yakni G40-80. Lenovo G40-80 adalah laptop dengan layar 14 inci yang HD dengan resolusi 1366x768 tentu akan sangat pas untuk Anda yang membutuhkan layar yang terang, jernih, tajam juga luas.

Tidak hanya layar, tapi audionya juga memukau. Tentu saja, karena speaker Dolby Advance Audio dengan AMD Radeon yang menjadikan suara yang menawan.

Lanjut ke prosesor, tentunya Intel Core i5 5200U berkecepatan 2,2GHz yang didukung dengan RAM 4GB menjadi jaminan kecepatan dari laptop yang satu ini, bukan.

Ditambah lagi kapasitas penyimpanannya yang raksasa, mencapai 1 TB menjadikan Anda bisa menyimpan apa saja di dalamnya dalam jumlah banyak. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 7.199.000.

Lenovo Ideapad 100

Sumber gambar www3.lenovo.com

Masih produk dari Lenovo, kali ini yang BP-Guide rekomendasikan adalah Lenovo IdeaPad 100 yang bisa Anda pilih untuk laptop dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski harganya lebih terjangkau, tapi kinerjanya oke, loh. Berbekal prosesor Intel Core i3 dengan kecepatan 2.0GHz, dipadu pula dengan RAM 8GB, storage 500GB dan OS Windows 10 menjadikan kerja Anda menjadi lebih cepat dengan produk satu ini.

Apalagi, layarnya juga lebar mencapai 14 inci dengan LED Display yang menjadikan warna yang dihasilkan lebih menawan dan tajam. Apalagi, Intel HD Graphics 5500 yang ditanamkan di dalamnya, mendukung gambar yang jauh lebih baik. Dapatkan produk satu ini di Tokopedia seharga Rp 4.999.000.

Lenovo IP 310-14IKB

Sumber gambar www.itgaleri.com

Laptop berikutnya adalah Lenovo IP 310-14IKB, yang bertenaga dan pas untuk mahasiswa. Prosesornya bekerja cepat dengan Intel Core i7 dengan dukungan RAM 4GB DDR4. Sementara itu, daya tampung harddisknya mencapai 500 GB menjadikan Anda bisa menyimpan banyak file di dalamnya.

Layar seluas 14 inci juga ditunjang dengan VGA Nvidia GeForce 2GB menjadikan gambar yang terang dan jernih. Fitur lain yang dibutuhkan mahasiswa juga dimiliki laptop ini, seperti bluetooth, USB, kamera, dan WiFi.

Dapatkan produk dari Lenovo satu ini di Bhinneka seharga Rp 7.799.000 atau bisa juga didapatkan di Tokopedia seharga Rp 6.499.000.

Dell Inspiron 11-3162

Sumber gambar i.dell.com

Berikutnya, ada produk dari Dell yang tentunya bisa jadi pilihan jitu bagi Anda. Produk yang direkomendasikan untuk mahasiswa adalah Dell Inspiron 11 3162 intel N3060. Produk satu ini adalah laptop dengan prosesor Intel Celeron Processor N3060 yang tangguh yang didukung oleh memory 2GB.

Produk yang satu ini dilengkapi pula dengan graphics intel HD Graphics untuk menjadikan tampilan dari layar 11,6 inci menjadi lebih hidup dan berwarna. Laptop ini memiliki storage seluas 500 GB serta dilengkapi pula dengan card reader, WiFi, Bluetooth, dan USB.

Dapatkan produk satu ini di situs Jakarta Notebook seharga Rp 3.130.200. Atau, bisa juga Anda dapatkan di Lazada seharga Rp 3.050.000.

Asus ZenBook UX305UA

Sumber gambar laptoping.com

Beralih ke produk Asus, kali ini satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asus Zenbook UX305UA. Laptop dengan layar 13,3 inci satu ini menawarkan kualitas layar yang sangat tinggi, jernih, serta detail. Hal itu dikarenakan adanya teknologi canggih In Plane Switching (IPS) yang disematkan di dalamnya.

Urusan ketahanan baterai, sangat tangguh loh. Laptop dengan ketebalan 12,3 mm ini memiliki daya tahan baterai sampai 10 jam. Bagaimana dengan prosesornya? Intel Core i5 dengan kecepatan 2,3GHz yang bisa ditingkatkan hingga 2,8GHz serta RAM 4Gb tentunya menjanjikan kinerja yang tangguh dan cepat. Dapatkan laptop satu ini di Tokopedia seharga Rp 11.000.000.

HP Pavilion 10-f001 au

Sumber gambar panduanmembeli.com

Ingin laptop dengan harga yang terjangkau? Ada notebook dari HP yang merupakan salah satu produk yang bisa Anda andalkan untuk membuat tugas dan sebagainya. Produk yang BP-Guide rekomendasikan adalah HP Pavilion 10-f001AU.

Produk yang satu ini memiliki prosesor AMD Dual Core dengan memori standar 2GB DDR3. Tentunya, bisa menjadikan kinerja yang mantap untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Grafis dari AMD Radeon HD 8180G memberikan nuansa gambar yang terang di layar LED Backlit notebook satu ini.

Notebook dengan penyimpanan berkapasitas 320GB ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 2.490.000 di Tabloid Laptop.

Asus X441UV

Sumber gambar blibli.com

Produk selanjutnya adalah ASUS X441UV. Laptop satu ini merupakan pilihan pas bagi Anda yang menginginkan laptop yang tangguh untuk menunjang kinerja Anda yang multitasking. Selain itu, daya tahan baterainya juga mengagumkan, dan pengisian ulang juga lebih cepat.

ASUS X441UV dibekali dengan prosesor Intel Core i3-6006U Dual Core 2GHz. Didukung dengan grafis intel HD Graphics dan NVidia Ge Force tentunya menjadikan kinerja laptop Anda menjadi lebih baik.

Laptop yang satu ini memiliki harddisk hingga 500GB serta kamera VGA webcam yang tangguh. Layarnya jernih, selebar 14 inci dengan resolusi 1366x768 pixel. Anda bisa membeli produk ini di Bhinneka seharga Rp 5.649.000.

HP 14-AN002AX

Sumber gambar shop-media.intel.com

Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan laptop dengan kinerja tangguh, apakah bisa? Tentu saja bisa, salah satunya dengan mendapatkan produk HP Notebook 14-an002AX. Notebook dari HP satu ini adalah pilihan produk dengan harga terjangkau, namun spesifikasi mumpuni.

Notebook yang satu ini memiliki layar seluas 14 inci yang mampu menghadirkan gambar yang HD dan berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, dukungan dari VGA AMD Radeon R5 M430 2GB menjadikan kualitas gambarnya menjadi lebih baik.

Dari "jantung", disematkan AMD QUadCore A8-7410 yang didukung RAM 4GB DDR3L menjadikan daya kerjanya tangguh dan mumpuni.

Notebook yang satu ini juga dilengkapi dengan WiFi, NIC, Bluetooth serta bisa berjalan dengan OS Windows 10. Harganya terjangkau, Anda bisa mendapatkannya seharga Rp 4.899.000 di situs HP Shopping atau di Bhinneka seharga Rp 5.895.000.

From our editorial team

Pilih Laptop Sesuai Bujet

Laptop rekomendasi BP-Guide ini berkisar di angka Rp 5 jutaan sehingga cukup terjangkau bagi para mahasiswa. Ingat, ya, meskipun ada bujet yang besar jangan membeli laptop dengan spesifikasi sekelas gamer. Kenapa? Karena tujuan Anda memiliki laptop adalah untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Sebelum membeli laptop, ingat kembali tujuan Anda, ya!