Anak Kost Harus Mempersiapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Kost Ini Supaya Tetap Bisa Ngampus Oke

Anak Kost Harus Mempersiapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Kost Ini Supaya Tetap Bisa Ngampus Oke

Merantau dan menjadi anak kost merupakan salah satu cara latihan untuk hidup mandiri. Anda perlu mempersiapkan segalanya yang dirasa dibutuhkan untuk kehidupan di kost. Segala perlengkapan kost tentunya perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar kegiatan kuliah tidak terganggu.

Sudah Siap Ngekost? Jangan Cuma Bawa Diri Saja ke Kostan, Lho

Tinggal merantau, jauh dari orangtua, dan hidup sendiri di kost memang mengajarkan untuk hidup lebih mandiri. Meskipun begitu, maklum saja apabila kangen orangtua dan kangen rumah. Untuk hidup di kost sebaiknya Anda menyiapkan beberapa barang yang wajib untuk dibawa, seperti kipas angin, makanan ringan, obat-obatan, alat kebersihan, kotak peralatan makanan, payung, rice cooker, dan foto keluarga tercinta.

Tips Mencari Kost yang Nyaman

Usahakan Cari yang Dekat dengan Kampus

Memilih lokasi kost, usahakan mencari yang dekat dengan tempat kerja atau pun kampus. Pemilihan lokasi kost yang tepat dapat membantu Anda lebih menghemat pengeluaran dan waktu. Sebisa mungkin jarak kost dengan kampus bisa dijangkau dengan jalan kaki. Apabila tidak mendapatkan kost yang dekat, Anda bisa mencari kost yang dilewati jalur angkutan umum. Trik ini sangat penting untuk menghemat biaya transportasi.

Tidak Terlalu Jauh dari Akses Kebutuhan Sehari-hari

Usahakan Anda mempertimbangkan jarak warung makan dan toko yang ada di sekitar kost juga. Pertimbangan ini perlu diambil untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum sehari-hari atau pun membeli alat tulis dan fotokopi. Selain itu, usahakan Anda memilih kost yang dekat dengan tempat ibadah agar jalur komunikasi dengan sang pencipta lebih erat.

Fasilitas Kost Sesuai dengan yang Dibutuhkan

Pertimbangkan selalu fasilitas kamar kost yang sesuai dengan kebutuhan, karena kamar tidak hanya dipergunakan untuk istirahat saja, tetapi untuk belajar, makan, dan lain-lain. Selain fasilitas kamar, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas kost termasuk kamar mandi yang bersih, air yang selalu mengalir, listrik yang cukup dan jelas pembayarannya, kasur, lemari, meja belajar, tempat parkir yang luas dan aman, serta harga yang sesuai.

10 Perlengkapan Kost yang Wajib Ada di Kamar

Kipas Angin / AC

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kipas angin/AC sangatlah penting untuk anak kost agar kamar tidak pengap dan gerah. Ketika membeli kipas angin, Anda harus memperhatikan kualitasnya.

Beberapa rekomendasi kipas angin yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan adalah Cosmos 7LDATWINO Desk Fan 7 inch yang berukuran mini, bersuara halus, tidak berisik, serta dapat ditempatkan di dalam maupun luar ruangan. Kipas ini dapat dibeli di Shopee dengan harga Rp 125.000.

Selain itu, pilihan lain adalah Kipas Angin Tower Fan USB yang berbentuk menara mini dan dapat ditempatkan di atas meja kerja. Kipas ini dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 220.000.

Wajib Ada Koneksi Internet (WiFi)

Sumber gambar www.biznethome.net

WiFi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses internet dimana pun. Ketika memilih kost, usahakan yang memiliki fasilitas WiFi untuk lebih mempermudah menyelesaikan tugas atau pun mendukung aktivitas yang memerlukan internet.

Namun, Anda tetap harus membayar ongkos tambahan dari penggunaan WiFi tersebut. Biasanya biaya pemakaian WiFI setiap bulannya sudah dibagi dengan jumlah penghuni kamar, sedangkan biaya internet ditanggung pemilik kost tersebut.

Makanan Ringan dan Makanan Siap Saji

Sumber gambar blibli.com

Bagi anak kost, makanan instan adalah makan favorit karena praktis, enak, dan harganya terjangkau. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati, pasalnya makanan instan dapat membahayakan kesehatan Anda. Kandungan pengawet, gula buatan, dan bahan kimia lainnya apabila dikonsumsi secara terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya kanker, obesitas, dan risiko meningkatnya komplikasi diabetes. Berikut ini beberapa produk makanan yang dapat Anda pilih.

  • Mi Instan
    Anda dapat membeli Indomie Mie Goreng Special isi 40 pcs di Blibli dengan harga Rp 87.287, Pop Mie Rasa Ayam 75 gram dalam karton isi 24 buah di Shopee seharga Rp 87.937, dan Sarimi Isi 2 Rasa Baso Sapi isi 1 dus di Shopee dengan harga Rp 66.000.
  • Chicken Nugget
    Anda dapat membeli Champ Chicken Nugget di Tokopedia dengan harga Rp 53.000, So Good Chicken Nugget Original 400 gram di Blibli dengan harga Rp 36.500, dan Fiesta Chicken Nugget di Bukalapak dengan harga Rp 20.000.

Obat-obatan

Sumber gambar klikindomaret.com

Sebagai anak kost, Anda wajib memiliki persediaan obat untuk berjaga-jaga apabila sakit menyerang. Berikut obat yang wajib ada dalam kamar kost.

  • Obat Diare seperti Diapet Kapsul untuk mengatasi mencret. Obat ini terbuat dari ekstrak jambu biji dan kunyit yang diproses higienis dan bersih. Diapet Kapsul efektif mengatasi frekuensi buang air besar tanpa memberikan efek samping. Dalam setiap kapsulnya mengandung psidii folium (daun jambu biji) 240 mg, curcuma domestica (rimpang kunyit) 204 mg, chebulae fructus (buah mojokeling) 84 mg, granati pericarpium (kulit buah delima) 72 g. Anda dapat membeli Diapet Kapsul di Blibli dengan harga Rp 18.000 yang berisi 5 strip.
  • Obat Batuk dan Pilek seperti Actifed Syrup Pilek & Batuk Gatal Kering dengan ukuran 60 ml cocok untuk mengatasi batuk dan pilek yang disebabkan oleh kecapekan ataupun kehujanan. Cara penyimpanan obat ini cukup mudah, yaitu cukup simpan di bawah suhu 30°C dan jauhkan dari paparan cahaya. Actifed Syrup Pilek & Batuk Gatal Kering dapat dibeli di Klikindomaret dengan harga Rp 21.900.

Alat Kebersihan

Sumber gambar tokopedia.com

Membersihkan kamar kost sendiri merupakan suatu kewajiban, selain untuk olahraga juga melatih kemandirian sekaligus menghemat pengeluaran. Sebelum membersihkan kamar kost, pastikan Anda telah mempersiapkan alat kebersihan yang simpel dan praktis. Anda dapat meminjam pada ibu kost atau membelinya sendiri. Berikut adalah rekomendasi alat kebersihan yang diperlukan.

  • Sapu
    Alat kebersihan ini dapat membantu Anda membersihkan lantai yang berdebu dan sampah yang berserakan di kamar kost. Anda dapat menggunakan Gunung Sewu - Broom (Sapu Ijuk) yang terbuat dari bahan ijuk kualitas tinggi dengan kepala sapu dari plastik yang kuat dan mempunyai panjang tongkat 80 cm serta diameter 7/8 inch (19 mm). Sapu ini memiliki bentuk hanger/kepala tongkat bulat yang dapat membuat Anda nyaman saat digunakan serta tidak akan melukai tangan. Anda dapat membeli Gunung Sewu - Broom (Sapu Ijuk) di Shopee dengan harga Rp 39.600. Selain itu, untuk Anda wanita karier, sangat cocok menggunakan Sapu Ajaib yaitu alat sapu lantai otomatis - Super Broom yang dapat menghisap debu sekaligus kotoran, tanpa menggunakan listrik. Sapu otomatis ini dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 125.000.
  • Kemoceng
    Anda dapat menggunakan kemoceng untuk menyingkirkan debu di dalam ruangan. Kemoceng dapat dipergunakan untuk membersihkan lemari, bingkai foto, kipas angin, dan perabot kamar lainnya. Kemoceng jenis Non Brand Cap Jago yang terbuat dari bulu ayam berkualitas sangat tepat menjadi pilihan Anda untuk membantu kegiatan bersih-bersih kamar kost. Kemoceng Import PP Duster dapat menjadi alternatif pilihan Anda karena kemoceng ini terbuat dari serat polypropilene yang efektif untuk membersihkan debu. Kemoceng Import PP Duster dapat Anda beli di Shopee dengan harga Rp 17.600. Sedangkan Kemoceng Microfiber sangat efektif untuk membersihkan tempat yang tinggi, seperti lemari ataupun AC. Kemoceng ini terbuat dari bahan microfiber dengan gagang besi dan memiliki panjang 60-100 cm serta diameter 8 cm. Kemoceng Microfiber dapat Anda beli di Tokopedia seharga Rp 29.900.

Kotak Peralatan

Sumber gambar www.blibli.com

Anak kost wajib memiliki kotak peralatan meskipun tidak dipergunakan setiap hari. Umumnya isi kotak peralatan tersebut adalah palu, gunting, gunting kuku, penggaris, lem, dan lain lain.

Beberapa kotak peralatan yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan adalah Shinpo CB 45 Kontainer Box. Tempat penyimpanan yang memiliki warna transparan dan dapat digunakan untuk menyimpan apa pun. Tempat ini terbuat dari material plastik dan mempunyai kapasitas 45 L. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 85.000.

Lilin dan Senter

Sumber gambar tokopedia.com

Bagi anak kost, lilin dan senter sangat menolong sekali ketika listrik padam. Untuk itu, Anda perlu selalu menyediakan lilin dan senter di tempat persediaan Anda. Berikut beberapa lilin dan senter yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda.

  • Lilin
    Anda dapat menggunakan Kris Lilin Pilar berwarna putih untuk menerangi kamar saat listrik padam. Lilin ini memiliki cahaya terang dan dapat dipakai di dalam ataupun luar ruangan. Kris Lilin Pilar mempunyai ukuran 13 cm dan dapat dibeli di ruparupa.com dengan harga Rp 35.550. Selain Kris Lilin, Anda dapat memilih Lilin Putih berisi 24 batang yang sering digunakan untuk acara gereja ataupun wihara. Lilin ini tersedia dalam warna putih dan merah, Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 15.000.
  • Senter
    Anda dapat menggunakan Senter Police LED (ClickShop SWAT Flashlight) yang memiliki desain simpel namun praktis, kuat, tahan lama, dan tahan air. Senter ini dilengkapi dengan zoom in dan out function yang dapat diatur dalam 3 mode. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 115.000. Selain itu Anda dapat memilih Monotaro 7 LEC Pvc Flashlight, Rubeber Coated M0503N7C yang memiliki Luminous Intensity (mcd) 1200-1500 M dan hanya menggunakan 1 baterai saja. Ada dapat membeli senter ini di Monotaro.id dengan harga per buah Rp 73.900.

Payung

Sumber gambar tokopedia.com

Anak kost wajib menyediakan payung di kamar kost. Anda dapat menggunakan Payung Lipat Portable berwarna solid - black yang memiliki ukuran mini portabel tetapi mempunyai desain kokoh dan ringan untuk dibawa kemana saja.

Selain itu, payung ini dilengkapi dengan pembuka otomatis yang mudah digunakan, yaitu ketika menekan tombol secara otomatis payung akan terbuka sendiri dengan cepat. Payung ini terbuat dari material berkualitas sehingga tidak mudah robek dan mampu menahan angin dengan kuat. Anda dapat membeli payung ini di Lazada dengan harga Rp 70.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 62.000.

Rice Cooker

Sumber gambar shopee.com

Rice cooker merupakan alat elektronik penanak dan penghangat nasi yang memiliki peranan penting untuk anak kost. Selain alat ini sangat praktis dan mudah, penggunaannya bahkan dapat pula dialihfungsikan sebagai robot serba guna, yaitu untuk memasak air, merebus mie instan, menggoreng telur, merebus kentang bahkan untuk memasak puding.

Beberapa rice cooker bagus yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi adalah Cosmos Mini Digital Rice Cooker 4 in 1 yang memiliki desain compact dengan fungsi banyak, yaitu untuk menanak nasi, memasak cepat, menghangatkan, dan memasak mi. Rice cooker ini dilengkapi dengan panci anti lengket dengan kapasitas 0,3 liter dan cocok dipergunakan mahasiswa. Anda dapat membeli peralatan ini dengan harga Rp 262.640 di Shopee.

Sedangkan Rice Cooker MRC 60 N Maspion memiliki bentuk mini dengan desain cantik. Rice cooker ini terbuat dari aluminium berkualitas yang dilapisi anodize sehingga anti lengket dan tahan lama. Anda dapat membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 150.000.

Foto Keluarga

Sumber gambar tokopedia.com

Foto keluarga merupakan barang yang paling penting bagi anak kost. Saat homesick menyerang, barang tersebut menjadi pelipur lara untuk mengurangi rasa kangen. Anda dapat menempatkan foto keluarga dengan frame foto menarik agar semakin mempercantik tampilannya.

Beberapa frame foto yang cocok untuk Anda adalah Frame Foto/Bingkai Foto Ukuran A4 Full (21 x 30) dengan warna black & white yang dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 13.000, Frame Minimalis A4 (21 x 30) yang dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 24.000, serta Pigura Minimalis 8R Kayu Jati Belanda yang dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 25.000.

From our editorial team

Anda Sendiri yang Tahu Cara Menciptakan Kenyamanan di Kamar Kost

Jika biasanya Anda diperhatikan oleh orang tua di rumah, maka ketika menjadi anak kost tentu saja harus menyiapkan keperluan sendiri. Bukan hanya keperluan kuliah atau makan dan minum sehari-hari, tetapi juga perlu memerhatikan keperluan di kamar kost agar Anda nyaman. Pada dasarnya, menciptakan kenyamanan di kamar kost itu Anda sendiri yang dapat mempersiapkannya.

Tag