10 Aplikasi Pembuat Logo Untuk Mempercantik Identitas Perusahaan Anda (2022)

10 Aplikasi Pembuat Logo Untuk Mempercantik Identitas Perusahaan Anda (2022)

Persaingan khususnya dalam bisnis bukan lagi menjadi hal asing, untuk meningkatkan pemasaran dapat dilakukan dengan menerapkan logo. Tetapi Logo seperti apa yang sesuai dengan citra perusahaan Anda dan bagaimana logo dibuat? Berikut 10 rekomendasi aplikasi logo untuk Anda!

Bukan Sekedar Simbol, Logo Dapat Memberikan Banyak Arti Untuk Perusahaan Anda

Sejak bermulanya pandemi dua tahun lalu, banyak aktivitas yang berubah drastis. Mulai dari pekerjaan yang tidak lagi dilakukan di kantor, sulitnya melamar pekerjaan, dan tak jarang kehilangan pekerjaan dalam rangka mengurangi sumber daya. Hal-hal seperti ini tidak bisa terhindarkan sekaligus menjadi tantangan besar. Kebutuhan dan pengeluaran tentu saja tidak bisa diajak berkompromi, kedua hal ini akan terus bertambah meskipun pemasukan kian berkurang.

Oleh karena itu, berbagai cara telah dilakukan untuk meningkatkan pendapatan. Salah satunya melakukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat UMKM. Banyak orang yang fokus memikirkan income yang akan didapatkan perusahaan tanpa mempertimbangkan persaingan di bidang usaha khususnya usaha online yang hingga saat ini berkembang sangat pesat. Jika tidak mampu melakukan inovasi atau tidak cukup menarik pasar, maka perusahaan secara otomatis akan tereliminasi.

“Saya kan hanya membuat usaha Online kecil-kecilan, tidak perlu lah menyulitkan diri sendiri dengan membuat desain sendiri dan logo.”
“Logo kan, hanya simbol. Hasil usaha tidak akan jauh berbeda jika saya tidak menggunakan logo.”

Apakah Anda memiliki pemikiran yang sama pula? Jika iya, maka lupakan karena logo merupakan salah satu langkah awal untuk membuat produk yang Anda jual menjadi terkenal dan sukses di pasaran. Memberikan logo pada produk Anda akan memberikan nilai positif serta memberikan kesan kualitas tinggi dibandingkan tidak memberi logo pada produk.

Jadi, apakah Anda telah menemukan perbedaannya? Apa arti dari logo untuk perusahaan Anda? Berikut merupakan beberapa jawaban dan alasan dibalik pentingnya memiliki logo.

Logo dapat Menarik Perhatian Konsumen untuk Melirik Produk yang Anda Jual

Usaha online sangat menantang, melalui aplikasi pembeli seringkali menilai apabila produk Anda tidak meyakinkan maka konsumen akan melewatinya begitu saja dalam waktu yang begitu singkat bahkan hitungan detik dalam satu kali guliran jari. Alternatif untuk mengefisiensikan waktu yang singkat ini dapat dilakukan dengan logo.

Konsumen akan menilai produk yang Anda jual dari penampilan toko terutama logo. Sehingga dalam hal ini, logo dapat berperan sebagai media komunikasi yang dapat menyampaikan arti perusahaan Anda dalam waktu singkat, tanpa kalimat atau penjelasan lebih dalam. Logo dapat memberikan kesan pertama yang kuat dan membuat perusahaan Anda selalu diingat konsumen.

Luar biasa bukan efek dari logo ini? Jika logo yang Anda pilih menarik, memberikan kepercayaan pada konsumen, dan merepresentasikan identitas perusahaan, maka hal ini akan berdampak pada peningkatan konsumen.

Logo Membuat Produk Anda Diingat Sekaligus Memisahkan Toko dari Kompetisi Toko Lain yang Membuat Produk Serupa

Apa hal yang menjadi pendorong Anda dalam menentukan keputusan pembelian produk e-commerce? Jika Anda disodorkan produk terkenal seperti halnya Nike atau produk makanan seperti KFC kemudian terdapat toko yang menawarkan produk sama dengan harga serupa, mana yang kira-kira akan Anda pilih? Tentu saja produk bermerk bukan? Itulah pentingnya logo bagi toko Anda.

Logo membuat toko Anda diingat dan dikenal. Sangat penting untuk membuat logo yang menarik dan mudah dikenali karena bukan hal yang aneh ketika konsumen banyak melupakan nama toko karena nama yang sulit, terlalu unik, atau memiliki banyak kemiripan dengan toko lain. Sehingga meskipun tidak mengingat nama toko Anda, dengan logo, konsumen akan langsung mengenali toko Anda.

Masih terkait dengan seberapa penting Anda memilih logo untuk toko Anda, penting juga untuk membuat logo yang unik namun tetap mudah diingat. Tujuannya agar toko Anda dapat terhindar dari kompetisi. Misalnya saja ketika Anda membuat produk kopi, ribuan orang menjual produk yang sama dengan nama toko berbeda.

Menurut Anda seberapa banyak kemungkinan toko kopi ini membuat logo yang mencantumkan elemen kopi di dalamnya? Tentu banyak bukan? Pemilihan logo yang mencantumkan elemen ini dapat membuat toko Anda setara dengan toko lainnya dalam artian lain toko Anda mudah untuk dilupakan. Sehingga penting untuk membuat logo yang kreatif dan membedakan toko Anda dengan toko lainnya, dengan hal ini kesempatan pemasaran produk Anda akan meningkat.

Mengapa Penting Memilih Logo yang Benar Untuk Perusahaan Anda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, logo dapat merepresentasikan kepercayaan, integritas, kesempurnaan, dan kebanggaan. Logo yang baik mampu membangun koneksi antara penjual dengan konsumen. Terkait dengan menarik perhatian konsumen melalui logo dapat Anda lakukan dengan memilih logo yang baik dan benar dan dapat dimulai dengan pemilihan style atau gaya yang merepresentasikan toko atau perusahaan Anda. Akan lebih baik jika Anda menentukan terlebih dahulu bentuk logo Anda sebelum menentukan arti atau makna dari logo, karena fungsi akan mengikuti logo yang telah Anda buat.

Selanjutnya, tentukan bentuk dan warna logo yang menarik dan “menendang” mata konsumen. Bagi Anda yang tidak menyukai gaya eksentrik atau unik dan lebih menyukai gaya simpel atau minimalis, maka pemilihan warna menjadi hal yang penting untuk membuat logo perusahaan Anda menonjol. Selain itu, dalam memilih atau membuat logo, penting untuk menonjolkan logo Anda dengan membuatnya mudah untuk dimengerti dan jelas atau tidak buram.

Pilihlah logo yang tepat sasaran sehingga konsumen tidak menyalah artikan logo dan produk-produk yang akan Anda jual. Anda dapat melakukan uji terlebih dahulu terhadap kejelasan logo Anda pada pekerja atau orang terdekat tanpa menjelaskan terlebih dahulu makna dan tujuan dari logo Anda. Dari respon mereka yang entah menyukai, mengerti, tidak menyukai akan menjadi tanggapan penting untuk Anda menentukan kejelasan logo Anda.

Jadi secara singkat, logo yang benar mampu menanamkan kecintaan konsumen pada produk Anda dan membentuk loyalitas konsumen. Pilih logo dengan hati-hati agar bisnis yang Anda bangun berkembang dan memberikan produk.

Berikut 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Canva

Siapa yang tidak kenal dengan website serbaguna seperti Canva? Melalui website ini, Anda dapat membuat berbagai macam desain seperti halnya logo, banner pengiklanan, kartu nama, konten, dan masih banyak lagi desain lainnya untuk menunjang pemasaran perusahaan Anda.

Website ini menyediakan berbagai layanan secara gratis dan tanpa perlu repot menginstall aplikasi pada PC. Banyak fitur yang disediakan mulai dari elemen bentuk, berbagai macam gambar, bahkan bagi Anda yang bingung untuk mendesain logo sesuka hati, Anda dapat menggunakan berbagai referensi template yang telah disediakan website ini. Namun, tidak semua templat dan elemen disediakan secara gratis.

Anda diharuskan meningkatkan akun menjadi pro atau premium sehingga eksplorasi Anda pada website ini bisa lebih luas lagi. Untuk meningkatkan akun secara berbayar dan murah, Anda dapat melakukannya melalui beberapa e-commerce berikut.

Harga Rp. 3.000-50.000

Adobe Illustrator

Adobe illustrator merupakan aplikasi yang dapat Anda pasang pada PC. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan banyak digunakan profesional karena hasil yang rapi serta presisi. Jika Anda menginginkan logo Anda terlihat realistis atau membuat logo dengan gambar dan bentuk yang Anda kehendaki.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam font mulai dari minimalis hingga unik. Selain itu, Adobe Illustrator juga memungkinkan Anda untuk memberi efek 3D pada logo Anda. Menariknya, Anda dapat membagikan proyek desain Anda sehingga orang lain dapat melihat kemajuan proses pembuatan desain.

Fitur pada aplikasi ini akan lengkap jika anda menjadi Creative Cloud Member. Anda dapat meningkatkan akun Creative Cloud Anda dengan harga terjangkau pada link yang tersemat.

Harga Rp. 18.000-400.000

Placeit by envanto

Placeit by envanto merupakan website pembuat logo cocok bagi Anda yang sukar mencari ide atau inspirasi untuk membuat logo bisnis Anda. Melalui aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan nama perusahaan Anda kemudian memilih kategori bisnis Anda.

Setelah itu, Placeit akan memberikan beberapa rekomendasi logo yang dapat dengan bebas Anda pilih sesuai dengan selera. Kelebihan dari aplikasi pembuat logo berbasis website ini adalah Anda dapat menambahkan elemen atau mengubah logo yang paling sesuai dengan selera Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeditnya.

Selain layanan membuat logo, Placeit juga menyediakan layanan pembuatan templat desain, pengeditan video, story instagram, flyers, mockup, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 45.000-150.000

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop tentu saja aplikasi pembuat logo yang tidak bisa dilewatkan. Meskipun software ini banyak digunakan untuk mengedit dan memanipulasi foto, tools yang banyak disediakan aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat logo dari mulai yang sederhana hingga logo profesional dengan efek dramatis seperti shadow.

Karena sudah umum, aplikasi ini sudah banyak digunakan dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam desain pula dengan resolusi berbeda. Jika Anda tidak begitu menyukai membuat logo dari komponen foto, Adobe Photoshop juga menyediakan fitur gambar yang dapat memperluas kreativitas Anda.

Tidak perlu khawatir kesulitan membuat logo melalui aplikasi ini sebab sudah banyak petunjuk atau tutorial mulai dari video maupun tulisan. Anda dapat belajar perlahan hingga menemukan logo yang cocok untuk Anda.

Harga Rp. 5.000-55.000

Affinity Designer

Affinity Designer merupakan aplikasi pembuat logo dan desain yang dapat Anda gunakan untuk menjawab permasalahan terkait dengan output desain yang pecah. Seringkali saat membuat logo yang sangat detail dan rumit ketika Anda unggah, detail pada logo yang berukuran kecil itu tidak lagi terlihat.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu terutama ketika mengingat waktu pengerjaan yang ada luangkan untuk membuat logo terhitung lama. Masalah lain yang timbul saat Anda bekerja dengan desain adalah ketika Anda memperbesar desain secara terus menerus, hal ini akan menyebabkan tampilan desain menjadi pecah dan terlihat seperti terdiri atas beberapa pixel.

Affinity Designer dilengkapi dengan solusi dari kedua permasalahan tersebut. Selain itu, banyak fasilitas gambar lain yang memungkinkan Anda menggambar dengan rapi dan bermain dengan berbagai macam warna menarik!

Harga Rp. 10.000-55.000

CorelDraw

Aplikasi pembuat logo selanjutnya adalah Coreldraw. Bagi Anda yang seirng merasa tidak puas dengan jenis font yang tersedia dan merasa kesulitan untuk mencari satu per satu dari ribuan jenis font yang saat ini beredar, melalui aplikasi Coreldraw Anda bisa membuat font Anda sendiri.

Aplikasi ini berbasis vektor sehingga presisi dan rapi untuk dibuat menjadi font, desain vinyl, atau hasil seni lainnya termasuk logo! Terdapat lebih dari 18 tools yang disediakan aplikasi ini untuk menunjang pekerjaan Anda dan cenderung mudah dalam digunakan.

Harga Rp. 19.000-100.000

Gravit Designer

Gravit Designer merupakan aplikasi pembuat logo yang cocok untuk Anda yang sering bepergian khususnya ke tempat yang sulit dijangkau internet karena aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bekerja tanpa menggunakan akses internet sehingga pengerjaan logo dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, aplikasi ini menyediakan Gravit Cloud yang tidak terbatas sehingga Anda dapat menyimpan pekerjaan desain pada penyimpanan tersebut tanpa harus menghabiskan memori internal.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah mampu menyediakan resolusi PDF print hingga 300 dpi dan memiliki berbagai macam pilihan warna untuk desain Anda seperti CYMK, HSB, dan RGB. Masih banyak kelebihan dan alat lain yang disediakan aplikasi ini untuk menunjang pengerjaan logo Anda!

Harga Rp. 49.900-150.000

Logo Maker Designer

Logo Maker Designer adalah aplikasi pembuat logo sederhana yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi android. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 5000 templat logo sehingga Anda bisa memilih logo yang paling sesuai dengan selera. Selain itu, Anda juga dapat mengambil beberapa komponen atau icon dari beberapa templat untuk disatukan dan membuat desain Anda sendiri.

Banyak fitur yang disediakan untuk aplikasi sederhana ini seperti halnya modifikasi teks dimulai dari lebih dari 100 jenis font, pengaturan susunan teks, pengaturan warna latar belakang, dan lain sebagainya yang mudah dilakukan pada genggaman Anda!

Harga Rp. 2.000-25.000

PicsArt

Aplikasi pembuat logo berbasis android lainnya adalah Picsart. Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi ini menjadi favorit banyak orang karena selain kemudahan dalam penggunaannya, aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk tujuan berbeda termasuk pembuatan logo.

Anda dapat membuat logo dengan menggambar langsung atau mengkombinasikan dan mengedit beberapa komponen stiker maupun menggunakan berbagai macam template yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut. Picsart termasuk aplikasi unggulan karena banyaknya fitur yang disediakan dibandingkan dengan aplikasi desain berbasis ponsel lainnya.

Harga Rp. 3.000-85.000

Infinite Design

Infinite design merupakan rekomendasi aplikasi pembuat logo terakhir yang dapat diperoleh melalui android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengkonversi foto menjadi kartun atau menggambar bebas untuk membuat logo Anda.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur unlimited undo dan unlimited layer, berfungsi untuk membuat layer sebanyak-banyaknya dan mengedit kesalahan dengan melihat panel history tanpa batas. Melalui aplikasi ini juga Anda dapat menambahkan teks dengan pola tertentu sesuai dengan bentuk logo yang dibuat!

Harga Rp. 10.000-60.000
From our editorial team

Biaya Pembuatan Logo Lebih Rendah

Membuat logo tak lagi sulit. Rekomendasi aplikasi logo di atas bisa menjadi pilihan menarik untuk membuat logo perusahaan atau usaha yang sedang dijalankan agar terkesan eksklusif. Anda bisa memilih aplikasi yang mudah cara menggunakannya. Dengan menggunakan aplikasi logo, biaya pembuatan logo bisa lebih rendah.