Tidak Nyaman karena Bau Badan? 9 Rekomendasi Parfum Ini Cocok Bagi Kamu yang Mudah Berkeringat agar Kembali Percaya Diri

Tidak Nyaman karena Bau Badan? 9 Rekomendasi Parfum Ini Cocok Bagi Kamu yang Mudah Berkeringat agar Kembali Percaya Diri

Masalah bau badan menjadi hal yang sangat mengganggu. Tidak hanya untuk diri sendiri, juga untuk orang lain yang ada di sekitar kita. BP-Guide punya solusi untuk mengatasi bau badan bagi kamu yang mudah berkeringat. Ya, tips memilih parfum dan rekomendasi parfum di bawah ini bisa kamu lirik, lho!

Ketika Berkeringat, Terkadang Kita Merasa Kurang Percaya Diri karena Bau Badan yang Tidak Sedap

Sumber gambar klinikgraciajakarta.com

Berkeringat adalah tanda kalau tubuh kita sedang menurunkan suhu tubuh. Meski terlihat sepele, keringat juga membantu detoksifikasi tubuh dan memberi rasa segar terutama setelah berolahraga.

Pada dasarnya, keringat tidak memiliki bau atau pun warna. Kandungan keringat terdiri dari garam, air, protein dan minyak yang ternyata jadi makanan bakteri. Saat bakteri mengolahnya menjadi santapan, produksi tersebut yang membuat bau tak sedap.

Aroma tidak enak inilah yang sering membuat kamu merasa tidak percaya diri terlebih jika sedang berada di tengah banyak orang. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan deodoran atau minyak wangi supaya bau keringat jadi tersamarkan.

Cara Menggunakan Parfum agar Tetap Awet Meskipun Berkeringat

Semprot atau Oles?

Sumber gambar www.livindo.co.id

Parfum yang beredar di pasaran memang dijual dalam beberapa bentuk. Tak cuma dalam bentuk spray, ada juga jenis yang dioles pada kulit. Keduanya tidak menjadi masalah. Kamu hanya perlu mencermati satu hal yakni tidak menggosok parfum yang sudah disemprot atau dioleskan ke kulit.

Menggosok cairan parfum hanya akan menghancurkan molekul aroma dan membuatnya jadi tak awet. Sebaliknya, kamu cukup menyemprot ringan dari jarak sekitar 15-25 sentimeter supaya molekul-molekul minyak wangi bisa tersebar merata di bagian tubuh yang kamu inginkan.

Temukan Area Titik Denyut Nadi

Sumber gambar panduanhidupsehat.com

Tak perlu menghamburkan minyak wangi untuk mendapat aroma yang tahan lama. Minyak wangi yang disemprot secara berlebihan justru bisa mengganggu indera penciuman orang lain dan aromanya akan menjadi tajam.

Kamu cukup menyemprot parfum pada bagian-bagian titik nadi. Hal ini bisa menyebarkan wangi karena bagian tubuh yang memiliki titik nadi mempunyai panas tubuh. Kamu bisa menyemprot di bagian belakang telinga, pusar, pergelangan tangan bagian dalam juga lipatan kaki seperti bagian dalam paha atau bagian depan pergelangan kaki.

Memulaskan Petroleum Jelly Sebelum Parfum

Sumber gambar beautynesia.com

Kegunaan petroleum jelly ternyata tak cuma untuk melembapkan bibir atau area kulit yang kering lainnya. Produk ini bisa jadi pengganti losion tubuh yang bisa membuat aroma parfum lebih tahan lama.

Kamu cukup mengoleskan petroleum jelly di bagian-bagian tubuh yang akan disemprot minyak wangi. Baiknya digunakan setelah mandi dan kemudian semprotkan minyak wangi secukupnya.

Kenali Jenis Kulitmu

Sumber gambar pevonia.co.id

Tidak cuma kosmetik yang terpengaruh oleh tipe kulit. Ternyata, penggunaan parfum juga bisa dipengaruhi oleh jenis kulit kamu. Bagi pemilik kulit kering misalnya, harus mengaplikasikan parfum beberapa kali karena aromanya mudah terserap dan cepat hilang. Namun, hati-hati karena parfum yang mengandung alkohol bisa membuat kulit semakin kering.

Berbeda lagi dengan kamu yang punya kulit berminyak. Harus lebih hati-hati karena aroma minyak wangi bisa saja bercampur dengan minyak yang banyak diproduksi oleh tubuh. Campuran ini bisa menimbulkan bau tak sedap dan untuk mengakalinya, kamu bisa pakai parfum beraroma citrus yang segar.

Lalu, bagaimana dengan kulit sensitif? Bagi kamu yang punya kulit berjenis ini harus ekstra hati-hati saat memilih parfum. Beberapa minyak wangi mungkin saja mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi serta iritasi. Sebelum membeli, sebaiknya mencermati label dan mencobanya di kulit.

Tidak Menyemprotkan Parfum pada Area yang Berkeringat

Sumber gambar tempo.co

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat aroma parfum lebih tahan lama adalah tidak menyemprot parfum di daerah tubuh yang berkeringat. Hal ini tidak akan membantu karena minyak wangi tak mempunyai zat aktif pembunuh bakteri.

Sebaliknya, campuran keringat dan minyak wangi ini justru bisa membuat aroma badan kamu semakin tak sedap. Sebagai alternatif, sebaiknya kamu menggunakan deodoran yang tahan lama untuk membantu membatasi produksi keringat berlebih.

10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untukmu yang Mudah Berkeringat

Sumber gambar brilio.net

Mandi secara teratur dan menggunakan bahan-bahan alami seperti tawas bisa membantu kamu terhindar dari bau badan. Selain itu, kamu juga bisa memilih parfum yang cocok seperti dalam rekomendasi berikut ini.

Light Blue by Dolche & Gabbana

Salah satu yang bisa kamu coba adalah parfum Light Blue by Dolce & Gabbana. Dirancang oleh Olivier Cresp, minyak wangi ini memiliki aroma fruity floral yang segar dan memberikan nuansa musim panas yang ceria.

Kamu akan mencecap wangi amber yang berpadu dengan cedar, sicilian lemon dan bellflower di awal kemudian merasakan aroma white rose, jasmine dan bamboo yang lembut sebelum ditutup oleh amber, cedar dan musk di fase terakhir.

Parfum menawan ini bisa diperoleh melalui Lazada dengan harga Rp 529.000 untuk ukuran 125 mililiter.

Poeme by Lancome

Sumber gambar fragrancenet.com

Brand asal Perancis ini didirikan oleh Armand Petitjean pada tahun 1935 sebagai lini kosmetik yang saat ini menjadi favorit banyak orang. Salah satu produknya yang bisa kamu coba adalah Poeme by Lancome.

Parfum beraroma flowery ini sangat cocok bagi wanita yang menginginkan kesan manis dan anggun. Aromanya terasa segar di awal dengan sentuhan bebungaan dan rempah-rempah pada tahap berikutnya sebelum mencapai wangi tonka bean, amber, musk, orange blossom, cedar dan vanilla di akhir.

Parfum ini tahan sekitar 6-10 jam sehingga cocok untuk dipakai sehari-hari. Bisa dipesan melalui marketplace Shopee dengan harga Rp 1.000.000.

Burberry Sport Perfume by Burberry for Women

Sumber gambar souq.com

Bagi wanita urban, bergerak cepat adalah hal yang biasa dilakukan. Aktivitas yang padat dan bertemu dengan banyak orang sudah jadi rutinitas yang sulit dipisahkan dari pekerjaan. Untuk membuat tampilan kamu jadi lebih percaya diri, kamu bisa menggunakan Burberry Sport Perfume by Burberry for Women satu ini.

Sangat pas bagi kamu yang berkepribadian sporty dan dinamis, minyak wangi ini memiliki aroma bunga yang harum serta menyegarkan. Cocok untuk membangkitkan semangat, miliki segera melalui situs Carethy seharga Rp 329.343.

Flowerbomb by Viktor & Rolf

Sumber gambar www.mychemist.com.au

Brand satu ini memenangkan penghargaan Allure Best of Beauty lewat produk Flowerbomb. Mengusung tema kuat dan feminin yang terinspirasi dari berlian dan warna merah muda, parfum ini cocok bagi kamu yang ingin terlihat elegan.

Memiliki tipe yang hangat dan manis, parfum ini beraroma inti jasmine, patcoulli dan orange blossom. Bisa diperoleh melalui Tokopedia dengan harga Rp 340.000, kamu bisa menjadikan parfum ini sebagai hadiah yang menyenangkan untuk sahabat tersayang.

Knowing by Estee Lauder

Salah satu perusahaan raksasa asal Amerika ini merambah berbagai ranah di dunia kecantikan mulai dari makeup hingga parfum. Dan produk yang bisa kamu coba adalah Knowing by Estee Lauder.

Parfum ini memiliki wangi yang khas dengan aroma segar dari bebungaan mimosa, mawar manis, sedap malam serta pittosporum. Tak cuma itu, kombinasi plum dan melon yang berpadu dengan cengkeh pedas, salam, iris dan nilam juga akan membuat diri kamu terasa segar saat menyemprotkannya. Parfum ini di banderol seharga Rp 845.000 di Lazada.

Organza by Givenchy

Sumber gambar fragrancenet.com

Brand Givenchy didirikan oleh Hubert de Givenchy pada tahun 1952 dan saat ini memproduksi banyak produk seperti busana, aksesoris, kosmetik hingga parfum. Salah satu minyak wangi dari Givenchy yang harus kamu coba adalah Organza.

Minyak wangi satu ini cocok digunakan pada saat-saat santai. Misalnya saat kamu sedang kencan bersama suami dan makan siang bersama di restoran terbuka. Perpaduan gardenia, honeysuckle, iris dan amber serta vanilla dapat membuat penampilan kamu semakin manis dan segar. Parfum ini bisa dipesan melalui situs Ebay dengan harga Rp 1.986.301,37.

Versace Woman by Versace

Sumber gambar www.mychemist.com.au

Brand ini didirikan oleh Gianni Versaci untuk lini fesyen pada tahun 1978. Produknya banyak dipakai oleh orang-orang yang berasal dari kalangan menengah ke atas karena kualitas dan gayanya yang menawan. Saat ini, ketenaran Versace telah meluas dan merambah ke berbagai bidang termasuk parfum.

Versace Woman by Versace adalah salah satu parfum yang memikat dan ditujukan bagi wanita yang senang tampil bold dengan aroma spicy. Cocok bagi kamu yang ingin memberi kesan eksotis nan oriental lewat perpaduan jasmine leaf, bergamot, dan plum, raspberry, cedar serta lotus yang kemudian ditutup dengan amber juga musk. Parfum ini bisa kamu peroleh melalui marketplace Blibli seharga Rp 582.500.

Be Delicious by DKNY

Sumber gambar fragrancenet.com

DKNY alias Donna Karan New York adalah brand yang didirikan oleh Donna Karan beserta suami, Stephen Weiss. Lini fesyen ini meluncur dengan mempersembahkan busana yang bisa dikenakan siang juga malam. Sasarannya adalah para wanita muda dan kini, DKNY juga menghadirkan produk parfum yang bisa kamu pilih.

Be Delicious by DKNY memiliki wangi segar dengan aroma buah apel hijau kgas Amerika yang tahan sekitar 4-6 jam. Cocok digunakan mulai dari remaja hingga wanita dewasa, kamu juga akan menyukai perpaduan buah apel dengan aroma sandalwood, tuberose dan mawar dengan white amber ini. Bisa dipesan melalui situs Bhinneka seharga Rp 622.500.

Fresh Cream by Philosophy

Sumber gambar www.fragrantica.com

Ada ungkapan bahwa yang diingat seorang pria dari wanita adalah aromanya. Tentu saja, kamu tidak ingin orang-orang mengingat kamu dengan bau badan, bukan? Untuk mengantisipasinya, gunakan parfum beraroma ringan seperti Fresh Cream by Philosophy ini.

Wangi ringan dari vanilla, macadamia nut, heliotrope dan whipped cream-nya unik dan hangat. Tidak menimbulkan wangi menyengat yang tajam, cukup gunakan parfum ini sedikit dan tidak berlebihan di titik-titik nadi agar aromanya lebih tahan lama. Bisa diperoleh melalui Sephora seharga Rp 546.360.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Pilih Aroma Parfum Favoritmu

Aroma parfum sangat beragam dan tentunya tidak semua cocok dengan aroma-aroma tersebut. Ada baiknya jika kamu bisa mencium terlebih dahulu aromanya sebelum membeli. Mungkin kamu bisa mencoba parfum milik temanmu untuk menentukan apakah kamu suka dengan wanginya atau tidak.