7+ Tips dan Rekomendasi Baju Muslim untuk Ibu Hamil Modis Cuma Untukmu!

7+ Tips dan Rekomendasi Baju Muslim untuk Ibu Hamil Modis Cuma Untukmu!

Mencari baju biasa untuk hamil mungkin tidak terlalu sulit, namun lain halnya jika kamu adalah seorang wanita berjilbab dan ingin memastikan baju hamil kamu cocok dan pas dikenakan bersama jilbab yang kamu miliki. Nah, agar tidak terlalu bingung saat mencari baju muslim ibu hamil yang pas, yuk simak rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Hamil bukan halangan untuk tetap tampil syar'i

Kehamilan merupakan kebahagiaan bagi wanita, terlebih jika memang telah mendambakannya. Namun, hal itu terkadang menimbulkan keresahan dalam memilih pakaian. Bagaimana tidak? Tidak hanya berat badan yang naik, bentuk tubuh juga berubah, dan berpengaruh pada pakaian.

Daster merupakan pakaian yang sering dipakai ibu hamil. Selain longgar, model daster memang disesuaikan dengan bentuk tubuh ibu hamil, sehingga menciptakan rasa nyaman. Namun, tidak semua ibu hamil bisa mengenakan daster, terlebih ibu hamil muslim yang harus mengenakan hijab. Kamu tidak perlu khawatir, BP-Guide sudah punya rangkuman rekomendasi pakaian muslim yang cocok untuk ibu hamil lho. Simak ya lebih lengkapnya!

Tips memilih baju muslim untuk ibu hamil

Telah menjamur berbagai tren dan mode pakaian muslim di pasaran. Namun, itu tidak menjamin pakaian tersebut nyaman dikenakan, terutama untuk ibu hamil. Sebagian wanita hamil pasti mengalami kesulitan memilih baju yang pas, apalagi untuk acara pesta atau acara formal lainnya.

Ketika hamil, bagian tubuh yang mengalami paling banyak perbedaan adalah perut. Tentunya, baju-baju dengan desain lebih lebar di bagian perut atau kerut di bawah dada bisa menjadi salah satu solusi. Para ibu hamil bisa bebas memilih model-model tersebut di pasaran. Sebab, kini banyak desainer yang merancang khusus pakaian muslim untuk ibu hamil. Sebelum membeli, pastikan kamu menyimak tips-tipsnya di bawah ini ya!

Pilih pakaian yang lebih longgar dari biasanya

Pakaian longgar dengan desain tidak terlalu banyak detail merupakan tips penting pertama. Cobalah pakaian dengan satu ukuran di atas biasanya sebelum membeli. Jika biasanya mengenakan M, kini kamu harus mencoba ukuran L. Selain nyaman, ini akan membuat sang ibu dan bayi merasa lebih bebas untuk bergerak. Ukuran yang longgar, terutama di bagian perut, juga akan membuat lekuk tubuhmu tidak terlihat, sehingga kamu tetap berpakaian sesuai syariat Islam. Itu juga akan memperpanjang masa pakai karena berat tubuhmu akan terus meningkat seiring pertumbuhan janin.

Pastikan bahan pakaian menyerap keringat

Kedua, pastikan memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat. Semakin banyak usia kandungan, semakin tinggi pula suhu tubuh, sehingga para ibu hamil mudah kepanasan dan berkeringat. Bahan yang cepat menyerap keringat, seperti katun, tentu akan lebih nyaman karena suhu tubuhmu akan lebih terkendali. Itu juga akan membuat janin tidak merasa tertekan. Hindari memilih baju berbahan tebal. Selain tidak nyaman, juga akan membuatmu semakin merasa berat.

Celana haruslah fleksibel

Pilih celana yang fleksibel. Artinya, bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran perutmu. Celana kulot dengan detail karet di bagian pinggang bisa menjadi pilihan tepat. Desainnya yang longgar dari pangkal paha sampai mata kaki pastinya akan memudahkanmu dalam bergerak. Ukuran perut yang semakin besar pun tidak menjadi masalah dengan pinggang karet.

Hindari ini saat memilih baju hamil muslimah

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari untuk menjaga diri dan bayi dalam kandungan, seperti pakaian ketat dan sepatu hak tinggi. Selain tidak sesuai syariat, memakai pakaian ketat akan mengganggu peredaran darah dalam tubuh yang berdampak negatif, seperti timbulnya varises. Tentu kamu tidak mau kan?

Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi akan menimbulkan ketegangan pada otot-otot kaki, sehingga membuat tidak nyaman. Flat shoes merupakan pilihan tepat untuk ibu hamil. Selain mengurangi risiko cedera, juga membuat tungkai dan betis terasa lebih rileks. Hal paling penting yang perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk tampil sesuai tren ya, Ladies?

Pilih warna yang cocok

Meskipun hamil, sah-sah saja memilih warna pakaian sesuai keinginan. Kamu tetap bisa bereksperimen sesuai kreativitas agar penampilan tetap menarik dan berkesan. Namun, ada beberapa corak warna yang memang kurang sesuai jika dikenakan ibu hamil, seperti mode tabrak warna. Perpaduan warna demikian akan membuat tubuhmu terlihat lebih besar.

Untuk menyiasati agar penampilanmu terlihat lebih elegan saat hamil, kenakan busana dengan warna polos. Dress berwarna pastel cocok untuk kamu kenakan selama masa kehamilan.

Sesuaikan dengan suasana dan acara

Selain warna dan mode, sesuaikan pakaian dengan jenis acara yang kamu hadiri. Untuk beraktivitas sehari-hari, kamu bisa mengenakan pakaian longgar agar lebih terasa nyaman dan santai. Untuk acara pesta, kamu bisa memilih berbagai macam model busana yang kini banyak beredar di pasaran. Pilih busana-busana pesta yang lebih mengesankan kemewahan, dan beberapa detail.

Namun, tetap utamakan kenyamanan untukmu dan bayi ya! Kamu juga bisa menambahkan aksesori untuk mempermanis penampilan. Untuk acara formal, memang belum terlalu banyak model khusus untuk ibu hamil. Namun, kamu bisa mengenakan baju muslim jenis kaftan. Model ini memiliki lengan lebar dan ukuran bagian badan yang longgar, sehingga akan terasa nyaman untuk ibu hamil.

Rekomendasi dan inspirasi model baju muslim untuk ibu hamil

Kini mulai banyak perancang busana muslim wanita yang mengembangkan desainnya khusus untuk ibu hamil. Hal terpenting yang menjadi perhatian dalam rancangan mereka adalah kenyamanan untuk ibu hamil. BP-Guide telah menyiapkan rangkuman rekomendasi model baju muslim yang bisa menjadi inspirasi untuk para ibu hamil. Simak selengkapnya ya!

Gamis

Sumber gambar www.blibli.com

Kriteria gamis yang nyaman dikenakan untuk ibu hamil adalah memiliki bahan adem dan menyerap keringat. Usahakan memilih gamis dengan detail tidak ribet saat akan membelinya. Pilihan gamis di bawah ini bisa menjadi referensi untuk kamu koleksi.

  • Mamalooks Quenna, cocok untuk outfit lebaran dengan detail taburan batu dan payet di bagian dada, leher, dan pinggang. Gamis longgar ini cocok untuk ibu hamil usia 9 bulan. Gamis yang dilengkapi bukaan menyusui ini bisa kamu miliki dengan harga Rp 760.000 di Blibli. Tetap bisa kamu pakai pasca-melahirkan lho!
  • Gamis Baby Doll, dengan model A standar. Gamis cantik ini berbahan jersey dengan motif bunga kombinasi polos. Tersedia pula berbagai macam warna dan ukuran. Kamu bisa dapatkan baju muslim untuk ibu hamil ini di Tokopedia dengan harga Rp 250.000.

Kaftan

Sumber gambar www.zalora.co.id

Baju muslim model kaftan memang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Kamu bisa memadukan kaftan dengan jaket atau blazer sepinggang agar penampilanmu lebih modis. Blazer atau jaket akan membuat tubuhmu terlihat lebih ramping.

Dua rekomendasi kaftan di bawah ini bisa kamu jadikan koleksi lho!

  • Rauza Miami Kaftan, berbahan crepe dengan detail lingkaran di bagian leher. Memiliki wasitband elastis yang bisa mengikuti tubuhmu. Kaftan berukuran bebas ini bisa kamu dapatkan di Blibli.
  • ELSY'S dengan detail lebar di bagian lengan. Berbahan polyester dengan kerah V sangat nyaman dikenakan untuk ibu hamil. Kaftan cantik ini bisa kamu dapatkan di Zalora dengan merogoh kocek Rp 147.960.

Long Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Untuk menyesuaikan dengan bagian perut yang semakin besar, para ibu hamil biasa mengenakan baju longgar seperti daster. Namun, mengenakan baju yang terlalu longgar justru membuat penampilan terkesan tidak rapi. Sebagai solusi, kamu bisa tampil beda dengan menjadikan long dress sebagai outfit andalanmu.

Long dress di bawah ini oke banget lho untuk kamu koleksi!

  • Eve maternity LDG007B, memiliki bahan spandeks dengan kerah model peterpan dan garis hitam. Long dress cantik untuk ibu hamil ini tersedia di Blibli seharga Rp 137.220.
  • Chantilly Maternity/Nursing Dress 53024, cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Semakin cantik dengan detail mutiara di bagian kerah. Berwarna navy yang membuat penampilan semakin elegan. Long Dress lengan panjang ini bisa kamu dapatkan di Zalora seharga Rp 775.000.

Maxi Skirt

Sumber gambar www.zalora.co.id

Maxi skirt bisa diandalkan juga lho untuk usia kandungan menjelang lima bulan. Maxi skirt memiliki detail karet di bagian pinggang, sehingga tetap terasa nyaman dikenakan. Rok satu ini juga membuat penampilan lebih trendi meskipun sedang mengandung. Tidak perlu takut lagi ya, ladies, karena terlihat tidak modis saat hamil.

Referensi rok ibu hamil di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan!

  • HMILL Rok Hamil Panjang 121, berbahan katun elastis dengan desain nyaman untuk ibu hamil sampai usia 9 bulan. Bagian pinggang yang elastis dapat disesuaikan kebutuhan. Rok cantik ini tersedia di toko online, seperti Blibli, seharga Rp 95.000.
  • Elsy's Rok Panjang, berbahan katun dengan karet pinggang. Memiliki potongan basic dengan detail kantong di bagian depan. Sangat cocok untuk outfit sehari-hari. Dengan merogoh Rp 149.950, kamu bisa memiliki rok cantik di toko online Zalora.

Abaya

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tampil cantik dan menawan berawal dari pakaian yang kamu kenakan. Saat hamil, memilih model pakaian menjadi tantangan tersendiri bagi wanita. Keleluasaan dan kenyamanan merupakan faktor utama, namun banyak yang kesulitan saat memilih baju pesta. Model longgar namun rapi merupakan syarat yang wajib dipenuhi. Desain tersebut dapat kamu temukan pada baju muslim abaya untuk ibu hamil. Model satu ini memang bisa menjadi solusi outfit untuk acara formal.

Pilihan abaya berikut bisa kamu jadikan referensi lho!

  • Hanalila Daily Alyna Abaya, merupakan abaya berbahan katun baloteli yang didesain dengan model chic dan memiliki perpaduan warna. Terdapat kancing placket dan detail rumbai. Abaya manis ini bisa kamu dapatkan di Blibli seharga Rp 175.000.
  • Zaylila Rusda Abaya, merupakan salah satu koleksi dari Zaylila abaya. Terdapat detail pernak-pernik cantik yang membuat abaya satu ini terlihat mewah dan menarik. Kerah bulat dan bukaan belakang menjadikan abaya ini mudah dikenakan. Kamu bisa memiliki abaya cantik ini seharga Rp 479.100 di Zalora.

Model Baby Doll

Sumber gambar www.blibli.com

Baju terusan muslim model baby doll bisa menjadi andalan untuk ibu hamil. Desainnya yang longgar di bagian perut menawarkan kenyamanan lebih. Model ini sangat cocok untuk outfit di rumah atau jalan santai sehari-hari.

Berikut referensi busana muslim wanita hamil yang bisa kamu jadikan pilihan!

  • Mama Hamil Muslim Aisyah Motif Bunga, merupakan piyama untuk ibu hamil dengan motif bunga berbahan katun. Terdiri atas kaus berlengan panjang dengan bukaan kancing dan kerah melingkar, dan celana panjang berpinggang elastis. Bisa dipakai juga setelah melahirkan. Dengan merogoh kocek Rp 110.000, kamu bisa mendapatkan piama cantik untuk ibu hamil ini di Blibli.
  • Baju Hamil Babydoll Muslim Aisyah Motif Lasem, bermodel full kancing di bagian depan yang bisa dipakai untuk menyusui. Dengan pasangan celana longgar yang nyaman dipakai. Bermotif batik membuat piayma ini terlihat unik dan khas. Kamu bisa mendapatkan piyama keren ini di website resmi www.mamahamil.com seharga Rp 120.000.

Blus Hamil

Sumber gambar www.zalora.co.id

Untuk beberapa wanita, memang sulit melepaskan kenyamanan memakai blus. Beberapa menganggap blus sebagai outfit wajib saat menghadiri acara tertentu. Nah, kini sudah banyak tersedia di pasaran blus yang khusus dirancang untuk ibu hamil. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena bosan mengenakan dress. Terlebih jika kamu merasa tidak nyaman mengenakan baju terusan panjang. Sebagai alternatif pilihan material, blus berbahan tenunan bisa menjadi rekomendasi oke lho agar suhu tubuhmu tetap terkendali.

Blus ibu hamil ini sangat cocok untuk ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki trimester kedua.

  • Mamalooks Dania Blouse, dengan bahan legion spandeks yang dingin dan tampak mengilap. Cocok untuk acara formal maupun santai. Dengan detail layer yang membuat tampak semakim feminin. Juga dilengkapi bukaan depan model kimono untuk menyusui. Cantik kan? Blus untuk ibu hamil ini tersedia berbagai ukuran di Blibli. Cukup dengan Rp 160.000 sudah bisa sampai ke rumahmu.
  • Copas Blouse, dengan bahan katun yang adem. Membuat kamu semakin nyaman dalam beraktivitas. Dengan model kerah bulat dan tanpa garis. Blus ini memiliki detail kancing di bagian belakang saja ya. Dapatkan blus merah yang sesuai dengan jiwa pemberanimu di Zalora, dengan harga Rp 339.900.
From our editorial team

Ragam baju muslim ibu hamil cukup banyak, tinggal kamu pilih yang paling sesuai dan pas untuk badan kamu

Dengan melihat rekomendasi-rekomendasi dari kami di atas, tentu kamu bisa menentukan mana yang kamu inginkan bukan? Tak perlu harus yang mahal, yang penting nyaman saat kamu pakai kemanapun. Yuk segera pilih satu dan beli sebelum THR lebaran kamu benar-benar habis untuk yang lain. Sebab dengan baju hamil wanita muslim, kamu tetap bisa tampil syar'i dan menarik sekaligus.