10 Sandal Kayu Zaman Now untuk Wanita yang Pantas Dikoleksi

10 Sandal Kayu Zaman Now untuk Wanita yang Pantas Dikoleksi

Selain tas dan aksesori lainnya, sandal merupakan salah satu fashion item yang kerap jadi andalan para wanita. Sandal kayu bisa menjadi alternatif untuk mendongkrak penampilan. Bentuknya yang unik akan memberi kesan yang berbeda.

Sandal, Item Fashion yang Tak Lepas dari Wanita

Tidak dapat dimungkiri sepatu dan sandal turut mempengaruhi penampilan seseorang. Sandal biasanya dipakai untuk acara-acara santai dan membuat nyaman.

Saat ini banyak model-model sandal yang dihadirkan dengan desain menarik dan cantik, membuat penampilan Anda lebih kasual dalam aktivitas keseharian atau saat bepergian. Kini banyak wanita yang tidak hanya mengoleksi sepatu. Tetapi mulai melirik sandal untuk dijadikan bagian dari koleksinya.

Sekilas Sejarah Sandal Kayu

Sandal tradisional Jepang yang terbuat dari kayu sudah ada sejak tahun 1970. Di Indonesia, bakiak atau terompah tradisional diperkirakan terinspirasi oleh sandal khas bangsa Jepang. Sandal ini terbuat dari kayu putih dengan karet hitam sebagai talinya.

Di Jawa Tengah, bakiak adalah sejenis sandal yang terbuat dari kayu yang ringan dengan ban bekas yang dipaku pada kedua sisinya sebagai pengikat kaki. Sandal ini menjadi populer karena murah, tahan air dan suhu panas atau dingin.

Sandal bakiak semakin berkembang mengikuti zaman. Dibuat lebih modern oleh para pengrajin sehingga dapat digunakan di berbagai acara, baik acara resmi maupun santai. Bakiak berubah nama menjadi kelom geulis yang berarti sandal kayu cantik, menjadikan pemakainya terlihat menarik.

Sandal dari Kayu, Sandal Wajib Buat Anda yang Suka Bergaya Etnik dan Boho



Boho atau bohemian style ala hippie dengan ciri-ciri tubruk warna dan longgar menjadi ekspresi kebebasan yang sedang kembali populer di kalangan anak muda. Bersama dengan gaya etnik yang menggambarkan kelompok penyuka seni yang juga sedang digalakkan sebagai rasa cinta pada budaya dalam negeri.

Salah satu gaya etnik atau boho yang bisa Anda aplikasikan adalah sandal yang terbuat dari kayu. Biasa dikenal dengan sebutan kelom atau kelompen, bakiak, atau tekelek.

Saat ini, desain dan model sandal kayu semakin beragam. Dengan desain aksesori bebatuan, hiasan etnik, atau pun ukiran pada bagian samping sandal kayu. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari sandal biasa sampai wedges.

Mau Berkreasi Membuat Sandal Kayu Sendiri? Yuk Ikuti Tutorial Ini

Ingin membuat bakiak sendiri ? Mudah saja.

  • Bahan dan alat yang perlu Anda persiapkan:
  • Kayu jati dengan luas potongan sesuai telapak kaki, siapkan 2 buah.
  • Potongan ban karet bekas untuk tali.
  • Alat-alat pertukangan seperti pahat, palu, pisau, dan amplas untuk menghaluskan.
  • Paku ukuran sedang.
  • Cat kayu atau besi.

  • Langkah pembuatan:
  • Bentuklah potongan kayu mengikuti pola sandal, sesuaikan ukuran dengan besar kaki Anda.
  • Gunakan pahat, palu, dan pisau untuk membentuk sandal.
  • Anda dapat menambahkan ukiran-ukiran pada sandal agar lebih estetik.
  • Haluskan hasil pahatan pada sandal yang sudah terbentuk dengan amplas.
  • Pakulah potongan ban karet yang telah berbentuk tali di sisi kanan dan kiri.
  • Cat dengan warna favorit Anda.
  • Tunggu hingga mengering.
  • Sandal cantik kreasi sendiri siap untuk dipakai atau dijual.
  • Jangan takut untuk berkreasi dengan warna ataupun bentuk sandal kayu.

10 Referensi Bermacam-macam Sandal Kayu yang Bisa Anda Miliki

Lugos.co Sandal PU Pattern Kayu Kulit Asli - Glittery Blue - Ully Vega Lugos

Sumber gambar qlapa.com

Sandal kayu saat ini tidak hanya untuk orang tua tapi juga telah diminati oleh kaum muda karena ringan, nyaman digunakan, dan unik. Anda bisa mencoba sandal kayu Lugos.co Sandal PU Pattern Kayu Kulit Asli - Glittery Blue - Ully Vega Lugos.

Terbuat dari 100% kulit kayu asli dan handmade. Dengan tinggi 3 cm, sandal ini tersedia untuk ukuran kaki 36-40. Dapatkan di qlapa.com dengan harga Rp 158.000.

Ully Vega Lugos Sandal Kayu Modern

Sumber gambar qlapa.com

Pilihan lainnya adalah Sandal Kayu modern (bronze) dibuat dengan desain kekinian yang modern, ringan, dan nyaman dipakai. Cocok untuk semua jenis umur dengan ukuran 36 (23,5 cm), 37 (23,8 cm), 38 (24,5 cm), 39 (25,1 cm), dan 40 (25,4 cm).

Anda bisa mendapatkan sandal kayu ini di qlapa.com dengan harga Rp 100.000.

Natana Shoes Clogs Valerian - Yellow Nappa 7cm

Sumber gambar qlapa.com

Di Belanda, sandal kayu dikenal dengan nama clog, terbuat dari kayu tebal dan berat. Dulu alas kaki ini lebih sering dipakai oleh para petani dan pekerja karena harganya yang murah. Namun saat ini sandal kayu tidak terpisahkan dari fashion.

Clogs Valerian - Yellow Nappa dibuat secara handmade, dengan menggunakan kulit sapi yang berjenis nappa, kayu mahoni, dan aksesori antikarat. Dengan tinggi 7 cm, tersedia untuk ukuran 35 (22,5 cm), 36 (23 cm), 37 (23,5 cm), 38 (24 cm), 39 (24,5 cm). Bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 800.000 di qlapa.com.

Java Seven Sandal Kelom Wanita Hilmidih 500 (Red Comb.)

Sumber gambar www.zalora.co.id


Java Seven, brand lokal asal Bandung merilis koleksi terbaru sandal heels, Java Seven Sandal Kelom Wanita Hilmidih 500 (Red Comb.). Sandal berwarna merah kombinasi hita ini didesain dengan aksesori menarik, membuat kelom geulis ini terlihat minimalis namun tetap kasual.

Dengan bahan sintetis kombinasi insole empuk dan sol karet, sandal ini nyaman digunakan karena kelenturannya. Jadikan sandal ini salah satu koleksi Anda untuk digunakan saat bepergian sehari-hari. Anda bisa mendapatkannya di Zalora dengan harga Rp 151.800.

Alegro Craft Natalie Clog Batik

Sumber gambar qlapa.com

Beberapa sandal kayu juga didesain dengan padu padan batik sehingga membuat nilai etnik dari sandal kayu semakin terlihat. Natalie Clog Batik adalah kelom atau selop pandan yang desainnya dipadukan dengan batik. Anda dapat memakainya ke pesta atau cocok juga untuk terlihat stylish saat aktivitas sehari-hari.

Dengan tinggi hak 5 cm, sandal ini dibuat hanya dalam satu ukuran yaitu 38 (25-25,5 cm). Anda bisa mendapatkannya di qlapa.com dengan harga Rp 125.000.

Merryl - Black Nappa 7cm (Insole) Clogs

Sumber gambar qlapa.com

Merryl - Black Nappa 7cm (Insole) Clogs merupakan sandal ala Belanda yang sedang hits. Selebriti terkenal Kate Moss mulai memperkenalkan sandal clog-nya, yang kemudian mulai digarap oleh merek-merek terkenal seperti Saint Laurent, Channel, dan Isabel Marant dalam fashion show mereka. Mengikuti jejak Kate Moss yang tetap bergaya sederhana, sandal clog dapat dipadukan dengan kaus dan skinny jeans.

Merryl - Black Nappa 7cm (Insole) Clogs memiliki tinggi hak 7 cm, tersedia hanya untuk ukuran 35 sampai 41. Anda bisa mendapatkan clog ini di qlapa.com seharga Rp 600.000.

Papercut Shoes and Wood Wedges - Milo

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Memakai wedges lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan memakai high heels. Ciri khusus wedges yaitu sol tebal di semua permukaan kaki yang dapat mengurangi rasa pegal. Selain itu, pengguna wedges akan terlihat lebih fashionable.

Papercut Shoes AN Wood Wedges - Milo adalah sandal wedges yang terbuat dari bahan milo lak dan didesain dengan buckle opening sehingga terlihat chic. Tinggi hak 9 cm dengan outsole yang nyaman. Tersedia dalam ukuran 36 sampai dengan 40.

Dengan harga Rp 199.500, Anda bisa mendapatkannya di Blibli.

Sandal Kayu - Gasti

Sumber gambar qlapa.com

Sandal kayu Gasti paling praktis dan nyaman dipakai. Sandal jepit dengan bagian bawah rata tanpa heels, bagian atas tali berbentuk huruf 'V' dijepit agar tidak lepas dari kaki.

Sandal ini dibuat CUSTOM yaitu sesuai pesanan dengan ukuran kaki 20-28 cm, maksimal size 44. Sandal terbuat dari kayu dengan sol karet. Permukaan sandal halus dan sebaiknya hindarkan dari terkena air karena dapat membuat sandal licin.

Anda bisa memesan sandal sesuai ukuran kaki di qlapa.com dengan harga Rp 85.000.

Eunike Sandal Etnik Papua

Sumber gambar qlapa.com

Papua yang terkenal dengan kerajinan kayunya juga membuat sandal yang terbuat dari kulit kayu pohon khombouw, khas masyarakat Sentani. Sandal Eunike, Sendal Etnik Papua asli buatan tangan warga Sentani, Papua terbuat dari bahan dan ornamen kulit asli pohon khombouw.

Tersedia dalam ukuran 43 dan 44, Anda dapat membelinya di qlapa.com dengan harga Rp 280.000.

Clarette Keisha Wedges - Cokelat

Sumber gambar www.pricenia.com

Sandal Wedges Clarette Keisha warna cokelat, dibuat dengan desain chic, detail buckle strap, neat stiching dan sol yang kuat. Bahan paduan PU kulit dan wedges terbuat dari kayu, trendi, dan nyaman digunakan.

Tersedia untuk size 36 sampai dengan 41. Bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 255.000 di Blibli.

From our editorial team

Selalu Padukan dangan Atasan yang Tepat

Apa pun sandal pilihan Anda, selalu padukan dengan atasan yang tepat. Jangan sampai karena Anda senang memakai sandal tersebut, menjadi tidak memerhatikan atasan atau outfit yang dikenakan. Dengan paduan yang sempurna maka tampilan Anda pasti akan lebih menarik.