9 Rekomendasi Alat Elektronik Rumah Tangga Rp 200 Ribuan yang Mempermudah Pekerjaan Anda di Rumah

9 Rekomendasi Alat Elektronik Rumah Tangga Rp 200 Ribuan yang Mempermudah Pekerjaan Anda di Rumah

Pekerjaan rumah tangga tiada habisnya meski dikerjakan setiap hari. Karena itu beberapa alat elektronik dibutuhkan untuk meringankan pekerjaan Anda di rumah. Berikut adalah rekomendasi alat elektronik harga Rp 200 ribuan yang bisa Anda miliki untuk membantu pekerjaan di rumah.

Jangan Sembarangan Memilih Peralatan Elektronik

Teknologi saat ini memberikan banyak kemudahan bagi semua orang dalam berbagai bidang kehidupan. Tak terkecuali ibu rumah tangga yang tak lepas dari kebutuhan akan barang elektronik untuk di rumah. Barang elektronik rumah tangga dapat memberikan kenyamanan dan sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan rumah tangga.

Sebut saja AC, kipas angin, mesin cuci, rice cooker, dan berbagai barang elektronik lainnya. Namun, memilih alat elektronik juga tidak bisa sembarangan, lho. Selain harus memperhatikan kualitas dan ketahanan, kita juga harus memperhatikan kemudahan dalam perawatan agar barang elektronik awet dipakai lama.

Pastikan Hal Berikut ketika Memilih Peralatan Elektronik Rumah Tangga

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih barang elektronik sebagai pelengkap hunian? Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli adalah pilihlah barang yang memang dibutuhkan. Seperti mesin cuci, blender, atau rice cooker yang memang dibutuhkan untuk membantu meringankan pekerjaan sehari-hari.

Begitu juga dengan AC atau kipas angin yang saat ini juga sudah menjadi kebutuhan untuk menyejukkan ruangan ketika cuaca panas. Hindarilah membeli barang elektronik yang tidak begitu dibutuhkan karena selain mubazir juga akan membuat ruangan makin sempit. Terlebih jika hunian Anda tidak begitu luas.

Daya Listrik

Sah-sah saja jika Anda ingin membeli barang elektronik untuk di rumah. Hanya saja yang juga perlu diperhatikan adalah daya listrik yang dikonsumsi oleh alat elektronik tersebut. Semua barang elektronik membutuhkan tenaga listrik agar bisa menyala.

Jadi, sebisa mungkin pilihlah barang yang bisa menghemat pengeluaran listrik Anda. Selain itu, perhatikan pula apakah daya listrik di rumah cukup besar untuk semua perangkat elektronik tersebut. Nah, berikut adalah alat-alat elektronik yang konsumsi dayanya terbilang besar namun dibutuhkan untuk rumah tangga.

  • Pompa Air
    Pompa air dibutuhkan bagi rumah yang tidak berlangganan air PDAM. Pompa air ini banyak jenisnya, ada yang mengkonsumsi daya listrik besar dan ada pula yang kecil. Semakin besar daya sedot pompa air yang dipilih maka makin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Mulai dari 100 watt hingga lebih dari 2000 watt.
  • Mesin Cuci
    Hampir setiap rumah memiliki mesin cuci namun alat elektronik yang satu ini konsumsi daya listriknya cukup besar. Sekitar 250 watt - 300 watt, namun penggunaannya tentu tidak setiap hari.
  • Setrika Listrik
    Setrika listrik juga jadi barang elektronik yang dibutuhkan para ibu rumah tangga agar pakaian rapi dan tidak kusut. Dan setrika listrik ini bisa memakai daya listrik hingga 300 watt jika sering digunakan.
  • Komputer
    Saat ini komputer juga menjadi perangkat elektronik yang dibutuhkan di rumah. Namun, perangkat komputer ini ada yang mengkonsumsi daya cukup besar dan ada pula yang tidak. Komputer dengan tambahan VGA card keluaran terbaru bisa mengkonsumsi daya hingga 500 watt, lho. Namun untuk komputer tanpa tambahan VGA card hanya membutuhkan daya 170 watt. Sebagai alternatif, laptop jadi pilihan tepat karena rata-rata hanya membutuhkan daya sekitar 80 watt.
  • AC
    AC 1 PK merupakan alat elektronik yang mengkonsumsi daya listrik terbilang besar, yakni mencapai 700 watt. Dan untuk AC ½ PK minimal mengkonsumsi daya listrik sebanyak 350 watt. Jadi, pertimbangkanlah dalam memilih AC yang tepat untuk di rumah dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Rice Cooker
    Penanak nasi mengkonsumsi daya listrik hingga 395 watt untuk memasak nasi dan sekitar 77 watt untuk menghangatkan. Meski terbilang besar karena digunakan rutin setiap hari, namun alat elektronik ini sangat dibutuhkan. Meski begitu, pandai-pandailah dalam memilih penanak nasi karena kini beberapa brand ada yang menghadirkan rice cooker yang lebih hemat listrik.
  • Kulkas
    Penggunaan kulkas dibutuhkan untuk mendinginkan makanan dan minuman hingga menyimpan makanan agar lebih awet. Kulkas mengkonsumsi daya listrik berbeda-beda sesuai ukurannya. Kulkas 1 pintu membutuhkan daya listrik sekitar 50 - 80 watt. Sementara kulkas dua pintu bisa mengkonsumsi daya listrik hingga 120 watt.

Multifungsi

Dalam memilih barang elektronik rumah tangga sebaiknya pilihlah yang multifungsi. Tujuannya agar kita tidak perlu membeli beberapa barang elektronik jika satu alat bisa memiliki banyak fungsi. Memilih alat elektronik multifungsi juga dapat membuat ruangan jadi lebih lega. Contohnya dalam memilih oven, pilihlah yang sekaligus bisa digunakan sebagai toaster. Lebih hemat ruang dan uang, bukan?

Efisien

Di zaman yang serba mahal dan menuntut kepraktisan ini, pilihlah barang elektronik rumah tangga yang efisien baik dari sisi kegunaan, waktu, kepraktisan, hingga biaya yang harus dikeluarkan. Saat ini pun tidak sulit untuk menemukan berbagai peralatan elektronik yang menawarkan keefisienan dalam banyak hal.

Dengan memilih alat elektronik yang efisien kita bisa lebih hemat tenaga, waktu, dan pengeluaran karena memang barang yang dibeli tepat guna sesuai dengan kebutuhan.

Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli barang-barang elektronik sebaiknya pertimbangkan juga harganya. Memang, harga menentukan kualitas dari suatu produk. Namun, jika lebih teliti banyak juga lho, barang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Tidak masalah membeli barang elektronik dengan harga mahal jika memang sangat dibutuhkan dan tidak ada alternatif lain yang sebanding. Dan sebaiknya tidak memaksakan membeli barang elektronik yang harganya mahal jika bujet tidak mencukupi.

Untuk mendapatkan barang elektronik dengan harga murah, rajin-rajinlah cek harga untuk membandingkan mana yang termurah, baik di toko online maupun offline. Jika ada pilihan lain yang lebih murah namun bagus kenapa tidak? Dan perhatikan garansinya juga, ya!

Rekomendasi Peralatan Elektronik Rumah Tangga Harga 200 Ribuan

Miyako Toaster TSK 258 / Pemanggang Roti TSK258

Sumber gambar https://shopee.co.id

Cocok bagi Anda yang sering membuat roti panggang untuk disajikan saat sarapan atau sebagai camilan. Pemanggang roti Miyako ini akan menghemat waktu Anda karena penggunaannya yang praktis dan dapat memanggang dua sandwich sekaligus dalam waktu singkat.

Pemanggang ini terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki lapisan antilengket sehingga mudah dibersihkan. Dilengkapi pula dengan safety lock, daya yang dibutuhkan pemanggang roti ini sebesar 450 watt. Toaster Miyako ini dijual di Shopee seharga Rp 218.900.

Maspion Mec-3500 Multifungsi Travel Cooker Panci Elektrik

Sumber gambar https://www.blibli.com

Anda yang sering piknik bersama keluarga, Maspion Mec-3500 Multifungsi Travel Cooker Panci Elektrik ini bisa jadi pilihan tepat untuk penanak nasi. Rice cooker ini mudah digunakan untuk harian dan praktis jika dibawa bepergian. Penanak nasi ini juga multifungsi karena bisa digunakan untuk mengukus, memasak sayur/lauk, menanak nasi, dan menghangatkan nasi.

Panci penanak nasinya terbuat dari bahan alumunium dengan lapisan anti lengket berkualitas sehingga lebih sehat. Konsumsi daya yang dibutuhkan untuk memasak sebesar 350 watt. Dilengkapi garansi 1 tahun, travel Cooker ini dijual di Blibli seharga Rp 285.000.

Oxone Eco Mini Chopper OX 151 - Blender Pencacah Bumbu Dan Daging

Alat penggiling makanan ini membuat Anda lebih mudah dalam memasak makanan lezat untuk keluarga. Penggunaannya mudah karena telah didesain khusus untuk menghancurkan bahan makanan. Materialnya terbuat dari bahan food grade sehingga aman untuk kesehatan.

Pisaunya terbuat dari stainless steel. Alat ini juga dilengkapi tombol on/off dan tombol safety. Konsumsi dayanya 120 watt dan berkapasitas 350 ml. Blender penggiling daging ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 295.800.

Sayota SM-631 Waffle Maker

Sumber gambar https://www.blibli.com

Sayota SM-631 Waffle Maker merupakan alat elektronik untuk dapur rumah yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat waffle. Alat ini mudah dibersihkan karena dirancang dengan lapisan anti lengket. Alat ini juga dilengkapi dengan lampu indikator dan praktis digunakan.

Anda bisa membuat waffle lezat kapan saja. Konsumsi daya yang dibutuhkan sebesar 400 watt. Anda bisa membeli produk bergaransi 1 tahun ini di Blibli seharga Rp 238.000.

Sinyo's Stainless Steel Automatic Electric Yogurt Maker Machine with 7 Seal Cups

Sumber gambar https://www.blibli.com

Anda yang menjalani gaya hidup sehat sepertinya akan membutuhkan Sinyo's Stainless Steel Automatic Electric Yogurt Maker Machine with 7 Seal Cups 1.5 L ini. Alat elektronik ini dapat membuat yoghurt secara otomatis.

Alat ini terbuat dari bahan food grade berkualitas sehingga aman. Saat tidak digunakan, alat ini akan mati secara otomatis. Alat ini juga dilengkapi dengan 7 gelas untuk membuat yoghurt. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 289.000.

Oxone OX-830 Donut Maker

Alat pemanggang donat ini praktis karena bisa memanggang 7 buah donat sekaligus dan membuat donat cepat matang karena panasnya merata. Alat ini juga dilengkapi dengan lampu indikator dan fitur Overheat Safety Protection yang dapat mati secara otomatis saat mencapai suhu panas tertinggi.

Anda juga akan mudah membersihkannya karena alat ini dilapisi bahan anti lengket. Donut maker ini mengonsumsi daya 1.500 watt dan Anda bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 215.000.

Juicer Extractor Miyako JE-607

Anda yang suka mengonsumsi dan menyajikan jus untuk keluarga di rumah juga akan membutuhkan Juicer Extractor Miyako JE-607. Dengan alat ini Anda bisa menyajikan minuman sehat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi keluarga. Juicer ini terbuat dari bahan plastik dengan desain yang dinamis dan bagian kakinya juga kokoh.

Juicer berkapasitas 0,6 liter ini mengonsumsi daya listrik sebesar 280 watt. Panjang kabel yang dimiliki alat ini 1 meter dan dimensi produknya 27 x 21 x 30.5 cm. Hanya memiliki 1 pilihan kecepatan, juicer yang dilengkapi klem keselamatan ini bisa Anda dapatkan di Tokopedia seharga Rp 271.000.

Mesin Sosis Telur Sostel Listrik Egg Roll Hotdog Sausage 2 Lubang

Sumber gambar https://shopee.co.id

Jajanan kekinian yang banyak digemari adalah sostel alias sosis telur. Dengan Mesin Sosis Telur Sostel Listrik Egg Roll Hotdog Sausage 2 Lubang ini, Anda bisa menghadirkan camilan sehat untuk keluarga di rumah. Praktis dan bergizi pula jika sostel ini disajikan sebagai sarapan di pagi hari. Alat ini praktis dan mudah digunakan karena telur akan otomatis naik jika sudah matang.

Materialnya terbuat dari bahan ABS dan 304 stainless steel. Alat berdimensi 100 x 145 x 210 mm dengan kapasitas 2 lubang ini mudah dibersihkan dengan peralatan yang telah disediakan. Konsumsi daya yang dibutuhkan sebesar 140 watt. Desainnya juga elegan dan cantik. Anda bisa membeli alat ini di Shopee seharga Rp 274.800.

Arsya Shop Mesin Elektrik Pembuat Permen Kapas

Sumber gambar https://www.blibli.com

Permen kapas atau cotton candy sudah lama hadir sebagai snack yang disukai hampir semua kalangan terutama anak-anak karena rasanya yang manis, bentuknya yang menarik, dan teksturnya yang lembut seperti kapas. Permen kapas juga diketahui tidak mengandung glukosa yang tinggi, lho.

Untuk membuat permen kapas ini dibutuhkan sebuah mesin. Mesin pembuat permen ini dipatenkan pada tahun 1899 oleh John Warton dan William Morrison. Anda yang ingin membuat permen kapas ini juga bisa kok dengan membeli Arsya Shop Mesin Elektrik Pembuat Permen Kapas.

Alat ini mudah digunakan dan bersifat portable sehingga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Dengan mesin ini, permen kapas yang dihasilkan juga lebih sehat dan higienis karena terhindar dari polusi udara. Konsumsi daya yang dibutuhkan alat ini sebesar 500 watt. Anda bisa membelinya di Blibli seharga Rp 265.000.

From our editorial team

Dengan Bantuan Alat Elektronik Rumah Tangga, Pekerjaan jadi Lebih Cepat Selesai!

Tak dipungkiri, penggunaan alat-alat elektronik rumah tangga memang sangat membantu para ibu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah setiap hari. Tanpa bantuan alat-alat ini, para ibu rumah tangga akan sangat repot mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Jadi, saat membeli dahulukan alat yang benar-benar bisa membantu meringankan pekerjaan rumah, ya!