10 Rekomendasi Kecap Manis yang Enak, Kunci Masakan Lebih Nikmat! (2023)

10 Rekomendasi Kecap Manis yang Enak, Kunci Masakan Lebih Nikmat! (2023)

Kecap manis merupakan komponen paling penting ketika membuat masakan. Berbagai olahan khas Indonesia sangat dekat dengan bahan makanan tersebut, baik masakan gorengan, bakaran, hingga berkuah.

Kecap Manis yang Enak Kunci Masakan Lebih Nikmat

Kecap manis menjadi salah satu bahan pokok yang pasti ada di dapur masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa orang Indonesia merasa makanan tanpa kecap manis akan terasa kurang.

Kecap manis terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Bahan tersebut seperti air, garam, gula kelapa, dan bumbu lainnya untuk meningkatkan cita rasa pada makanan.
Kecap merupakan ekstrak dari hasil fermentasi kedelai yang dicampurkan dengan

Tekstur yang kental dan rasanya yang manis membuat kecap manis selalu dapat melengkapi setiap makanan. Beberapa manfaat kecap manis yang enak untuk makanan antara lain: <ul>





Apabila kecap manis yang enak berfungsi sebagai bumbu masakan yang menambah rasa menjadi lebih karamelisasi. Maka dari itu, sebaiknya kecap manis dimasukan pada bagian akhir agar terkena panas.

Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, kecap manis yang enak juga mempunyai beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh loh! Simak melalui artikel di bawah ini yuk.

  • Penambah Rasa Manfaat utama dari kecap manis yang enak adalah untuk penambah rasa. Sebagai bumbu masakan, kecap manis yang enak memiliki dominasi rasa manis dan rasa umami yang nagih. Untuk itu, rasa kecap manis cenderung tidak membosankan atau tidak membuat eneg.
  • Pewarna Alami Makanan Selain sebagai penambah rasa, kecap manis yang enak merupakan bumbu alami dalam memberi warna pada masakan. Kecap manis memiliki warna cokelat yang khas agar masakan terlihat semakin mengunggah selera.
  • Penetral Rasa Pedas Bagi sebagian besar orang, menyantap makanan dengan cita rasa menghadirkan kenikmatan tersendiri. Namun, apabila rasa pedas terlalu kuat, Anda bisa mengontrolnya dengan menambahkan kecap manis. Bumbu ini akan membantu menetralkan rasa pedas pada masakan/makanan.

Kenali Manfaat Kecap Manis yang Enak

Sebagai Sumber Protein Nabati

Kecap manis kaya akan sumber protein nabati seperti asam amino untuk perkembangan sel serta jaringan otot. Protein yang tinggi bersumber dari kacang kedelai sebagai bahan utamanya.

Melimpahnya kandungan protein nabati dalam kecap manis memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit diabetes tipe

Menurunkan Kadar Kolestrol di dalam Tubuh

Manfaat dari kecap manis lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Fungsi ini terjadi karena adanya kandungan antosianin dan juga isoflavon di dalam kecap manis yang enak. Kedua kandungan tersebut mengurangi tekanan darah di dalam tubuh yang membuat kadar kolesterol akan ikut turun

Baik untuk Pencernaan

Kecap manis yang enak juga dapat meningkatkan sekresi asam lambung, yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kecap manis kaya akan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi kecap manis membantu untuk melawan bakteri patogen dalam usus seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, Vibrio cholera, dan E.coli. Beragam zat beracun dalam usus tersebut akan dibantu dikeluarkan oleh serat dalam kecap manis.

Membantu Mengobati Gejala Batuk

Apakah orang tua Anda pernah mengajarkan untuk mengonsumsi kecap manis dengan jeruk nipis saat batuk? Kita rasa bahwa itu merupakan cara orang lampau untuk mengobati batuk. Nyatanya, cara tersebut memang terbukti secara klinis. Kecap manis yang enak cukup ampuh looh untuk mengobati gejala batuk

Mencegah Penyakit Anemia dan Alergi

Kecap manis yang enak mengandung mineral zat besi, fosfor, dan zink. Semua kandungan tersebut akan membantu mencegah anemia pada tubuh. Dalam sebuah jurnal ilmiah mengatakan kecap manis memiliki efek penghambat yang membantu mengurangi respon terhadap alergi.

Bahkan, kecap memiliki efek anti alergi yang sama ampuhnya dengan obat alergi manapun. Selain itu, kecap juga memiliki efek supresif pada anafilaksis, sehingga dapat dijadikan obat untuk alergi makanan.

Tips Memilih Kecap Manis

Pilih Kecap yang Sesuai dengan Jenis Makanan

Jenis makanan berbeda-beda. Indonesia sendiri memiliki beragam macam nusantara yang dihidangkan dengan berbagai bentuk bervariasi. Maka dari itu, pilihlah kecap manis yang enak sesuai dengan jenis makanan apa yang inigin dikonsumsi bersamaan atau ingin dimasak bersama.

Beberapa jenis makanan yang sering ada di Indonesia dan penggunaan kecap manis yang enak untuk menjadi teman hidangannya antara lain:

  • Kecap manis agak encer cocok digunakan sebagai sambal cocol teman makanan yang digoreng.
  • Kecap dengan warna pekat cocok digunakan untuk hidangan makanan yang dibakar
  • Kecap manis dengan cita rasa rempah cocok digunakan untuk hidangan makanan yang berkuah

Lihat Komposisi dalam Kecap Manis yang Enak

Komposisi dalam kecap manis yang enak biasanya memiliki rasa manis. Rasa tersebut didapatkan dari campuran antara kedelai dan juga gula yang menjadi komposisi utama kecap manis. Biasanya jenis gula yang digunakan untuk membuat kecap manis adalah gula kelapa dan gula aren.

Jenis kecap manis ini paling banyak mereknya dan mudah ditemukan di mana saja, baik di warung, minimarket, maupun swalayan. Adanya komposisi gula dalam kecap yang cukup banyak, cita rasa kecap akan lebih mantap. Namun, bagi penderita diabetes, apabila ingin mengonsumsi kecap manis biasa harus lebih baik porsinya ya!

Dalam memenuhi kebutuhan pasar, produk kecap manis yang enak juga dibuat dengan pemanis rendah kalori seperti sorbitol dan stevia. Kandungan tersebut akan lebih cocok untuk yang tengah diet atau punya riwayat kadar gula darah tinggi.

Apabila mengonsumsi kecap manis yang enak dengan rendah gula bisa menjadi alternatif dalam menjaga kadar gula darah supaya tidak naik. Perlu diketahui bahwa gula stevia mengandung 0 kalori, sedangkan sorbitol memiliki kalori 35% lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir.

Beli Sesuai Kebutuhan

Kini berbagai merek kecap manis yang enak hadir dalam ukuran bermacam-macam. Produsen berskala besar yang memproduksi kecap manis enak biasanya menyediakan berbagai pilihan kemasan. Mulai dari kemasan saset, botl, pouch, hingga jerigen. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ingin memasak.

Kecap manis yang enak adalah bumbu makanan. Jadi, perhatikan kebutuhan yang diinginkan untuk masakan harian Anda. Jangan sampai, kelebihan ataupun kekurangan. Tips ini agar Anda bisa lebih bijak dalam mengonsumsi kecap manis yang enak agar tidak boros. Selain itu, kecap manis yang enak tetap bisa berkualitas untuk kebutuhan masakan Anda.

10 Pilihan Kecap Manis yang Enak dan Murah

Kecap Manis Bango

Kecap Manis Bango masuk dalam deretan banyak dari rekomendasi produk kecap manis yang enak. Pasalnya, Kecap merek Bango merupakan legendaris di Indonesia yang banyak dipakai di berbagai kuliner Indonesia dan di rumah sekalipun.

Rasanya yang lezat dan kental membuat kecap ini banyak disukai oleh banyak orang sejak dulu hingga sekarang. Adanya branding dibuat dari kedelai hitam malika berkualitas seringkali selalu diingat oleh masyarakat Indonesia dengan produk kecap ini.

Kepopuleran Kecap Manis Bango hingga sekarang terbukti karena kualitasnya yang tidak main-manin. Kecap Manis Bango memang dibuat menggunakan varietas kedelai hitam mallika.

Komoditas tersebut memiliki tingkat produktivitas yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kedelai hitam yang lainnya. Untuk menguatkan rasanya, bahan baku kedelai hitam dari produk ini dipadukan dengan empat bahan alami lainnya seperti gula kelapa, garam, dan air, tanpa tambahan pengawet maupun pewarna sintetis.

Produk ini sudah berdiri telah lama yakni sejak tahun 1928. Kini, kecap Bango diproduksi oleh Unilever. Hingga sekarang, rasa dan aroma yang gurih dari kecap ini tetap dipertahankan. Oleh karenanya masih menjadi kecap andalan masyarakat Indonesia.

Harga Rp. 22.100-178.700

Kecap Manis ABC

Kecap manis yang enak lainnya adalah Kecap ABC. Produk kecap manis ABC merupakan produksi dari Heinz yang terbuat dari perasan pertama kedelai hitam kaya rasa.

Produk kecap manis dari ABC diolah dengan bahan-bahan berkualitas yaitu kombinasi antara gula aren, kacang kedelai serta rempah-rempah pilihan. Pengolahannya juga dilakukan secara modern sekaligus higienis dan selalu memprioritaskan kebutuhan konsumen terutama untuk ibu rumah tangga.

Oleh karenanya produk ini memiliki cita rasa yang gurih. Perasan pertama pada proses kecap ini menghasilkan warna hitam pekat serta tektur yang kental. Jadi, cocok untuk masakan ditumis dan dibakar.

Bukan hanya dipercaya untuk bahan pokok rumah tangga, kecap manis ABC juga telah menemani banyak pengusaha makanan nusantara menghasilkan menu berkualitas. Kecap ini sangat terkenal sehingga membuatnya dicap sebagai kecap sejuta umat yang selalu ada di meja setiap keluarga, warung, hingga restaurant.

Harga Rp. 7.200-459.816

Kecap Manis Sedaap

Kecap Sedaap merupakan kecap manis yang enak pilihan banyak ibu-ibu. Produk tersebut dibuat dari biji kacang kedelai pilihan dan bahan-bahan alami berkualitas lainnya.

Semua bahan dari produk seperti gula, kelapa, air, sari kedelai, garam, penguat rasa, dan pengawet natrium benzoat difermentasikan secara natural dengan tiga kali proses penyaringan.

Melalui proses itu, Kecaap Sedaap bisa bertahan dalam waktu lama walaupun disimpan dalam suhu ruang. Produk ini mengklaim sebagai kecap dengan mutu yang tinggi dan ciri warna lebih hitam.

Tekstur dari kecap ini memiliki tingkat kekentalan yang pas dan rasa gurih yang melengkapi rasa manisnya. Sehingga, cocok sekali digabungkan dengan makanan hambar seperti bubur.

Selain itu kecap manis yang enak ini dapat meresap ke dalam masakan ketika digunakan sebagai bumbu masakan. Rasa manis yang legitnya akan terasa pas, apabila dituang langsung ke atas makanan atau ketika dijadikan bumbu cocolan.

Merek kecap manis ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, bukan hanya sebagai konsumsi keluarga, kecap ini juga digunakan oleh berbagai pelaku makanan kaki lima.

Oleh karenanya, Kecap Sedaap Manis telah menjadi pilihan semua masyarakat. Merek kecap ini sudah ada sejak tahun 2008 dan kini masih menjadi pilihan karena enak dan juga murah.

Harga Rp. 12.200-40.000

Kecap Manis Indofood

Produk kecap manis yang enak dan murah selanjutnya jatuh kepada Kecap Indofood. Indofood adalah merek yang menghasilkan banyak produk makanan siap saji legendaris seperti Indomie.

Kecap terbaik dari Indofood dibuat dari proses fermentasi 6 tahap dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Beberapa bahannya adalah campuran kedelai hitam dan kuning, serta gula aren sebagai pemanisnya.

Produk ini biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan masakan.
Campuran bahan masakan yang ditambahkan kecap ini bisa tersebut rasa yang manis dan gurih serta pas untuk lidah masyarakat Indonesia.

Teksturnya yang kental dan kaya rasa menjadikan kecap manis Indofood sangat cocok dengan masakan yang diungkep. Dengan kecap ini, masakan Anda bisa meresap sampai ke dalam.

Tidak perlu khawatir, makanan Anda akan tetap sehat karena kecap ini dibuat tanpa mengandung bahan kimia apapun. Selain untuk makanan yang diungkep, kecap ini juga cocok digunakan untuk memasak tahu/tempe bacem dan dijadikan sebagai bumbu cocolan.

Harga Rp. 4.500-13.900

Kecap Manis Nasional

Merek kecap manis yang enak dan murah dari Nasional sudah terbukti pemakainnya dari berbagai tukang nasi goreng kaki lima. Kecap manis Nasional cocok dijadikan sebagai bumbu nasi goreng karena mempunyai cita rasa manis, kental, gurih, dan asin.

Anda bisa memilih kecap manis ini sebagai stok bahan masakan di rumah. Produk kecap manis yang enak ini melalui proses fermentasi menggunakan bahan berkualitas seperti kedelai dan gula merah.

Rasa umami manisnya tersebut berasal dari gula aren alami. Beberapa orang menggap dengan kecap ini hasil masakan akan terasa cita rasa umami dengan sendirinya.

Kemudian juga terdapat Yodium dalam produk kecap manis yang enak ini. Kandungan itu sangat diperlukan oleh kelenjar tiroid, serta membantu meningkatkan kecerdasan.

Komposisi yodium dan bahan lainnya pada produk ini telah diatur sehingga rasa umami dan manisnya tetap seimbang. Kecap manis Nasional tersedia dalam kemasan pouch, botol, dan jerigen.

Harga Rp. 7.300-115.000

Kecap Manis Tropicana Slim

Produk Tropicana Slim Kecap Manis bisa menjadi pilihan untuk yang sedang diet. Hal itu karena kecap ini dibuat menggunakan pemanis sorbitol yang rendah kalori.

Kecap Manis Tropicana Slim bisa menjadi solusi apabila Anda sedang menghindari kecap manis dalam makanan. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk bisa memasukan kecap manis ke masakan agar tambah lezat.

Selain itu, produk ini juga mengklaim bahwa baik dikonsumsi untuk penderita diabetes dan hipertensi. Kecap Manis Tropicana Slim merupakan solusi bagi penderita diabetes dan hipertensi yang ingin menyantap makanan dengan kecap manis tanpa perlu takut gula darah naik.

Merek yang memiliki beragam macam makanan rendah kalori ini membuat Tropicana Slim juga menghadirkan kecap manis dengan tetap menjaga kadar gulanya. Bahkan, kecap ini mempunyai kandungan garam 30% lebih rendah dari merk kecap manis lainnya dan bebas gula.

Produk kecap manis yang enak dan sehat ini walaupun tanpa gula yang banyak tetap memiliki rasa manis dan tekstur yang kental. Rasanya lezat dan gurih sehingga banyak diminati oleh lidah masyarakat Indonesia.

Kecap Manis dari Tropicana Slim bisa didapatkan dengan mudah di toko online dengan harga masih terjangkau. Kemasannya berbentuk botol dengan sedikit lebar, Anda bisa tau cirinya dari model botolnya itu!

Harga Rp. 26.900-53.000

Kecap Manis Lingkar Organik

Sedang mencari kecap manis yang enak dari bahan organik? Kecap Manis Lingkar Organik bisa menjawab kebutuhan Anda. Sebagai merek kecap manis dengan label organik, produk ini menghlaim tanpa tambahan MSG, pemanis dan pewarna sintesis, ataupun pengaturan keasaman.

Bahan-bahan organik yang berkualitas seperti kedelai lokal dan rempah-rempah pilihan diproses secara tradisional melalui produk ini. Hasil proses natural tersebut menghasilkan kecap manis yang enak dan berkualitas dalam produk kecap manis ini. Rasa manis dalam Kecap Lingkar Organik terbuat dari gula jawa, bukan dari gula pasir/tebu.

Rasa dalam kecap ini mempunyai aroma kedelainya cukup kuat sehingga Anda bisa menggunakannya untuk olahan berkuah, tumis, saus, hingga bisa dijadikan sebagai bumbu marinasi.

Harga Rp. 12.500-22.500

Kecap Manis Cap Korma

Rekomendasi kecap manis yang enak dan murah lainnya adalah Kecap Manis Korma. Biasanya kecap ini banyak dijumpai di warung sate, karena logo dari produk Kecap Manis Korma menjadi spanduk di depannya.

Yap, Kecap Manis Korma sangat cocok digunakan sebagai bumbu utama sate. Teksturnya yang kental membuat kecap manis ini seringkali menjadi andalan olahan makanan yang dibakar. Kecap ini akan meresap ke daging bakaran dengan sempurna.

Jadi, sangat diperlukan untuk stok di rumah kala tahun baruan, atau ingin mengadakan acara bakar-bakar. Rasa masakan bakaran Anda akan semakin gurih dan aromanya wangi.

Kecap Manis Cap Korma terbuat dari kedelai berkualitas yang difermentasi secara alami. Merek tersebut mengklaim sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi, aman dikonsumsi siapapun.

Bukan hanya cocok untuk makanan yang dibakar, rasa manis dan legit dalam prooduk ini juga bisa dijadikan bumbu sambal cocolan. Dijamin Anda akan makan lebih enak!

Kualitas bahan baku pembuatan kecap yang dijaga dengan baik agar tetap halal dan sehat inilah yang menjadikan kecap manis cap Korma telah memikat hati masyarakat.

Kemasannya dijual dalam bentuk pouch, botol, hingga jerigen.

Harga Rp. 8.000-220.000

Kecap Manis D'Natural Kelapa

Bagi Anda yang memiliki keluarga alergi terhadap protein kedelai. sebaiknya menjadikan Kecap Manis D'Natural Kelapa jadi alternatifnya. Merek kecap manis dari kelapa ini akan membantu masakan Anda tetap terasa lezat.

Keunggulan dari produk kecap manis yang enak ini adalah gluten free, refinded sugar free, no synthetic food additivies. Selain itu juga, kecap manis D'Natural Kelapa juga mengklaim produknya kaya mineral dan low glcemic index.

Oleh karena itu, kecap manis ini bisa dikonsumsi dengan aman bagi penderita diabetes daripada mengonsumsi gula pasir. Bahan dari produk ini terbuat dari gula kelapa organik, gula aren organi, seasalt, rempah, dan air.

Kecap manis ini juga ditujukan untuk vegetarian/vegan, orang yang ingin bergaya hidup sehat. penderita alergi, autoimmunie, hingga kanker. Selain bisa dicampurkan dalam olahan makanan, kecap manis ini bisa berfungsi juga sebagai spiced coconut sugar untuk minuman herbal dan herbal coffee.

Harga Rp. 42.750-96.800

Kecap Manis Sorghum

Selain kedelai, dan kelapa, biji Sorgum juga bisa dijadikan sebagai kecap manis yang enak. Salah satu produk kecap manis yang cocok untuk penderita alergi kedelai adalah Kecap Manis Premium Sorghum.

Rasanya juga tidak beda dari kecap kedelai, Kecap Manis Sorghum mempunyai kelezatan tersendiri. Produk ini dibuat dengan berbagai komposisi berkualitas seperti biji sorghum, nektar sorghum, air, garam, dan rempah-rempah pilihan.

Kecap Manis Sorghum bisa menjadi pilihan bumbu masak di rumah karena mengandung mineral, protein, serta 9 asam amino esensial. Kecap manis yang enak ini juga tidak mengandung MSG sama sekali lho!

Produk Kecap Manis Sorgum sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang terbiasa memasak makanan sehat.

Harga Rp. 30.000-50.000
From our editorial team

Kecap manis melezatkan semua masakan

Tak bisa dipungkiri, masyarakat kita suka dengan rasa manis jadi jangan lupa untuk selalu sedia kecap di rumah ya! Buruan cari dan dapatkan rekomendasi kecap terbaik yang kami sediakan di atas!