Ini Dia Rekomendasi 10 Produk Andalan dari Google Inc. untuk Memudahkan Aktivitas Virtual Anda Sehari-hari (2018)

Ini Dia Rekomendasi 10 Produk Andalan dari Google Inc. untuk Memudahkan Aktivitas Virtual Anda Sehari-hari (2018)

Siapa tak kenal Google? Perusahaan raksasa multinasional yang memiliki spesialisasi di bidang teknologi Internet ini kerap digunakan pada kegiatan sehari-hari terutama oleh masyarakat digital. Mulai dari mencari informasi, menjalin relasi, hingga mencari hiburan melalui video. Bahkan, Google juga bisa jadi alternatif untuk menyimpan dokumen penting yang bisa dibagikan kepada kolega Anda. Dari daftar berikut, mana yang paling sering Anda gunakan?

Siapa yang Tidak Kenal Google? Google Kini Merajai Dunia Internet yang Tidak Ada Batasnya

Sumber gambar google.co.th

Bagi Anda yang suka menjelajah di dunia maya, pasti tidak asing dengan nama Google. Di era modern ini, siapa yang tidak kenal dengan mesin pencari satu ini. Hari ini, Google menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak? Google menyediakan informasi apa saja yang Anda butuhkan.

Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui Mengenai Google

Figur Pertama yang Digunakan Google Adalah Burning Man

Sumber gambar google.com

Beberapa fakta yang belum banyak diketahui tentang Google adalah The Burning Man Doodle. Pada tahun 1998, Google Doodle pertama kali dibuat dengan pesan "out of office". Saat itu, Brin dan Page sedang berkunjung ke festival Burning Man hingga tidak bisa mengurus Google.

Untuk memberikan pemberitahuan kepada pengguna Google bahwa mereka sedang di luar kantor, mereka mendesain logo Google Doodle menggunakan gambar Burning Man, agar pengguna tahu jika mereka tidak sedang berada di kantor melainkan datang ke festival Burning Man. Cara ini dilakukan, agar para pengguna memaklumi jika terjadi masalah teknis di Google

Sejak Tahun 1998, Google Telah Membeli Lebih dari 170 Perusahaan

Sumber gambar videoblocks.com

Perusahaan yang berpusat di Norwegia ini semakin menjadi penguasa teknologi dunia saat ini. Salah satu rahasia dari kesuksesan ini adalah Google dengan jenius mengakusisi perusahaan-perusahaan yang bisa menunjang kesuksesan Google.

Sejak 1998, Google telah membeli lebih dari 170 perusahaan, beberapa di antara lainnya seperti Youtube, Android, Motorolla, Mobility, Quickoffice, Pyra Labs, Keyhole Inc dan masih banyak perusahaan lainnya. Bahkan menurut perhitungan, Google mengakusisi lebih dari satu perusahaan setiap minggunya.

Memiliki Dana RnD yang Sangat Besar

Sumber gambar everydaycheapskate.com

Fakta selanjutnya tentang Google adalah memiliki dana R&D yang sangat besar. Dana ini digunakan Google untuk mendukung perkembangan teknologi dengan cara menyediakan dana R&D yang sangat besar. Pada tahun 2014, Google mengeluarkan dana hingga USD 1,16 miliar untuk menyewa lapangan terbang miliki Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) selama 60 tahun, untuk mengembangkan penelitian luar angkasa.

Selanjutnya pada tahun 2017, perusahaan IT Google yang bernama Alphabet dana yang dialokasikan untuk riset sebesar US$13,95 miliar. Dana itu paling banyak dialihkan pada pengembangan dana komputasi awan, pengembangan machine learning dan AI, drone dan autonomous cars, augmented dan virtual reality, internet of things, serta blockchain.

Nama Pertama Kali yang Digunakan Google adalah Backrub

Sumber gambar dailymail.co.uk

Fakta selanjutnya tentang Google adalah menggunakan nama pertama Backrub. Pada tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin memulai proyek yang dikerjakan mereka berkuliah pascasarjana di Oxford University. Oprasi pertama mesin pencari Backrub menggunakan server di kampus Oxford University.

Barulah ketika tahun 1997, Lary dan Sergey menggantinya dengan nama "Googol", yang diambil dari istilah matematika. Namun, karena kesalahan penulisan dari investor, akhirnya nama mesin pencari miliki Lary dan Sergey ini adalah Google.

Semua Karyawan di Google Disebut dengan Nama Googler dan Noogler

Karyawan-karyawan di Google dikenal dengan sebutan Noogler atau Googler. Uniknya, setiap karyawan harus menggunakan topi pelangi dengan baling-baling yang bertuliskan Noogler. Ciri khas ini dipertahankan oleh Google, hingga membuat setiap karyawan-karyawan Google terlihat lucu dan unik. Kata Noogler terinspirasi dari film The Internship. Noogler merupakan salah satu tokoh di film tersebut.

Ini Dia Produk Terbaik yang Sukses Diterbitkan Google

Google Search

Sumber gambar medium.com

Produk-produk terbaik yang diciptakan Google salah satunya adalah pencarian Google atau Google Search. Google search adalah mesin pencari terbesar di dunia maya. Sekian ratus juta file baru masuk setiap harinya untuk memenuhi para peselancar dunia maya. Bahkan, produk Google.Inc ini telah meninggalkan para pesaingnya seperti Yahoo dan Bing.

YouTube

Sumber gambar saferinternet.org.uk

Produk andalan dari Google selanjutnya adalah Youtube. Siapa yang tidak mengenal layanan video sharing dan website yang paling sering dikunjungi di dunia ini? Youtube resmi dibeli atau diakusisi oleh Google pada tahun 2006, yang dibanderol seharga 1,65 miliar dollar.

Saat ini, Youtube menjadi salah satu akuisisi Google terbaik. Video-video di Youtube dilihat sebanyak 4 miliar video online setiap harinya.

Google Maps

Sumber gambar pronesis.it

Selanjutnya adalah Google Maps. Layanan pemetaan ini memberikan fitur pencarian daerah dengan detail hingga ke jalan-jalan yang kecil. Hingga fitur menunjukkan jalan yang cepat untuk pergi ke suatu tempat melalui fitur citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute. Google Map pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, dengan menggunakan Javascript, XML, dan AJAX.

Google Translate

Sumber gambar pcworld.com

Produk terbaik Google selanjutnya adalah Google Translate. Google Translate adalah layanan penerjemah online terbesar di dunia. Google Translate melakukan proses penerjemahan berdasarkan statistik, yang merupakan hasil dari penelitian Franz-Josef Och yang merupakan juara kontes DARPA pada tahun 2003.

Sekarang Och mendapatkan tempat di Google sebagai kepala penerjemah. Bahasa Indonesia dimasukkan ke dalam pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan oleh Google Translate, pada tahun 2008.

Google Chrome OS

Sumber gambar androidcentral.com

Produk selanjutnya yang merupakan produk terbaik Google adalah Goole Chrome OS. Google Chrome OS adalah OS yang memiliki basis Cloud Computing atau Computasi Awan pertama di dunia. OS web yang bersifat open source sehingga membutuhkan koneksi internet yang sangat besar.

Browser yang diperkenalkan pada tahun 2008 ini dianggap sebagai browser tercepat di dunia. Chrome mampu bersaing dengan ketat dengan para browser pesaingnya seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer atau pun Opera. Versi stabil dari Google Crome OS diluncurkan pada pertengahan tahun 2010.

Google Street View

Sumber gambar ausdroid.net

Produk Google selanjutnya adalah Google Street View. Google Street View adalah fitur terbaru dari Google Maps yang menyuguhkan jalan 360 derajat. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melihat sebuah kota hingga ke dasarnya.

Fitur Google Street View ini diluncurkan pada tanggal 25 mei 2015, namun pada awal peluncurannya hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang menjadi 40 kota di Amerika Serikat. Sekarang, Google Street View tidak hanya dapat dioperasikan melalui PC atau laptop, tetapi juga bisa melalui perangkat mobile yang menggunakan sistem oprasi Android atau iOS.

Gmail

Sumber gambar cnet.com

Gmail menjadi salah satu produk terbaik Google selanjutnya. Gmail adalah pelayanan surat elektronik berbasis web dengan pengguna 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Hal itu menjadikan Gmail sebagai salah satu layanan surat elektronik terbesar di dunia.

Gmail juga merupakan layanan pertama yang menggunakan metode pemprogaman Ajax. Gmail juga mampu bersaing dengan layanan surat elektronik dengan para pesaingnya, antara lain Hotmail, Yahoomail dan AOL mail.

Google Drive

Sumber gambar process.st

Produk Google selanjutnya adalah Google Drive. Google Drive diluncurkan Google pada tanggal 24 April 2012 dengan memberikan layanan penyimpanan daring. Google Drive menyuguhkan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan kapasitas bisa ditambah dengan pembayaran tertentu.

Google Drive menjadi alternatif penyimpanan data secara besar-besaran di server Google. Fitur dari Google Drive menyuguhkan kemampuan untuk berbagi dokumen dan kemampuan mengedit dengan menggunakan Google lainnya.

Google AdWords

Sumber gambar dmguru.in

Selanjutnya adalah Google AdWords. Google AdWords adalah layanan pemasaran online yang memungkinkan mempromosikan iklan produk untuk disebarluaskan ke seluruh pengguna internet di dunia. AdWords memiliki fitur yang dapat menargetkan konsumen yang dituju berdasarkan keyword, topik, lokasi, dan waktu. Google AdWords juga dikenal dengan nama Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google Plus (G+)

Sumber gambar africarising.tv

Produk Google selanjutnya adalah Google Plus. Google Plus (G+) adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Produk Google yang diluncurkan pada 28 juni 2011 ini, adalah media social network seperti Facebook dan Twitter. Meskipun belum mampu menyaingi Facebook dan Twitter, namun Google Plus + telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna terhitung pada tahun 2011.

From our editorial team

Gunakan Internet dengan Bijak dan Hati-hati

Google selaku perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan pelayanan jasa Internet telah berusaha untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna lewat fitur-fitur yang disediakan. Anda juga bisa memproteksi akun-akun Anda di Google dengan merahasiakan password serta tidak mudah terpancing dengan tautan mencurigakan. Hindari menjawab pesan yang tidak wajar dan segera laporkan pada tim Google jika Anda menemui kesulitan atau pembajakan akun. Gunakan Google dengan cermat dan bijak untuk kenyamanan berselancar virtual lebih aman.