10 Rekomendasi Aksesori dan Benda Penyambutan SIdang Skripsi untuk Sahabat (2021)

10 Rekomendasi Aksesori dan Benda Penyambutan SIdang Skripsi untuk Sahabat (2021)

Sidang skripsi mungkin jadi momok menakutkan bagi beberapa orang. Butuh persiapan khusus menghadapinya. Jika sahabatmu hendak sidang skripsi, kamu wajib mendukung dan menyemangatinya. Intip aneka hal yang bisa kamu lakukan untuk sahabat jelang sidang skripsi. Cek juga deretan benda penyambutan usai sidang skripsi yang bisa kamu berikan kepada sahabat!

Sidang Skripsi Menjadi Langkah Penting untuk Menuju Kelulusan

Ujian skripsi atau sidang skripsi merupakan langkah akhir sebelum menuju proses wisuda untuk menjadi sarjana. Setiap mahasiswa wajib mengikuti sidang skripsi sebagai langkah penting untuk dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana. Butuh langkah yang panjang sebelum melangkah ke sidang skripsi, loh.

Sidang skripsi dimulai dengan ujian proposal di mana mahasiswa akan menunjukkan rencana penelitiannya pada dewan penguji. Selanjutnya, jika sudah disetujui dewan penguji, maka mahasiswa akan melanjutkannya dalam bentuk penelitian. Usai melakukan penelitian, mahasiswa akan menyusun hasil penelitian dalam karya tulis ilmiah yaitu skripsi. Lalu, skripsi akan dipresentasikan di hadapan dewan penguji untuk memperlihatkan hasil temuan yang didapatkan melalui penelitian yang sudah dilakukan.

Presentasi di hadapan dewan penguji inilah yang disebut dengan sidang skripsi. Mahasiswa hadir bersama dewan penguji dan pembimbing. Selanjutnya, mahasiswa akan mempresentasikan skripsi yang telah dibuat dari bab 1 hingga bab 6 yang dibuatnya. Setelahnya, dewan penguji akan mulai memberikan beragam pertanyaan guna menguji kebenaran skripsi yang dibuat.

Lamanya sidang skripsi bergantung dari karakter dewan penguji, jawaban yang dilontarkan mahasiswa, serta tingkat kesulitan penelitian yang dilakukan. Umumnya berkisar 1 hingga 2 jam saja. Mahasiswa selanjutnya mencatat berbagai masukan, tanggapan, serta koreksi dari dewan penguji. Setelahnya, mahasiswa harus segera merevisi skripsi sesuai dengan saran yang didapatkan.

Dewan penguji akan menyatakan lulus atau tidaknya berdasarkan kemampuan mahasiswa selama sidang. Jika tidak lulus, tentunya mahasiswa tersebut harus mengulang lagi tahun depan untuk ujian skripsi. Namun, jika lulus maka mahasiswa tersebut tentu bisa bernafas lega karena sudah bisa langsung menginjak tahapan wisuda agar segera disahkan menjadi sarjana.

Dukung Sahabatmu yang akan Segera Sidang Skripsi

Sahabat merupakan orang terdekat kita. Tentunya kita ingin segala sesuatu yang terbaik untuknya. Kita ingin selalu ada untuknya saat suka dan duka. Maka dari itu, kita harus siap siaga kapan saja ia membutuhkan kita.

Salah satu momen penting bagi sahabat adalah sidang skripsi. Pengerjaan skripsi tidaklah mudah. Ada kalanya lancar seperti jalan tol. Ada kalanya juga macet, entah karena belum sempat melakukan penelitian, kesulitan mendapatkan sumber informasi, dosen yang susah ditemui, dan lain sebagainya. Ketika skripsi akhirnya selesai dan menginjak bab terakhir, tentunya sahabat kamu bahagia bukan kepalag.

Namun, kebahagiaan tersebut tak berlangsung lama karena tentu ia harus menghadapi sidang skripsi. Sebagai sahabat yang baik, kamu wajib ada untuknya dan menemaninya selama mempersiapkan sidang skripsi. Pastinya ada rasa cemas menghinggapi saat berhadapan dengan dosen penguji yang siap dengan banyak pertanyaan. Semangati sahabatmu dan teruslah berada di sampingnya agar ia tidak merasa sendirian menghadapi ujian skripsi.

Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sahabat yang Akan Sidang Skripsi

Temani Berlatih Presentasi

Sebelum sidang skripsi, kamu bisa menemani sahabatmu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk presentasi kala sidang. Mulai dari mempersiapkan power point, berkas-berkas, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menemaninya berlatih presentasi. Sahabatmu bisa melakukan presentasi dengan kamu dan teman-teman lainnya sebagai dosen penguji atau peserta. Nah, dengan begini, sahabatmu tentu bisa melatih mentalnya. Dia juga jadi lebih siap menghadapi sidang sebenarnya nanti.

Jadilah Pendengar yang Baik

Sahabatmu butuh dukungan rasa percaya diri. Kamu bisa mengajaknya ngobrol berdua. Carilah tempat yang nyaman, baik di rumahnya atau di rumahmu, atau tempat nongkrong favorit kalian. Pastikan tempatnya bikin nyaman untuk bercakap-cakap.

Jadilah pendengar yang baik. Tanyakan pelan-pelan mengenai skripsinya dan persiapan sidangnya. Biarkan ia mengeluarkan segala uneg-unegnya dan jangan menghakimi ceritanya. Cobalah memahami posisinya dan mulailah membangun rasa percaya dirinya dengan menunjukkan bahwa kamu percaya ia bisa melewati semua ini.

Ajak Refreshing

Tidak ada salahnya mengajak sahabatmu refreshing sebelum sidang skripsi. Ini bisa dilakukan agar sahabatmu tidak diliputi rasa stres. Redakan stresnya dengan mengajaknya ke tempat favoritnya. Bisa juga dengan mentraktirnya makan. Atau kalian bisa juga piknik kecil di belakang rumah. Manjakan diri bersama di spa atau salon. Lakukan juga hobi seperti maraton film atau drama dan lain sebagainya.

Temani Saat Berangkat Sidang dan Berikan Semangat

Jangan lupa untuk selalu ada bersamanya saat hari H sidang skripsi. Kamu bisa menemaninya berangkat ke tempat sidang. Berikan semangatmu padanya. Tunggui sahabatmu sampai selesai sidang. Dan sambut ia begitu ia keluar dari ruang sidang. Siapkan juga aksesori atau benda penyambutan seusainya ia keluar dari ruang sidang skripsi!

Ini Dia Pilihan Aksesori/Benda Penyambutan Sidang Skripsi

Mahkota Bunga / Flower Crown Bridal Shower / Birthday Girl

Mahkota Bunga / Flower Crown Bridal Shower / Birthday Girl ini cocok untuk dijadikan aksesori untuk sahabatmu. Saat ia keluar dari ruang sidang tentu ia merasa lega. Ketika berada di dalam ruang sidang, mungkin saja ia pusing dengan sederet pertanyaan yang dihadapinya. Maka mahkota bunga ini bisa jadi obat untuk otak yang sudah bekerja keras menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Produk yang satu ini menarik dan begitu cantik. Ada banyak pilihan warna bunga yang bisa kamu pilih. Pilih saja warna yang disukai oleh sahabat kamu. Produk ini bisa juga jadi properti foto usai ia keluar dari ruang sidang. Selanjutnya foto tersebut bisa jadi kenangan yang mengingatkannya usai sidang skripsi.

Harga Rp. 8.500-34.000

Selempang Wisuda Bordir Custom Bahan Bludru

Selempang Wisuda Bordir Custom Bahan Bludru juga kerap jadi aksesori penyambutan sidang skripsi. Saat sahabatmu keluar ruang sidang, kamu bisa segera menyematkan selempang ini. Selempangnya bisa kamu buat unik dengan tulisan-tulisan yang antimainstream, seperti “Siap Dilamar”, “Calon Menantu Idaman”, “Siap Wisuda”, dan lain sebagainya. Bisa juga kamu buat sesuai selempang wisuda pada umumnya yakni dengan nama dan gelar yang akan segera disandangnya.

Selempang wisuda yang satu ini merupakan produk pre-order. Produknya bisa dipesan sesuai warna, kain, tulisan, hingga pitanya. Selempang ini juga sudah dilengkapi dengan bahan selapis dan kain keras agar kesannya lebih tebal. Dilengkapi pula dengan perekat agar lebih mudah memasangnya.

Harga Rp. 29.000-52.000

Medali Custom / Medali Unik / Medali Murah / Medali Wisuda / Kado Unik

Medali merupakan sesuatu yang umum diberikan kepada pemenang suatu perlombaan. Medali juga kerap diberikan kepada mereka yang berprestasi. Maka dari itu, kamu bisa juga berikan medali kepada sahabatmu yang baru saja keluar dari ruang sidang sebagai pemenang. Kalung medali akan memberikan sifat personal. Ini juga bisa jadi sebuah penghargaan tersendiri bagi penerimanya.

Medali Custom / Medali Unik / Medali Murah / Medali Wisuda / Kado Unik ini bisa jadi pilihan kamu. Produk ini adalah produk pre-order. Medali ini unik dan terbuat dari bahan akrilik yang tebal. Ukurannya adalah 7 x 7 cm. Medalinya bisa didesain bolak-balik dengan tulisan atau tambahan nama. Kamu juga bisa ganti warna background dan tulisannya.

Harga Rp. 15.000-68.000

Balon Foil Owl Graduation

Perayaan usai sidang skripsi kurang meriah tanpa adanya balon. Nah, kamu bisa berikan balon foil unik yang satu ini untuk sahabat kamu. Balon Foil Owl Graduation ini bentuknya lucu dan menggemaskan. Ini juga bisa menunjukkan bahwa sahabatmu telah sukses menjalani pendidikannya. Ukuran balon ini adalah 60 cm.

Harga Rp. 3.500-7.000

Piala Boneka Wisuda Cat Choco

Boneka mungkin jadi kado yang mainstream untuk aksesori sidang skripsi. Namun, kado boneka tetap menarik untuk diterima. Piala Boneka Wisuda Cat Choco ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini hadir dengan bentuk seperti piala atau trofi. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, desainnya unik dan menarik.

Dalam paket ini berisi piala boneka dengan tinggi 22 cm, sebuah totebag Happy Graduation yang bisa memudahkan membawa boneka, dan juga sebuah kardus tebal untuk pengiriman. Piala sudah terbungkus kain tile dan pita sehingga tampilannya lebih cantik. Dalam pembelian sudah gratis kalung wisuda dengan warna sesuai selera. Ada juga pin logo universitas yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Kamu bisa pesan nama dan ucapan juga.

Harga Rp. 65.000-95.000

Properti photo booth Wisuda #1

Properti photo booth Wisuda #1 ini penting untuk dibawa saat sahabatmu sidang skripsi. Sekeluarnya dia dari ruang skripsi, kamu bisa mengajaknya berfoto dengan properti photo booth wisuda ini. Dalam satu paket berisi 12 buah properti foto yang lucu dan menarik. Paket ini terbuat dari kertas tebal dengan tangkai stik dan lem perekat. Kamu bisa juga pesan bentuk yang custom.

Harga Rp. 45.000

SNACK BOUQUET | BUKET SNACK | BUKET BUNGA DAN SNACK BESAR

Buket bunga mungkin biasa saja untuk diberikan. Nah, kamu bisa berikan SNACK BOUQUET | BUKET SNACK | BUKET BUNGA DAN SNACK BESAR untuk sahabatmu. Ini cocok sebagai benda penyambutan usai dia keluar dari ruang sidang. Berikan aneka jajanan atau snack kesukaannya yang bisa membantunya melepaskan stres usai dari ruang sidang skripsi.

Dalam paket ini berisi bunga hidup dan juga kartu ucapan. Selain itu ada aneka jajanan mulai dari cokelat hingga keripik. Kamu bisa memesan isinya sesuai keinginan. Buketnya dari kertas bahan tebal dan bisa dipesan.

Harga Rp. 159.000-200.000

Buket Bunga Wisuda Artificial

Buket Bunga Wisuda Artificial ini boleh juga jadi pilihan aksesori penyambutan sidang skripsi. Sahabatmu pasti akan senang menerimanya. Dalam satu buket berisi bunga dan juga boneka. Ini bisa jadi properti foto sidang skripsi. Bunganya tersedia dalam aneka warna, kamu bisa memesan dicampur warna atau satu warna saja.

Harga Rp. 87.000-175.000

Kado Hadiah Wisuda Graduation Kelulusan Sidang Skripsi Gift Box Bouquet Hampers Unik Cewek Cowok

Kado Hadiah Wisuda Graduation Kelulusan Sidang Skripsi Gift Box Bouquet Hampers Unik Cewek Cowok ini begitu menarik untuk dipilih sebagai benda penyambutan sidang skripsi. Dijamin bikin sahabat kamu jadi bahagia menerimanya. Gift box ini dibungkus dengan hard box premium. Di dalamnya ada reed diffuser ukuran 75 ml dengan stik rotan, boneka wisuda, dan kartu ucapan.

Harga Rp. 25.000-282.000

Hampers Kado Hadiah Souvenir Wisuda Sidang Skripsi Kelulusan

Hampers Kado Hadiah Souvenir Wisuda Sidang Skripsi Kelulusan ini adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Ada banyak variasi isian yang bisa disesuaikan dengan pilihan kamu. Ada paket lengkap berisi boneka wisuda, buket bunga, dan cokelat Lagie. Ada juga paket hemat berisi buket bunga dan boneka wisuda. Kamu juga bisa memilih paket hemat cokelat yang berisi boneka Bear wisuda dan cokelat.

Pilihan warna boks juga beragam mulai dari pink, ungu, merah, dan biru. Pembelian sudah disertai kartu ucapan dan bubble wrap. Kamu bisa pesan tulisannya sesuai keinginan.

Harga Rp. 55.000-79.000
From our editorial team

Jangan Lupa Perbanyak Berdoa

Sebagai mahkluk Tuhan, kita wajib selalu mengingat sang Pencipta kapan saja dan di mana saja. Ketika menghadapi kesenangan maupun kesulitan, usahakan untuk selalu mengingatnya. Berdoa bisa menjadi sumber kekuatan bagi mereka yang sedang kesulitan. Saat menghadapi sidang skripsi, ingatkan sahabatmu untuk memperbanyak berdoa. Ini bisa membantu menguatkan mental sahabatmu sebelum masuk ruang sidang. Dengan banyak mengingat Sang Pencipta, tentunya usaha yang dilakukan juga akan membuahkan hasil lebih baik.