8 Kado Valentine Unik Untuk Pacar Yang Dijamin Akan Membuat Dia Makin Sayang Kamu

8 Kado Valentine Unik Untuk Pacar Yang Dijamin Akan Membuat Dia Makin Sayang Kamu

Hari kasih sayang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Pada hari ini kita berusaha menunjukkan rasa cinta dan sayang kita kepada orang-orang terkasih kita. Izinkan BP-Guide membantu upaya kamu dengan rekomendasi-rekomendasi berikut. Happy Valentine's Day!

Valentine identik dengan hari kasih sayang

Sumber gambar www.pinterest.com

Meskipun memang kita bisa menunjukkan kasih sayang kita di hari lain, tidak ada salahnya juga untuk turut merayakan hari kasih sayang. Momen ini bisa menjadi lebih istimewa karena kita merayakannya bersama dengan orang-orang lainnya di seluruh penjuru dunia.

Merayakan hari Valentine tidak hanya menyenangkan perasaan pacar kita tapi juga membawa beberapa dampak positif, lho. Kita akan ingat akan pentingnya upaya yang konsisten untuk menjaga hubungan dengan orang tercinta kamu. Kenapa begitu? Karena kita akan berusaha semaksimal mungkin memberikan hadiah dan kejutan yang paling spesial di hari yang spesial ini.

Tips memilih kado valentine yang tepat

Rasanya, memberikan bunga dan coklat sudah pasaran alias mainstream. Nah, untuk bisa memilih kado valentine yang unik, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu :

  • Ide kreatif. Pikirkan ide-ide kado yang lain dari biasanya atau, kamu bisa coba membuat sendiri kado uniknya.
  • Tidak harus mahal. Yang penting kadonya sesuai dengan budget yang kamu punya dan pastinya dibutuhkan oleh pacarmu.
  • Cari tahu dulu keinginan pacar kamu. Misalnya, pacarmu memiliki jam tangan yang rusak maka kamu bisa membelikannya jam tangan. Atau kalau pacarmu sedang menginginkan games keluaran terbaru maka kamu bisa menghadiahkannya itu.
  • Tidak harus berupa barang. Kamu juga bisa menghadiahkannya dengan rasa pedulimu. Di hari kasih sayang, kamu bisa memanjakan pacar, misalnya dengan mengajaknya kencan romantis atau memasakkan makan malam untuknya

8 Ide kado valentine unik untuk kekasih tercinta

Pembatas buku handmade

Sumber gambar www.everythingetsy.com

Buat pacar yang hobi membaca tentunya pembatas buku bisa menjadi hadiah yang sangat dia inginkan, apalagi kalau buatan kamu. Agar pembatas buku bisa menjadi kado valentine unik, kamu bisa membuatnya sendiri dengan sekreatif mungkin. Pasti hadiah ini akan selalu diingat dan terkenang setiap dia membaca buku kesayangannya.

Cara membuat pembatas buku DIY yang super sederhana:

  • Siapkan sebuah kertas origami dengan warna cerah atau motif yang lucu.
  • Kemudian lipat kertas origami tersebut secara vertikal dari bawah ke atas, lalu horizontal dari kiri ke kanan.
  • Buka lipatan yang terakhir sehingga terlihat ada garis lipatan di bagian tengahnya.
  • Lipat bagian kanan ke atas mengikuti garis lipatan, demikian juga dengan bagian kiri.
  • Balik kertas sehingga segita yang terbentuk menghadap ke atas, lalu lipat kedua sisi atas ke bawah.
  • Lipat keempat sudut kertas menuju ke arah dalam, maka akan terbentuk empat segitiga kecil.
  • Rekatkan seluruh ujung dengan selotip atau lem agar tidak mudah lepas.

Untuk ide di atas, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang. Dengan Rp. 25.000 saja, kamu bisa membuatnya. Biayanya akan lebih rendah lagi kalau kamu memang sudah punya bahannya. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa mencoba pembatas buku unik berikut.

Message in the bottle

Hadiah lain yang tidak kalah romantis adalah dengan memberikan pacarmu message in the bottle. Message in the bottle adalah sebuah botol yang diisi dengan secarik pesan yang ingin disampaikan. Kamu bisa menuliskan pesan romantis di dalamnya agar pacarmu semakin senang. Kalau kamu ingin membuatnya sendiri kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut.

  • Buatlah pesan romantis yang ingin kamu sampaikan dan cetak pesan tersebut menggunakan printer. Pastikan font yang digunakan menarik, misalnya vintage.
  • Buatlah air rebusan teh yang pekat untuk membuat efek jadul pada kertas. Kantung teh ini bisa kamu oleskan secara acak pada kertas agar terlihat seperti sudah lama dan klasik.
  • Angin-anginkan kertas atau taruh di atas kompor dan tunggu sampai kertas benar-benar kering.
  • Kemudian siapkan botol yang ingin kamu gunakan. Botol wine atau botol saus tomat berukuran sedang ideal untuk dijadikan kontainer pesan tersebut.
  • Cucilah botol hingga bersih, kemudian masukkan sedikit beras ke dalamnya agar sisa air bisa terserap seluruhnya.
  • Kertas berisi pesan yang sudah kering bisa kamu lipat atau gulung, dan kemudian diikat dengan tali.
  • Masukkanlah ke dalam botol yang juga sudah kering. Lalu tutuplah botol dengan sumbatan gabus.

Proses membuat message in the bottle ini mudah dan tidak lama kok. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan biaya sekitar Rp 20.000,00 - Rp 30.000,00. Kalau kamu merasa terlalu ribet, kamu bisa meloncati tahap-tahap menggunakan teh dan langsung memasukkan pesan kamu ke dalam botolnya. Supaya lebih keren, kamu bisa mengisi botol kamu dengan pasir halus dan menghiasai bagian luarnya. Lihat saja video berikut kalau kamu mau inspirasi lain.

Makanan favoritnya yang kamu buat sendiri

Kado valentine yang unik juga bisa berupa makanan favorit pacar kamu, loh. Siapa sih yang tidak suka diberikan makanan favoritnya? Apalagi kalau dibuatkan sendiri oleh orang terkasih. Pasti niat dan usahamu menyenangkan dia akan membuatnya terharu dan senang.

Misalnya saja, kamu bisa membuatkannya kue atau cake kesukaan bagi pacarmu yang suka ngemil. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan coklat yang paling disukainya. Atau bisa juga kamu membuatkan makanan sederhana tapi kamu hias-hias menjadi bunga atau hati agar semakin romantis. Biar semakin manis lagi, kamu bisa menambahkan pesan atau tulisan bersamaan dengan makanan tersebut. Contohnya, kamu tuliskan bahwa bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat makanan itu adalah dua sendok teh rasa rindu atau sepuluh tetes rasa cinta. Makanannya bisa menjadi semakin spesial dan terasa enak kan? Kalau kamu ingin membuat sesuatu yang bukan berupa hidangan penutup, kamu bisa juga meminta saran atau resep makanan kesukaan pacar kamu dari ibunya. Dijamin, pacar kamu pasti melayang-layang saat memakannya.

Perjalanan romantis

Melakukan perjalanan romantis bersama pacar akan terasa menyenangkan untuk dilakukan di hari kasih sayang tahun ini. Tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa pergi mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang spesial bagi kalian berdua. Dengan bernostalgia ke tempat yang selama ini pernah kalian datangi akan membuat kalian mengingat semua kenangan yang telah kalian jalani.

Memori indah yang terjadi di tempat tersebut akan mengingatkan kalian akan kebahagiaan dan perjuangan yang sudah kalian lalui bersama. Perasaan senang dan bersyukur pun akan tumbuh saat melihatnya. Kalian akan teringat betapa kalian mencintai pasangan kalian. Hadiah perjalanan romantis ini bisa menguatkan dan mempererat hubungan kalian berdua. Sebagai contoh, kamu bisa mengunjungi tempat kalian melakukan kencan pertama atau tempat di mana kamu berhasil menembak atau ditembak dia. Untuk membuat pengalaman ini lebih mantap, kamu juga bisa berikan salah satu hadiah kecil yang BP-Guide rekomendasikan.

Set perawatan tubuh coklat

Sumber gambar www.princess.com

Coklat sebagai hadiah Valentine memang sudah basi, tapi bagaimana dengan coklat dalam bentuk perawatan tubuh? Terdengar unik dan anti mainstream, kan? Coklat memang mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit sekaligus bisa membuat kita merasa rileks dan santai. Karena khasiatnya yang baik untuk tubuh, tidak heran berbagai salon menggunakan coklat sebagai bahan perawatan tubuh.

Kamu bisa memberikan perlatan perawatan tubuh yang terbuat dari coklat, misalnya sabun mandi coklat, lulur coklat, lotion coklat, masker coklat, atau scrub coklat. Selain membuat kulitnya tambah segar dan cerah, pacar kamu juga akan merasa rileks dan senang saat menggunakannya karena aroma coklat yang wangi ikut tercium olehnya.

Produk-produk perawatan tubuh yang terbuat dari coklat bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 20.000,00 - Rp 95.000,00. Sementara itu rangkaian perawatan spa dengan bahan coklat dimulai dari Rp 210.000,00. Coba cek saja di Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Kalau kamu ingin mengantar pacar kamu langsung ke lokasi spanya, kamu bisa coba ChocolaSpa di Bogor.

Buket bunga karakter

Sumber gambar www.bridestory.com.sg

Pasti kamu sering menemukan orang yang menghadiahkan buket bunga sebagai hadiah Valentine. Rata-rata banyak orang memang menjadikan bunga sebagai kado di hari kasih sayang. Walaupun cantik, kalau selalu dikasih bunga yang begitu-begitu saja, lama-lama kita pasti akan merasa bosan juga. Oleh karena itu kamu bisa mengakalinya dengan kreativitasmu. Kamu bisa menyusun buket bunga itu membentuk suatu karakter kesukaan pacarmu dan memberikannya sebagai kado valentine unik.

Misalnya saja kamu bisa memberikan buket bunga berbentuk karakter Hello Kitty, Minnie Mouse, Doraemon, Winnie The Pooh, dan sebagainya. Buket bunga pemberianmu akan terlihat lebih lucu dan unik, dan tentunya berbeda daripada buket bunga lainnya. Buket bunga karakter ini bisa kamu beli dengan harga Rp 250.000,00 - Rp 750.000,00. Untuk melihat-lihat jasa florist online, coba cek saja situsnya HappyKado. Untuk florist dengan hasil kerja terpercaya, BP-Guide merekomendasikan Castel.florist di Jakarta dan Itsviolaflower di Surabaya.

Pop up balloon messages

Sumber gambar studiodiy.com

Kamu juga bisa memberikan kekasihmu hadiah Valentine berupa pop up balloon message.  Beberapa balon yang sudah diisi dengan gas helium kamu ikat menjadi satu dan masukkan ke dalam sebuah kardus  buah. Di ikatan balon tersebut, bisa kamu tambahkan kartu ucapan berisi pesan romantis. Jadi ketika pacarmu membuka kardus tersebut maka rangkaian balon tersebut akan melambung ke atas dan menunjukkan kartu ucapan itu kepada pacarmu. Kejutan yang manis tersebut akan membuat pacarmu merasa senang.

Kamu bisa membuat sendiri pop up balloon message ini loh. Pertama-tama, isi balon-balon yang akan kamu gunakan dengan gas helium. Gas ini akan membuat balon kamu melambung ke atas dan menempel di langit-langit ruangan. Kemudian kamu perlu mencetak beberapa huruf yang membentuk suatu kata. Cetaklah di atas sebuah kertas dengan memberikan tambahan 3-4 inch di bagian bawahnya sebagai tempat menempelkannya ke balon nanti. Rekatkan huruf-huruf tersebut ke balon dengan posisi tegak berdiri. Huruf tersebut bisa membentuk suatu ucapan yang romantis. Misalnya saja tulisan I LOVE YOU. Jadi deh! Mudah, kan? Balon ini bisa menjadi kado valentine unik untuk pacarmu tersayang.

Pertanyaan yang sering ditanya adalah gimana cara mengisi balon dengan helium? Biasanya proses pengisiannya bisa kamu serahkan ke pedagang kaki lima yang menjual balon-balon helium atau toko-toko peralatan pesta. Kalau kamu merasa itu terlalu ribet dan mahal, tiup saja balon tersebut dan rekatkan ke dinding kamarnya. Simple, kan?

Lampu acrylic

Sumber gambar kado-uniks.com

Lampu yang bisa menyala dengan indah bisa menjadi kado valentine unik berikutnya. Lebih baik lagi bila kamu memilih lampu yang terbuat dari bahan acrylic. Bahan acrylic memang  transparan dan terlihat seperti kaca sehingga bisa berkilau dengan indah. Namun tidak perlu khawatir karena walau terlihat seperti kaca tapi acrylic tidak mudah pecah dan retak.

Di lampu acrylic ini, kamu bisahias dengan menggunakan foto berdua kamu sehingga ketika dia menyalakannya, dia bisa melihat kemesraan kalian yang bersinar terang. Atau, bisa juga lampunya kamu hias dengan kata-kata romantis atau pesan cinta sesuai keinginanmu. Saat dinyalakan pada malam hari, jangan heran kalau dia tidak bisa tidur karena terus memikirkanmu.

Sebelum membeli lampu acrylic kamu perlu mencari tahu dulu apakah lampu itu bisa didesain sesuai dengan keinginanmu. Lebih baik kamu mendesainnya sendiri agar hadiahmu semakin unik. Tentukan desain yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan kepribadian pacarmu. Kamu juga perlu mengecek daya listrik yang dibutuhkan oleh lampu tersebut agar sesuai dengan daya listrik di rumah pacarmu. Sebaiknya kamu pilih lampu yang hemat daya listrik agar pacarmu bisa sering-sering menyalakannya. Cek ulasan-ulasan yang ada untuk memastikan lampu yang dibeli berkualitas.

Harga lampu acrylic ini berkisar antara Rp 250.000,00 - Rp 450.000,00. dan bisa kamu cari di kado-uniks.com atau Tokopedia. Kalau kamu mau yang non-custom tetapi tetap keren seperti yang di bawah, kamu bisa coba memesannya dari Aliexpress. Harganya sekitar Rp. 425.000 ke atas.

Sumber gambar www.aliexpress.com

Pesan kasih sayang yang disampaikan di hari valentine

Sumber gambar www.pinterest.com

Selain hadiah dan kado kamu juga perlu menyematkan pesan kasih sayang untuknya agar Valentine kalian semakin berkesan dan bermakna. Kamu bisa menemukan berbagai ide yang kreatif dan inspiratif di internet. Namun kalau kamu mau pesanmu terasa lebih spesial maka kamu bisa membuatnya sendiri.

Banyak contoh dan pesan cinta yang bisa kamu masukkan dalam pesan kasih sayangmu, misalnya

  • Kalau setiap kali memikirkanmu aku mendapat setangkai bunga, aku bisa berjalan selamanya di kebun bungaku -Lord Alfred Tennyson.
  • Kalau kamu hidup selama seratus tahun, aku mau hidup selama seratus tahun kurang satu hari karena aku tak mau hidup sehari pun tanpamu - A.A. Milne
  • Dicintai secara mendalam oleh seseorang memberimu kekuatan. Mencintai seseorang secara mendalam memberimu keberanian -Lao Tzu
  • Jika air adalah ciuman, aku akan kirimkan lautan. Jika pelukan adalah daun, aku akan kirimkan pohon. Jika cinta itu abadi, kutawarkan keabadian cintaku padamu. Happy Valentine sayangku.
  • Kutuliskan namamu di langit, angin meniupnya. Kutuliskan namamu di laut, badai membawanya. Kutuliskan namamu dihatiku, cinta namanya.
From our editorial team

Valentine's Day is not just another day

Hari kasih sayang memicu kita untuk menjadi lebih baik dan lebih peduli terhadap diri sendiri dan pasangan kita. Kita akan terdorong untuk memikirkan hal baik apa saja yang bisa kamu berikan kepada pasangan dan apa saja yang bisa kamu perbaiki untuk menjadi seorang individu dan kekasih yang lebih baik. Apapun yang kamu pikirkan, we at BP-Guide wish you a lovey-dovey Valentine's Day!