Tips Agar Terlihat Awet Muda Meski Usia Tak Muda Lagi (2020)

Tips Agar Terlihat Awet Muda Meski Usia Tak Muda Lagi (2020)

Setiap orang akan menua dan ini tak bisa dihindari oleh siapapun. Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa tampil awet muda saat usia tak muda lagi. Yuk, cari tahu rahasianya di artikel ini!

Daftar isi

Ada banyak cara untuk mempertahankan diri tetap muda dan enerjik. Meski usia Anda sudah tak muda lagi, namun dengan beberapa cara di bawah ini, Anda bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dan tak terasa jika sudah mulai menua. Melakukan tiap hal di bawah ini akan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk hidup awet muda dan bahagia!

Jauhi pikiran negatif

Berpikir negatif memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya berpikir positif akan membantu Anda menghadapi hari dengan lebih optimis. Berpikir positif akan memproduksi hormon dopamin, oksitosin, serotonin, dan relaxin yang bertanggung jawab dalam pembentukan sel imun. Otomatis tubuh akan lebih sehat dan jauh dari penyakit. Berhentilah berpikir bahwa usia tua membuat Anda tidak berguna. Teruslah berpikir positif, hal ini akan membantu Anda menemukan peluang untuk terus tumbuh dan hobi yang bisa Anda jalani untuk membuat hidup lebih berwarna.

Berolahraga secara rutin

Anda juga wajib berolahraga secara rutin. Berolahraga adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dan sehat. Sebuah riset menunjukkan bahwa berolahraga menghasilkan potensi anti inflamasi yang mampu menghambat tanda – tanda penuaan tubuh dan mencegah risiko terkena penyakit berat. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan seperti berjalan kaki, jogging, berenang, yoga, angkat beban, dan aerobik. Anda bisa memilih jenis olahraga sesuai kegemaran Anda, jangan terpatok pada list disini.

Manfaat lain yang diperoleh dari rutin berolahraga adalah kulit Anda akan senantiasa kencang, peredaran darah yang lebih lancar, menguatkan otot, mempercepat regenerasi kulit, dan detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Begitu banyak faedah olahraga yang bisa Anda raih. Mulailah dari saat ini untuk berolahraga secara teratur. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Tangkal stress

Stress bisa jadi penyebab penuaan dini yang sering tidak disadari. Banyak pikiran, gampang lelah, sulit tidur di malam hari adalah sekian banyak tanda Anda sedang menderita stres. Stres bisa sangat berbahaya bagi tubuh, efek jangka panjangnya bisa memicu penyakit kronis seperti depresi, diabetes, hipertensi, bahkan penyakit jantung. Tak ayal manajemen stres yang buruk akan mempercepat penuaan dengan menghasilkan kerutan-kerutan halus di wajah.

Jangan biarkan stres mengganggu ritme hidup Anda. Mulailah berbagi dengan orang terdekat Anda bila menghadapi masalah pelik. Anda bisa mengambil cuti dan berlibur untuk menghilangkan penat dan kembali bekerja dengan pikiran jernih.

Belajar meditasi

Meditasi secara ajaib memberikan dampak yang sangat hebat bagi pikiran dan kesehatan Anda. Menurut Deepak Chopra, M.D., pakar ahli pikiran dan tubuh, di salah satu bukunya mengatakan bahwa orang – orang yang bermeditasi memiliki usia biologis 5 – 12 tahun lebih muda dibandingkan dengan usia fisik mereka. Bermeditasi mampu menurunkan kadar hormon stres seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah dibandingkan orang lain yang tidak bermeditasi.

Anda bisa meluangkan waktu sebentar dengan bermeditasi dan menenangkan pikiran. Cobalah untuk bermeditasi 15 – 30 menit setiap harinya untuk membentuk mindset positif dan jiwa yang lebih bahagia.

Merawat kulit wajah

Tampak awet muda bisa didapatkan dari merawat kulit wajah. Perawatan kulit wajah harus dilakukan secara rutin dan telaten. Polusi, debu kotoran, dan asap kendaraan bermotor bisa berakibat buruk pada kulit jika tidak terawat dengan baik. Anda harus menjaga kesehatan kulit dengan mencuci muka minimal dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Gunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Kulit yang tidak terawat sangat rentan terkena radikal bebas dan mengganggu regenerasi kulit. Akibatnya kulit wajah terlihat lebih kusam, berjerawat, bahkan secara perlahan akan timbul tanda penuaan seperti keriput. Tentu Anda tidak menginginkannya kan?. Mulailah peduli pada kulit wajah Anda dimulai dari sekarang.

Konsumsi buah dan sayur

Tips lain untuk awet muda adalah mengonsumsi makanan yang memiliki banyak zat antioksidan. Antioksidan adalah zat anti penuaan. Anda bisa menemuinya pada beberapa jenis sayur dan buah seperti brokoli, tomat, dan semua jenis berry (bluberry, redberry, dan lainnya). Dr. Oz seorang penulis buku terkenal Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menyarankan untuk menyantap 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap hari. Selain itu semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antioksidan yang dapat membantu Anda tetap awet muda.

Mengkonsumsi sayur dan buah sebagai santapan sehari-hari memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Selain itu asupan yang sehat akan menutrisi kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit mati. Dr. Oz berpendapat bahwa awet muda bisa diraih dengan menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi serat 25 gr sehari untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa didapat dari buah dan sayuran yang Anda konsumsi setiap hari. Maka mulailah susun jadwal makan Anda dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Tidur cukup setiap malam

Aktivitas yang padat seringkali memangkas jadwal tidur Anda. Tak jarang begadang dilakoni untuk mengejar deadline yang mepet. Padahal jam tidur yang kurang akan berdampak buruk pada metabolisme tubuh. Pada dasarnya tubuh memerlukan durasi 7-8 jam untuk tidur di malam hari. Jam tidur yang kurang akan menurunkan stamina Anda keesokan harinya seperti mata mengantuk dan badan yang masih lelah. Riset dari University Chicago menyatakan bahwa kurangnya jam tidur akan mempengaruhi kandungan glukosa dan fungsi endokrin, yang berdampak buruk bagi tubuh terutama pada penderita diabetes.

Stop kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tidak sesuai bagi Anda yang memimpikan umur panjang dan awet muda. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang bisa mempengaruhi performa badan Anda secara keseluruhan. Mulai dari kulit yang rusak, penyakit jantung koroner, sakit pernapasan, dan banyak lagi penyakit kronis yang selalu mengintai Anda. Secara perlahan merokok akan mengurangi elastisitas kulit yang otomatis mempercepat munculnya keriput dan kerutan halus di wajah. Tentu Anda tak ingin bukan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? Mulailah membangun rutinitas yang baik dimulai dari sekarang.

Mencintai dan dicintai

Mendapatkan banyak cinta dan kasih sayang adalah dambaan setiap orang. Jika Anda sudah menikah, ingatlah masa-masa PDKT dan momen bahagia seperti kelahiran anak untuk mengenang momen manis pernikahan dan menambah rasa cinta kepada pasangan. Anda juga bisa merencanakan liburan bersama pasangan untuk menghangatkan pernikahan yang mungkin mulai terasa hambar.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang merasa bahagia di dalam keluarganya memiliki usia lebih panjang daripada orang yang hanya hidup sendirian. Dr. Marian C. Diamond, seorang ahli anatomi syaraf, melakukan penelitian bersama timnya dengan memelihara seekor tikus yang selalu dibawa ke mana pun mereka pergi. Hasilnya tikus-tikus itu hidup lebih lama dibandingkan dengan tikus yang hanya diam di kandang. Begitu dahsyat kan efek kasih sayang itu?

Tag