10 Rekomendasi Spinning Reel Terbaik yang akan Memaksimalkan Hobi Memancing Anda

10 Rekomendasi Spinning Reel Terbaik yang akan Memaksimalkan Hobi Memancing Anda

Untuk Anda yang hobi memancing, pasti menginginkan spinning reel terbaik agar performa semakin maksimal. Apa saja sih spinning reel terbaik yang bisa digunakan? BP-Guide punya rangkumannya untuk Anda.

Memancing Adalah Salah Satu Hobi yang Cukup Menyenangkan

Sumber gambar masterfile.com

Menurut sebagian orang, memancing adalah hobi yang paling sempurna dan menyenangkan. Ada nilai moral yang terkandung di balik kegiatan memancing, yaitu melatih kesabaran seseorang. Selain itu, muncul sebuah kepuasan tersendiri ketika berhasil menarik ikan dari dalam air. Kalau belum pernah mencoba, jangan pernah berpikir bahwa memancing adalah kegiatan yang sia-sia karena harus menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk menunggu ikan.

Untuk menunjang kegiatan memancing, tentu diperlukan alat yang mumpuni. Seseorang yang sudah telanjur cinta dengan memancing bahkan tidak ragu untuk menghabiskan hingga jutaan rupiah untuk membeli peralatan pancing. Semakin bagus alat memancing, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan banyak ikan. Salah satu peralatan memancing yang terpenting adalah spinning reel.

Ciri Khusus yang Ada pada Spinning Reel

Memiliki Bail Arm

Sumber gambar thereeltech.com

Bail arm merupakan salah satu bagian yang ada pada spinning reel. Fungsi bail arm sangat penting, yaitu sebagai pembuka dan penutup senar. Bail arm harus dibuka saat melakukan casting dan harus ditutup kembali setelahnya. Fungsi lain dari bail arm adalah mengarahkan senar saat digulung.

Spool Bergerak Naik Turun

Sumber gambar hunthacks.com

Pada spinning reel yang berkualitas, spool-nya bisa bergerak naik turun. Dalam istilah pemancingan, ini disebut dengan oscillating system. Oscillating system masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis seiring dengan perkembangan waktu. Yaitu arm oscillating system, gear oscillating system, worm shaft oscillating system, dan super slow oscillating system.

Oscillating system hanya ditemukan pada spinning reel yang sudah modern. Reel yang sifatnya masih konvensional biasanya hanya berputar saat dilakukan lemparan.

Posisi Reel Ada di Bawah Joran

Sumber gambar reelpursuits.com

Spinning reel yang posisinya di bahwa joran tidak cocok digunakan untuk memancing di air tawar. Karena berada di bawah joran, maka spinning reel dapat bekerja lebih baik jika digunakan di medan memancing yang luas, seperti di laut.

Jika Anda suka memancing di sungai, rawa, atau muara, sebaiknya jangan menggunakan spinning reel yang posisinya di bawah joran. Namun spinning reel jenis ini juga bisa dipakai untuk memancing di air tawar, asalkan areanya luas dan tidak banyak halangan seperti akar pohon dan dedaunan.

Menggunakan Sistem Drag Depan atau Belakang

Sumber gambar fishtrack.com

Ketika memancing, posisi drag pada reel harus terus disesuaikan. Jangan sampai terlalu longgar atau terlalu ketat agar line tidak putus. Agar line tidak putus saat bertarung, maka diperlukan sistem drag yang mulus.

Spinning reel biasanya menggunakan sistem drag depan atau belakang, tergantung pada letak drag knob-nya. Fungsi dari drag knob adalah mengatur tegangan senar saat melakukan strike, sementara drag yang ada di belakang atau free spool tension dial berfungsi mengatur larinya umpan.

10 Spinning Reel yang Bagus untuk Digunakan

Penn Battle II

Sumber gambar tokopedia.com

Memancing memerlukan reel dengan kekuatan "badak" agar mampu bertarung dengan ikan-ikan yang besar. PENN BATTLE II 4000 adalah spinning reel yang tidak perlu diragukan lagi kekuatannya, baik di air tawar maupun air laut. Terbuat dari bahan metal, memiliki 6 buah ball bearing, dan dengan gear ratio 6.2:1. PENN BATTLE II 4000 tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 1.050.000.

Penn Spinfisher SSV

Sumber gambar bukalapak.com

Masih dari merk yang sama, SPINFISHER V SSV 4500 juga tidak kalah tangguh. Spinning reel produksi Amerika ini sangat baik digunakan untuk memancing di air asin dan memiliki 6 ball bearing. Teknologi Water Tight pada alat ini dapat mencegah air masuk ke dalam gear box dan drag system. Body sideplate berfungsi untuk menjaga gear tetap presisi meski sedang tertekan. Maksimal drag pada spinning reel ini adalah 6,8 kg. SPINFISHER V SSV 4500 dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 1.380.000.

Shimano Stradic C 5000 XG

Sumber gambar tokopedia.com

Kalau spinning reel yang satu ini datang dari pabrikan Jepang, Shimano. SHIMANO STRADIC C 5000 XG memiliki gear ratio 6.2:1 dengan sistem ball bearing 6+1. Maksimal drag-nya hingga 11 kg dengan kecepatan gulungan 105 cm. SHIMANO STRADIC C 5000 XG tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 2.200.000.

Daiwa BG 5000

Sumber gambar tokopedia.com

Produk Daiwa dirancang sesimpel mungkin agar nyaman dan mudah untuk digunakan. Anda yang mencari spinning reel berkualitas harus memasukkan DAIWA BG 5000 ke dalam daftar, apalagi kalau Anda menyukai teknik jigging. Handle dan spool terbuat dari bahan aluminium, gear ratio 5.6:1, berat 640 gram, dan maksimal drag adalah 10 kg. DAIWA BG 5000 dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 1.620.000.

Ryobi AP Power III

Sumber gambar tokopedia.com

Meski tergolong baru, spinning reel keluaran brand Ryobi asal Jepang ini mendapat tempat di hati para mancing mania di Indonesia. Salah satu produknya yang berkualitas adalah RYOBI AP POWER III 6000.

Spool dan handle knob terbuat dari bahan aluminium yang kuat, dengan rotor arm dan large spool berbentuk V. Bahan dasar spinning reel adalah metal, sudah pasti kokoh dan tahan banting. Spinning reel ini memiliki gear ratio 5.0:1 dengan drag maksimal hingga 10 kg.

RYOBI AP POWER III dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 1.400.000.

Ryobi Mini Power 500

Sumber gambar tokopedia.com

Sementara itu Ryobi Mini Power 500 memiliki gear ratio 5.2:1, maksimal drag 3 kg, dan 6+1 ball bearing system. Bail arm terbuat dari bahan stainless steel dan main shaft yang terbuat dari bahan titanium. Ryobi Mini Power 500 tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 700.000.

Ryobi Ultra Power 800

Sumber gambar tokopedia.com

Ryobi Ultra Power 800 dilengkapi dengan ball bearing 6+1, gear ratio 5.2:1, dan maksimal drag hingga 3 kg. Kelebihannya adalah material yang ringan serta bail arm yang terbuat dari stainless steel. Ryobi Ultra Power 800 dijual di Tokopedia dengan harga Rp 700.000.

Ryobi Micro Power 500

Sumber gambar bukalapak.com

Ryobi Micro Power 500 memiliki spool berbentuk V, gear ratio 5.2:1, maksimal drag 3 kg, dan sistem ball bearing 3+1. Dapatkan produk ini hanya di Bukalapak dengan harga Rp 485.000.

Shimano Sienna FD 500

Sumber gambar tokopedia.com

Shimano Sienna 500 FD adalah spinning reel yang populer di kelas Ultra Light. Sebagai generasi penerus dari Sienna FB, produk ini memiliki banyak kelebihan seperti super stopper II untuk melakukan instant reverse. Gear ratio-nya adalah 4.7:1 dengan 3+1 ball bearing system yang terbuat dari bahan stainless steel.

Shimano Sienna 500 FD tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 425.000.

Okuma Ceymar C-10

Sumber gambar tokopedia.com

Spesifikasi umum Okuma Ceymar C-10 dilengkapi dengan multi-disk oil felt drag system, aluminium spool, bail arm aluminium, mesin presisi, dan bantalan anti reverse roller yang bisa berputar dengan cepat. Gear ratio 5.0:1 dengan 6+1 ball bearing system. Spinning reel dengan berat 170 gram ini memiliki kekuatan drag maksimal 3 kg.

Okuma Ceymar C-10 tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 460.000.

From our editorial team

Dengan Menggunakan Spinning Reel yang Baik, Memancing Akan Lebih Maksimal

Memancing adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun jika tidak menggunakan peralatan pancing yang berkualitas, Anda akan gagal mendapatkan umpan. Setelah membaca rekomendasi spinning reel terbaik dari BP-Guide di atas, Anda pasti sudah bisa menentukan spinning reel yang pas.

Tag