9 Jam Tangan Bergaya Jadul yang Layak untuk Dijadikan Investasi

9 Jam Tangan Bergaya Jadul yang Layak untuk Dijadikan Investasi

Jam tangan jadul atau vintage tentunya akan sangat pas dengan Anda yang menyukai gaya vintage. Sekarang, apa saja kelebihan dari jam tangan vintage? Dan apa perbedaannya dengan jam tangan modern? Simak ulasannya berikut ini.

Sebelum Mengoleksi Jam Tangan, Pilihlah Selalu Jam Tangan yang Anda Sukai

Wanita biasa tampil dengan aneka aksesori untuk membuat tampilan lebih sempurna. Mulai dari perhiasan, tas, hingga jam tangan bisa dipakai untuk melengkapi tampilan wanita. Pria pun tak mau kalah, meski pilihan aksesori pria tak sebanyak wanita, namun jam tangan bisa menjadi satu aksesori yang bisa membuat tampilan jadi berbeda.

Bukan hanya wanita yang gemar mengoleksi jam tangan. Pria pun sering mengoleksi jam tangan. Selain bisa untuk digunakan bergantian sesuai dengan acara, koleksi jam tangan juga bisa menjadi investasi tersendiri. Tentunya, yang dikoleksi bukan sekedar jam tangan biasa saja. Jam tangan yang bisa untuk investasi adalah jam tangan antik yang berkesan jadul namun menarik.

Jika Anda adalah kolektor baru jam tangan, sebaiknya memilih jam tangan yang disukai sebelum mengoleksinya. Nah kalau Anda tertarik dengan jam tangan berkesan klasik alias vintage, bisa perhatikan ciri dari jam kuno berikut ini. Setelahnya, Anda bisa lirik deretan rekomendasi jam tangan vintage untuk Anda miliki.

Buat Anda yang Tertarik dengan Jam Tangan Jadul, Perhatikan Ciri-cirinya Berikut Ini

Jam Tangan Jadul Umumnya Lebih Kecil dari Jam Tangan saat Ini

Apa sih pembeda utama jam masa kini dengan jam tangan jaman dulu? Perbedaan terbesar adalah dari segi ukurannya. Coba saja Anda perhatikan seksama, kebanyakan jam tangan dulu yang berkesan vintage memiliki ukuran lebih kecil daripada jam tangan yang ada saat ini.

Pada masa sekarang, kebanyakan diameter jam tangannya lebih besar. Sementara di tahun 60-an silam, jam tangan ukuran diameternya tidak lebih dari 34 mm. Bahkan jika kita memperhatikan di tahun 40-an, jam tangan justru diameternya lebih kecil yakni 31 mm.

Jam Tangan Vintage Tidak Menggunakan Baterai



Jam tangan vintage tak menggunakan baterai. Sebelum tahun 70-an, jam tangan tidak memakai mesin. Dahulu dikenal dengan nama jam tangan mekanis. Dan jam tangan ini dibedakan menjadi dua yakni yang hand windling dan juga otomatis. Bagi yang otomatis, maka pergerakan jarum jam dari gerakan pergelangan tangan pemakai. Sementara yang mekanis hand windling maka pemakai harus memutar tombol jam secara teratur agar jam tangan tetap hidup.

Jam Tangan Vintage Tidak Seakurat Jam Tangan Quartz yang Modern

Jam tangan memang dimanfaatkan untuk memberi tahu kita soal waktu. Makin presisi jamnya maka makin tepat waktu kita. Namun untuk kamu yang ingin mengoleksi jam vintage, ketahuilah bahwa jam tangan model kuno tak akan seakurat jam tangan masa kini dengan mesin quartz.

Jam vintage umumnya memiliki beda waktu antara 10 detik untuk 3 menit dalam sehari. Ini semua akan bergantung pada kualitas, jenis, hingga kondisi gerakan. Akurasi pada jam mekanik berada di bawah jam tangan quartz karena jam mesin akan sinkronisasi dengan jam atom dari satelit atau dari frekuensi radio.

Jam Tangan Vintage Perlu Diputar



Jam tangan vintage perlu diputar dengan teratur. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan waktunya agar bisa berjalan. Setidaknya jam tangan vintage perlu diputar sekali setiap hari supaya waktunya dengan tepat bisa berjalan.

Sebuah Jam Tangan Vintage yang Perlu Dipertahankan

Memiliki jam tangan vintage pasti akan memberi kebanggan tersendiri. Pasalnya jam tangan vintage tak mudah didapatkan seperti jam tangan sekarang. Sudah mulai langka dan memiliki harga yang tinggi, tak heran jika akhirnya banyak yang memburu jam vintage untuk jadi koleksi.

Jam vintage memang perlu dipertahankan supaya bisa lebih lama digunakan. Untuk itu tentu perlu perawatan yang maksimal supaya lebih awet. Jika dirawat, bukan tak mungkin jam tangan akan bertahan hingga lebih dari 100 tahun.

Beberapa Rekomendasi Jam Tangan Keren Bergaya Vintage untuk Anda

Rolex Daytona

Sumber gambar lazada.com

Jam tangan pria Rolex Daytona Cosmograph Full Gold Automatic ini merupakan jam tangan pria yang keren. Jam ini tergolong dari seri Daytona Cosmograph dengan case berukuran 4,4 cm. Produk ini memakai Miyota Movement Best Version dengan chrono aktif. Strap dan case-nya berbahan polished stainless steel sehingga sangat awet. Model case-nya bulat dan sangat klasik. Dihias kaca saphhire, produk ini water resistant. Jam tangan ini diberi garansi 3 bulan. Produk ini memakai baterai super AAA. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 1.750.000.

Omega Seamaster 300M

Sumber gambar tokopedia.com

Omega mulai muncul di tahun 1848 silam dan dikenal sebagai produsen dari sebuah bisnis jam skala kecil di Bienne. Brand yang satu ini didirikan oleh Louis Brandt. Di tahun 1894, ia membuat sendiri suku cadang khusus untuk jam buatannya. Lalu di tahun 1967, Omega sukses mendapatkan sertifikat chronometer dari lembaga khusus di Swiss. Keunggulan dari Omega adalah produknya ta mudah rusak dengan masa service hingga 10 tahun lamanya.

Omega Seamaster 300M ini adalah jam tangan model jadul yang bisa Anda pertimbangkan. Produk ini populer dengan nama Omega Diver James Bond 007 karena jamnya pernah digunakan pada film "James Bond". Produk ini bisa tahan air hingga kedalaman 300 meter. Ada crown pada bagian kiri atas sebagai helium velve. Ini bisa dipakai kala menyelam di dalam air. Ada display tanggal di posisi angka 3. Jam tangan ini berantai panjang dengan diameter case 41 mm. Case-nya sendiri cukup tipis, yakni hanya 10 mm. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 19.500.000.

TAG Heuer Carrera Tachymetre

Sumber gambar blibli.com

TAG Heuer merupakan salah satu brand jam tangan ternama yang patut dijajal. Perusahaan ini didirikan Edouard Heuer di Swiss pada tahun 1860. Produknya memiliki ciri khas chronograph, sehingga selain sebagai penunjuk waktu bisa jua untuk stopwatch. Produk dari brand ini selalu inovatif sehingga tak heran jika banyak selebritis papan atas memakai produknya. Sebut saja pebalap Lewis Hamilton hingga aktor Shah Rukh Khan.

TAG Heuer Carrera CV2A10.BA0796 Day Date Luxury Jam Tangan Pria ini hadir dalam warna silver. Produk chronograph watch ini memiliki desain kasual. Case dan link braceletnya berbahan stainless steel sehingga lebih awet. Jam ini memiliki black dial dengan 3 chrono eyes pada center dial. Untuk date display-nya ada di posisi angka 3. Produk ini memakai white Arabic numeral dan black bezel berdetail tachymeter scale. Jam dengan mechanical movement ini water resistant hingga 100 meter. Produk ini bisa dibeli di Blibli Rp 97.830.000.

Expedition Vintage Limited Edition 6697MALASBA SIlver

Sumber gambar tokopedia.com

Expedition merupakan sebuah brand jam tangan yang dulunya bernama Swiss Expedition. Mengusung segmen jam tangan outdoor, brand ini hadir dengan deretan produk jam tangan terbaiknya. Anda yang tertarik mengoleksi jam tangan bisa pertimbangkan produk dari Expedition yang keren abis.

Expedition Vintage Limited Edition 6697MALASBA Silver ini cocok untuk Anda. Jam tangan pria ini hadir dengan case stainless steel dan genuine Italian leather strap. Produk ini memakai white index numeral pada case diameter 46mm. Produk memiliki ketebalan case 15 mm dengan band width 24mm. Jam tangan ini memakai Japan automatic movement. Produk ini water resistant hingga kedalaman 50 meter. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 3 juta.

Panerai Luminor Base

Sumber gambar tokopedia.com

Panerai merupakan sebuah brand jam tangan kenamaan. Brand ini lebih mementingkan faktor pemasaran ketimbang tradisi dan juga nilai estetika sebuah jam tangan. Desain dari produk ini terkadang tak selalu disukai. Namun di situlah uniknya, karena bentuknya terkadang tak biasa dan akhirnya menarik banyak orang untuk mengetahui lebih lanjut tentang produknya.

Panerai PAM 112 bisa Anda coba miliki. Produk ini memakai manual winding sebagai mesinnya. Produk ini case-nya berbahan stainless steel. Jam tangan ini memiliki case berdiameter 44 mm. Produk ini casenya ditutup dengan saphhire glass sehingga tampak mewah. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 55 juta.

Rolex Submariner



Rolex Submariner Date Automatic ini merupakan jam tangan pria yang keren. Jam ini hadir dalam warna kombinasi silver blue. Produk ini memiliki case ukuran 4,4c m dan memakai Miyota Movement Best version. Produk jam tangan analog ini memiliki blue dial. Berbahan stainless steel dan dilengkapi kaca sapphire. Jam tangan ini water resistance dan bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 3 juta.

FOSSIL Grant Chronograph Egg Shell Dial FS4735

Sumber gambar blibli.com

Fossil merupakan sebuah brand besar produsen jam tangan. Brand ini mulai muncul tahun 1984 dengan Tom Kartsotis sebagai pendiri perusahaannya. Tahun 1990 lalu, brand ini menghadirkan produk jam tangan berbahan kulit yang langsung diminati banyak kalangan.

FOSSIL Grant Chronograph Egg Shell Dial FS4735 merupakan produk jam tangan pria yang bisa Anda miliki. Produk chronograph ini desainnya kasual. Berbahan silver stainless steel untuk bagian case dengan diameter 44 mm, produk ini hadir dengan brown genuine leather strap dan white dial. Jam ini memiliki 3 chrono eyes pada center dial. Produk dengan japan quartz movement ini memiliki black Roman numeral dan luminous hands. Produk ini water resistant hingga 50 m. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 2.700.000.

Mido Commander Automatic

Sumber gambar www.blibli.com

Mido merupakan brand jam tangan asal Swiss. Brand yang meluncur ke pasaran tahun 1959 ini hadir dengan deretan seri yang ikonik dan salah satunya seri Commander. Seri yang satu ini telah bertahan lebih dari enam dekade loh. Desainnya yang sederhana justru menjadi kunci eksisnya serian satu ini.

Mido Commander Automatic Stainless Steel Jam Tangan Pria ini hadir dalam warna gold. Jam tangan analog ini desainnya cukup kasual. Berbahan stainless steel untuk case dan link bracelet-nya, jam ini memiliki warna gold untuk dialnya. Produk ini memiliki day & date display window pada posisi angka 3. Jam ini memakai automatic movement dan memiliki water resistant 50 m. Jam bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 11.800.000.

TITUS Titomatic 75 Years DIAMOND ANNIVERSARY

Sumber gambar blogspot.com

Produk dari brand Titus sangat variatif dan keren untuk dimiliki. Mulai dari jam tangan navigasi hingga jam dengan layar otomatis waktu matahari terbit dan matahari terbenam ke menit setiap hari, semuanya bisa dikoleksi. Tak salah jika Anda memutuskan untuk mengoleksi beberapa jam tangan dari brand yang satu ini.

Di tahun 1962, Titus memperingati ulang tahunnya yang ke 75 dan merilis produk khusus yakni TITUS Titomatic 75 Years DIAMOND ANNIVERSARY. Produk keren ini didesain khusus sehingga case jamnya memiliki model unik. Desainnya keren dengan case jam berlapis emas setebal 20 micron. Date display-nya ada di dial angka 4 dan 5. Jam ini memiliki 25 permata dan berkesan mewah.

From our editorial team

Jam Tangan Vintage Menonjolkan Karakter Unik Anda

Beberapa produk jam tangan yang direkomendasikan BP-Guide di atas merupakan jam tangan terbaik dan bisa menjadi koleksi yang tak ternilai. Bila digunakan, tentunya akan memberikan kesan vintage nan unik untuk penampilan Anda. Jadinya, bila Anda penggemar ala-ala vintage, tentunya akan sangat pas bila menggunakan jam tangan ini.