Jangan Abaikan Virus Corona! Intip Tips DIY Masker Kain Kreatif (2021)

Jangan Abaikan Virus Corona! Intip Tips DIY Masker Kain Kreatif (2021)

Kasus penderita virus Corona-19 masih terus bertambah hingga saat ini. Tentunya kita tidak bisa mengabaikan protokol kesehatan begitu saja. Penggunaan masker harus tetap dilakukan terutama saat berada di luar rumah. Untuk menghemat waktu, Anda juga bisa membuat masker sendiri lho. Yuk, intip DIY masker kain dari BP-Guide di bawah ini.

Daftar isi

Masker Alat Utama untuk Melindungi Diri di Masa Pandemi

Sumber gambar www.webmd.com

Penyebaran virus corona yang mulai terjadi di akhir tahun 2019 kemarin, sampai saat ini belum juga selesai. Seluruh dunia merasakan penderitaan yang sama dan berjuang bersama untuk menjalani masa-masa yang berat ini. Walau begitu Anda tidak boleh pasrah begitu saja. Berbagai upaya harus Anda lakukan untuk mencegah tertular virus juga.

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan selalu menggunakan masker. Masker saat ini masih menjadi alat terbaik untuk mencegah virus masuk melalui bagian hidung dan mulut Anda.

Jadi Anda harus lebih memahami apa saja manfaat dari menggunakan masker di masa seperti ini. Anda juga bisa membuat masker sendiri sekarang, ingin tahu apa saja caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Menggunakan Masker dalam Kegiatan Sehari-hari

Melindungi Penyebaran Saat Batuk dan Bersin

Sumber gambar krocnews.com

Saat tubuh sedang tidak fit, banyak orang mengalami batuk dan bersin-bersin. Setiap Anda batuk atau bersin tadi, melalui hidung dan mulut Anda akan ada virus atau bakteri yang ikut keluar. Tanpa masker, maka virus dan bakteri yang keluar saat batuk dan bersin tadi bisa mengenai orang lain.

Akhirnya orang lain akan ikut terkena penyakit Anda juga. Inilah yang juga menjadi penyebab penyebaran virus corona semakin luas. Jadi lindungi penyebaran dengan masker ya.

Melindungi Wajah dari Debu

Sumber gambar flipboard.com

Wajah untuk Anda yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangan pun perlu dilindungi. Anda tentu tidak ingin kulit wajah Anda langsung terkena sinar matahari kan? Gunakan masker untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari itu.

Lebih penting lagi, wajah pun bisa terlindungi dari debu-debu yang sering menjadi penyebab jerawat. Jadi sangat banyak bukan manfaat dari mengenakan masker ini.

Mencegah Virus Masuk Melalui Hidung

Sumber gambar www.abc.net.au

Manfaat terpenting menggunakan masker di masa pandemi ini adalah untuk mencegah virus masuk melalui hidung. Itulah sebabnya Anda tidak boleh sampai salah saat mengenakan masker. Saat ini banyak orang memakai masker hanya untuk menutupi mulut.

Padahal masker harusnya dikenakan hingga menutupi bagian hidung dengan baik. Jadi Anda tidak akan mudah terkena penyakit karena mengenakan masker dengan baik.

Mencegah Virus Masuk Melalui Mulut

Sumber gambar www.suprememedical.com

Mulut juga menjadi media paling mudah berbagai virus dan bakteri masuk ke tubuh Anda. Jadi jangan sampai Anda tidak mengenakan masker dengan tepat.

Pastikan seluruh bagian mulut Anda tertutup. Jangan biarkan juga mulut terbuka karena Anda sering melepas-lepas masker. Pastikan untuk selalu memakainya dengan benar.

Mendukung Pemutusan Rantai Penyebaran

Satu lagi, pastinya Anda bisa membantu untuk memutus rantai penyebaran virus corona saat ini. Jadi jangan sampai Anda egois dan tidak mengenakan masker saat keluar rumah saat ini.

Jika Anda ingin pandemi ini segera berakhir, paling tidak kenakanlah masker selalu. Jadi tidak lagi terjadi penyebaran untuk selanjutnya dan kita bisa kembali hidup dengan normal.

6 Cara DIY Masker Kain untuk Corona Dihadang Masuk ke Tubuh Anda

DIY Masker dari Baju Bekas

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anda yang ingin membuat masker kain sendiri atau yang dikenal dengan istilah DIY saat ini, bisa menggunakan baju bekas. Pasti Anda punya banyak baju bekas di rumah bukan? Khususnya baju dengan bahan kaos yang tebal, sangat disarankan untuk Anda gunakan sebagai bahan membuat DIY Masker.

Langkah pertama, Anda bisa mulai dengan menggunting bagian bawah baju sekitar 18 – 20 cm tingginya. Setelahnya, ukurlah sekitar 2 cm dari sudut kanan ke bawah dan juga ke atas. Potong bagian tersebut hingga kira-kira 15 cm lebarnya.

Hasilnya Anda akan mendapatkan bentuk kain dengan dua tali di atas dan tali di bawah. Silangkan kedua tali itu di belakang kepala saat akan digunakan.

DIY Masker dari Stocking

Sumber gambar www.youtube.com

Ingin mencoba cara lain untuk mendapatkan DIY masker kain untuk corona? Cobalah gunakan stocking yang ada di rumah. Jika Anda seorang wanita, maka Anda pasti memiliki stocking di rumah.

Atau Anda bisa meminta pada wanita-wanita yang Anda kenal, jika ada stocking yang tidak mereka gunakan lagi. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda cukup menggunting ujung stocking terlebih dahulu.

Setelah itu, lipat dua stocking dan kembali potong sama panjang. Lipat ke dalam bagian stocking menjadi dua lapis dan gunakan sebagai masker yang bisa menutupi hingga leher Anda.

DIY Masker dari Kertas Saring

Sumber gambar www.youtube.com

Berikutnya DIY masker kain yang sangat disarankan adalah dengan membuatnya menggunakan lapisan kertas saring kopi. Anda tahu kertas saring kopi bukan? Kertas ini cukup Anda gunting agar berbentuk seperti masker saja.

Lubangi bagian kanan dan kirinya lalu masukkan kunciran rambut dari karet ke dalamnya. Rekatkan bagian lubang tadi ke atas dan bawahnya menggunakan isolasi. Jadi masker kain berlapis kertas kopi ini siap Anda gunakan. Tahukah Anda bahwa bahan masker kopi ini baik untuk menghalangi virus langsung mengenai hidung dan mulut Anda.

DIY Masker dengan Jahit Tangan

Jika Anda memiliki benang dan jarum di rumah, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan DIY masker kain untuk corona. Anda bisa menggunakan kain-kain yang ada di rumah misalnya kain perca.

Anda tinggal melipatnya menjadi berbentuk masker hingga dua atau tiga lapis. Setelah itu, Anda tinggal menjahit seluruh sisi dari bahan yang sudah Anda lipat.

Jika Anda ingin menggunakan bahan tali karet di kedua ujungnya, maka juga Anda tinggal menjahitnya langsung ke bahan kain tersebut. Lebih tahan lama dan tidak mudah rusak tentunya jika menggunakan jahitan tangan.

DIY Masker dengan Staples

Sumber gambar www.youtube.com

Cara membuat DIY masker kain untuk corona yang satu ini bisa menghasilkan masker yang benar-benar serupa dengan masker medis. Anda hanya memerlukan kain dan staples untuk bisa membuatnya. Silahkan siapkan kain dan gunting secukupnya untuk ukuran masker wajah Anda.

Lipat kain tersebut layaknya akan membuat kipas kertas. Setelah itu rekatkan bagian ujung-ujungnya dan menggunakan staples. Tambahkan karet gelang dan staples juga agar tidak mudah lepas dari kain yang Anda gunakan. Prosesnya sangat cepat dan mudah sekali bukan untuk mendapatkan masker DIY ini.

DIY Masker Tanpa Menjahit

Sumber gambar www.liputan6.com

Terakhir, Anda juga bisa membuat masker kain sendiri benar-benar tanpa menjahit. Langkah membuat masker tanpa menjahit ini adalah dengan melipat kain di bagian atas dan bawahnya. Setelah itu, lipat lagi sehingga menjadi berbentuk persegi panjang. Pasangkanlah karet gelang di kedua sisi kain itu. Anda bisa langsung mengenakannya sekarang. Ingat berhati-hatilah agar masker tidak lepas ya.

Itulah tadi beberapa cara membuat DIY masker kain untuk corona sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan langkah-langkahnya mudah.

Jadi tidak ada alasan lagi mengapa Anda tidak mengenakan masker. Pastikan untuk selalu mengenakan masker dan bantu untuk menghentikan penyebaran virus di sekitar Anda ya!

Tag