Kesulitan Menambah Berat Badan? Yuk, Konsumsi 10 Makanan Penambah Berat Badan ini! (2020)

Kesulitan Menambah Berat Badan? Yuk, Konsumsi 10 Makanan Penambah Berat Badan ini! (2020)

Selama ini banyak wanita yang diet untuk menurunkan berat badan. Ternyata, ada juga wanita yang mengalami masalah badan kurus. Sehingga mereka perlu meningkatkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal. Ternyata semua wanita ingin mendapatkan bentuk tubuh yang proposional. Untuk Anda yang ingin meningkatkan berat badan, berikut BP-Guide rekomendasikan makanan yang tepat. Simak juga info penyebab seseorang sulit menambah berat badan.

Daftar isi

Badan Terlalu Kurus Seringkali Susah Menambah Berat Badan

Sumber gambar www.stylecraze.com

Postur tubuh yang terlalu kurus ternyata sama sekali bukan idaman. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, terlalu kurus malah membuat tubuh menjadi terlihat tidak segar. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang badannya terlalu kurus berusaha untuk menambah berat badannya.

Sayangnya, menambah berat badan tidak semudah kelihatannya. Orang-orang dengan tubuh kurus, biasanya juga susah mengalami penambahan berat badan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab orang sulit menambah berat badan.

Selain itu, ada juga beberapa makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang berusaha untuk meningkatkan berat badan. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Apa Penyebab Seseorang Sulit Menambah Berat Badan?

Sistem Metabolisme Tinggi

Sumber gambar www.zerofasting.com

Orang-orang yang sulit gemuk biasa disebabkan oleh sistem metabolisme yang terlalu baik. Akibatnya proses pengolahan makanan di dalam tubuh terlalu cepat dan langsung dibuang dalam waktu singkat.

Artinya, tidak ada kandungan makanan yang disimpan dan diubah menjadi lemak dan massa tubuh. Hal ini sebenarnya sehat dan tidak menjadi masalah jika memang itu satu-satunya penyebab Anda susah gemuk.

Mengalami Cacingan

Masalah yang satu ini sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang sulit gemuk biasa disebabkan oleh kondisi cacingan.

Itulah mengapa di usia anak-anak, penting untuk selalu memberikan obat cacing secara berkala. Jika dibiarkan, maka pertumbuhan dan perkembangan anak akan menjadi terhambat karenanya.

Sudah Bawaan Lahir

Sumber gambar aleteia.org

Beberapa orang juga sulit menambah berat badan karena memang postur tubuhnya yang kecil adalah bawaan dari lahir. Kondisi ini juga sering dijelaskan sebagai sudah keturunan.

Tubuh yang secara genetik memang kecil dan tidak bisa gemuk, tentu alasan yang sangat umum dan wajar yang terjadi pada masyarakat saat ini.

Aktivitas Terlalu Padat

Sumber gambar study.com

Perhatikan juga bagaimana kepadatan aktivitas Anda. Seringkali orang sulit menambah berat badan karena asupan gizi yang dikonsumsi selalu terkuras habis akibat aktivitas yang terlalu padat.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengatur waktu dalam beraktivitas. Selain itu, seimbangkan juga dengan konsumsi gizi Anda dengan kepadatan aktivitas Anda ya.

Menderita Penyakit

Sumber gambar emvera.com

Penyebab yang ini harus sangat Anda waspadai. Beberapa orang yang sulit menambah berat badan ternyata diakibatkan oleh penyakit yang berkembang di dalam tubuh.

Jika dibiarkan begitu saja, maka penyakit ini bisa semakin bertambah parah dan bahkan bisa mematikan. Oleh sebab itu, periksakanlah tubuh Anda jika memang sudah mencoba berbagai hal tetapi berat badan Anda tetap sulit untuk naik.

10 Makanan Penambah Berat Badan yang Bisa Anda Coba Konsumsi

Alpukat

Sumber gambar avocadosfrommexico.com

Banyak orang salah mengira bahwa buah hanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Padahal beberapa buah adalah salah satu makanan penambah berat badan yang sangat signifikan manfaatnya. Salah satunya adalah buah alpukat.

Buah alpukat diketahui memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Namun lemaknya adalah lemak sehat. Selain lemak, ada juga kalori sebanyak 320 kkal dalam satu buah alpukat yang besar. Konsumsinya pasti bisa membantu Anda menambah berat badan tetapi tetap sehat.

Sayuran dan Olahannya

Sumber gambar cooking.nytimes.com

Satu lagi makanan penambah berat badan yang sering disalah artikan sebagai makanan untuk diet adalah sayuran dan olahannya. Sebenarnya jika Anda mengonsumsi sayur dalam jumlah yang banyak, kandungan di dalamnya bisa menambah nafsu makan Anda dan bisa membantu pengolahan nutrisi di tubuh.

Jadi kandungan gizi yang diserap tubuh menjadi lebih maksimal dan berat badan pun bisa naik dengan signifikan tanpa resiko masalah kesehatan. Anda bisa membuat salad, jus, hingga lalapan dari sayuran sebagai snack Anda mulai sekarang.

Daging Merah

Sumber gambar www.tasteofhome.com

Kalau makanan yang satu ini pasti semua orang setuju sangat bermanfaat untuk membantu menambah berat badan. Daging merah memang diketahui memiliki kalori yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari banyak jenis daging lainnya. Beberapa daging merah yang bisa Anda konsumsi adalah daging sapi, kambing, hingga babi.

Namun pastikan untuk memiliki potongan daging yang lemaknya sedikit. Hal ini agar tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya malah menyerang Anda seiring dengan naiknya berat badan ya.

Kacang-kacangan

Sumber gambar raisevegan.com

Tidak banyak yang tahu bahwa kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak yang sehat namun bisa membantu Anda lebih cepat gemuk juga. Kandungan dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, hingga tempe dan tahu ini baik untuk Anda makan jika sedang berusaha menambah berat badan.

Lakukan pengolahan yang lezat agar Anda lebih nafsu memakannya secara rutin. Lebih baik Anda tidak menggunakan terlalu banyak garam saat mengolah kacang-kacangan karena beresiko menyebabkan penyakit hipertensi karenanya.

Keju

Sumber gambar edition.cnn.com

Jika Anda ingin mencari makanan penambah berat badan yang tidak membosankan untuk dikonsumsi, maka cobalah mengonsumsi keju. Keju ini bisa Anda olah menjadi berbagai bahan masakan dan secara efektif bisa menaikkan berat badan Anda juga.

Setidaknya dalam satu ons keju terkandung 113 kalori. Jadi jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin, dalam waktu singkat berat badan Anda akan menunjukkan kenaikan. Kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa membantu pembentukan otot pada tubuh ya.

Nasi yang Cukup

Sumber gambar www.jessicagavin.com

Beberapa orang yang makan banyak tetapi tidak gemuk-gemuk ternyata mengonsumsi hanya sedikit nasi. Padahal nasi dalam satu kali porsi makan orang dewasa ini mengandung hingga 200 kalori. Jika Anda mengurangi porsinya, maka kalori yang didapat tubuh pun lebih sedikit.

Akhirnya tubuh Anda jadi lebih sulit untuk bertambah bobotnya. Jadi mulai sekarang konsumsilah nasi dalam jumlah yang cukup ya.

Olahan Makanan Manis

Sumber gambar chefcynthialouise.com

Sering mengkonsumsi olahan makanan manis juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menambah berat badan Anda. Ada banyak jenis olahan makanan manis yang bisa Anda coba. Misalnya seperti martabak manis, kue coklat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setidaknya Anda bisa mendapat asupan 600 kalori dalam sekali makan makanan olahan manis ini. Namun memang ada resiko penyakit yang mengintai jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan seperti ini.

Roti Gandum

Sumber gambar www.bobsredmill.com

Makanan penambah berat badan berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan kalori sekitar 69 kalori. Namun jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak tetap bisa menambah berat badan dalam waktu singkat.

Hanya saja resiko penyakit dari konsumsinya tidak terlalu tinggi. Alasannya adalah karena kandungan kalori di dalamnya adalah kalori baik yang bisa menaikkan berat badan tanpa menyebabkan masalah lain seperti kolesterol atau hipertensi.

Susu dan Olahannya

Sumber gambar www.johnsofinstow.co.uk

Susu adalah makanan penambah berat badan yang lengkap mengandung lemak, karbohidrat, hingga protein. Jika Anda rutin mengkonsumsi susu, maka berat badan Anda pun akan signifikan juga turut bertambah.

Hal ini bisa Anda lihat buktinya pada bayi dan balita yang lebih sering mengonsumsi susu, maka akan memiliki bobot yang lebih berat. Pilihlah jenis susu whole milk untuk hasil penambahan berat badan yang lebih cepat dan efektif.

Telur dan Olahannya

Sumber gambar www.thespruceeats.com

Terakhir, Anda yang sedang berusaha menambah berat badan bisa mengonsumsi telur dan berbagai olahannya. Telur memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat tinggi.

Lebih hebatnya lagi, kandungan kuning telur ini jika Anda konsumsi dengan dipadatkan (direbus), maka manfaat untuk menaikkan massa tubuh Anda akan lebih cepat terlihat. Anda bisa mengonsumsi telur sebanyak mungkin setiap harinya.

Tag