10 Rekomendasi Destinasi Liburan Hits Tahun 2019, Keindahan Alamnya Bikin Takjub, lho!

10 Rekomendasi Destinasi Liburan Hits Tahun 2019, Keindahan Alamnya Bikin Takjub, lho!

Bagi kebanyakan orang, liburan ke berbagai tempat wisata jadi hal yang wajib dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran yang lelah. Apakah kamu juga demikian? Untuk kamu yang doyan travelling, BP-Guide punya nih beberapa rekomendasi destinasi wisata yang lagi hits di tahun ini dan wajib masuk dalam agenda liburan kamu.

Lokasi Berlibur di Indonesia Sangat Luas dengan Beragam Keindahannya

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan keindahan alam dan memiliki daya tarik tersendiri. Berbagai tempat indah yang mempesona tersebar di seluruh penjuru nusantara dan menjadi tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Apa yang tidak dimiliki alam Indonesia ini? Mulai dari pegunungan, perkebunan, pantai, keindahan bawah laut, hingga keanekaragaman budaya yang menjadikan Indonesia semakin unik dan menarik.

Nggak perlu deh, liburan keluar negeri yang jauh kalau wisata dalam negeri saja masih banyak yang belum dijelajahi. Banyak tempat di setiap sudut Indonesia yang bisa dijadikan tujuan refreshing melepas penat dan stres. Menghilangkan kejenuhan juga lebih baik dan sehat dengan berwisata alam ketimbang jalan-jalan ke mal lho!

Tips Liburan Hemat namun Tetap Menyenangkan

Lakukan Survei Lokasi Liburan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat hendak berlibur ke suatu tempat adalah melakukan survei terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kamu bisa menghitung dan memperkirakan pengeluaran yang dibutuhkan untuk berlibur ke lokasi tujuan.

Kamu bisa mencocokkan bujet yang tersedia dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan dan peluang untuk mendapatkan diskon atau promo yang sedang tersedia. Informasi tentang destinasi liburan bisa kamu dapatkan dari internet, brosur, dan agen perjalanan.

Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Semua kebutuhan dan keperluan yang dibeli tanpa perencanaan bisa berpengaruh besar dengan persediaan bujet kamu lho. Karena itu setelah melakukan survei dan menentukan tempat tujuan untuk berlibur, kamu harus memesan tiket dari jauh-jauh hari. Mulai dari tiket penginapan, transportasi, hingga tiket masuk tempat wisata jika ada.

Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai penawaran terbaik untuk liburan yang lebih berkesan dengan harga hemat.

Usahakan Pergi Bukan di Musim Liburan

Sumber gambar youtube.com

Tips untuk menghemat bujet liburan selanjutnya adalah dengan menghindari liburan pada musim liburan. Kenapa? Saat datangnya musim liburan semua harga tiket jauh lebih mahal daripada hari-hari yang sepi pengunjung. Memang sih liburan pada musimnya terasa menyenangkan dan situasinya lebih mendukung.

Namun perlu dipertimbangkan juga bahwa mendatangi tempat wisata saat musim liburan yang ramai pengunjung, bisa membuat kegiatan liburan kurang efisien. Seperti sulitnya menikmati berbagai permainan karena antrean yang panjang hingga sulitnya bersantai menikmati pemandangan karena pengunjung yang terlalu ramai.

Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Sumber gambar indonesiaexpat.biz

Agar keuangan kamu tidak mengalami defisit setelah liburan, pastikan bujet yang telah ditentukan untuk liburan tidak melebihi target ya. Karena itu lupakan untuk menikmati liburan yang mewah dan menguras kantong.

Tapi kamu juga harus tetap mengutamakan kenyamanan selama liburan dengan cara berpandai-pandai dalam memilih penginapan, transportasi hingga pemandu jika dibutuhkan. Tidak perlu liburan yang mewah dengan fasilitas serba lengkap, namun pilihlah yang sederhana tapi bisa memberikan kenyamanan dan bisa membuat kamu menikmati liburan dengan baik.

10 Destinasi Liburan Hits Tahun 2019

Jembatan Situ Gunung, Sukabumi

Sumber gambar www.youtube.com

Sukabumi yang membentang di pesisir barat daya dan selatan provinsi Jawa Barat memiliki salah satu tempat wisata tersembunyi yang masih asri dan bisa menyejukkan pikiran lho. Ada jembatan Situ Gunung yang dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Asia.

Jembatan gantung nan eksotis dan memukau ini panjangnya mencapai 250 meter dengan ketinggian 150 meter yang akan mengajak kamu sangat dekat dengan alam.

Suasana di sini sunyi dan tenang karena dikelilingi pepohonan dan bukit sehingga sangat cocok untuk menjernihkan pikiran. Di tempat wisata ini ada wahana high rope dan river tubing, selain itu kamu juga bisa menyewa sepeda dari pihak pengelola. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 35.000.

Air Terjun Waimarang, Sumba Timur

Sumber gambar readtiger.com

Destinasi liburan unik selanjutnya yang seru untuk dikunjungi juga ada di pulau Sumba, yakni air terjun Waimarang yang jadi hits di kalangan traveller karena keeksotisannya. Jauh memang, tapi lelahnya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

Air terjun ini letaknya di pelosok dataran megah Sumba, tidak hanya air terjun Waimarang saja yang bisa dijadikan destinasi liburan di sini, tapi juga ada air terjun Tanggedu. Airnya sangat jernih, di sekelilingnya ada bebatuan yang susunannya terlihat sangat unik.

Kamu bisa menceburkan diri di kolam renang alam menikmati sejuk dan beningnya air terjun ini. Tidak ada biaya untuk tiket masuk ke objek wisata ini, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan seharga Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Pantai Outune, Kupang

Pantai sih banyak tersebar di Indonesia dan kita bisa dengan mudah menikmati keindahan pantai. Tapi kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat liburan ke pantai Outune di Oebelo, Amanuban Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk sampai ke pantai yang jadi favorit banyak wisatawan ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Kupang. Selama perjalanan menuju pantai kamu akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir yang indah.

Pantai ini pasirnya putih dan bergunduk-gunduk layaknya gurun luas di tepi pantai. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam, pantai dan pasir putih yang terbentang luas. Untuk masuk ke area pantai kamu hanya perlu membayar Rp 3.000 saja. Murah banget, ya?

Pulau Tukong, Belitung

Sumber gambar www.belitungisland.com

Destinasi liburan unik berikutnya ada di Bangka Belitung, yakni pulau Tukong yang letaknya tak jauh dari pulau Kepayang dan pulau Lengkuas, yakni sekitar 200 meter saja. Bangka Belitung selain memiliki budaya yang khas, memang dikenal juga sebagai wilayah yang memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tersebar, jumlahnya ada 470 pulau.

Kamu juga bisa menyeberang ke pulau Tukong ini hanya dengan berjalan kaki saat pasang surut, lho. Di sini kamu bisa menyaksikan laguna berwarna pirus yang sangat cantik dan indah. Kamu juga bisa naik ke atas bukit batu untuk menikmati keindahan laut dan pulau Lengkuas dari kejauhan.

Atau bisa juga menikmati keindahan pantai sambil berjalan santai dan berenang. Cocok banget nih untuk kamu yang ingin menikmati liburan romantis bersama pasangan. Kamu perlu membayar di pintu masuk menuju pulau ini sebesar Rp 50.000, pintu masuknya bisa dari pulau Lengkuas atau pulau Kepayang.

Wae Rebo, Flores

Sumber gambar www.pinterest.ru

Flores juga terkenal dengan keindahan alam dan warisan budayanya yang memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Flores masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari gugusan kepulauan. Tujuan liburan yang ada di sini adalah Wae Rebo, yang bagaikan surga di atas langit. Letaknya di kabupaten Manggarai sebelah barat daya kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur.

Wae Rebo berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut yang menyuguhkan keindahan alam. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa lembah, bukit, pegunungan dan rumah-rumah kerucut yang semuanya berpadu dengan indah. Para wisatawan di sini dapat menjelajahi desa yang telah dibimbing oleh Indonesia Ecotourism Network untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Wae Rebo.

Kamu akan menemukan penduduk yang sibuk dengan aktivitas sederhananya seperti melihat ibu-ibu yang masak di tungku kayu, menjemur kopi, memberi makan ayam dan berbagai kegiatan lainnya yang tidak dapat kamu temui di perkotaan. Tidak mudah untuk sampai ke tempat ini karena lokasinya diapit oleh pegunungan sehingga kamu harus berjalan kaki selama 3-4 jam.

Biaya yang harus dikeluarkan juga cukup menguras kantong, tarif yang dikenakan per orangnya adalah Rp 325.000 per malam untuk 2 kali makan. Sementara untuk 1 kali makan dikenakan tarif Rp 200.000 per orang. Berbeda lagi jika di tempat ini sedang ada festival atau acara adat Penti, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 450.000 per orang untuk satu malam. Untuk menikmati acara Mbata, kamu juga harus membayar Rp 250.000 per pentas.

Ayanaz Gedong Songo, Semarang

Sumber gambar blog.jadipergi.com

Kalau mau liburan ke tempat yang dekat, kamu bisa menikmati liburan di Ayana Gedongsongo. Lokasi tepatnya beralamat di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Semarang juga merupakan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan karena kota ini juga memiliki beragam objek wisata yang menarik.

Mulai dari wisata sejarah, alam, hingga kuliner ada di sini. Ayana Gedongsongo ini terletak di bawah candi Gedong Songo dan kamu harus berjalan sejauh 100 meter dari pintu masuk. Ada banyak spot menarik di sini untuk berfoto dan ber-selfie ria.

Pengelola menyediakan spot unik untuk berfoto seperti hammock, bubble tent, tempat duduk unik di tengah kolam, balon udara, dan berbagai spot cantik lainnya yang sangat instagramable. Harga tiket masuk ke objek wisata ini sebesar Rp 20.000 dan untuk menikmati spot di dalamnya kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Pulau Bintan

Sumber gambar www.bintan-resorts.com

Salah satu destinasi liburan unik yang wajib kamu kunjungi adalah pulau Bintan yang terletak di kepulauan Riau. Pulau Bintan ini merupakan gerbang masuknya turis ke Indonesia selain Batam, yakni dari selat Singapura. Bintan ini merupakan kepulauan terbesar di Riau karena terdiri dari 3.000 pulau yang terbentang di sekitar selat Malaka, laut Cina Selatan, Singapura dan Johor Baru, Malaysia.

Setiap tahunnya pulau Bintan kedatangan ribuan wisatawan lho. Objek wisata yang ada di sini adalah vihara Ksitigarbha Bodhisattva yang merupakan tempat ibadah umat Buddha dan merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara. Letaknya 110 km dari pusat kota di sebelah barat kota Tanjungpinang dengan jarak tempuh sekitar 20 menit.

Uniknya vihara yang juga dikenal dengan sebutan vihara 1000 wajah ini membuat banyak wisatawan beragama lain datang untuk menikmati 500 patung dengan mimik wajah yang berbeda. Patung-patung ini bersusun melingkar dengan tinggi 1,8 meter. Selain menikmati keunikan tempat ibadah ini kamu yang non-Buddha bisa berfoto ria di sini. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 saja.

Kawah Ijen, Banyuwangi

Sumber gambar visitindo.blogspot.com

Destinasi selanjutnya adalah kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan The Sunrise of Java memiliki banyak daya tarik untuk mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara dan menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata favorit.

Kawah Ijen menyuguhkan pemandangan alam yang indah ini luasnya 20 km dan berada di atas 2.368 meter DPL. Suhu di kawah ini mencapai 200 derajat Celcius dan dikelilingi dinding kaldera 300-500 meter yang tampak mengagumkan dan sangat indah.

Di sini kamu juga bisa menikmati blue fire atau pesona api biru yang sangat terkenal dan telah mendunia. Di sini kamu bisa trekking sambil menikmati sunrise dan blue fire, tentunya untuk datang ke sini stamina juga harus fit ya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni cukup membayar Rp 7.500 saja.

Taman Edelweiss Dekat Pura Besakih, Bali

Sumber gambar explorewisata.com

Bali pastinya sudah menjadi destinasi liburan favorit banyak wisatawan lokal dan mancanegara, ya. Ada banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati di sini, mulai dari wisata budaya, danau, air terjun, kuliner dan pastinya pantai. Nah, tempat wisata terbaru di Bali adalah taman Edelweiss yang letaknya dekat Pura Besakih, tepatnya di Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Tempat ini sangat instagramable yang dipenuhi bunga kasna, mirip sekali dengan edelweiss. Kamu bisa berfoto ria di hamparan padang bunga kasna yang sangat luas. Ada banyak spot cantik untuk berfoto yang telah disediakan pihak pengelola.

Di sini kamu juga bisa merasakan suasana negeri Belanda karena ada kincir angin, ada pula gardu pandang yang latar belakangnya berbentuk hati, ayunan kayu, jembatan, dan pondok. Harga tiket masuknya sangat murah karena kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja.

Labengki dan Sombori, Sulawesi

Destinasi liburan unik terakhir ada di Sulawesi, yakni Labengki dan Sambori yang disebut juga sebagai miniatur Raja Ampat. Lokasi wisata ini tepatnya berada di kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Sulawesi memang terkenal dengan ragam budaya menarik dan mempesona sehingga masuk dalam daftar destinasi wisata favorit banyak wisatawan.

Untuk datang ke Labengki kamu perlu melakukan perjalanan darat selama 1 jam menuju daerah Toli-toli, setelahnya kamu juga harus naik kapal selama 3 jam. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan memancing sambil menikmati keindahan laut berpadu dengan batu karang besar.

Kamu juga bisa menikmati keindahannya sambil bermain di pantai dan menara mercusuar yang ada di sebelah timur tempat ini. Untuk menikmati liburan di sini kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 400.000, walau mahal tapi terbayar dengan keindahan tempat ini.

From our editorial team

Yakin Nggak Ingin Menghabiskan Masa Liburan di Tempat-tempat Ini?

Kamu pencinta travelling apakah sudah pernah datang ke salah satu destinasi tempat liburan di Indonesia ini? Jika belum, yuk segera atur jadwal untuk liburan tahun ini ke salah satu tempat wisata unik dengan pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Dijamin liburan kamu akan sangat berkesan deh!

Tag