Bibir Sehat dan Natural dengan 7 Rekomendasi Lipbalm yang Sempurnakan Pesona Wajahmu (2020)

Bibir Sehat dan Natural dengan 7 Rekomendasi Lipbalm yang Sempurnakan Pesona Wajahmu (2020)

Kondisi cuaca yang dingin belakangan ini membuat bibir cepat kering dan pecah-pecah. Jangan dulu khawatir karena kamu bisa mengatasi masalah bibir pecah-pecah ini dengan lipbalm. Yuk, atasi dengan lipbalm pilihan blogger Agin Puspa berikut ini!

Blogger
Agina Puspa
Seorang blogger pecinta novel, penyuka kopi, dan coba-coba berbagai kerajinan tangan. Suka menulis di berbagai platform, Agin adalah salah satu content writer di BP-Guide.id. Tulisan-tulisannya bisa dibaca di http://nuranipuspa.blogspot.com/

Bibir Kering dan Pecah-pecah Membuat Penampilan Terganggu

Bibir menjadi salah satu bagian tubuh yang terlihat dan memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi bagi seorang wanita yang terbiasa memoles berbagai jenis lipstik, pastinya dibutuhkan perawatan yang maksimal agar bibir tetap terlihat sehat dan lembap.

Sayangnya, kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat bagian bibir kering, pecah-pecah, bahkan sampai berdarah. Tentunya, kondisi seperti ini akan sangat mengganggu penampilanmu. Jangan harap bisa menggunakan lipstik, untuk sekadar memasukan makanan atau minuman saja terasa sulit.

Jangan Acuh, Kenali Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah sangatlah tidak nyaman. Ada berbagai penyebab yang membuat bibir menjadi kering bahkan dari hal-hal yang mungkin sudah biasa kita lakukan baik secara sadar maupun tidak.

Kondisi Udara yang Berubah Drastis

Keadaan suhu ruangan atau tempat berdiam diri yang secara tiba-tiba berubah dapat berpengaruh kepada tubuh. Salah satu yang cukup rentan adalah bagian bibir. Jika terjadi pergantian musim dengan suhu yang cukup ekstrim biasanya akan membuat bibir kehilangan kelembapannya. Jika tidak segera diatasi dapat membuatnya semakin parah.

Alergi terhadap Produk Tertentu

Beberapa produk yang biasa digunakan sehari-hari bukan tidak mungkin menimbulkan alergi di masa depan. Produk-produk seperti lipstik, pasta gigi, atau make up wajah lainnya bisa jadi salah satu sebab bibir yang kering ataupun iritasi. Penting bagi kita untuk mengecek kembali kandungan yang ada pada produk-produk tersebut.

Menjilati atau Menggigit Bibir Tanpa Sadar

Bagi orang-orang tertentu kebiasaan menjilati atau menggigit bibir ini menjadi pengalihan dari rasa yang ditahannya jika ada dalam situasi yang tidak nyaman. Kebiasaan buruk ini jelas menimbulkan masalah yang dapat merusak kondisi bibir. Cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan ini.

Tubuh Kekurangan Vitamin

Bibir yang kering adalah tanda atau sinyal yang dikirimkan tubuh bahwa kondisinya sedang tidak baik. Tubuh yang kekurangan vitamin dapat mempengaruhi kesehatan kulit mulai dari bibir pecah-pecah, timbul jerawat, dan ruam.

Namun jangan salah kaprah juga, tubuh yang terlalu banyak kandungan vitamin A pun ternyata tidaklah baik dan dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Ini biasanya terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi suplemen.

Indikasi Adanya Penyakit Lain

Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah bisa juga akibat dari penyakit lain yang diidap oleh tubuh, seperti penyakit tiroid atau radang usus. Beberapa jenis penyakit tiroid yang menyebabkan terganggunya hormon ini dapat terlihat dari kondisi bibir seseorang.

Gejala menopause dan radang di sudut mulut juga menjadi pemicu yang membuat bibir kering serta pecah-pecah. Untuk memastikannya, butuh konsultasi lebih serius dengan dokter agar dapat segera diatasi dengan benar.

Cari Tahu Perawatan Terbaik untuk Bibir Kering dan Pecah-pecah

Jika penyebab bibir kering dan pecah-pecah bukan karena kondisi medis sebagai efek dari penyakit lain, kamu bisa melakukan berbagai perawatan yang dapat mengembalikan kelembapannya agar kembali.

Hidrasi Tubuh dengan Air yang Cukup

Tubuh yang kekurang cairan akan terlihat dari kondisi bibir yang kering dan wajah yang terlihat kusam. Penting untuk meminum air mineral minimal 8-10 gelas per harinya agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Selalu lengkapi tasmu dengan botol air minum agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan sekalipun aktivitasmu sangat padat.

Rawatlah Bibir dengan Bahan-bahan Alami

Jika sedang memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya memberikan treatment istimewa untuk bibirmu. Kamu bisa mengoleskan bahan-bahan alami pada bibir agar kondisinya tetap sehat. Bahan-bahan yang bisa digunakan adalah lidah buaya, madu, mentimun, teh hijau, minyak zaitun, ataupun minyak kelapa.

Selain itu, kamu bisa juga melakukan eksfoliasi bibir untuk mengangkat sel-sel mati pada bibirmu. Gunakan bahan-bahan alami seperti campuran gula pasir dan madu, kemudian scrub bibir secara perlahan. Hasilnya pasti akan membuatmu bahagia.

Cukupi Nutrisi Tubuh dengan Buah dan Sayuran

Aktivitas yang padat seringkali jadi faktor utama yang menyebabkan pola makan terganggu. Termasuk untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang tinggi serat.

Padahal nutrisinya mudah dicerna dan diproses tubuh sehingga tubuh tetap terjaga kondisi dan kelembapannya. Kulit yang sehat akan selalu terpancar dari kamu para penyuka buah dan sayur.

Gunakan Lipbalm untuk Perawatan Bibir

Lipbalm memiliki fungsi utama melembapkan bibir. Penggunaan lipbalm dapat meminimalisir kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Biasakan untuk menggunakan lipbalm sebelum mengoleskan lipstik agar bibir tetap sehat walaupun menggunakan berbagai produk lipstik. Jangan sampai bibirmu jadi rusak karena kurang perawatan, ya.

Rekomendasi Lipbalm Paling Favorit Pilihan Agin Puspa

Berbicara tentang menjaga lembapan bibir tentu tidak jauh-jauh dari produk yang bernama lipbalm. Produk yang satu ini tergolong skincare karena berfungsi untuk membuat bibir tetap terlindungi dan tampil dengan sehat.

Hampir sebagian besar merek kosmetik memiliki produk berupa lipbalm dengan beragam manfaat bahkan warna yang dapat dipilih sesuai favoritmu. Pilihlah lipbalm sesuai warna dasar bibirmu, karena beberapa lipbalm dapat mengeluarkan warna-warna cerah seperti pink, merah, ataupun oranye.

Lipbalm selalu jadi penolong unggulan bagi saya terutama untuk dialy look bahkan untuk menjaga bibir tetap lembap sebelum menggunakan produk lipstik yang memberikan efek kering. Beberapa produk lipbalm ini terbukti ampuh banget untuk membuat bibirmu sehat.

Yuk, cari tahu berbagai produk lipbalm yang layak kamu pilih dan masukkan ke dalam daftar belanja kosmetikmu bulan ini.

Baby Lips Color

Lipbalm yang jadi rekomendasi pertama adalah Baby Lips Color dari Maybelline. Ada empat pilihan warna natural yang pasti akan cocok untuk warna bibirmu, seperti berry crush, cherry kiss, coral crush, dan pink lolita.

Selain memberikan efek lembap pada bibir karena mengandung jojoba oil dan vitamin E, lipbalm ini dilengkapi dengan SPF 20 yang siap melindungi dari paparan sinar matahari saat berativitas di luar ruangan.

Harga Rp. 28.000-35.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Tekstur dari lipbalmnya mudah untuk diaplikasikan dan sangat nyaman bila digunakan untuk sehari-hari. Lipbalm dari Maybelline ini dapat memberikan efek glossy pada bibir jika dioleskan beberapa kali bahkan dapat menyamarkan warna bibir yang hitam, lho. Pastinya, bibir akan tampak semakin sehat dan cerah saat mengaplikasikan lipbalm ini. Gimana nggak bikin semakin jatuh cinta, kan?

Nivea Fruity Shine Lip Balm

Pasti sudah tidak asing lagi dengan produk-produk dari Nivea, kan? Untuk merawat bibir dari kondisi kering bahkan pecah-pecah, kamu bisa lho memilih Nivea Fruity Shine Lip Balm yang tidak hanya dapat melembapkan namun membuat bibirmu semakin cantik karena efek shimmer yang ada di dalamnya.

Harga Rp. 15.480-23.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Menurutku, produk ini enak banget di bibir. Asyiknya lagi, Nivea Fruity Shine Lip Balm memiliki empat varian, yaitu cherry, strawberry, peach, dan pink guava dengan formula intensive mosturizer-nya. Kamu pasti nggak sabar untuk nyobain yang sesuai selera kamu, dan lagi formulanya terdiri dari minyak almond, minyak jojoba, shea butter, dan sentuhan aroma buah-buahan segar yang membuat senyumanmu semakin memesona.

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm

Masih mencari lipbalm dengan tekstur super ringan walaupun diulas hingga berkali-kali? Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm bisa jadi pilihanmu. Ada dua pilihan lipbalm dari Wardah ini, yaitu strawberry dan grape. Kedua varian ini menghasilkan warna sheer merah muda yang tampak natural saat diaplikasikan pada bibir.

Harga Rp. 19.000-25.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Dari pengalamanku, bibir tetap terasa lembap bahkan sampai 8 jam, apalagi dengan adanya formula UV Protection yang dapat melindungi bibir dari jahatnya sinar matahari. Sssttt, lip balm ini bisa juga lho dijadikan blush on untuk menghasilkan wajah tampak lebih glowing. Sangat cocok untuk kamu anak sekolahan atau kuliahan karena harganya sangat terjangkau.

Emina Oh So Kissable Tinted Balm Stick

Tidak kalah menarik dari merek Wardah, Emina juga memiliki produk lipbalm andalan dengan formula pH-smart dan mampu melindungi dari sinar UV. Terdapat dua varian, yaitu plum candy dan pink bonbons yang dapat memberikan kesan pink natural pada bibir.

Harga Rp. 21.725-26.500
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Produk ini juga recommended banget, ya. Untuk menjaga bibir tetap lembap, kandungan dari shea butter dan antioksidan dari vitamin E semakin membuat lipbalm satu ini jadi pilihan utama kamu. Tekturnya tidak lengket di bibir dan kamu perlu mengoleskannya beberapa kali untuk mendapatkan warna pink natural idamanmu.

Lip Ice Fruity Lip Balm

Jika sedang mencari base untuk bibir, kamu bisa memilih Lip Ice Fruity Lip Balm yang tetap melembapkan tanpa mengeluarkan warna pink. Produk ini memiliki kandungan fruity yoghurt, vitamin E, dan aroma buah yang bisa kamu pilih mulai dari strawberry, apple, cherry, dan lemon.

Harga Rp. 14.500-17.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Uniknya, lipbalm dari Lip Ice ini dapat memberikan sensasi dingin menthol seperti mint saat diaplikasikan pada bibir. Sedangkan kandungan SPF15-nya dapat melindungi bibir dari teriknya sinar matahari. Kemasan yang mungil menjadikannya nilai plus yang layak kamu pilih untuk dibawa ke mana-mana.

Pixy Lip Conditioner

Perawatan bibir memang tidak boleh asal-asalan. Demi menjaga kesehatan bibir, dibutuhkan formula lip conditioning agent yang dapat memberikan kelembapan ekstra sehingga bibir tetap lembut jauh masalah kering dan pecah-pecah.

Harga Rp. 21.600-23.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Meskipun pada bagian stiknya terlihat warna yang sangat menyala, namun saat diaplikasikan pada bibir warna yang tampak sangatlah samar atau sheer. Tersedia dalam empat warna, yaitu pink, oranye, merah, dan transparan. Pastinya, bibirmu terlihat semakin natural dan cantik.

Silkygirl Color Lip Balm

Salah satu perawatan efektif dalam mengatasi bibir kering adalah penggunaan lipbalm secara rutin. Lip balm dari Silkygirl memiliki kandungan jojoba oil untuk mencegah bibir kering, shea butter oil untuk mempertahankan kelembapan bibir, vitamin E sebagai antioksidan yang dibutuhkan bibir, dan macadamia ternifolia see oil untuk menghaluskan tekstur bibir.

Harga Rp. 26.000-35.000
Agina Puspa

Blogger Agina Puspa

Nah, kamu nggak perlu bingung lagi saat cari lipbalm yang pas buat cuaca dingin saat ini. Bibirmu nggak bakal kering lagi selama kamu rajin untuk memakai lipbalm di atas. Cobain, ya!
Tag