Bingung Menata Ruang Tamu? Inilah 8 Ide Desain Ruang Tamu Low Budget, tapi Tetap Cantik (2020)

Bingung Menata Ruang Tamu? Inilah 8 Ide Desain Ruang Tamu Low Budget, tapi Tetap Cantik (2020)

Anda tentu menginginkan rumah yang nyaman dengan desain ruangan-ruangan yang cantik. Namun, menata ruangan terutama ruang tamu bukan hal yang mudah. Seringkali Anda harus mempertimbangkan pilihan desain dengan dana yang tersedia. Nah, artikel ini akan membantu Anda menata ruang tamu dengan dana yang terbatas namun bisa menghasilkan desain ruang tamu yang cantik.

Daftar isi

Inspirasi Dekorasi Interior Rumah Sesuai Selera

Rumah yang nyaman adalah rumah yang Anda dekorasi sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Walau saat ini banyak penyedia layanan desain rumah yang bisa Anda gunakan jasanya, namun seringkali rasa kurang puas muncul saat melihat hasillnya. Jika sudah seperti ini, maka sebaiknya Anda mencari sendiri inspirasi dekorasi interior rumah Anda.

Inspirasi dekorasi interior rumah kini sudah bisa banyak Anda temukan di internet. Carilah berbagai dekorasi sesuai ruangan mana yang ingin Anda desain di rumah.

Kebanyakan orang memberikan perhatian khusus pada desain ruang tamu di rumahnya. Jika Anda juga salah satu di antaranya, maka simaklah penjelasan berikut ini mengenai mengapa ruang tamu adalah bagian yang penting dan apa saja ide desain untuk ruang tamu yang hemat namun tetap cantik.

Mengapa Ruang Tamu Menjadi Bagian Penting dari Rumah?

Merupakan Ruangan Pertama dan Paling Depan Posisinya

Jika Anda sadari, ruang tamu adalah ruang pertama dari setiap rumah. Keberadaan ruangan ini pun selalu paling depan dari seluruh bagian rumah. Berdasarkan posisinya saja, ruangan ini menunjukkan betapa penting keberadaannya. Jadi sangat wajar jika seseorang memberikan perhatian khusus dan mementingkan desain pada bagian ruang tamu ini.

Menjadi Tempat Anda Menerima Tamu Secara Rutin

Sesuai namanya, ruang tamu adalah ruangan yang menjadi tempat Anda menerima tamu yang datang ke rumah. Jika Anda rutin menerima tamu ke rumah, maka penting sekali keberadaan ruangan ini. Tamu yang adalah orang di luar keluarga Anda akan sering melihat ruang tamu Anda dan menunjukkan rasa nyaman atau tidaknya ketika mengunjungi rumah Anda.

Menunjukkan Citra Anda Sebagai Pemilik Rumah

Lebih lanjut, jika banyak tamu tidak nyaman mengunjungi rumah Anda maka bisa dibilang ruang tamu Anda pun kurang nyaman. Ruang tamu yang kurang nyaman ini bisa menunjukkan citra Anda sebagai pemilik rumah yang kurang pas mendesain ruangan sehingga menjadi tidak nyaman untuk bertamu. Sangat disayangkan bukan jika Anda memiliki citra seperti ini di mata tamu-tamu Anda?

Memberikan Rasa Nyaman Setiap Masuk ke Rumah

Bagi Anda sendiri sebagai pemilik rumah, keberadaan ruang tamu yang nyaman akan memberikan rasa nyaman pada Anda setiap memasuki rumah. Penat di luar rumah akan segera hilang ketika Anda masuk rumah melalui ruang tamu ini. Jadi sangat penting memang mendesain ruang tamu sebaik mungkin, karena efeknya pun Anda sendiri yang akan merasakannya.

Memudahkan Anda Mendesain Ruangan Lain

Satu lagi alasan mengapa penting sekali mendesain ruang tamu dengan tepat adalah karena pengaruhnya untuk Anda dalam mendesain ruangan lain. Anda akan menjadikan ruang tamu sebagai patokan dan menyesuaikannya dengan desain ruangan lain agar serasi. Jika Anda sudah kurang pas mendesain ruang tamu, maka pengaruhnya juga akan dirasakan hingga saat mendesain ruangan lainnya.

8 Ide Desain Ruang Tamu

Ruang Tamu Tanpa Sekat dengan Ruang Lain

Ide pertama untuk desain ruang tamu yang low budget adalah dengan mengurangi penggunaan sekat. Tidak selalu ruang tamu harus bersekat dengan ruang lain yang ada di sekitarnya. Anda bisa menggabungkan ruang tamu dengan dapur dan ruang makan misalnya. Desain ruang tamu yang seperti ini akan menghemat biaya pembuatan sekat. Jika Anda pandai memilih furniturnya, maka walau low budget ruang tamu Anda akan tetap terlihat cantik dan serasi dengan ruangan lain.

Menggunakan Ukuran Sofa yang Kecil, tapi Estetis

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan ide ini untuk memastikan penghematan dalam mendesain ruang tamu. Sofa adalah furnitur utama yang dibutuhkan pada ruang tamu, bukan? Kebanyakan orang menghabiskan biaya yang sangat besar untuk membeli sofa yang besar dan serasi. Sebenarnya Anda tidak harus membeli sofa besar dan sofa-sofa kecil yang sama. Anda bisa menggunakan sofa kecil yang berbeda-beda, namun tetap harus menimbang nilai estetikanya dengan furnitur lain.

Menambahkan Tanaman di Sudut-sudut Ruangan

Jika Anda tidak memiliki guci atau pajangan mahal untuk dekorasi ruang tamu, maka manfaatkanlah tanaman. Ada banyak tanaman cantik berbagai ukuran yang bisa Anda manfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Jangan ragu menggunakan banyak tanaman dalam satu ruangan. Anda bisa meletakkan tanaman-tanaman itu di sudut-sudut ruangan yang terasa kosong tanpa dekorasi mahal. Asalkan ada tanaman yang cantik, ruang tamu Anda pun akan terlihat cantik juga.

Menggunakan Dominasi Warna Putih untuk Dinding

Kunci dari desain ruang tamu yang cantik adalah ruang yang terlihat longgar dan leluasa untuk mudah bergerak. Itulah sebabnya banyak orang menghabiskan banyak biaya untuk membeli tanah luas dan membuat ruang tamu yang seluas mungkin. Namun, bagi Anda yang memiliki ruang tamu dengan ukuran terbatas tidak perlu khawatir. Walau dengan low budget, Anda tetap bisa membuat ruang tamu Anda terasa luas. Manfaatkanlah dominasi warna putih untuk cat dinding ruang tamu Anda untuk menciptakan kesan luas ini.

Memastikan Pencahayaan Pas dengan Membuat Jendela

Aspek lain yang harus Anda perhatikan dalam mendesain ruang tamu adalah pencahayaan. Jika ruang tamu Anda minim cahaya, sebagus apapun desain dan furnitur yang Anda gunakan ruangan akan tetap terlihat suram. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan ke dalam ruang tamu Anda pas dengan membuat beberapa jendela. Jendela harus pas posisi dan jumlahnya untuk memastikan ruang tamu Anda akan terlihat jauh lebih cantik.

Jika Mau, Coba Kombinasi Furnitur Warna-warna Cerah

Anda yang sudah menggunakan warna putih sebagai cat dinding ruang tamu, kemudian bisa memperhatikan pilihan warna untuk beberap furnitur. Kombinasikanlah warna yang sepadan dan cerah untuk furnitur-furnitur di ruang tamu. Hal ini diketahui bisa meningkatkan rasa nyaman dan betah bagi orang yang berada di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan warna furnitur. Walau tidak mahal, asal cocok dan serasi furnitur Anda akan menambah kecantikan ruang tamu.

Tidak Perlu Banyak Furnitur di Dalamnya

Perlu Anda ingat bahwa sebuah ruang tamu bukanlah ruang yang diperuntukkan untuk menampilkan banyak furnitur. Anda hanya memerlukan sofa dan meja dalam ruang tamu untuk dapat menerima tamu di rumah. Jadi perhatikanlah apa saja yang Anda letakkan di ruang tamu Anda saat ini. Furnitur yang dirasa tidak perlu sebaiknya jangan diletakkan di ruang tamu dan malah membuatnya terasa sempit dan sumpek.

Tidak Perlu Dekorasi dengan Aksesori Kuno dan Mahal

Terakhir, ingatlah bahwa untuk dapat desain ruang tamu low budget tapi tetap cantik, Anda perlu menghemat pembelian aksesori. Banyak orang menghabiskan banyak biaya untuk membeli aksesori kuno yang mahal guna mendekorasi ruang tamunya. Padahal dengan dekorasi sederhana namun cantik ruang tamu sudah akan sangat mengesankan. Misalnya, Anda bisa mencetak foto-foto keluarga Anda, memasangnya pada pigura, dan meletakkan pigura foto tersebut di ruang tamu.