Panduan dan Pilihan Jam Tangan Untuk Pria Yang Mantap Di 2018

Panduan dan Pilihan Jam Tangan Untuk Pria Yang Mantap Di 2018

Urusan penampilan kaum pria sebenarnya tidak kalah dari para wanita. Seperti dalam memilih jam tangan. Kini sudah banyak pria yang pintar menyesuaikan jam tangan yang dipakai dengan aktivitas yang dilakukan. Apa saja jam tangan terbaik untuk pria di 2018?

Jam tangan merupakan aksesori wajib pria

Aksesoris menjadi pelengkap dalam berpenampilan. Agar semakin menarik dan percaya diri. Tak hanya wanita yang memperhatikan aksesoris pada penampilannya, pria juga melakukan hal yang sama. Salah satu aksesoris yang wajib dikenakan pria adalah jam tangan. Karena jam tangan ini tak hanya berfungsi menunjukkan waktu, juga bisa membuat penampilan pria semakin keren.

Berbagai macam model dan fitur dari merek-merek jam tangan pria bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sebagai contoh jam tangan Casio dan Alba yang dibanderol antara Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000. Sedangkan jam-jam dari Paris dibanderol dengan harga Rp. 1.000.000 - Rp. 2.000.000. Ada pula jam tangan dari Cina yang harganya lebih murah yaitu Rp. 250.000. Banyak model jam tangan yang bisa disesuaikan dengan selera fashion Anda.

Inilah merk jam tangan untuk pria

Pria memilih jam tangan tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja, melainkan juga sebagai aksesoris untuk membuat penampilannya semakin keren dan percaya diri. Sekarang ini ada berbagai model jam tangan yang bisa Anda pilih sesuai selera. Harganya pun bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga jutaan rupiah.

Tetapi Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli jam tangan terlalu mahal, Anda bisa memilih jam tangan yang harganya sesuai dengan keuangan Anda dengan tetap mementingkan kualitasnya. Bahkan kini di marketplace online pun menawarkan berbagai jam tangan dari merek ternama dengan harga yang bervariasi. Berikut ini adalah merek-merek jam tangan untuk pria yang bisa Anda pilih sesuai dengan tipenya masing-masing.

Sport

Ada berbagai jenis jam tangan yang bisa menjadi pilihan pria, salah satunya adalah jam tangan jenis sport. Jam tangan ini cocok dipakai untuk pria yang gemar dengan dunia olahraga. Karena kuat, tahan air, tahan cuaca, fleksibel, dan dilengkapi dengan fitur pendukung lainnya dalam berolahraga. Di antaranya odometers, GPS, kontrol detak jantung, dan altimeter. Selain itu, jam tangan ini bisa dipakai untuk berpenampilan kasual, dan tidak cocok dipakai di acara resmi.

Casio G-Shock

Sumber gambar www.gshock.com

Casio memang salah satu produsen jam yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda bisa memilih berbagai model jam sport sesuai selera Anda. Casio mengeluarkan seri G-Shock DW-6900MS-1 yang memiliki banyak keunggulan dari fitur yang ditawarkan. Di antaranya awet, tahan air hingga kedalaman 200 meter, modelnya klasik, kuat, dan tangguh.

Kaca jam terbuat dari mineral glass, bagian jamnya terbuat dari bahan resin, dilengkapi fitur kalender dan alarm. Karena keunggulannya ini menjadikan G-Shock DW-6900MS-1 menjadi salah satu produk terlaris dari Casio. Anda bisa mendapatkan jam tangan keren ini dengan harga sekitar Rp. 1.100.000 - Rp. 6.000.000.

Suunto

Sumber gambar www.freshairjunkie.com

Suunto Traverse Amber bisa menjadi jam tangan sport pilihan Anda. Jam tangan ini dibuat oleh produsen jam ternama asal Finlandia yaitu Suunto. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai jam berkualitas selama lebih dari 70 tahun.

Fitur yang ditawarkan pun sangat mengikuti perkembangan zaman. Di antaranya fitur aplikasi layar ponsel, di mana Anda bisa mengubah kaca jam menjadi layar kedua ponsel yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan aplikasi Bluetooth untuk mengetahui SMS, telepon, dan notifikasi lainnya.

Suunto Traverse Amber juga dilengkapi fitur kompas, altimeter, barometer, dan GPS yang sangat akurat. Jam tangan canggih ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2.500.000 - Rp. 10.000.000. Dengan mengenakan jam tangan ini, maka penampilan Anda dijamin akan semakin keren dan memukau.

Garmin

Sumber gambar www.google.com.sg

Bagi Anda yang gemar berolahraga seperti berenang, lari, ski, snowboarding, dan bersepeda, maka Anda kurang lengkap jika tidak memiliki jam tangan yang satu ini. Jam tangan tersebut adalah Garmin Fenix 3. Jam tangan yang dilengkapi fitur-fitur luar biasa. Salah satunya fitur jam tangan pintar atau sering disebut dengan smartwatch.

Jam tangan ini dapat mengukur jarak tempuh, denyut jantung, dan informasi lainnya saat Anda berolahraga melalui fitur navigasi outdoornya. Fitur ini meliputi kompas, altimeter, barometer, trackback, data field, dan watch faces.

Jam tangan dengan layar 1.2 inci ini juga dilengkapi dengan fitur water-resistant atau anti air hingga kedalaman 100 meter. Anda bisa mendapatkan jam tangan pintar ini dengan harga Rp. 3.000.000 - Rp. 9.000.000.

Formal

Penampilan akan semakin lengkap dengan adanya aksesoris yang sesuai. Jangan mengenakan aksesoris yang tidak sesuai dengan acara yang dituju. Pergi ke acara formal atau resmi, seperti ke tempat kerja, pesta, atau acara formal lainnya tentu membutuhkan aksesoris untuk acara formal juga.

Jam tangan pria untuk acara formal tentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan jam tangan sport atau jenis lainnya. Anda bisa memilih jam tangan kulit yang akan membuat penampilan Anda terlihat elegan. Selain itu, Anda juga bisa memilih jam analog berbahan metal seperti perak, platinum, dan emas.

Seiko Kinetic

Sumber gambar www.g.ebay.com

Seiko Kinetic SKA707 merupakan salah satu jam tangan pria yang diproduksi oleh Seiko. Jam tangan dengan desain klasik ini dapat menunjukkan waktu hingga 28 Februari 2100. Dilengkapi dengan berbagai kelebihan fiturnya yaitu badan jam terbuat dari bahan stainless steel sehingga antikarat, kaca depan dari hardle crystal anti gores, tahan air hingga kedalaman 100 meter, dan dapat menyimpan tenaga hingga 6 bulan ketika tidak digunakan. Jam tangan ini cocok Anda kenakan untuk pergi ke acara formal atau resmi, karena desainnya keren dan elegan. Seiko Kinetic SKA707 dibanderol dengan harga Rp. 1.500.000 - Rp. 4.500.000.

Alba

Jam tangan Alba juga bisa menjadi aksesoris pelengkap pria untuk dikenakan ke acara resmi seperti pesta, karena didesain berwarna emas yang mewah dan elegan. Alba sendiri merupakan sub-merek dari Seiko yang diluncurkan pada tahun 1970-an, jadi Anda juga bisa membeli jam tangan Alba di toko resmi Seiko.

Dilengkapi dengan fitur yang luar biasa, jam analog ini memiliki penunjuk kalender independen pada posisi jam 12, tahan air hingga 50 meter, badan jam dan talinya terbuat dari stainless steel sehingga anti karat. Harganya cukup bervariasi mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 3.000.000. Anda bisa memilih model yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Alexandre Christie

Sumber gambar masterarloji.com

Alexandre Christie merupakan salah satu merek jam tangan ternama dunia yang tak diragukan lagi kualitasnya. Salah satu jam tangan pria dari Alexandre Christie yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Alexandre Christie AC6141MR-C. Anda bisa mengenakannya ke acara-acara formal atau resmi, karena jam tangan ini didesain warna emas sehingga akan membuat Anda tampak elegan.

Seluruh bagian jam terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, sehingga tidak mudah berkarat. Dilengkapi pula dengan berbagai fitur seperti stopwatch, split time, countdown timer, dan kalender. Selain itu, kaca jamnya terbuat dari bahan kaca mineral yang menarik tampilannya. Harganya pun relatif terjangkau untuk jam sekelas Alexandre Christie yaitu mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 2.500.000.

Klasik

Apabila Anda ingin memiliki jam tangan yang bisa dikenakan kapan dan di mana saja, maka jam tangan klasik adalah jawabannya. Karena jam tangan model ini bisa dipadukan dengan berbagai jenis busana dan untuk acara apa saja. Contohnya jam tangan berwarna silver bisa Anda padukan dengan setelan pakaian abu-abu, biru, atau motif garis.

Anda juga bisa memadukan jam tangan klasik berwarna emas dengan pakaian hitam atau batik modern untuk acara di malam hari. Selain itu jam tangan model klasik juga terlihat lebih simpel dan elegan, sehingga cocok untuk para pria. Namun, jam tangan ini tidak terlalu banyak variasi, dia biasanya dibuat dari bahan stainless steel dan strapnya terbuat dari kulit. Jam tangan klasik kerap bernilai tinggi dan bisa menjadi benda investasi Anda.

Seiko 5

Sumber gambar www.skywatches.com.sg

Seiko 5 SRP757 merupakan salah satu jam tangan yang diproduksi oleh Seiko 5. Jam tangan ini memiliki desain klasik dan berkelas. Bagian jam terbuat dari stainless steel silver serta strap atau talinya terbuat dari kulit. Selain itu jam tangan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti putaran jam otomatis, kalender, tahan air hingga kedalaman 100 meter, mahkota tersembunyi pada posisi jam 4, kotak dan talinya tahan lama.

Kaca jam terbuat dari Hardlex Crystal Flat Glass yang tahan terhadap goresan. Bagian jam nya berukuran 44 mm, dan panjang strapnya hingga 8,75 inci. Anda bisa mendapatkan jam tangan klasik ini dengan harga sekitar Rp. 1.100.000 - Rp. 4.000.000.

Daniel Wellington

Sumber gambar www.dollydowsie.com

Daniel Wellington Dapper St. Mawes bisa menjadi jam tangan pilihan untuk para pria yang menyukai tampilan elegan dan mewah. Karena jam tangan dari Daniel Wellington ini memiliki strap kulit yang mengkilap berwarna cokelat tua. Jam tangan ini juga bisa dipadukan dengan busana apa saja. Anda pun bisa mengganti bagian strap dengan warna yang sesuai. Dilengkapi pula dengan berbagai fitur seperti jarum jam yang berwarna biru tua dan mengkilap, bahan kaca dari Mineral Glass. Sementara badan jamnya terbuat dari stainless steel sehingga antikarat.

Tampilannya adalah jam analog yang dilengkapi dengan fitur tanggal dengan desain yang klasik. Anda juga bisa mengenakan jam yang sama dengan pasangan Anda, karena Daniel Wellington St. Mawes ini merupakan jam tangan couple (pasangan). Jam tangan berwarna Rose Gold ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2.500.000 hingga Rp. 3.000.000.

Kasual

Jam tangan model kasual sangat cocok untuk dikenakan setiap hari. Desainnya klasik dan stylish. Sehingga akan membuat Anda terlihat lebih muda. Selain itu, jam tangan ini bisa Anda padukan dengan pakaian santai seperti celana pendek dengan kemeja linen. Bagian luar jam terbuat dari bahan metal, dan tali terbuat dari bahan nilon, kulit, atau metal. Bisa dikatakan jam tangan model kasual ini merupakan campuran model formal, klasik, dan sporty. Oleh karena itu, bisa dipakai sehari-hari dan harganya juga relatif murah.

Casio Edifice

Sumber gambar charltonjewellers.co.nz

Jam tangan Casio Edifice EFV-510BL merupakan salah satu seri jam tangan produksi brand jam ternama Casio. Dilengkapi dengan desain dan bahan yang berkualitas tinggi membuat jam tangan ini memiliki tampilan yang mengesankan. Terbuat dari bahan kulit pada bagian tali dan memiliki tampilan analog dengan perpaduan warna hitam pada angka dan warna putih pada jarum.

Casio Edifice ini memang dikenal sebagai jam tangan yang kuat dan tangguh. Bagian kaca terbuat dari mineral glass sehingga tahan goresan ringan. Selain itu, jam ini juga memiliki fitur tanggal, stopwatch menit, stopwatch detik, dan water-resistant atau tahan air hingga kedalaman 100 meter. Jam tangan keren ini dibanderol dengan harga antara Rp. 1.500.000 hingga Rp. 4.000.000.

Tag Heuer

Sumber gambar www.calibre11.com

Bagi Anda yang senang mengoleksi jam tangan branded, maka Anda bisa memilih jam tangan dari brand ternama dunia yaitu Tag Heuer. Bila kita lihat latar belakang atau sejarah dari Tag Heuer, maka tak perlu meragukan lagi kualitasnya. Jam tangan yang ditemukan pertama kali oleh Edouard Heuer tahun 1860 ini telah dikenakan oleh berbagai tokoh penting di dunia mulai dari presiden hingga keluarga kerajaan.

Salah satu seri jam tangan yang dimilik Tag Heuer adalah Monaco Calibre 6. Jam tangan seri Monaco ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang berkualitas seperti mesin otomatis, rangka berbahan titanium, strap kulit alligator dengan hiasan titik-titik merah, memiliki diameter 37 mm, dan tahan air hingga kedalaman 50 meter. Desainnya yang ekslusif, akan membuat Anda terlihat maskulin dan percaya diri. Harganya relatif terjangkau dibanding jam tangan Tag Heuer lainnya, yaitu sekitar Rp. 25.000.000 hingga Rp. 50.000.000.

Tips memilih jam tangan untuk pria

Supaya tidak salah dalam memilih jam tangan pria, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya. Tak hanya memilih jam tangan berdasarkan model, namun pilihlah jam tangan yang sesuai dengan kegiatan atau acara Anda. Karena jam tangan merupakan aksesoris yang bisa menjadi ciri atau karakter seseorang.

Sesuaikan dengan kondisi dan lifestyle

Salah satu tips memilih jam tangan untuk pria adalah sesuaikan dengan kondisi dan lifestyle. Kenakan model jam tangan yang sesuai dengan aktivitas Anda. Misalnya ketika akan pergi bekerja, Anda bisa mengenakan jam berbahan stainless steel warna netral. Saat Anda pergi ke acara formal bisa mengenakan jam tangan kulit atau stainless steel emas.

Saat berolahraga jam yang dikenakan juga berbeda yaitu Anda bisa mengenakan jam tangan sport. Oleh karena itu, pria disarankan untuk memiliki koleksi jam lebih dari 1 yang bisa disesuaikan dengan aktivitasnya.

Bentuk dan postur tubuh

Bentuk dan postur tubuh juga menjadi pertimbangan saat memilih jam. Jika tidak sesuai dengan bentuk dan postur tubuh maka penampilan Anda akan terlihat buruk. Apabila Anda memiliki pergelangan kecil, maka sebaiknya kenakan strap jam atau tali jam yang kecil. Tali jam tangan yang besar akan membuat tangan terkesan berat.

Tips lainnya adalah jangan kenakan jam tangan berdiameter kecil bagi Anda yang bertubuh besar, dan jangan kenakan jam berdiameter besar bagi Anda berbadan kecil. Jam tangan sporty cocok untuk Anda yang memiliki pergelangan tangan besar dan berlemak.

Selain itu, bila Anda memiliki tangan berotot maka kenakan jam tangan berukuran agak besar, namun hindari tali berbahan stainless steel atau chrome. Jadi sesuaikan pula bentuk dan ukuran jam dengan postur tubuh Anda.

From our editorial team

Pakailah jam tangan sesuai aktivitas yang dilakoni

Para pria aktif seperti Anda pasti punya seabreg aktivitas. Mulai dari rutinitas kerja di kantor, hang out bersama kolega, atau berolahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Pastikan Anda mengenakan jam tangan yang sesuai dengan aktivitas yang dilakoni. Memakai jam tangan formal untuk berolahraga bukan hanya tidak nyaman tapi juga akan membuat Anda terlihat aneh. Jadi, pastikan jam tangan yang Anda pakai memang sesuai dengan kegiatan Anda.