10 Pakaian Khas Arab untuk Tampil Anggun dan Islami

10 Pakaian Khas Arab untuk Tampil Anggun dan Islami

Penampilan wanita-wanita di Arab memang selalu tertutup, sopan, dan elegan. Mereka terkenal akan abaya hitam yang kini juga banyak ditemukan di Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa ada beragam jenis pakaian khas wanita Arab yang bisa Anda beli di Indonesia. Tertarik? Simak saja artikel ini sampai habis.

Abaya Hitam Sudah Jadi Pakaian Wanita Arab Saudi Sejak Lama

Abaya merupakan salah satu model pakaian yang umum dikenakan para wanita di jazirah Arab, terutama Arab Saudi dan sekitarnya. Iran memiliki pakaian serupa, hanya saja namanya chador. Begitu pula dengan Afghanistan, para wanitanya memiliki pakaian seperti abaya, namanya burka.

Abaya berupa pakaian terusan yang menutupi hampir seluruh tubuh pemakainya. Abaya umumnya terbuat dari bahan kain ringan seperti crepe, sifon, sutra atau lainnya yang serupa.

Abaya Arab Saudi umumnya monokrom, berwarna hitam, dan telah lama menjadi pakaian keseharian di negara teluk tersebut.

Sesuai Perubahan Zaman, Pakaian Wanita Arab Modern pun Mulai Meluas

Setelah naiknya Pangeran Muhammad bin Salman pada kursi tertinggi kekuasaan Arab Saudi, ada berbagai reformasi yang diembuskan termasuk dalam hal ini kebebasan berekspresi. Masih terkait dengan kebebasan berekspresi, kaum wanita Saudi juga mulai menikmatinya.

Abaya pun tidak melulu hitam saja, namun mulai ada nuansa warna lainnya, menjadi lebih berwarna layaknya abaya model Turki atau model abaya modern saat ini.

Dan saat ini abaya pun mulai digemari sebagai salah satu pakaian muslimah yang menyebar dan mulai digemari di seluruh bagian dunia lain termasuk Indonesia.

Jenis-jenis Pakaian Wanita Arab

Abaya

Sumber gambar www.gulfislamicstore.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, abaya merupakan salah satu alternatif pakaian muslimah yang mulai trendi. Bermula di belahan bumi Arab dan sekitarnya, abaya mulai menyebar ke seluruh dunia terutama yang memiliki populasi muslim. Di Indonesia sendiri pernah mengalami proses akulturasi dan menjadi bentuk pakaian wanita yang memiliki style tersendiri.

Abaya bisa dikatakan sebagai jubah atau mantel (dalam bahasa Inggris pun kerap disebut sebagai ‘cloak’ yang artinya lebih kurang sama dengan jubah atau mantel) yang dikenakan sebagai terusan dan difungsikan sebagai pakaian luar.

Anda telah mengenal nama lain abaya sebagai chador atau burka. Namun begitu, ada pula nama lain bagi abaya, seperti misalnya daffa, atau swaeyah. Abaya bisa tampil polosa, namun juga bisa ditambah berbagai bordira atau bahkan diberi manik-manik. Untuk yang terakhir ini, Anda pasti mengenal abaya anggun yang dihiasi dihiasi dengan kristal Swarovski yang mewah.

Gamis

Sumber gambar store.yukbisnis.com

Selain abaya, ada pula pakaian khas Arabia yang juga terkenal, yaitu gamis. Tidak seperti abaya yang umumnya dikenakan oleh kaum wanita, gamis bisa dibilang sebagai pakaian muslim yang uniseks. Artinya pakaian ini bisa dikenakan oleh kaum wanita atau pun pria.

Bentuknya mirip abaya, berupa kain longgar yang dikenakan hingga menutup seluruh anggota badan, dan memanjang hingga ke mata kaki. Seperti abaya, gamis pun sekarang telah mengalami transformasi dari selembar kain longgar yang simpel menjadi satu ikon fashion yang up-to-date. Gamis mesti harus Anda koleksi setidaknya satu buah di lemari pakaian Anda.

Khimar

Sumber gambar www.blibli.com

Khimar bisa dikatakan jilbab panjang. Khimar menutupi rambut kepala dan memanjang ke bawah hingga menutupi leher, bagian dada (plus punggung) secara longgar hingga sebatas pinggang.

Di dalam Al Qur’an, khimar disebut juga dengan istilah khumur, definisinya kurang lebih sama dengan apa yang dijelaskan sebelumnya. Ditujukan agar membuat tubuh terlindung, sekaligus tampil sejuk, beradab, dan sopan menurut tuntunan Islam.

Niqab

Sumber gambar www.sc01.alicdn.com

Niqab mirip dengan khimar, hanya saja memiliki penutup wajah hingga menyisakan bagian mata saja yang terlihat. Bagian penutup wajah umumnya terpisah dari niqab. Panjang niqab hingga bagian pinggang sehingga menutupi bagian tersebut dan punggung. Umumnya niqab dikenakan oleh kalangan wanita Arab, walau saat ini juga mulai dikenakan oleh sebagian wanita muslim Tanah Air.

Chador

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, chador bisa dikatakan sebagai abaya versi Iran. Para wanita Iran umumnya mengenakan chador pada saat bepergian. Bentuk chador seperti abaya, berupa kain panjang yang dikenakan hingga menutupi seluruh tubuh.

Chador umumnya dilengkapi dengan kerudung atau jilbab instan yang hanya menutupi rambut kepala, leher, namun tidak menutupi wajah.

Mencari Busana ala Wanita Arab Saudi? Ayo Cek Rekomendasinya di Bawah Ini

Gamis Ukir Arab

Sumber gambar www.bukalapak.com

Koleksi baju muslim Anda belum akan lengkap tanpa Gamis Ukir Arab. Jika Anda merasa gamis polos terasa membosankan, cobalah gamis ukir ini. Modelnya tentu saja lebih fresh dan cocok dikenakan untuk yang muda atau pun merasa berjiwa muda.

Gamis ini memiliki material dasar berwarna hitam dengan detail bordir ungu yang manis. Anda bisa mengenakannya saat pengajian atau pun untuk pesta keagamaan lainnya. Dapatkan Gamis Ukir Arab di Bukalapak dengan harga Rp 140.000.

Smart Pocket - Khimar Niqab Cadar Tali Jilbab - Khadijah Indonesia

Sumber gambar www.bukalapak.com

Salah satu produk yang bakal hits dan mesti Anda koleksi adalah Smart Pocket - Khimar Niqab Cadar Tali Jilbab. Produk dari Khadijah ini merupakan produk khimar yang dilengkapi dengan cadar bandana dan inner khimar. Pemakaiannya sangat nyaman, karena dillengkapi dengan tali pengencang.

Materialnya terbuat dari beliva (panjang depan 108 cm dan panjang belakang 135 cm). Warna yang tersedia hitam, terakota, kopi, serena, medalion, goldfoil, serta pond. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 312.200.

Abaya Arab/ Gamis Sabella Abaya Zipper Tajmahal Putih

Sumber gambar www.shopee.co.id

Bagi Anda yang ingin selalu tampil prima dalam setiap kesempatan pengajian, resepsi, atau bahkan lebaran mendatang, cobalah koleksi Abaya Arab/ Gamis Sabella Abaya Zipper Tajmahal Putih. Abaya ini terbuat dari bahan saudi berkualitas, dihiasi oleh bordir presisi yang dibuat dengan komputer. Untuk menyamanan pemakaian, abaya ini dilengkapi pula dengan resleting.

Ukuran yang tersedia S hingga XL (panjang 135cm- 140cm). Anda bisa mendapatkan koleksi eksklusif ini di Shopee dengan harga Rp 320.000.

Exclusive Abaya Etnik Gamis Jubah Dress Arab Bordir Turki Putih White

Sumber gambar www.shopee.co.id

Sebagai variasi yang menyegarkan, Anda juga perlu melihat koleksi manis Exclusive Abaya Etnik Gamis Jubah Dress Arab Bordir Turki Putih White. Abaya ini menggunakan bahan jetblack yang anggun namun tetap adem saat dikenakan

. Abaya ini tampil tampa dilengkapi pashmina, walau begitu Anda bisa mendapatkan paduannya dengan gampang dan tetap eksklusif. Anda bisa mendapatkan abaya ini di Shopee dengan harga Rp 280.000.

Abaya Exclusive Etnik Gamis Jubah Dress Arab Turkey Bordir Gold Jumbo

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kombinasi antara keanggunan abaya Saudi dengan kesegaran bordiran Turki Anda dapatkan pada koleksi Abaya Exclusive Etnik Gamis Jubah Dress Arab Turkey Bordir Gold Jumbo. Bahannya terbuat dari saudi jetblack dan maxmara yang ringan dan dingin.

Abaya ini tersedia dalam ukuran S hingga XL (panjang 135cm-140cm), dengan bordir turki nuansa emas yang mewah. Anda bisa mendapatkan gamis ini di Bukalapak dengan harga Rp 206.400.

Abaya Hitam Arab Saudi (Kode 001-TP8)

Sumber gambar www.lazada.co.id

Abaya hitam ala Arab Saudi merupakan satu koleksi abaya yang paling klasik. Abaya ini tetap bisa menonjolkan keanggunan Anda dan bahkan dengan perpaduan yang pas, Anda bisa tampil fashionable.

Salah satu abaya Arab Saudi yang layak Anda koleksi tahun ini adalah Abaya Hitam Arab Saudi (Kode 001-TP8). Ukuran yang tersedia S-XL, walau Anda bisa pula memesan ukuran hingga XXXL dengan sedikit tambahan ongkos, sekitar Rp 10.000. Dapatkan abaya cantik ini di Lazada dengan harga Rp 110.000.

Havva Caraminta Dress Teracotta

Sumber gambar www.hijabenka.com

Produsen abaya lokal yang mulai top adalah Havva. Produsen ini menampilkan berbagai abaya dengan desain cantik dan fashionable. Salah satu produknya kali ini adalah Havva Caraminta Dress Teracotta.

Abaya ini berbentuk dress crepe dengan detil ruffle dan bordir pada beberapa bagiannya. Anda bisa memadukannya dengan hijab-hijab berwarna kalem dan netral akan menambah sejuk penampilan Anda.

Warna yang tersedia oranye, dengan ukuran S hingga L. Anda bisa mendapatkannya di Berrybenka dengan harga Rp 359.000.

Niqab Butterfly Kancing Original Alsyahra Chiffon Silk Jetblack

Sumber gambar bukalapak.com

Masih dengan produk lokal, koleksi kali ini dipersembahkan oleh Alsyahra, satu produsen pakaian muslim dari Sukabumi, Jawa Barat. Niqab Butterfly Kancing Original Alsyahra Chiffon Silk Jetblack.

Niqab ini terbuat dari bahan sifon super jetblack yang ringan dan adem. Kualitas jahitannya sangat prima, dan dilengkapi tepian bisban (warna hitam atau putih), dengan tambahan kancing shanghai. Anda bisa mendapatkan produk cantik ini di Bukalapak dengan harga Rp 80.000.

AM by Anisa Maulani Tara Dress Grey

Sumber gambar www.hijabenka.com

AM by Anisa Maulani Tara Dress Grey merupakan dress crepe lengan panjang dengan kombinasi detail lace yang menawan. Untuk tampil maksimal, Anda bisa mengenakannya bersama pashmina polos dan high heel yang senada. Warna yang tersedia adalah abu-abu. Anda bisa mendapatkannya di Hijabenka dengan harga Rp 267.500.

House of Amee Serene Dress Milky Brown

Sumber gambar www.hijabenka.com

Koleksi dress abaya terakhir kali ini adalah dari Amee Serene, sebuah dress lengan panjang House of Amee Serene Dress Milky Brown. Warna yang tersedia adalah coklat, dengan ukuran one size. Dress ini sangat cocok untuk Anda kenakan secara harian, karena bahannya, moscrepe, ringan dan nyaman. Anda bisa mendapatkan produk ini di Hijabenka dengan harga Rp 246.100.

From our editorial team

Perhatikan Selalu Cara Mencuci Pakaian Anda

Jika Anda ingin pakaian Anda awet dan selalu dalam kondisi baik, perhatikanlah cara pencucian yang disarankan. Biasanya Anda bisa melihat cara mencuci pakaian Anda pada label baju, atau jika tidak ada Anda bisa mencarinya di internet. Tiap bahan pakaian memiliki cara perawatan yang berbeda, dan hal ini penting untuk dilakukan jika Anda ingin pakaian Anda bisa bertahan lama.

Tag