7 Persiapan Lebaran Wajib Dilakukan dan 10 Rekomendasi Produk untuk Menyambut Lebaran! (2021)

7 Persiapan Lebaran Wajib Dilakukan dan 10 Rekomendasi Produk untuk Menyambut Lebaran! (2021)

Masih kuat tidak nih, puasanya? Semoga kamu masih semangat menjalankan ibadah puasa ya. Godaan boleh banyak, namun iman harus tetap kuat, ya. Sudah separuh jalan dan harusnya kita makin semangat menjalaninya. Yuk, supaya makin semangat, kita lakukan saja persiapan menjelang Lebaran. Intip list persiapan Lebaran dari kami dan juga rekomendasi produk yang bisa melengkapi Lebaran kamu!

Ramadan Sudah Separuh Jalan, Idul Fitri di Depan Mata

Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa kita sudah melewati pertengahan bulan suci Ramadan. Tinggal menghitung hari menuju kemenangan. Di pertengahan Ramadan ini hendaknya kita semakin meningkatkan ibadah dan bukannya mengendurkan semangat untuk beribadah. Perbanyak amalan-amalan yang dianjurkan agar hidup jadi lebih berkah dan agar pahala makin bertambah.

Raga kita mungkin lelah, tapi semangat jangan sampai lelah. Ini karena peluang ampunan dari Allah masih terbuka lebar. Tingkatkan jumlah salat yang kita lakukan, panjangkan dzikir, dan lantunkan ayat suci Al Quran untuk mengisi waktu luang. Panjatkan doa sebanyak mungkin dan nikmati kedekatan waktu istimewa kita dengan Allah.

Di sela berbagai kegiatan bernilai ibadah yang kita lakukan, jangan lupa juga untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Setelah sebulan lamanya memperbaiki hubungan dan lebih mendekatkan diri dengan Allah, maka hari kemenangan adalah saatnya kita memperbaiki diri dan mendekatkan diri dengan sesama. Kita harus bermaaf-maafan dengan sesama makhluk Allah. Dengan demikian, hari Lebaran akan terasa makin lengkap dan sempurna hingga kita kembali menjadi fitrah.

Berbagai Persiapan Lebaran yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Membersihkan Rumah

Menyambut Lebaran, ada banyak yang harus dilakukan. Salah satunya adalah membersihkan rumah. Tentunya akan ada banyak tamu yang datang berkunjung ke rumah kita. Dan kita tak mau rumah terlihat berantakan dan kotor saat ada tamu. Ini hanya akan menunjukkan bahwa kita malas membersihkan rumah.

Maka dari itu, mulai dari sekarang, mulailah membersihkan rumah secara menyeluruh. Jangan hanya membersihkan dengan cara menyapu dan mengepel saja. Bersihkan setiap sudut rumah dengan sempurna. Jangkaulah kolong-kolong meja atau tempat tidur yang biasa dilewati. Bersihkan kaca-kaca jendela rumah agar terkesan lebih bersih. Gantilah gorden-gorden dan juga aneka cover peralatan rumah, seperti cover dispenser, cover kulkas, taplak meja, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengecat rumah jika ada bagian cat rumah yang sudah mulai mengelupas atau rusak. Mengganti warna cat rumah bisa memberikan suasana baru pada rumah. Kala Lebaran tiba, rumah tentu bisa terasa lebih nyaman usai dicat. Pilih warna yang berbeda dari warna lama agar kesannya tampak lebih baru.

Menghias Rumah dan Mengganti Furnitur

Hias rumah kita dengan maksimal menjelang Lebaran. Kita tentu bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Maka dari itu, tak ada salahnya kita mendekor rumah dengan tema Lebaran. Belilah beberapa pernik hiasan rumah bertemakan Lebaran. Dengan begini tentunya rumah jadi terkesan lebih meriah dan lebih siap menyambut Lebaran.

Kamu bisa mengganti tata letak barang-barang di rumah juga agar kesannya lebih fresh. Selain itu boleh juga jika kamu ingin mengganti furnitur yang terlihat sudah usang. Belilah furnitur yang sekiranya dibutuhkan saat Lebaran, misalnya saja kursi atau sofa. Dengan begini saat ada saudara dan tamu datang, kamu tak kerepotan mencarikan kursi atau sofa untuk mereka duduk.

Atau, jika memang kamu dari keluarga besar dan ingin suasana berbeda yang lebih nyaman, kamu bisa sejenak menyingkirkan kursi dan sofa di ruang tamu. Gantilah dengan menggelar karpet. Dengan begini, para tamu lebih leluasa duduk dan lebih nyaman. Ruang tamu juga bisa terlihat lebih luas dan lebih lega untuk menerima tamu.

Belanja Kue Lebaran

Kita juga perlu mempersiapkan suguhan untuk para tamu yang datang. Suguhan berupa kue Lebaran wajib disediakan di ruang tamu hingga ruang keluarga. Ini supaya jika ada saudara dan tamu datang bersamaan, saudara bisa berada di ruang keluarga dan tamu bisa di ruang tamu dan sama-sama menikmati suguhan kue Lebaran.

Beragam kue kering bisa kamu sajikan. Mulai dari yang klasik seperti nastar, kastengel, putri salju, hingga yang modern dan kekinian. Bisa juga menyediakan aneka permen dan manisan. Jka tak bisa membuat sendiri atau tak ada waktu membuatnya, kamu bisa beli langsung di toko online atau ke toko kue langsung. Jangan lupa juga menghadirkan aneka kue basah seperti roti, risol, atau kue basah yang kamu buat sendiri.

Siapkan Bahan Makan dan Peralatan Makan

Menjelang Lebaran, banyak pasar dan toko yang tutup. Ini membuat kita jadi kerepotan untuk memasak makanan sendiri. Tak mungkin dong kalau kita setiap hari beli makanan. Selain boros, kebiasaan ini juga kurang baik untuk kesehatan, karena kita tak tahu pengolahan makanan tersebut.

Ketika Lebaran, tak jarang saudara atau tamu juga makan di rumah. Ini membuat kita harus banyak stok bahan makanan. Adanya stok bahan makanan membuat kita bisa memasak apapun kapan saja dan sebanyak apapun dibutuhkan. Seminggu menjelang Lebaran, mulailah belanja stok bahan makanan agar lebih siap menghadapi Lebaran sampai pasar dan toko kembali buka.

Jangan lupa juga menyiapkan peralatan makanan. Ini untuk menjamu tamu dan saudara yang datang. Keluarkan piring-piring, sendok, dan peralatan makanan lebih banyak dari biasanya. Dengan begini, kamu tak perlu repot saat ada tamu dan saudara datang, peralatan makan sudah tersedia dan siap digunakan.

Mempersiapkan THR

Tradisi Lebaran yang dinantikan para anak kecil adalah memberi uang tunjangan hari raya alias THR. Ini biasanya diberikan pada tamu yang berusia muda. Persiapkan jumlah uang THR yang harus kamu persiapkan. Sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki.

Selain THR, kamu juga bisa mempersiapkan hampers Lebaran untuk para saudara yang seumuran atau yang lebih tua. Hampers bisa berupa bahan makanan, kue, atau peralatan ibadah. Dengan saling memberi hadiah dan THR diharapkan persaudaraan kian erat dan hubungan makin terjaga dengan baik.

Siapkan Perlengkapan Ibadah

Hal lain yang harus disiapkan jelang Lebaran adalah perlengkapan ibadah. Usahakan perlengkapan ibadah yang akan kamu gunakan untuk salat Id berbeda dari yang kamu gunakan biasanya. Gunakan peralatan ibadah yang baru, baik yang baru dibeli atau mungkin juga baru dicuci jika kamu tidak beli yang baru. Ini supaya ibadah salat Id lebih khusyuk dilakukan. Pastikan perlengkapan ibadah yang kamu gunakan sudah bersih dan wangi agar kita bisa berdoa menghadap Allah dengan keadaan sebaik mungkin.

Siapkan Baju Lebaran

Baju Lebaran juga perli dipersiapkan dari sekarang. Pilih baju mana yang akan digunakan untuk mudik atau untuk bersilaturahmi. Pilih baju yang nyaman dan tidak bikin kamu kerepotan selama memakainya. Baju Lebaran tak harus selalu baru. Asalkan bersih dan rapi, maka kamu bisa tampil lebih maksimal.

Jika ada dana berlebih, kamu bisa belanja baju Lebaran. Pilih yang sederhana dan tidak berlebihan agar bisa memberi kesan maksimal.

Ini Dia Deretan Produk yang Bisa Kamu Beli untuk Menyambut Lebaran

Saos 58

Saos 58

Saos 58 cocok untuk kamu gunakan sebagai bahan penyedap untuk berbagai masakan yang bakal kamu jadikan hidangan untuk Lebaran nanti. Beberapa produk yang selama ini jadi favorit banyak orang antara lain Saos Rasa Raja 58, Minyak Wijen 58, dan Kecap Inggris 58.

Tak masalah apakah kamu akan membuat hidangan khas Lebaran atau menu lain favorit kamu, pastikan kamu mendapatkan rasa paling istimewa dengan Saos 58 ya!

Kamu bisa mendapatkannya di link-link di bawah ini. Atau, kamu juga bisa kunjungi langsung situsnya di www.rasaraja58.com !

Harga Rp. 8.000-30.000

Oxone OX-889

Oxone OX-889 merupakan robot penyedot debu otomatis. Alat yang satu ini sangat berguna untuk membantu kamu membersihkan rumah kapan saja kamu inginkan. produk ini akan membersihkan berbagai jenis lantai kayu, marmer, dan keramik. Dilengkapi dengan kotak debu dan juga filter HEPA, produk juga dilengkapi sensor cliff yang bisa mencegah vacuum cleaner jatuh dari tangga atau tepian lainnya. Produk juga hadir dengan bumper di bagian depan yang membuat vacuum cleaner mundur dan menghindar saat ada benda atau orang di depannya.

Alat ini akan berputar-putar di ruangan sampai baterai akan habis. Kamu tak perlu bingung karena alat ini bisa otomatis kembali ke dudukan charging. Ada remote kontrol sehingga kamu lebih mudah mengendalikannya. Pembelian sudah lengkap dengan 2 sikat pembersih dan baterai 2200mAh yang bisa bekerja 80 menit lamanya. Alat ini hadir dengan indikator daya.

Harga Rp. 1.070.000-3.494.000

Nippon Paint Weatherbond

Nippon Paint Weatherbond cocok untuk kamu yang ingin mengecat bagian luar rumah. Cat ini berkualitas tinggi dengan bahan dasar emulsi akrilik yang cocok untuk pemakaian eksterior. Tahan cuaca ekstrim, produk ini juga tahan terhadap kotoran, jamur, alga, pengelupasan, dan alkali.

Catnya mudah diaplikasikan. Hasilnya juga begitu halus dan merata karena memiliki daya sebar yang tinggi. Produk ini aman digunakan karena tidak mengandung timbal dan merkuri.

Harga Rp. 155.000-318.000

Uniland Somni Sofa Bed

Uniland Somni Sofa Bed ini cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan furnitur baru untuk menyambut tamu kala Lebaran. Produk ini unik karena tak hanya bisa jadi sofa tempat duduk namun juga bisa jadi tempat tidur. Jadi semisal ada saudara menginap, kamu tak perlu repot menyediakan tempat tidur. Sofa ini bisa diubah bentuknya jadi tempat tidur untuk tamu yang menginap.

Produk ini dilengkapi dengan sprei ukuran 200 x 80 cm, serta sarung bantal dan guling. Sofa kasur ini bisa juga disesuaikan ukurannya jadi kasur single size atau double size. Busanya memiliki density tinggi sehingga awet dan tahan kempis. Ada garansi 20 tahun lamanya dalampembelian.

Harga Rp. 1.744.000-2.426.000

Balonasia Dekorasi Lebaran/Ramadan Rosegold

Balonasia Dekorasi Lebaran/Ramadan Rosegold ini jelas bisa menambah keceriaan Lebaran di rumah. Kamu bisa memasangnya di kamar tidur atau di ruang tamu. Dekorasi balonnya cantik sehingga bisa jadi backgorund foto bersama keluarga juga. Dalam pembelian kamu akan mendapatkan 14pcs balon huruf warna rosegold bertuliskan Ramadan Mubarak. Lalu ada juga 1 pcs foil moon, 1 pcs bintang ukuran 20 cm, 5 pcs chrome warna gold, 10 pcs doff putih, 10 pcs doff cream, 1 pcs lem balon dan 1 pcs pita balon. Ini tentu bisa kamu pasang sesuai kreatifitasmu agar Lebaran makin berkesan.

Harga Rp. 83.000-129.000

Vicenza Dinner Set Perlengkapan Makan D57

Vicenza Dinner Set Perlengkapan Makan D57 bisa kamu beli sebagai persediaan peralatan makan selama Lebaran. Paket yang satu ini berisi lengkap peralatan makan dengan motif yang cantik dan elegan. Saat makan Lebaran jadi lebih istimewa dengan produk ini. Berat paketnya adalah 22 kg dengan ukuran box 59 x 44 x 33 cm.

Peralatan makannya terbuat dari porselin yang mewah. Dalam pembelian, kamu akan mendapatkan 8 buah piring makan 10 inci, 8 buah piring sup 9 inci, dan 8 buah pirng kecil 7 inci. Paket juga berisi 8 buah cangkir dan lepek. Ada juga 8 buah sendok, sebuah teko dan tutup, sebuah tempat gula dan tutup, serta sebuah tempat susu. Pembelian juga mencakup sebuah wadah sup dan tutup, sebuah mangkuk 9 inci, dan sebuah piring oval 14 inci.

Harga Rp. 1.744.000-2.057.000

Paket Lengkap Sembako Murah Ramadhan Thr Lebaran

Paket Lengkap Sembako Murah Ramadhan Thr Lebaran ini bisa dibeli sebagai stok bahan makanan di rumah. Dalam satu paket berisi lengkap sembako. Ini juga bisa diberikan sebagai hadiah THR pada mereka yang membutuhkan.

Dalam paket berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, Indomie rebus 5 buah, sekotak teh celup isi 25 bags, 12 pcs kopi sachet renteng, sebuah susu kaleng, sekaleng sarden, sebotol sirup, dan sebotol saus.

Harga Rp. 280.000-312.000

Paket Kue Lebaran Diamond Cookies mix isi 6 toples

Paket Kue Lebaran Diamond Cookies mix isi 6 toples ini merupakan produk yang wajib ada di meja ruang tamu. Kamu tak perlu repot membuat kue. Kamu tinggal beli paket kue ini dan praktis kamu bisa mendapatkan 6 toples kue dengan isian beragam. Ada kue choco flakes cookies, putri salju, choco sprinkle cookies, sagu keju, kastengel, dan aster semprit cookies. Produk yang satu ini beratnya 1,5 kg.

Harga Rp. 105.000

SARIMBIT ETHICA / ELFA 166

SARIMBIT ETHICA / ELFA 166 ini cocok untuk baju Lebaran sekeluarga. Kamu bisa membelinya untuk kembaran dengan suami dan anak-anak. Produk juga bisa dibeli secara ecer atau satu paket. Untuk satu paket berisi gamis dewasa tanpa hijab dengan bahan monalisa dan baby doll yang wudhu friendly dan juga busui friendly, ada juga koko dewasa tanpa celana yang berbahan valdena dan baby doll. Selain itu, ada juga gamis anak tanpa hijab dengan bahan lodiarza dan baby doll. Lalu, ada koko anak setelan celana dengan bahan valdena dan baby canvas.

Harga Rp. 143.000-1.294.000

Mukena Dewasa Jumbo 2 in 1 Noni

Mukena Dewasa Jumbo 2 in 1 Noni ini bisa menemani kamu saat salat Id. Mukena ini terbuat dari kombinasi bahan rayon dan super silky. Mukena terdiri dari set atasan dan bawahan. Ada detail renda pada bagian wajah. Bagian dahi tidak ada karetnya sehingga tidak pusing saat dikenakan. Ada tali ikat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam pembelian sudah lengkap dengan tas. Mukena ini ukurannya XL dengan panjang atasan depan 115 cm dan panajng belakang 140 cm. Panjang bawahannya 110 cm dengan lebar rok 70 cm.

Harga Rp. 149.000-200.000

Howel and Co - Sabrine Premium

Howel and Co - Sabrine Premium ini merupakan sajadah couple yang cocok untuk dipakai beribadah agar lebih khusyuk. Terbuat dari bahan canvas velboa print di bagian depan, bagian belakanganya dari PVC leather. Bahannya halus dengan bantalan empuk sehingga makin nyaman digunakan.

Sajadah ini desainnya simpel namun elegan. Pilihan warnanya pastel dengan motif bunga yang cantik sehingga kita semangat memakainya. Ukuran sajadah adalah 50 x 100 cm. Ada jahitan double stitch di pinggirnya sehingga tak mudah rusak. Bagian tepi juga dihias rumbai tambang sehingga lebih manis kesannya.

Harga Rp. 183.000-396.000
From our editorial team

Sesuaikan Bujet Lebaran

Sebelum Lebaran tiba tentu kamu sudah menyiapkan bujet. Nah, pergunakan bujet tersebut sebaik mungkin. Jika ada kebutuhan Lebaran, sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Tak perlu terlalu mewah untuk hal yang sekiranya kurang diperlukan. Bijaklah dalam memakai bujet yang kamu persiapkan untuk Lebaran agar tidak terlalu boros dan agar uang simpanan lainnya tidak terpakai untuk menutupi kebutuhan Lebaran yang harusnya sudah tercover dengan bujet Lebaran.