Main Game Semakin Seru dengan 15 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (2023)

Main Game Semakin Seru dengan 15 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (2023)

Anda yang bersemangat dalam menjelajahi dunia gaming tentu mengerti betapa pentingnya setiap detik dalam pertempuran virtual. Dan di tengah medan permainan yang kompetitif, memiliki alat yang tepat adalah kunci kesuksesan. Inilah mengapa, keyboard gaming hadir sebagai sahabat setia Anda dalam memenangkan setiap tantangan.

Cara Memilih Keyboard Gaming Terbaik

Memilih keyboard gaming yang terbaik memerlukan pertimbangan beberapa faktor penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses pemilihan:

Jenis Switch:

Keyboard gaming memiliki beberapa jenis switch, seperti mechanical switch, membrane switch, dan hybrid switch. Mechanical switch sering menjadi pilihan populer karena responsif, tahan lama, dan memberikan sensasi yang lebih baik saat mengetik atau bermain game. Setiap jenis switch juga memiliki varian seperti Cherry MX, Razer Green, atau Logitech Romer-G. Cobalah beberapa tipe switch untuk menentukan yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
Bentuk dan Desain:

Pastikan keyboard yang Anda pilih memiliki desain yang ergonomis dan nyaman digunakan dalam waktu lama. Pilih juga keyboard dengan layout dan ukuran yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti full-size, tenkeyless (TKL), atau 60% untuk lebih ringkas.
Backlight dan RGB:

Beberapa keyboard gaming dilengkapi dengan fitur pencahayaan latar belakang (backlight) dan pencahayaan RGB. Pilihlah keyboard dengan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan selera Anda dan pastikan dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan Anda.
N-Key Rollover dan Anti-Ghosting:

Pastikan keyboard memiliki fitur N-Key Rollover (NKRO) atau anti-ghosting yang baik. Fitur ini memastikan setiap tombol yang ditekan diakui secara akurat, bahkan saat beberapa tombol ditekan secara bersamaan, sehingga menghindari masalah input yang tidak diinginkan.
Material Konstruksi:

Periksa bahan dan kualitas konstruksi keyboard. Keyboard dengan bingkai dan keycap yang kuat dan tahan lama akan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama.
Software dan Customization:

Pastikan keyboard dilengkapi dengan perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan fungsi tombol, pencahayaan RGB, dan lainnya sesuai dengan preferensi Anda.
Harga:

Tetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan Anda, dan carilah keyboard gaming terbaik yang sesuai dengan anggaran tersebut. Harga yang tinggi tidak selalu berarti kualitas yang lebih baik, jadi pertimbangkan fitur dan spesifikasi yang paling relevan dengan kebutuhan Anda.
Review dan Rekomendasi:

Lakukan riset online dan cari review dari pengguna lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerja dan kualitas keyboard gaming yang Anda pertimbangkan. Rekomendasi dari teman atau komunitas gamer juga bisa menjadi pertimbangan.
Ingatlah bahwa pemilihan keyboard gaming yang terbaik akan bervariasi berdasarkan preferensi individu, gaya bermain, dan anggaran. Pastikan untuk mencoba beberapa pilihan sebelum memutuskan untuk memastikan kesesuaian dan kenyamanan.

Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik

Razer Ornata V2

Razer Ornata V2 adalah keyboard gaming dengan desain unik yang menyatukan keuntungan dari tombol membran dan switch mekanis. Menggunakan Razer Hybrid Mecha-Membrane Switch, keyboard ini memberikan respon klik yang responsif seperti switch mekanis, namun tetap memberikan perasaan lembut saat mengetik. Fitur tambahan berupa roda digital multifungsi dan tombol media memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai hal dari hiburan hingga kecerahan dan volume. Ditambah lagi, keyboard ini didukung oleh Razer Chroma RGB, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pencahayaan dengan 16,8 juta warna dan efek dinamis untuk pengalaman gaming yang lebih mendalam. Dengan tambahan bantalan pergelangan tangan berbahan kulit sintetis, tombol yang dapat diprogram sepenuhnya, dan opsi penataan kabel, Razer Ornata V2 menawarkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan dalam satu paket.

Harga Rp. 928.000-2.349.000

Logitech G213 Prodigy

Logitech G213 Prodigy adalah keyboard gaming dengan kinerja kelas atas dan pencahayaan RGB yang menarik. Dilengkapi dengan tombol Logitech Mech-Dome yang memberikan respons taktis superior dan hampir mirip dengan keyboard mekanis. Pencahayaan RGB LIGHTSYNC dapat disesuaikan dengan palet warna 16,8 juta pilihan, dan pengaturan kecerahan yang dapat diatur sesuai dengan gaya dan suasana game Anda. Dilengkapi dengan palm rest terintegrasi dan alas yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan maksimal selama bermain. Fitur kontrol media khusus memungkinkan Anda dengan mudah memainkan, pause, dan mengatur volume musik atau video. Keyboard ini juga diuji tahan tumpahan hingga 60ml cairan.

Harga Rp. 575.000-1.099.000

SteelSeries Apex 3

SteelSeries Apex 3 adalah keyboard gaming dengan desain yang berkualitas, menggunakan bingkai polymer yang kokoh. Dilengkapi dengan teknologi N-Key Roll Over 24 tombol dan anti-ghosting gaming grade untuk pengalaman pengetikan yang responsif. Pencahayaan RGB 10 zona menambahkan gaya pada keyboard ini. Ditenagai oleh switch SteelSeries Whisper-Quiet yang tahan hingga 20 juta kali tekan, dan kompatibel dengan berbagai sistem operasi termasuk Windows, Mac OS X, Xbox, dan PS4 dengan memerlukan port USB.

Harga Rp. 845.000-1.050.000

Rexus Daxa M64 Classic

Rexus Daxa M64 Classic adalah keyboard gaming legendaris dari Rexus yang menawarkan kualitas terbaik. Keyboard ini dilengkapi dengan 64 tombol mechanical dengan keycaps PBT dua warna yang menarik. Daxa M64 Classic menggunakan switch Gateron KS-9 yang hotswap dengan dukungan 3 dan 5 pin, serta memiliki kabel Type-C 1,8m berlapis emas. Dengan desain ringkas (290 x 110 x 38mm), keyboard ini mudah dibawa ke mana saja dan menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna yang mencari kualitas dan kenyamanan dalam perangkat gaming mereka.

Harga Rp. 749.000-1.499.000

Aula Wings of Liberty

Aula Wings of Liberty adalah keyboard mekanik dengan desain sederhana yang elegan, dilengkapi dengan switch AULA blue yang dikustomisasi. Meskipun tidak menggunakan switch Cherry MX, keyboard ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk keyboard mekanik terlaris. Kelebihannya terletak pada daya tahan tombolnya yang mencapai 60 juta kali pencet dan dilapisi dengan gel silikon untuk ketahanan terhadap debu dan cipratan air. Produk ini juga menawarkan 26 tombol rollover di USB, serta dapat digunakan dengan plug and play tanpa perlu instruksi atau manual penggunaan.

Harga Rp. 505.200-1.104.000

Corsair K100 RGB Optical

Corsair K100 RGB Optical adalah keyboard gaming dengan desain modern berbahan alumunium. Setiap tombolnya memiliki lampu backlight RGB dengan cahaya tiga sisi LightEdge. Keyboard ini menggunakan teknologi Corsair Axon Hyper-Processing yang membuatnya delapan kali lebih cepat daripada keyboard gaming sekelasnya. Dengan hyper-polling 8000Hz dan key scanning 4000Hz, keyboard ini mampu mengaktifkan efek cahaya hingga 20 lapisan secara simultan.

Harga Rp. 2.969.000-4.399.000

JETE KBX1 Series

JETE KBX1 Series adalah keyboard gaming dengan 7 keunggulan yang menarik. Desain futuristik dengan lampu RGB memberikan tampilan elegan, dan tombol berbentuk kotak tegak memberikan operasi yang tidak berisik. Fitur RGB Backlit membagi tombol yang sering digunakan dengan warna lampu, memudahkan pergerakan jari. Keyboard ini memiliki anti-ghosting dengan kemampuan menerima minimal 5 pencetan secara bersamaan secara akurat. Terdapat juga 4 tombol multimedia untuk mempercepat aktivitas sehari-hari. Selain itu, keyboard ini dilengkapi dengan phone bracket untuk menempatkan smartphone di sisi depan, FN Multimedia Keys untuk pengaturan hiburan yang cepat, dan kompatibilitas OS yang luas. Dapatkan garansi 2 tahun dan kemudahan tukar ganti baru kapan saja jika rusak.

Harga Rp. 159.900-999.900

Asus ROG Claymore II

Asus ROG Claymore II adalah keyboard gaming yang dapat disesuaikan dengan gaya bermain dan tata letak gaming pribadi. Numpad yang dapat dilepas dapat dipasang di kedua sisi keyboard 80% untuk sesuai dengan preferensi masing-masing. Menggunakan switch mekanikal ROG RX Optical, RX Red, dan RX Blue yang memiliki pencahayaan terpusat dan memberikan ketukan tombol yang konsisten tanpa getaran dan hampir tidak ada penundaan debounce. Dengan koneksi tanpa lag 1 ms baik dalam mode kabel maupun 2.4 GHz wireless, keyboard ini dilengkapi dengan baterai 4000 mAh yang tahan hingga 43 jam penggunaan (dengan pencahayaan penuh). Asus ROG Claymore II juga menyediakan hotkey yang sepenuhnya dapat disesuaikan dan roda kontrol volume yang terletak pada numpad yang dapat dilepas. Selain itu, keyboard ini juga menawarkan fitur Wireless Aura Sync untuk efek pencahayaan yang terkoordinasi, bahkan dalam mode wireless, serta didesain ergonomis dengan adanya wrist rest magnetik yang dapat dilepas untuk sesi gaming yang nyaman dan tahan lama.

Harga Rp. 3.499.000-3.969.000

Digital Alliance Black Ruby

Digital Alliance Black Ruby Rainbow adalah keyboard gaming yang dirancang khusus untuk kenyamanan para gamer. Dilengkapi dengan lampu latar belakang LED efek Rainbow, keyboard ini memberikan tampilan yang menarik saat bermain game. Dengan tombol yang nyaman dan dilengkapi dengan 104 kunci serta tombol FN hotkey, keyboard ini cocok digunakan untuk keperluan gaming maupun penggunaan pribadi. Didesain dengan bahan ABS untuk tutup atas dan pelat baja untuk tutup bawah, serta menggunakan kabel berkualitas braided berukuran 170 cm untuk daya tahan dan performa yang baik.

Harga Rp. 175.000-350.000

Imperion Centipada

Imperion Centipada KG-C10R Mechanical adalah keyboard gaming dengan desain stylish yang dilengkapi dengan efek pencahayaan RGB pada karakter tombolnya. Keyboard ini memiliki fitur Anti-ghosting dengan n-key rollover, memungkinkan pengguna untuk menekan banyak tombol secara bersamaan, memberikan pengalaman bermain yang lancar dan seru dalam setiap sesi permainan. Dilengkapi dengan Blue Kailh Switches Mechanical Keyboard yang memiliki daya tahan hingga 50 juta klik per tombol, keyboard ini menawarkan kualitas permainan yang maksimal. Selain itu, keyboard ini juga dilengkapi dengan side LED lighting yang menarik, tombol pengunci Windows, 12 tombol fungsi multimedia, dan kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi termasuk Windows dan Mac OSX.

Harga Rp. 525.000-1.025.000

Ducky One 3 Matcha Non-LED TKL

Ducky One 3 Matcha Non-LED TKL adalah keyboard mekanis dengan konstruksi yang dioptimalkan, menggunakan tombol PBT asli dan switch mekanis Cherry MX. Keyboard ini juga memiliki interface USB Type-C yang dapat dilepas. Dilengkapi dengan Anti-Ghosting Dual-layer PCB, tiga pilihan sudut keyboard, desain bezel yang ramping, dan lampu indikator keyboard independen. Keyboard ini tidak memiliki lampu latar belakang (Non-backlit) sehingga lebih fokus pada kualitas dan kenyamanan pengetikan. Dengan teknologi pencetakan Double-shot pada tombolnya, keyboard ini menawarkan performa yang baik dan desain yang menarik. Ukurannya yang ringkas (370x140x40mm) serta bobot 908g menjadikannya pilihan yang praktis dan mudah dibawa.

Harga Rp. 1.589.000-2.831.000

Leopard G20

Leopard G20 adalah keyboard gaming dengan desain keren ala gamer yang dilengkapi dengan LED RGB pada setiap tombolnya, menciptakan tampilan yang menarik dan membuat meja gaming Anda terlihat lebih menarik. Keyboard ini memiliki layout standar, sehingga penggunaan yang baru tidak akan kesulitan saat beralih ke keyboard Leopard ini. Dirancang khusus untuk para gamer, keyboard ini merupakan tambahan yang sempurna untuk meja gaming Anda, dengan paduan keyboard gaming, mouse gaming, dan headset gaming yang keren. Dalam paket produk, Anda akan mendapatkan 1 unit Leopard G20 Gaming Keyboard LED.

Harga Rp. 68.900-105.500

Cougar Attack X3

Cougar Attack X3 adalah keyboard gaming dengan switch mekanis Cherry MX yang memberikan responsivitas gaming kelas atas dan umpan balik taktis yang khas. Keyboard ini dilengkapi dengan N-key rollover dalam mode USB yang mendukung sejumlah tak terbatas penekanan tombol secara bersamaan. Dengan polling rate 1000Hz/1ms, keyboard ini menawarkan waktu respons cepat secepat kilat. On-board memory memungkinkan Anda menyimpan hingga 3 profil konfigurasi penuh di keyboard itu sendiri, memastikan konfigurasi Anda tetap terjaga bahkan saat Anda membawa keyboard ke komputer lain. Struktur aluminium dengan permukaan yang dipoles memberikan tipikan yang lebih efisien dalam mengetik, serta pondasi struktural yang kokoh dan kuat. Keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol multimedia khusus dan mode switch on-the-fly untuk mengakses konfigurasi dengan mudah.

Harga Rp. 987.770-2.581.000

Glorious GMMK Pro

Glorious GMMK Pro adalah keyboard gaming mekanik 75% ultra-premium dengan desain modular dan mounted Gasket. Didesain khusus untuk para penggemar, gamer, dan profesional dengan apresiasi terhadap kualitas, GMMK Pro menawarkan pengalaman mengetik akustik dan haptik yang unik dan prima. Keyboard ini mendukung kedua jenis switch PCB mounted (5-pin) dan Plate mounted (3-pin), serta kompatibel dengan firmware QMK, VIA, dan Glorious Core. Dilengkapi dengan lubed stabilizers dan material aluminium CNC yang diukir dengan presisi, GMMK Pro menawarkan kenyamanan dan performa yang tak tertandingi. Paket produk ini mencakup berbagai aksesori termasuk switch Glorious Fox yang telah dilubrikasi, wrist rest, kabel coiled, dan lainnya, menjadikannya pilihan yang sangat menguntungkan dan cocok untuk para gamer yang ingin langsung menggunakan keyboard berkualitas tanpa perlu merakit sendiri.

Harga Rp. 1.850.000-4.950.000

Keychron K2 Version 2

Keychron K2 Version 2 adalah keyboard mekanik dengan fitur hot-swappable yang memungkinkan pengguna untuk mengganti switch dengan mudah. Dilengkapi dengan 84 tombol, switch Gateron blue/red/brown, dan 12 tombol multimedia, keyboard ini menawarkan pengalaman mengetik yang nyaman. Tersedia dalam dua versi bahan yaitu plastik ABS dan aluminium, serta dilengkapi dengan keycap double-shot ABS dengan profil OEM. Keyboard ini memiliki 18 jenis backlight yang dapat diatur dalam 4 level, dengan baterai rechargeable li-polymer 4000mAh yang memberikan waktu penggunaan yang cukup lama. Koneksi Bluetooth versi 5.1 dan kabel Type-C memungkinkan keyboard ini berkompatibilitas dengan sistem operasi macOS dan Windows. Dalam paket produk, Anda akan mendapatkan keyboard, kabel USB-A to USB Type-C, dan keycap puller.

Harga Rp. 988.000-1.800.000
From our editorial team

Mengoptimalkan Performa Anda dengan Keyboard Gaming

Dengan teknologi canggih dan desain ergonomis, keyboard gaming tidak hanya menjadi alat, tetapi menjadi ekstensi dari diri Anda dalam dunia virtual. Jadi, jangan ragu untuk berinvestasi pada keyboard gaming yang sesuai dengan gaya bermain Anda. Tingkatkan kontrol, kecepatan, dan kenyamanan Anda – karena setiap gerakan Anda mengantarkan Anda lebih dekat pada kemenangan yang Anda kejar.