8 Rekomendasi Desain Loft Bed yang Membuat Ruangan Lebih Lega (2020)

8 Rekomendasi Desain Loft Bed yang Membuat Ruangan Lebih Lega (2020)

Memaksimalkan penggunaan perabot di dalam suatu ruangan bisa memberikan kesan ruangan yang luas dan lapang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan loft bed yang bersifat multifungsi. Pilihannya begitu beragam dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Daftar isi

Pentingnya Memilih Model Ranjang di Kamar

Ranjang alias tempat tidur merupakan fokus dari seluruh furnitur di kamar Anda. Jika Anda tidak memilih model ranjang dengan pertimbangan yang matang, maka pilihan untuk furnitur lain di kamar Anda pun tidak akan menjadi senada. Mau tidak mau, Anda harus bertahan tidur di kamar yang suasananya tidak nyaman. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih model ranjang untuk kamar tidur.

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih model ranjang. Namun yang paling penting juga Anda harus tahu model-model ranjang yang banyak diminati saat itu. Loft bed adalah model ranjang yang dikenal sangat banyak peminatnya beberapa waktu terakhir. Dikenal sebagai ranjang multifungsi membuat desain loft bed ini pun sangat beragam. Jika Anda ingin tahu bagaimana desain loft bed yang tepat untuk Anda, maka simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

5 Hal yang Dipertimbangkan Dalam Memilih Model Ranjang

Ukuran yang Ideal dengan Luas Kamar

Pertimbangan pertama yang wajib Anda lakukan adalah ukuran ranjang yang akan dibeli. Setiap ranjang tentu terlihat bagus saat dipajang di toko. Namun jika ukurannya tidak ideal dengan kamar Anda, entah lebih besar atau lebih kecil, maka ranjang itu akan terlihat tidak pas nantinya. Itulah mengapa selalu pertimbangkan ukuran lebih awal dan perkirakan apakah cukup ideal dengan luas kamar yang Anda tempati.

Senada dengan Estetika Bangunan

Selanjutnya, pertimbangkan juga apakah model ranjang yang akan Anda pilih senada dengan estetika bangunan. Setiap rumah dibangun dengan gaya tersendiri. Furnitur di dalam rumah pun harus mengikuti gaya bangunan itu, termasuk hingga ke model ranjang sekali pun. Jika rumah Anda bergaya minimalis, maka pilihlah model ranjang minimalis seperti loft bed misalnya.

Memiliki Fungsi Tambahan Sesuai Kebutuhan

Jika sudah menentukan gaya yang tepat, maka yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah desain fungsi dari ranjang. Saat ini ranjang model loft bed misalnya banyak dibuat dengan dilengkapi berbagai fungsi. Ada yang dilengkapi rak, meja, hingga lemari pakaian. Jadi pastikan Anda memilih desain yang paling sesuai dengan harapan kamar Anda sedari awalnya.

Desainnya Unik dan Tidak Membosankan

Satu lagi hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah dalam hal desain tema. Ada beberapa jenis ranjang yang didesain dengan tema yang kuat. Seperti desain loft bed yang bertemakan alam, klasik, atau rekomendasi desain unik lainnya. Jika Anda ingin kamar Anda yang menyenangkan seperti itu, maka pilihlah desain yang unik, ya.

Harganya Terjangkau di Kantong Anda

Jangan lupa juga untuk memperhatikan dan mempertimbangkan harga ranjang yang ingin Anda beli. Walau merupakan fokus dari suatu ruangan, Anda tetap tidak disarankan untuk membeli ranjang yang harganya di luar anggaran yang sudah ditetapkan. Pilihlah ranjang dengan harga pas dan bisa membantu Anda juga untuk mendekorasi bagian lain dari rumah nantinya.

8 Rekomendasi Desain Loft Bed Dewasa yang Multifungsi

Loft Bed dan Dressing Room

Desain loft bed dewasa yang paling banyak diminati saat ini adalah yang bagian bawah dari ranjang dimodifikasi menjadi dressing room. Sesuai dengan namanya, bagian bawah ranjang yang biasanya didesain untuk ranjang tambahan diubah menjadi tempat penyimpanan seperti pakaian dan aksesori. Jadi Anda tidak membutuhkan ruang tambahan untuk penyimpanannya. Jika Anda sudah lama bermimpi mempunyai dressing room sendiri, jangan ragu untuk mencoba ide desain yang satu ini, ya.

Loft Bed dan Perpustakaan Pribadi

Anda punya banyak koleksi buku yang membutuhkan tempat penyimpanan yang luas? Lemari buku Anda sudah tidak mampu lagi menyimpannya? Ayo ganti model ranjang Anda dengan loft bed yang bagian bawahnya bisa disulap menjadi perpustakaan pribadi. Saat ini ada banyak desain loft bed yang menyatu dengan lemari penyimpanan buku yang didesain efisien. Jadi saat Anda menuruni ranjang Anda, susunan buku-buku favorit Anda yang akan pertama kali menyapa. Menyenangkan sekali bukan?

Loft Bed dan Rak Penyimpanan

Berikutnya, ada banyak juga desain loft bed dewasa yang salah satu sisinya dilengkapi dengan rak penyimpanan. Anda bisa menyimpan apa saja di sana. Mulai dari pajangan koleksi Anda, album-album foto, vas bunga, hingga piala-piala. Jadi walau luas kamar Anda terbatas, ada banyak benda yang bisa disimpan dengan rapi dan apik dengan desain ranjang yang tepat seperti ini.

Soal pilihan bentuk raknya pun sangat beragam, bahkan tidak menutup kemungkinan juga untuk melakukan pemesanan khusus sesuai desain yang Anda inginkan.

Loft Bed dan Ruang Kerja

Ukuran loft bed dewasa yang cukup besar memungkinkan ruang sisa di bagian bawah yang cukup luas juga. Pemanfaatan yang tepat dari ruangan ini akan sangat membantu aktivitas Anda. Seperti misalnya, salah satu desain loft bed yang dilengkapi dengan ruang kerja. Jadi pada salah satu sisi ranjang akan ditemukan meja kerja dan rak-rak yang dibutuhkan untuk menyimpan peralatan pendukung kerja Anda. Bagi Anda yang masih kuliah, ruang ini bisa dijadikan ruang belajar juga. Benar-benar multifungsi dan memuaskan.

Loft Bed Gantung (Melayang)

Jika Anda fokus ingin mencari desain loft bed dewasa yang unik, maka cobalah loft bed gantung (melayang). Sesuai dengan namanya, Anda akan memiliki ranjang yang terlihat melayang di ruang kamar. Sebenarnya ranjang ini tidak benar-benar melayang. Namun desain dengan bantuan tali dan penahan yang kokoh tapi tidak kentara membuatnya terlihat seperti melayang. Soal keamanan Anda tidak perlu khawatir. Pastinya kamar Anda akan sangat berbeda dari kebanyakan kamar lain yang ada.

Loft Bed Geser

Butuh ruang kamar diubah sewaktu-waktu menjadi ruang yang tidak memiliki ranjang? Inilah fungsi dari loft bed geser ini. Jadi sesuai dengan namanya, ranjang Anda bisa digeser masuk dan keluar untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ketika Anda membutuhkan ruangan yang lebih luas, maka loft bed bisa digeser masuk saja. Namun jika sudah akan digunakan, barulah loft bed bisa digeser keluar. Kemudahan seperti ini membuat aktivitas kamar akan jauh lebih nyaman setiap harinya.

Loft Bed Lipat (Murphy)

Luas kamar Anda benar-benar sangat terbatas? Tenang saja Anda tetap bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin jika menggunakan desain loft bed dewasa lipat atau yang banyak dikenal dengan nama murphy ini. Desain ranjang yang satu ini memungkinkan ranjang bisa dilipat ke arah dalam dan membuat ruang kamar menjadi lebih luas. Akhirnya saat dilipat, Anda bisa bergerak lebih leluasa di kamar. Desain ranjang yang seperti ini banyak ditemukan di ruang kerja juga.

Loft Bed Bertema Alam

Pilihan yang terakhir untuk Anda yang mendambakan kamar unik bernuansa alam, bisa mencoba desain loft bed bertema alam ini. Biasanya bagian-bagian kosong dari loft bed digunakan untuk menjadi tempat tanaman pot. Alhasil kamar Anda pun bisa menjadi jauh lebih asri dan sejuk.