Kenali Bahan Jas Hujan dan 8 Rekomendasinya yang Bisa Jadi Pilihan Menarik Saat Musim Hujan 2020!

Kenali Bahan Jas Hujan dan 8 Rekomendasinya yang Bisa Jadi Pilihan Menarik Saat Musim Hujan 2020!

Saat ini sudah masuk musim hujan. Sudahkah Anda memiliki jas hujan untuk bepergian? Jas hujan memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan. Berikut beberapa jenis jas hujan dan kegunaannya dari BP Guide.

Daftar isi

Musim Hujan Tiba, Anda Sudah Punya Jas Hujan?

Sumber gambar www.freepik.com

Setiap akhir tahun dan mendekati tahun baru, musim hujan pasti akan mengisi hari-hari Anda. Jika Anda tetap harus sering beraktivitas di luar rumah, maka memiliki jas hujan untuk mencegah tubuh Anda basah sangat disarankan. Apakah Anda sudah punya jas hujan? Untuk kebutuhan apa jas hujan Anda gunakan?

Anda yang menggunakan jas hujan untuk mengendarai motor tentu akan berbeda macam jas hujan yang dibutuhkan dengan yang hanya berjalan kaki. Bahan jas hujan itu pun bisa berbeda-beda. Sudah tahukah Anda apa saja jenis bahan jas hujan dan macam jas hujan serta kegunaan sesuai bentuknya? Berikut ini penjelasan mengenai kedua hal itu.

5 Bahan Jas Hujan yang Bagus Menahan Air Masuk

Semi Karet/ Karet

Sumber gambar raincoatforwomen.com

Bahan jas hujan yang pertama untuk Anda ketahui adalah semi karet/ full karet. Jenis bahan jas hujan seperti ini tidak mudah robek karena lentur dan bia mengikuti gerak tubuh. Daya tahan air bahan karet pun sudah diakui dan kecil resiko rembes ke baju. Hanya saja, bahan ini memang terasa lebih panas jika dikenakan dalam jangka waktu.

Nilon

Sumber gambar www.alibaba.com

Kalau jenis bahan jas hujan yang satu ini adalah bahan yang sebenarnya paling direkomendasikan di Indonesia. Alasannya karena bahan ini lebih mudah ketersediaannya dan mudah juga dijahit untuk memenuhi kebutuhan. Hanya saja memang bagian dalamnya bisa sangat panas, namun sekarang sudah banyak yang dilapisi agar tidak menyebabkan kegerahan.

Parasut

Sumber gambar duckback.in

Anda juga pasti sering menemukan jas hujan yang terbuat dari bahan parasut. Jas hujan seperti ini memiliki ketahanan air yang baik. Hanya saja parasut ini sulit disimpan dalam ukuran kecil.

Bahannya tebal dan sulit dilipat. Jadi ketika dibawa-bawa, Anda harus menyediakan tempat penyimpanan yang cukup besar. Selain itu, tidak ada terlalu banyak keluhan dari jas hujan berbahan parasut ini.

Plastik

Sumber gambar www.aliexpress.com

Ini dia bahan jas hujan yang paling banyak ditemukan. Jas hujan plastik memang menjadi favorit di masyarakat. Selain harganya yang murah, jas hujan dari plastik juga biasanya lebih mudah dikemas menjadi ukuran kecil. Sayangnya memang daya tahan akan airnya tidak terlalu bagus. Bahan plastik mudah robek dan akhirnya air bisa merembes ke pakaian Anda.

PVC

Sumber gambar id.aliexpress.com

Masih ada lagi jenis jas hujan yang sangat digemari yaitu bahan PVC. Jas hujan yang terbuat dari PVC memang tidak menyebabkan gerah dan biasanya lebih banyak pilihan warna juga modelnya. Sayangnya, bahan PVC ini tergolong mudah robek sehingga saat mengenakannya Anda harus lebih berhati-hati ya.

8 Macam Jas Hujan dan Kegunaannya Sesuai Bentuk

Jas Hujan Gamis

Sumber gambar www.amazon.com

Macam jas hujan dan kegunaannya yang satu ini sangat dibutuhkan oleh Anda yang tetap ingin terlihat stylish. Potongan bentuk jas hujan ini seperti sebuah gamis wanita. Jadi dari bagian atas hingga bawah persis seperti sebuah gamis modern.

Ada juga ikat pinggang serta hiasan kancing di dada dan tangan. Bagian penutup kepalanya pun juga dilengkapi dengan tali. Namun jenis jas hujan ini tidak terbatas untuk para wanita saja. Bagi Anda yang berbadan lebar, akan lebih aman menggunakan jas hujan ini karena tidak ribet saat digunakan.

Jas Hujan Kelelawar/ Ponco

Sumber gambar mandauefoam.ph

Bentuk jas hujan ini adalah yang paling populer digunakan saat mengendarai motor. Cara memakainya yang sederhana dapat langsung menutupi seluruh bagian tubuh dalam hitungan detik saja. Khususnya jika Anda perlu untuk menutupi tas atau barang bawaan Anda, jas hujan bentuk kelelawar ini bisa menutupi cukup luas.

Hanya saja jas hujan ini bisa juga membahayakan. Bagian belakangnya bisa menjuntai hingga ke roda belakang, jadi selalu berhati-hatilah saat menggunakannya.

Jas Hujan Kelelawar/ Ponco Tandem

Sumber gambar www.amazon.com.au

Kalau macam jas hujan yang satu ini memiliki bentuk yang sama seperti jas kelelawar sebelumnya. Hanya saja kegunaannya sedikit berbeda karena ada 2 lubang kepala. Itulah mengapa jas hujan ini disebut juga sebagai jas ponco tandem.

Artinya jas hujan ini bisa dipakai oleh dua orang. Jika menggunakan jas kelelawar dengan satu lubang kepala, memang bisa menutupi penumpang yang ada di belakang saat mengendarai motor. Namun sang penumpang biasanya akan menunduk dalam waktu lama dan tidak bisa melihat jalan. Jadi jas tandem ini lebih disarankan untuk digunakan.

Jas Hujan Muslimah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mirip dengan jas gamis sebelumnya, jas hujan muslimah ini memiliki desain longgar. Namun bedanya, jas hujan muslimah ini terdiri dari dua bagian yang berbeda. Bagian atasan dan bagian bawahan berupa rok longgar. Bentuknya yang tidak pas di badan membuatnya sangat digemari oleh para muslimah.

Jadi walau terkena hujan, jas tidak akan menempel dan membentuk tubuh. Bagi Anda muslimah yang harus beraktivitas di luar selama musim hujan ini, boleh mencoba menggunakan jas hujan muslimah.

Jas Hujan Payung

Sumber gambar www.indiamart.com

Ada juga macam jas hujan dan kegunaannya yang unik seperti yang satu ini. Jas hujan yang disertai payung ini. Bentuk jas hujan sebenarnya hanya menutupi bagian kepala, lalu setelah dari leher akan ada lingkaran yang memayungi sisa badan Anda.

Bentuk kepala yang biasa dihiasi dengan corak-corak unik membuat jas hujan seperti ini sangat digemari oleh anak-anak. Namun orang dewasa juga bisa memakainya. Anda tidak perlu khawatir akan tertutup langkah oleh lingkaran payung, karena bagian depan jas hujan akan transparan.

Jas Hujan Sekali Pakai

Sumber gambar www.amazon.in

Kalau yang satu ini adalah macam jenis hujan yang akan sangat membantu ketika hujan tiba-tiba datang dan Anda tidak membawa jas hujan. Macam jas hujannya terbuat dari plastik tipis saja, sehingga harganya murah. Namun karena itu juga, jas hujan ini disebut sebagai jas hujan sekali pakai.

Saat mengenakan dan melepaskannya, jas hujan akan mudah sekali robek. Jadi memang harus hati-hati saat menggunakannya. Soal fungsinya Anda tidak perlu khawatir, karena sama bagusnya melindungi Anda dari curah hujan.

Jas Hujan Setelan

Sumber gambar www.blibli.com

Macam jas hujan yang seperti ini adalah yang paling umum ditemukan. Bentuk setelan atas dan bawahan berupa celana sangat digemari di masyarakat. Mulai dari laki-laki atau perempuan, orang dewasa atau anak-anak sangat gemar menggunakan jas hujan setelan ini.

Kualitasnya juga ada banyak macamnya. Ada yang berbahan tebal dan sangat menutup seluruh bagian tubuh, tapi ada juga yang mudah robek. Oleh sebab itu, jas hujan setelan ini biasanya memiliki harga yang bervariasi.

Overcoat

Sumber gambar id.aliexpress.com

Masih ada satu lagi macam jas hujan yang populer di masyarakat. Jas hujan macam overcoat ini biasanya adalah yang digunakan pada banyak pekerja lapangan. Mulai dari para pekerja pabrik, tambang, hingga polisi biasanya memiliki seragam jas hujan yang berbentuk overcoat.

Bentuknya seperti atasan, tetapi panjangnya sampai melewati lutut. Jadi sekali pakai bisa menutupi seluruh bagian tubuh juga. Desainnya cukup aman dipakai berkendara, tetapi lebih familiar digunakan untuk berjalan kaki saat hujan.

Sudah tahu apa saja macam jas hujan dan kegunaannya bukan? Mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Segera beli dan jangan sampai Anda kehujanan lagi ya!

Tag