Butuh Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tulang? Minum CDR Aja! (2020)

Butuh Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tulang? Minum CDR Aja! (2020)

Apakah Anda termasuk golongan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan tulang? Yuk, simak rekomendasi suplemen untuk menjaga kesehatan tulang kami!

Kesehatan tulang amat penting untuk mendukung setiap orang dalam menjalani hidup yang optimal. Sayangnya, penurunan kesehatan tulang banyak tak disadari oleh sebagian besar orang, khususnya mereka yang mulai memasuki usia dewasa dan paruh baya. Kebanyakan orang baru menyadari menderita penyakit tulang keropos atau osteoporosis setelah mereka mengalami patah tulang dan periksa ke dokter.

Untungnya, Anda bisa fokus menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis dengan meminum suplemen kalsium rekomendasi kami seperti CDR – Calcium D Redoxon dan mengikuti tips-tips di artikel ini. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang kesehatan tulang dan osteoporosis di bawah ini!

Osteoporosis

Kondisi tulang keropos disebut dengan osteoporosis. Penderita osteoporosis memiliki kepadatan tulang yang kurang dari normal, sehingga menyebabkan kualitas tulang berkurang, dan rapuh. Hasilnya, makin rapuh dan berkurangnya kepadatan tulang , tulang jadi mudah patah. Yang lebih berbahaya lagi, kondisi ini biasanya terjadi tanpa disadari sampai penderita mengalami fraktur.

Tak banyak orang yang menyadari bahwa mereka menderita osteoporosis, namun bukan berarti Anda tak bisa mendeteksinya. Beberapa gejala osteoporosis bisa terlihat jika diamati dengan saksama seperti postur tubuh yang mulai bungkuk, turunnya tinggi badan, meningkatnya frekuensi cedera tulang—yang biasa terjadi di tulang belakang, pergelangan tangan, lengan, bahkan pangkal paha, dan mudah mengalami sakit punggung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa sekitar setengah kejadian patah tulang yang merupakan akibat dari osteoporosis dapat menimbulkan risiko kecacatan seumur hidup, dan bahkan meningkatkan angka kematian!

Tips Fokus Menjaga Kesehatan Tulang dengan Mudah

Menjaga kesehatan tulang perlu diperhatikan sejak dini. Sebelum osteoporosis menyerang, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari tulang keropos. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Lakukan olahraga secara rutin dan berjemur di bawah matahari

Menghabiskan waktu di luar rumah, aktif bergerak, dan olahraga secara rutin akan membantu tubuh untuk terus memproduksi sel tulang yang sehat. Kurang bergerak atau kondisi sedentary berupa malas aktivitas fisik dan olahraga tidak teratur bisa mengurangi tekanan fisik pada tulang, sehingga tubuh mengurangi pembentukan tulang baru. Dampaknya, hal ini meningkatkan risiko osteoporosis. Oleh sebab itu, Anda perlu beraktivitas fisik secara maksimal.

Untuk bisa mendapatkan kepadatan tulang yang maksimal, kecukupan sinar matahari juga sama pentingnya dengan kebutuhan akan kalsium. Itu sebabnya wajib untuk mendapatkan sinar matahari agar vitamin D non aktif yang ada di bawah kulit bisa diaktifkan. Untuk anak-anak dan orang dewasa di Indonesia, diperlukan kurang lebih 5 sampai 15 menit berjemur di bawah sinar matahari pagi dan sore. Hal ini perlu dilakukan setidaknya 3 kali dalam satu minggu.

2. Beri asupan diet sehat dan tinggi kalsium untuk tubuh dan tulang

Membentuk tulang kuat dan menjaga kesehatan tulang lewat pemberian diet sehat perlu dilakukan sejak masih anak-anak. Terlebih lagi bagi orang dewasa, diet sehat dan konsumsi makanan tinggi kalsium bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis. Diet sehat yang paling direkomendasikan adalah memakan makanan yang mengandung gizi seimbang tinggi kalsium dan protein, serta konsumsi buah dan sayuran secara rutin.

Perbanyak minum air putih, susu, dan jus buah. Untuk snack di sela-sela waktu makan besar, sangat direkomendasikan untuk memakan makanan dengan keju di dalamnya, kacang-kacangan, atau buah yang dikeringkan.

Untuk memastikan Anda tidak kekurangan kalsium, suplemen seperti CDR amat penting untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan begitu, Anda tak perlu pusing-pusing menghitung berapa banyak asupan kalsium yang sudah Anda konsumsi setiap harinya.

3. Stop merokok dan asupan minuman yang tidak sehat

Berbicara soal gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan osteoporosis, setidaknya ada 3 kebiasaan buruk yang harus dihindari yaitu mengonsumsi alkohol, terlalu banyak minum kopi dan soda, serta merokok. Meminum minuman yang mengandung alkohol lebih dari 2 unit per hari ternyata dapat meningkatkan risiko osteoporosis baik pada pria maupun wanita. Banyak minum kopi dan soda juga bisa menyebabkan berkurangnya penyerapan kalsium oleh tubuh.

Hal terparah didapat dari kebiasaan merokok. Nikotin dalam rokok menyebabkan kegagalan penyerapan kalsium dalam ginjal. Selain itu, merokok juga menyebabkan hormon reproduksi yang bisa menjaga kesehatan tulang jadi berkurang di dalam tubuh. Belum lagi efek toksin dari rokok ternyata memperlambat pembentukan sel tulang yang baru, sehingga kepadatan tulang berkurang dan tulang jadi keropos.

4. Rajin memantau kondisi kesehatan tulang

Hal lain yang penting dilakukan untuk memastikan kesehatan tulang Anda adalah dengan rajin memantau kondisi kesehatan tulang, khususnya bagi mereka yang sudah tidak muda lagi atau pernah menderita patah tulang. Dalam dunia kedokteran, memantau kesehatan tulang dapat dilakukan melalui Bone Density Test.

Tes ini akan mengukur seberapa padat tulang Anda, sehingga dapat disimpulkan tinggi atau tidaknya risiko osteoporosis yang bisa muncul. Beberapa cara untuk melihat seberapa banyak kalsium yang tersimpan pada tulang antara lain dengan menggunakan sinar-x dan atau gelombang suara (ultrasound). Anda tak perlu khawatir sebab tes kepadatan tulang ini tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Rekomendasi suplemen kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Untuk menjaga tulang tetap sehat, orang dewasa membutuhkan hingga 1300 mg kalsium per hari, tentunya ini perlu disesuaikan dengan berbagai faktor lainnya. Seperti yang sempat disinggung di atas, konsumsi kalsium yang cukup bisa didapatkan dari susu, sayuran, maupun suplemen.

Nah, mengingat peran penting suplemen dalam menjaga kesehatan tulang di usia dewasa dan paruh baya, berikut ini beberapa suplemen kalsium yang BP-Guide rekomendasikan dan telah teruji kualitasnya sejak lama. Yuk, simak langsung daftarnya berikut ini:

CDR - Calcium D Redoxon

Sumber gambar www.bayer.co.id

Calcium D Redoxon adalah suplemen kalsium dan vitamin dari Bayer Indonesia yang tinggi kalsium serta vitamin C dan D untuk kebutuhan harian Anda. suplemen yang dijual bebas ini sudah dikenal lama dan populer sebagai suplemen kalsium yang amat bermanfaat bagi kesehatan tulang secara khusus, dan mengandung vitamin untuk kesehatan tubuh secara umum.

CDR disajikan dalam bentuk tablet effervescent yang mudah larut dalam air. Tiap tabletnya mengandung produk tertentu yang telah teruji secara klinis. Komposisi tersebut sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C serta kalsium bagi daya tahan tubuh dan kesehatan tulang Anda.

Tulang yang sehat memungkinkan Anda untuk terus beraktivitas dengan maksimal sehingga menghasilkan tubuh yang fit. Tanpa aktivitas yang cukup, metabolisme tubuh menurun dan mengakibatkan kondisi tubuh ikut menurun pula. Oleh sebab itu, kebutuhan kalsium juga amat penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh Anda secara keseluruhan.

CDR aman dikonsumsi oleh orang dewasa, bahkan ibu hamil sekalipun. Diformulasikan dengan kandungan yang sesuai dengan Angka Kebutuhan Gizi harian, CDR aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain bisa dikonsumsi oleh orang dewasa secara umum, beberapa golongan yang sangat memerlukan CDR antara lain vegetarian, penderita intoleransi laktosa, penderita osteoporosis, orang yang suka mengonsumsi banyak garam, dan masih banyak lainnya. Jika Anda salah satunya, Anda perlu meminum CDR secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

CDR tersedia dalam dua rasa yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda, yaitu rasa jeruk dan fruit punch.

CDR Fortos

Sumber gambar www.bayer.co.id

CDR Fortos adalah varian dari CDR yang dikemas tanpa vitamin C, namun memberikan asupan tambahan Vitamin D dan bahan tertentu yang amat diperlukan oleh tubuh. CDR Fortos difokuskan sebagai suplemen kalsium dan vitamin D bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas. Di rentang usia ini, manusia membutuhkan lebih banyak kalsium dan vitamin D untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Redoxon

Sumber gambar www.bayer.co.id

Redoxon adalah suplemen vitamin lain dari Bayer Indonesia juga yang membantu Anda menjaga dan memelihara daya tahan tubuh lewa kandungan mineral penting, vitamin C, dan zinc di dalamnya. Berbentuk tablet effervescent, Anda bisa meminum 1 tablet setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Tersedia 2 varian Redoxon yang dijual bebas di pasaran, yaitu Redoxon Triple Action, dan Redoxon Fortimun. Keduanya mengandung bahan tertentu yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas harian Anda.

Berroca

Sumber gambar www.bayer.co.id

Berroca merupakan tablet effervescent suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C, B kompleks, kalsium, magnesium, dan zinc. Suplemen multivitamin ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, serta membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa lelah. Meminum vitamin ini secara rutin setiap hari memastikan Anda memperoleh tubuh yang fit dan bersemangat sepanjang hari. Berroca bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak di atas usia 12 tahun.

Tonikum Bayer

Sumber gambar www.bayer.co.id

Buat Anda yang doyan suplemen vitamin berupa sirup, Tonikum Bayer adalah salah satu suplemen rekomendasi kami yang wajib dicoba. Setiap takarnya mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, dan zinc. Kandungan-kandungan tersebut membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dengan demikian, Tonikum Bayer bermanfaat untuk mengatasi anemia yang diakibatkan oleh kurangnya zat besi.

Mudahnya mengonsumsi CDR

Kami merekomendasikan CDR karena tingginya kalsium yang ada di dalamnya dan adanya asupan vitamin lain yang amat bermanfaat. Kemudahan untuk mengonsumsinya menjadi pertimbangan utama untuk memastikan Anda dapat mengonsumsi CDR dengan baik di tengah kesibukan harian Anda.

Cara mengonsumsi CDR amat mudah. Anda cukup menyediakan segelas air, kurang lebih 250 ml. Setelah itu, masukkan tablet effervescent CDR ke dalamnya dan tunggu beberapa detik hingga larut. Segera minum larutan tersebut setelah tablet benar-benar larut dengan sempurna. Untuk mendapatkan kecukupan asupan kalsium, cukup konsumsi 1 tablet setiap hari.

Akhir kata, menjaga kesehatan tulang tak harus sulit, cukup lakukan tips-tips di atas dan sesegera mungkin meminum suplemen kalsium seperti CDR dan kawan-kawannya di atas ya. Selamat mencoba dan tetap sehat selalu!

Tag