Anda Mencari Destinasi Wisata yang Tak Biasa? Ini 10 destinasi liburan Unik dan Berbeda yang Bisa Dikunjungi di Tahun 2018

Anda Mencari Destinasi Wisata yang Tak Biasa? Ini 10 destinasi liburan Unik dan Berbeda yang Bisa Dikunjungi di Tahun 2018

Sumber gambar pixabay.com

Banyak destinasi wisata unik di dunia yang seringkali diabaikan banyak orang. Seperti 10 destinasi wisata unik ini yang bisa menjadi pilihan Anda saat berlibur. Mulai dari mengunjungi katedral di tengah pulau, menginap di ice hotel hingga mengunjungi museum bawah laut. Anda akan mendapatkan pengalaman seru dan berbeda saat mengunjungi destinasi wisata unik tersebut. Berikut beberapa destinasi wisata unik yang bisa Anda coba.

Anda sedang mencari destinasi liburan yang berbeda dari kebanyakan turis? Maka, berkunjung ke Menara Eiffel atau Big Ben, sudah tidak cocok dalam buckit list liburan Anda. Sebenarnya, ada banyak surga liburan yang unik dan fantastis di seluruh dunia. Namun, berikut ini kami akan mencoba merangkum beberapa destinasi yang menawarkan pengalaman unik dan eksotis untuk tipe petualang antimainstream:

1. Leshan Giant Buddha, Sichuan, Cina

Sumber gambar pixabay.com

Keunikan pahatan Buddha raksasa ini ada pada lokasinya yang berada di ketinggian 71 meter. Leshan Giant Buddha diukir pada abad ke-8, dan menjadi salah satu patung Buddha terbesar sepanjang sejarah. Selagi mengunjungi kota Sichuan, pastikan Anda menginap di Panda Inn. Di mana semua konsep terinspirasi dari hewan menggemaskan berwarna hitam putih tersebut. Proses pembangunan Leshan Giant Buddha juga tergolong cukup rumit dan memiliki tujuan yang mulia. Pada sekitar tahun 713, di sekitar perairan Leshan Giant Buddha tersebut merupakan sebuah titik yang menjadi muara dari tiga sungai. Ada banyak kapal yang bertabrakan karena terkena dampak aliran udara yang menciptakan turbulensi. Untuk itulah, seorang biksu Buddha yang bernama Haitong berinisiatif untuk membangun sebuah ukiran patung Buddha raksasa yang mencolok dan dapat terlihat oleh kapal-kapal yang melintas dari kejauhan.

2. Las Pozas, Xilitla, Meksiko

Sumber gambar thespaces.com

Las Pozas merupakan bangunan yang dirancang oleh seorang bangsawan asal Inggris yang kaya raya, bernama, Edward James. Pada awalnya, Edward ingin membangun sebuah mahakarya di lahan seluas 20 hektar tepat di tengah hutan Meksiko yang teduh dan tenteram. Ia membangun berbagai struktur bangunan yang unik dan Instagrammable. Di antaranya seperti bentuk tangga menuju surga yang fantastis dan masih ada banyak struktur bangunan yang unik lainnya untuk diunggah ke media sosial.

3. Pancake Rocks, Selandia Baru

Berada di Pulau Selatan Selandia Baru, Pancake Rocks menjadi bagian dari Taman Nasional Paparoa di sisi barat. Terdiri dari bebatuan kapur dan batu pasir yang berkumpul dan menyatu di dasar lautan. Batu pasir ini memiliki tekstur yang sangat lembut dari batu kapur, sehingga mulai terkikis. Ketika proses erosi terjadi, bebatuan karang yang terbentuk secara alami menyerupai tumpukan kue pancake yang biasa dikonsumsi untuk menu sarapan. Tentu saja, proses ini tak terjadi dalam semalam. Melainkan, dimulai sejak 30 juta tahun yang lalu.

4. Mont St. Michel, Prancis

Mereka yang datang ke Negeri Menara Eiffel tak boleh melewatkan kunjungan ke Mont St. Michel yang sangat terkenal. Mont St. Michel merupakan sebuah katedral bergaya khas Eropa yang luar biasa megah. Keunikannya, lokasi berada tepat di tengah-tengah sebuah pulau. Ketika air laut pasang, maka gereja ini tampak seperti mengapung. Namun, saat air laut surut, masyarakat bisa menjangkau gereja ini dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Pulau ini berada di tepi pantai Normandia, Perancis. Dahulu, pulau ini memang sengaja diasingkan untuk tempat para tahanan perang Revolusi Perancis.

5. Icehotel, Jukkasjarvi, Swedia

Bagi Anda yang suka tantangan dan tidak takut cuaca dingin yang ekstrim, hotel ini bisa menjadi pilihan bermalam. Lokasinya ada di sekitar 124 mil dari Lingkaran Arktik. Icehotel hanya dibuka saat musim dingin. Sesuai namanya, hotel ini hampir seluruhnya terbuat dari pahatan es membeku di bawah nol derajat celcius. Para tamu bisa tidur di atas tempat tidur yang terbuat dari es. Selain itu, ada sebuah gereja kecil yang biasanya disewakan untuk tempat pernikahan, aula besar untuk resepsi pernikahan, serta bar yang semuanya terbuat dari es. Bahkan, gelas di bar ini pun juga diukir dari es.

6. Blue Hole Dean, Bahama

Blue Hole mengandung campuran dari air tawar dan air laut. Nama Blue Hole berasal dari penampakan berwarna biru cerah yang terlihat eksotis saat dilihat dari atas dengan helikopter atau pesawat terbang. Blue Hole Dean berlokasi di Bahamas Long Island dan didapuk sebagai lubang sink hole yang terdalam di dunia. Kedalamannya mencapai 600 kaki atau 182 meter yang sangat ideal untuk spot penyelaman para profesional dan instruktur terlatih.

7. Cancun Underwater Museum, Cancun

Tak ada yang menduga, di bawah lautan lepas pantai Cancun terdapat Museum Bawah Laut Cancun. Museum ini menampilkan lebih dari 400 patung yang ukurannya seperti manusia pada umumnya. Patung-patung tersebut dibuat dengan berbagai bentuk. Misalnya, ada patung seorang pria yang duduk di sofa sambil menonton televisi. Patung-patung yang ditempatkan di bawah laut ini sengaja dibuat untuk menambah pertumbuhan terumbu karang dan menjadi tempat tinggal baru bagi ikan-ikan kecil atau satwa bawah laut lainnya.

8. Alberobello, Italia

Pada tahun 1996, organisasi PBB yang membawahi kelestarian sejarah dan tradisi dunia, UNESCO telah mendapuk Alberobello sebagai salah satu situs Warisan Dunia. Kota kecil yang berada di Italia ini dibangun pada abad ke-14, saat Count of Conversano menjajah dan menaklukkannya. Lokasi ini menjadi tempat bagi trulli. Diketahui, trulli adalah tempat tinggal yang terbuat dari batu kapur dan berbentuk kerucut. Saat rumah trulli pertama kali didirikan, warga Alberobello menggunakan batu-batu yang saling mengunci dengan kuat tanpa perekat seperti semen. Karena tidak menggunakan perekat atau pun semen, maka batu-batu ini bisa dipindahkan dengan mudah.

9. Restoran Ithaa Undersea, Maladewa

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika Anda makan tepat di tengah lautan bersama ikan-ikan yang akan menjadi hidangan Anda? Berlokasi di wilayah Conrad Maldives Rangali Island, ada Hilton Resort yang menawarkan menu makan siang dan makan malam tepatnya di Ithaa Undersea Restaurant. Restoran ini berada 16 kaki di bawah permukaan laut. Tempat makan dikelilingi pembatas dari kaca bening yang memungkinkan pengunjung bisa melihat kehidupan satwa laut secara bebas. Sebelum berangkat, sebaiknya Anda membuat reservasi karena restoran ini hanya memiliki 12 kursi eksklusif.

10. Kolam Pamukkale Thermal, Turki

Melihat kolam Pamukkale Thermal Anda seolah-olah sedang melihat lukisan dari negeri dongeng. Tempat surealis yang menakjubkan ini berada di wilayah Pamukkale, Turki. Nuansa air yang seputih kapas dan berkabut, membuat namanya dijuluki sebagai “kastil kapas”. Kolam pemandian air panas alami ini terbentuk secara alami berkontur seperti terasiring yang berundak-undak. Air pemandian menuruni lereng hingga ke tingkat terbawah. Bersantai di dalam kolam pemandian air panas selalu menjadi favorit banyak masyarakat Turki dan wisatawan dari seluruh dunia. Selain cocok untuk relaksasi, panorama di sekitar kolam Pamukkale ini juga luar biasa spektakuler.

From our editorial team

Abadikan setiap momen seru saat berlibur

Itulah beberapa destinasi wisata unik dan tak biasa yang bisa menjadi pilihan Anda saat berlibur. Anda jangan sampai melupakan membawa kamera atau mengabadikan diri dengan berfoto selfie. Pasalnya, sesudah mengunggah foto liburan di tempat wisata tersebut, jangan terkejut jika akun instagram Anda akan mendulang banyak like dan followers. Selamat berlibur.

Tag