Jangan Dulu Stres, Manfaatkan 10 Parenting Hacks yang Moms Wajib Tahu Berikut Ini! (2020)

Jangan Dulu Stres, Manfaatkan 10 Parenting Hacks yang Moms Wajib Tahu Berikut Ini! (2020)

Mengasuh dan merawat anak tidak selamanya berjalan dengan mulus. Seringkali orang tua menemui berbagai kendala. Oleh karena itu, orang tua memerlukan trik-trik tertentu agar pengasuhan anak berjalan dengan lancar dan anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Daftar isi

Susahnya Menjalani Peran Sebagai Orangtua

Menjadi orang tua bukanlah peran yang bisa dijalani oleh semua orang. Ada banyak orang tua yang kemudian mengalami stres karena sulitnya menjalani peran yang satu ini. Ada banyak jenis kebutuhan anak yang harus selalu siap untuk dipenuhi oleh orang tua. Hingga akhirnya, kebutuhan orang tua sendiri pun menjadi tidak bisa dipenuhi dengan baik.

Akan tetapi, semua akan menjadi lebih mudah dengan berbagai informasi yang dibagikan di internet saat ini. Ada parenting hacks yang dikategorikan baik untuk mom ataupun dad sesuai dengan masing-masing tugasnya.

Jika Anda adalah seorang mom, maka kali ini ada banyak parenting hacks bermanfaat yang bisa Anda pelajari. Tertarik untuk mempelajarinya? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Pentingnya Mengetahui Parenting Hacks untuk para Moms

Agar Anak Bisa Selalu Bersih dan Sehat

Hal utama dalam menjaga anak adalah memastikan bahwa si anak selalu bersih dan sehat. Jadi beberapa parenting hacks pun diketahui akan sangat membantu moms dalam menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil setiap hari.

Mencegah Kebosanan pada Diri Anak

Anak-anak yang mudah bosan juga seringkali menjadi penyebab para mom merasa kesulitan. Pemberian variasi makanan atau juga permainan bisa dilakukan untuk membuat anak lebih terkendali. Berbagai parenting hacks bisa membantu mom untuk melakukan ini.

Memudahkan Penjagaan untuk Anak

Mom yang tidak memiliki bantuan dalam menjaga beberapa anak, juga pasti memerlukan tips dan parenting hacks. Beberapa parenting hacks akan sangat memudahkan mom untuk menjaga anak sambil melakukan berbagai tugas lainnya juga.

Menghemat Biaya Perawatan untuk Anak

Jika mom bisa menggunakan parenting hacks untuk berbagai kegiatan, maka mom akan bisa menghemat sangat banyak biaya perawatan untuk anak. Biaya perawatan anak memang tidak bisa dibilang sedikit dan jika bisa dihemat, tentu akan memudahkan mom juga.

Menjaga Anak Selalu Baik Kondisi dan Perasaannya

Terakhir, mom juga bisa memastikan anak selalu dalam kondisi perasaan yang baik dengan menjalani beberapa parenting hacks. Oleh karena itu, mom juga bisa memiliki hubungan yang lebih baik dengan anak-anak dalam kesehariannya.

10 Parenting Hacks untuk para Mom

Berikan Penghargaan jika Anak Patuh

Parenting hacks yang mom wajib tahu karena sangat ampuh adalah dengan memberikan penghargaan. Penghargaan tersebut bisa berupa pemberian semacam perangko atau tanda bintang untuk anak. Saat ini ada banyak perangko bergambar yang sangat disukai anak-anak.

Mom bisa memberikan perangko ini setiap anak menurut atau melakukan hal yang layak dipenuhi. Jadi anak-anak akan selalu berusaha melakukan hal yang terbaik agar bisa mengumpulkan tanda penghargaan ini.

Gelitik jika Tidak Mau Tidur

Anak-anak sangat gemar bersenda gurau dengan orang tuanya. Seringkali karena staminanya yang tahan lama, anak-anak terus bersenda gurau dan tidak kunjung tidur juga di malam hari. Padahal mom pasti sudah sangat lelah dengan aktivitas sehari-hari.

Kondisi seperti ini bisa diatasi dengan parenting hacks yang satu ini. Layani anak-anak dengan bersenda gurau sambil menggelitiknya. Gelitikan di tempat tidur akan membuat anak tertawa dan lelah. Akhirnya ia pun akan tertidur sendiri.

Gunakan Pisau Pizza untuk Memotong Berbagai Makanan

Anda tentu juga sudah tahu bahwa anak bisa kesusahan makan makanan yang ukurannya besar. Dalam situasi seperti ini, sebenarnya Anda hanya perlu memanfaatkan pisau pizza. Kalau bisa, bawalah pisau ini ke mana Anda pergi bersama anak-anak dan gunakan untuk memotong makanan menjadi ukuran yang lebih kecil. Anak bisa makan tanpa hambatan dan Anda pun bisa melakukan aktivitas tanpa banyak masalah.

Lapisi Cone Es Krim dengan Marshmallow

Anak-anak juga sangat gemar makan es krim. Semua mom pasti setuju mengenai hal ini. Namun setiap anak makan es krim, pasti mom akan mengalami kesulitan karena lelehannya yang seringkali mengotori wajah dan pakaian si anak. Oleh sebab itu, mom perlu menggunakan parenting hacks yang satu ini. Lapisi bagian bawah cone es krim dengan marshmallow. Jadi setiap lelehan es krim akan menempel di marshmallows dan tidak akan berceceran lagi seperti biasanya.

Membawa Tisu Basah ke Mana pun

Satu lagi parenting hacks yang mom wajib tahu adalah terkait tisu basah. Anak-anak harus selalu terjaga kebersihan tangannya. Pasalnya, tangan akan sering mereka gunakan untuk menyentuh wajah dan mulut.

Jadi agar mom tidak perlu sibuk mencari air dan sabun terus menerus untuk membersihkan tangan anak, bawalah selalu tisu basah.

Tisu basah ini dapat dengan mudah digunakan untuk membersihkan tangan anak-anak yang seringkali kotor dan menjadi penyebab berbagai penyakit yang menyerang anak Anda.

Membuat Bentuk Wajah dari Makanan

Masalah lain yang pasti dialami oleh mom saat mengurus anak adalah dalam memberikan makanan. Banyak anak yang susah makan dan membuat mom semakin khawatir. Oleh karena itu, moms bisa mencoba parenting hacks yang satu ini.

Bentuklah wajah yang lucu lengkap dengan mata, hidung, mulut, hingga telinga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan makanan. Pastinya anak-anak akan semakin semangat makan.

Melapisi Seprai dengan Perlak

Anak-anak di usia tertentu masih sering sulit mengontrol keinginan untuk buang air kecil. Itulah sebabnya, seringkali setiap malam anak masih mengompol saat tidur. Jika mom terus memakaikan popok sekali pakai, maka bisa menghabiskan banyak uang.

Namun jika anak tidak memakai popok, maka mom harus selalu mengganti seprai yang kotor setiap hari. Ada parenting hacks yang bisa mom gunakan dalam kondisi seperti ini. Lapisi seprai dengan perlak agar tidak basah karena ompol.

Selalu Semprot Bagian Bawah Tempat Tidur

Jika Anda sering mengamati, maka Anda pasti pernah menyadari bahwa anak seringkali bermain di kolong tempat tidur atau kolong benda-benda lainnya. Anda sebaiknya membersihkan bagian-bagian itu secara rutin.

Namun, jika Anda harus membersihkannya setiap hari, maka pasti akan kelelahan. Jadi untuk selalu menjaga kebersihannya, mom bisa membuat semprotan disinfektan dan langsung menyemprotkannya saja. Hanya butuh waktu singkat dan tidak akan membuat mom terlalu kelelahan.

Simpan Krayon Dalam Kotak Besi

Mom juga pasti tahu bahwa anak-anak senang sekali menggunakan krayon untuk mewarnai. Namun, krayon akan mudah sekali patah karena penggunaan yang tidak hati-hati. Begitu juga jika mom membiarkan krayon disimpan di mana saja.

Oleh sebab itu, mom harus memilih tempat penyimpanan yang pas untuk krayon. Pilihlah kotak besi yang ukurannya sama dengan panjang krayon. Jadi anak-anak tidak mudah menemukannya dan mematahkannya lagi tanpa pengawasan mom.

Simpan Permen di Tempat Obat

Jika mom juga mengalami kesulitan untuk mencegah anak mengonsumsi terlalu banyak permen, maka simpanlah persediaan permen di tempat yang tepat. Simpanlah permen di tempat obat sehingga anak-anak tidak mudah mencarinya. Anak-anak akan enggan mengonsumsi permen yang terlihat seperti obat. Parenting hacks yang satu ini diketahui sangat ampuh dan wajib mom coba juga di rumah, ya.