10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Apa Anda Sudah Tonton Semuanya? (2020)

10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Apa Anda Sudah Tonton Semuanya? (2020)

Untuk mengisi waktu luang, banyak orang yang senang menonton film. Anda bisa memilih menonton film Indonesia yang semakin banyak diproduksi dengan kualitas yang mumpuni. Uraian tentang sejumlah film dalam artikel ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya dan tak membosankan jika ditonton berualng kali.

Daftar isi

Industri Perfilman Indonesia yang Semakin Bergairah

Walau pernah mengalami masa kegelapan beberapa tahun dulu, industri perfilman Indonesia semakin bergairah hingga saat ini. Usaha bangkitnya perfilman Indonesia terlihat dari banyaknya film yang terus diproduksi dalam beberapa tahun ini. Kualitas film-film tersebut pun tidak main-main. Ada sangat banyak film yang menarik dan masih terus menjadi favorit juga bagi masyarakat Indonesia dan beberapa masyarakat negara tetangga.

Bagi masyarakat Indonesia tentu ada keseruan sendiri ketika menonton film produksi negeri. Tahukah Anda apa saja keseruan itu? Lalu tahukah Anda film Indonesia terbaik sepanjang masa hingga kini? Bagi Anda yang belum tahu informasi ini, maka Anda bisa mengetahuinya melalui pembahasan di bawah ini. Selamat membaca!

5 Keseruan Menonton Film Indonesia Dibandingkan Film Asing

Lebih Mudah Dimengerti

Bagi masyarakat Indonesia menonton film produksi dalam negeri tentu akan lebih mudah dimengerti dari segi bahasa. Jika menonton film asing, masyarakat akan bergantung pada terjemahan atau hasil dubbing. Tentunya tidak akan senyaman menonton film dalam bahasa yang memang sudah dimengerti, bukan?

Latar Cerita Lebih Dekat

Film-film Indonesia juga seringkali mengangkat latar yang tentu lebih dekat bagi masyarakat. Baik latar tempat, waktu, atau tokoh, semua pasti akan lebih mudah untuk mendekati penonton secara personal. Itulah sebabnya film Indonesia memang akan tetap memiliki tempat khusus di hati penonton.

Tidak Perlu Menanti Masa Penayangan Terlalu Lama

Jika film-film luar akan membutuhkan waktu untuk mendapat izin penayangan di Indonesia, tentu berbeda dengan film lokal. Film lokal akan langsung ditayangkan ke seluruh Indonesia setelah dirilis. Anda yang sudah menonton trailer film yang menarik jadi tidak perlu menunggu waktu lama hingga filmnya diputar di bioskop.

Bisa Menghadiri Pemutaran Perdana Film Secara Langsung

Anda yang memang hobi menonton, juga bisa berkesempatan menghadiri pemutara perdana film Indonesia ini. Saat pemutaran perdana, Anda bisa bertemu dengan para pemainnya secara langsung. Pasti Anda tidak akan melewatkan kesempatan seperti ini, bukan? Inilah salah satu keseruan yang akan sangat sulit Anda dapatkan dari film-film luar negeri.

Film Ditayangkan secara Luas

Terakhir, bagi Anda yang tinggal bukan di kota besar, maka menonton film Indonesia tentu lebih mudah. Bioskop-bioskop di kota Anda pasti memang akan dipenuhi dengan film lokal dibandingkan film asing. Jadi tidak susah mencari film-film Indonesia karena ditayangkan secara luas ke seluruh penjuru negeri.

10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik

Ada Apa dengan Cinta?

Sumber gambar www.imdb.com

Film kisah Cinta dan Rangga di masa SMA yang dirilis di tahun 2002 ini sampai sekarang masih disebut-sebut sebagai film romansa terbaik di Indonesia. Bahkan karena sangat banyak masyarakat yang merindukan para pemeran film ini, akhirnya film ini pun dibuat sekuelnya. Sambutan masyarakat untuk sekuel film ini pun masih sama hangatnya. Bahkan untuk penonton yang belum pernah menonton film ini di tahun 2002, tetap bisa merasakan serunya film ini di masa lalu.

Eiffel I’m in Love

Sumber gambar www.imdb.com

Satu lagi film yang dirilis di masa kejayaan perfilman Indonesia adalah Eiffel I’m in Love. Kisah cinta manis perjodohan dua tokoh utamanya membuat penonton tidak akan bosan. Sama seperti film sebelumnya, karena banyak sekali penonton yang merindukan kisah Adit dan Tita, akhirnya film ini pun dibuat sekuelnya. Walaupun Anda menonton film ini lagi sekarang, pasti Anda akan tetap menikmati keseruan ceritanya sambil menikmati keindahan menara Eiffel.

Ayat-ayat Cinta

Sumber gambar www.imdb.com

Kisah romansa religi terlaris di Indonesia ada dalam film Ayat-ayat Cinta ini. Saat film ini dirilis, seluruh Indonesia tidak ada yang melewatkan untuk menontonnya. Rasa haru dari perjuangan kisah cinta berbeda kepercayaan dan kerelaan seorang istri adalah hal yang menjadi daya tarik utama film ini. Karena popularitasnya, film ini pun juga dibuatkan sekuelnya walau tidak mendapat sambutan sebesar seri pertamanya.

Laskar Pelangi

Sumber gambar www.imdb.com

Saat baru pertama kali dirilis, film ini langsung mencuri hati penonton Indonesia. Bukan hanya terkenal di Indonesia, kisah Laskar Pelangi pun sampai menerima penghargaan internasional. Kisah tentang anak-anak di daerah terpencil berusaha untuk tetap belajar benar-benar sangat menyentuh hati. Sampai saat ini film Laskar Pelangi masih menjadi salah satu film yang paling laris dan meninggalkan kesan yang sangat baik.

Rumah Dara

Sumber gambar www.imdb.com

Saat dalam masa kejayaannya, film horor Indonesia pun sangat banyak dinantikan kisah serunya. Salah satu yang paling laris dan membekas di masyarakat adalah Rumah Dara. Sebenarnya film ini tidak sepenuhnya horor tetapi lebih cocok digambarkan memiliki genre thriller. Kisah psikopat yang melakukan pembunuhan dengan cara memutilasi adalah yang membuat film Rumah Dara ini menggemparkan dunia perfilman Indonesia.

Dilan 1990

Sumber gambar www.imdb.com

Anda tentu tidak asing lagi dengan tokoh utama film ini yang bernama Dilan dan Milea. Kisah yang diangkat dari sebuah novel tentang sepasang kekasih di tahun 1990 ini sempat merajai perfilman Indonesia sangat lama. Sekuel dan seri ketiganya juga sudah dirilis dan tetap mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat. Bisa dibilang kisah ini membuat masyarakat Indonesia baper bersamaan dan dipercaya sampai beberapa tahun ke depan pun film ini masih akan terus dirindukan.

5 Cm

Sumber gambar www.imdb.com

Film yang mengangkat kisah persahabatan kebanyakan memang sangat laku di pasaran. Seperti kisah dalam film 5 cm yang mengangkat cerita mengenai bagaimana lima orang yang bersahabat menjalani kehidupan. Rasa bosan yang hadir membuat mereka berpisah, namun bertemu kembali dan melakukan pendakian. Proses pencarian makna dalam hidup yang membuat film ini juga menjadi film yang sangat disukai hingga saat ini.

Habibie & Ainun

Sumber gambar www.imdb.com

Sosok Presiden ketiga Republik Indonesia B.J. Habibie tentu adalah sosok yang sangat berpengaruh di Indonesia. Bahkan kisah cintanya dengan sang istri pun telah dibukukan dan difilmkan melalui film Habibie & Ainun ini. Film ini pun menerima sambutan yang sangat besar hingga ke mancanegara. Kisah romantis nan mengharukan yang menunjukkan betapa dalamnya rasa cinta seorang suami kepada istrinya membuat film ini masih akan terus dikenang sepanjang masa.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss

Sumber gambar www.imdb.com

Sebuah film yang diangkat untuk menghidupkan kembali industri perfilman komedi di Indonesia ini benar-benar menghidupkan kembali sosok tiga orang komedian terbaik Indonesia. Dono, Kasino, Indro yang diperankan ulang oleh pemain baru namun dirias menyerupai karakter aslinya membuat film ini memang sudah ditunggu walau belum dirilis. Hingga akhirnya setelah dirilis, film ini masih menjadi salah satu film terlaris Indonesia. Anda yang ingin mencari film komedi Indonesia bisa menontonnya segera.

Cek Toko Sebelah

Sumber gambar www.imdb.com

Masih ada lagi film komedi yang sangat disukai oleh masyarakat dengan lelucon yang segar dan modern bernama Cek Toko Sebelah. Kisah lucu dari sutradara film komedi yaitu Ernest Prakarsa yang sekaligus merupakan stand up comedian ini menjadi awal kesuksesan film-film berikutnya. Sampai beberapa tahun ke depan, pastinya film-film dari sang sutradara akan selalu ditunggu dan tetap akan disukai masyarakat.

Tag