3 Style Rumah Minimalis yang Jadi Favorit Kaum Urban Masa Kini (2019)

3 Style Rumah Minimalis yang Jadi Favorit Kaum Urban Masa Kini (2019)

Rumah minimalis cocok untuk keluarga baru kaum urban masa kini. Tidak harus luas dan besar yang bikin boros, berikut inspirasi rumah minimalis yang wajib kamu tahu!

Jika bicara soal desain rumah, saat ini yang banyak kita temui adalah desain rumah minimalis. Ciri khas dari rumah minimalis adalah desainnya lugas, polos dan kompak. Rumah jenis ini menekankan pada efisiensi ruang dengan cara mengurangi segala sesuatu yang berlebih dalam ruang tersebut. Dengan tampilannya yang simple dan tidak rumit seperti desain rumah Mediteranian, rumah minimalis banyak jadi favorit penduduk yang tinggal di daerah perkotaan.

Rumah minimalis banyak ditawarkan pengembang properti sebagai sebuah simbol baru masyarakat kota. Rumah dengan jenis minimalis bisa mencerminkan cara hidup dan bekerja masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien dan sederhana. Di masa mendatang, kreativitas dan inovasi akan membuat gaya rumah minimalis terus berkembang lebih kompak dan trendy sesuai dengan gaya masyarakat urban yang mengutamakan kepraktisan.

Tak harus besar, desain minimalis juga berikan banyak keuntungan

Desain minimalis banyak memberikan keuntungan, tidak hanya pada penghuni rumah namun juga pada pengembang perumahan. Rumah minimalis cocok untuk budaya kaum urban yang punya kemampuan finansial yang memadai. Para penghuni perumahan bergaya minimalis umumnya adalah pasangan muda. Mereka lebih menyukai jenis rumah minimalis karena perawatannya jauh lebih mudah. Tidak banyak memiliki sekat ruangan, rumah minimalis mempermudah pemiliknya menata ruang dan berpindah dari ruang satu ke lainnya dengan mudah.

Terbilang jauh lebih baik dari desain rumah lainnya, Ini karena desain rumah minimalis bisa menyerap sinar matahari lebih banyak. Para pengembang desain minimalis di Indonesia menggabungkan desain minimalis asli Indonesia dengan desain tropis sehingga mampu menciptakan rumah yang terasa lapang dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang optimal. Hal ini membuat rumah minimalis terkesan menyegarkan dan menyehatkan para pemilik rumah dan membuat mereka betah dan nyaman ada di rumah.

Rumah sempit tak masalah ini tips desain rumah minimalis masa kini:

Sumber gambar thedesignstory

Karena keterbatasan lahan dan juga biaya, banyak dari kita yang akhirnya memilih desain rumah minimalis. Kendati ruangnya sempit, namun hal ini bukan menjadi masalah besar bagi para pasangan muda yang baru memulai keluarga. Dengan kapasitas ruang terbatas tersebut, akses bersih-bersih jadi mudah. Rumah juga jadi lebih mudah ditata tanpa memakan banyak waktu.

Kamu yang memiliki rumah sempit jangan berkecil hati dulu. Rumah yang sempit tidak akan menjadi masalah asalkan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mendekornya. Kamu hanya perlu kecermatan mengenai bagaimana menata interior rumah kecil dengan tepat.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih warna yang cerah untuk bagian dinding. Cat warna rumah yang cerah bisa memberi kesan ruangan jadi lebih lapang. Meski tergolong cara yang klasik, namun cara yang satu ini cukup ampuh dan efektif untuk dilakukan. Selain bisa membuat ruang jadi lebih lapang, warna cerah seperti putih, kuning atau biru muda cerah bisa membuat ruangan terkesan lebih segar dan terang. Sebisa mungkin hindari warna gelap meskipun terlihat elegan. Ini karena warna gelap bisa memberikan ilusi rumah lebih kecil karena cat warna gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk dan membuat rumah terkesan suram.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas adalah dengan memakai furniture yang multifungsi. Daripada memakai lemari kecil dan meja kecil, maka kamu bisa menggantinya dengan kabinet multifungsi. Sehingga selain bisa menjadi lemari bisa juga jadi meja kecil untuk kamu. Atau kamu bisa juga membeli tempat tidur yang memiliki laci di bawah tempat tidur. Ini tentu bisa menghemat space pada ruangan kamu sehingga ruangan tampak lebih luas.

Trik cermin juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat kesan ruangan yang lebih luas. Letakkan cermin berukuran sedang pada area ruangan yang sempit. Kamu bisa kreasikan beberapa cermin untuk dipajang dengan bingkai seragam supaya kesan ruang jadi lebih lapang.

Model desain rumah minimalis favorit milenial

Nah, bagaimana masih bingung dengan desain minimalis yang bisa bikin ruang tampak lapang? Tenang saja karena ada banyak sekali desain rumah minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah sempit kamu supaya tetap terkesan nyaman, lapang dan bikin betah. Intip berbagai desain rumah minimalis dari kami yuk.

Desain rumah minimalis dengan bata ekspos

Sumber gambar thedesignstory

Mendesain rumah minimalis bisa dengan memakai konsep alam. Kamu bisa memilih batu bata atau kayu sebagai elemen untuk menonjolkan konsep alam tersebut. Bicara soal batu bata, material bangunan yang satu ini sudah lama digunakan untuk membangun struktur bangunan, terutama dinding. Dan sekarang ini saat dunia desain makin berkembang, batu bata dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif yang bernilai seni tinggi.

Kekuatan struktur dan juga nilai tampilan serta estetika yang dimiliki batu bata membuatnya cocok untuk membuat desain suatu rumah menjadi lebih artistik. Desain rumah minimalis dengan model dinding batu bata ekspos banyak digemari. Ini karena desain tersebut bisa memberi kesan hangat dan unik. Nah, menariknya, pilihan warna batu bata juga tidak terbatas pada merah bata saja loh. Kamu bisa bermain dengan warna putih, hitam atau warna apapun yang ingin kamu terapkan.

Takut terlihat lusuh karena memakai desain dinding batu bata ekspos? Tenang dulu, kamu bisa melakukan trik menghadirkan bata ekspos ini di satu bidang dinding saja. Kombinasikan dinding batu bata ekspos di satu sisi dengan rak peralatan makan terbuka di ruang dapur. Kamu bisa pilih warna cerah seperti putih atau krem untuk memberi kesan vintage pada ruangannya. Desain dinding batu bata ekspos warna putih juga bisa memberi kesan bersih dan lapang pada ruang minimalis.

Kamu bisa juga mengombinasikan bata ekspos dengan dinding beton. Kombinasi keduanya akan memberi kesan hangat dan dingin serta memberi rasa estetika yang unik. Pilih bata ekspos warna hitam untuk memberi desain interior bergaya modern ataupun minimalis.

Coba juga menerapkan dinding bata ekspos pada sepertiga atau seperempat bagian dari dinding semen. Setelahnya kamu bisa mengombinasikan dinding bata ekspos ini dengan lantai dari kayu. Kesan rustic yang kuat akan hadir kala kamu menyandingkan dinding batu bata ekspos dan lantai dari kayu.

Sebagai pelengkap dinding batu bata ekspos, kamu bisa memberi dekorasi supaya desain batu bata ekspos terlihat lebih menarik. Pilih saja beberapa bingkai foto sederhana serta beberapa tanaman hijau dalam pot kecil. Dekorasi tersebut akan memberikan nuansa alami yang segar dan hidup pada ruangan.

Desain rumah minimalis zen style

Sumber gambar thedesignstory

Kalau mendengar kata zen style pasti kita langsung teringat akan desain ala Jepang yang minimalis. Zen sebenarnya adalah ajaran filsafat Buddha yang berkembang di kawasan Asia Timur. Saat Zen dihubungkan dengan hunian maka zen berarti sebuah desain yang bisa mencerminkan keseimbangan, harmoni, dan relaksasi.

Desain rumah minimalis zen style tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Dengan mengaplikasikan konsep tersebut untuk rumah, maka hunian akan teras makin rapi dan minimalis. Penghuni rumah juga akan dituntut untuk lebih disiplin dan teliti dalam memilih barang yang diletakkan dalam rumah. Prinsip zen style adalah menyingkirkan berbagai benda yang tidak begitu berguna dan bisa menyempitkan isi rumah. Sehingga, di dalam rumah hanya ada benda atau barang fungsional saja.

Zen style sejatinya memang desain yang mengutamakan rasa relaksasi dan juga keseimbangan. Desain rumah zen style bisa diperkuat dengan menghadirkan warna yang mencerminkan zen style. Berbagai warna natural bisa kamu pilih karena warna-warna tersebut sangat mencerminkan zen style. Warna seperti putih, abu-abu, krem dan hijau kerap digunakan dalam desain rumah zen style karena bisa menciptakan relaksasi dan ketenangan.

Selain dengan memilih warna yang tepat untuk rumah, kamu juga bisa menerapkan desain rumah minimalis zen style melalui penggunaan kain. Misalnya untuk gorden, kamu bisa menerapkan warna natural supaya kesan zen lebih terasa. Gunakan bahan tekstil yang alami seperti misalnya wol atau linen untuk memberi kesan kalem pada rumah.

Kemudian untuk memperkuat zen style di rumah minimalis, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan. Pasang lampu dengan nuansa warm light sehingga bisa memberi rasa tenang dan relaksasi pada penghuninya. Bisa juga dengan memakai pelindung lampu supaya sinar lampu tidak langsung menyorot melainkan memberi suasana temaram yang damai dan adem.

Untuk pemilihan furniture pada desain rumah minimalis zen style kamu bisa menerapkan furniture yang simple. Jangan gunakan detail yang rumit dan ornamen yang berlebihan. Pilihlah warna furniture yang sesuai dengan warna zen yakni warna natural yang kalem. Kalau masih bingung dan ingin lebih banyak inspirasi, yuk daftar di The Design Story untuk mendapatkan lebih banyak info lagi!

Desain rumah minimalis open style

Sumber gambar thedesignstory

Tips desain rumah minimalis selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan pada rumah sempit adalah desain open style. Sekarang ini makin banyak hunian menerapkan open style design pada rumahnya karena bisa memberi kesan ruangan lebih lapang dan luas. Tentunya desain ini akan cocok sekali untuk rumah minimalis karena bisa membuatnya terkesan lebih nyaman untuk dihuni.

Konsep desain open style ini paling pas untuk diterapkan pada rumah mungil atau rumah berukuran kecil. Konsep ini akan membuat beberapa ruangan dalam rumah menjadi sebuah ruangan besar tanpa adanya dinding pemisah antar ruangan. Dengan menerapkan konsep ini maka dinding atau elemen vertikal untuk membedakan fungsi satu ruang dengan ruang lainnya bisa diminimalkan. Misalnya saja untuk membedakan dua ruang yang berdekatan, dibanding memakai dinding, kamu bisa memakai lantai yang berbeda untuk kedua ruang tersebut sehingga secara psikologis orang bisa membedakan kedua fungsinya.

Selain memakai jenis lantai yang berbeda, kamu juga bisa menyusun pola lantai dengan cara berbeda. Cara yang satu ini efektif untuk kamu yang sedang hemat biaya. Beli saja satu jenis keramik lalu saat menyusunnya, bedakan pola antara ruang satu dengan ruang lainnya.

Open style design cocok untuk kamu yang ingin suasana rumah jadi lebih rileks. Desain yang satu ini bisa memberi kesan luas dan kamu bisa mendapatkan utilitas ruang tanpa mengorbankan estetika. Konsep open style ini juga bisa meningkatkan interaksi di antara sesama penghuni rumah.

Kendati demikian ada juga kekurangan dari konsep yang satu ini yakni kurangnya privasi. Namun hal ini masih bisa ditangani dengan cara penataan yang tepat, pemilihan furniture yang pas serta faktor pencahayaan yang pas. Kamu bisa memilih sekat sebagai partisi ruang untuk mengatasi minimnya privasi pada desain yang satu ini.

3 dekorasi yang cocok untuk rumah minimalis

Rumah minimalis seolah memberi gambaran hunian seadanya yang jauh dari kata elegan dan mewah. Namun anggapan tersebut salah loh. Meski memiliki ruang terbatas untuk dekorasi, rumah minimalis tetap bisa dipercantik dengan dekorasi yang tepat. Kalau kamu nggak ingin bingung tentang dekorasi, bisa coba daftar di The Design Story lho! Kamu bisa dapat bantuan tentang rumah, dekorasi, dan banyak lagi!

Jangan hanya karena rumahnya minimalis lalu kamu malah membatasi kreasi kamu untuk mempercantik rumah. Alasan budget terbatas juga bisa diatasi dengan mudah. Kamu bisa tetap mendapatkan hunian yang cantik tanpa harus memboroskan banyak uang kok. Dekorasi yang simple dan sederhana bisa membuat rumah tampak indah dan nyaman dihuni. Berikut ini ada 3 dekorasi sederhana yang cocok untuk kamu terapkan pada rumah minimalis.

Meja dan kursi tembus pandang

Sumber gambar thedesignstory

Meja dan juga kursi merupakan barang yang wajib ada di setiap rumah. Fungsinya sebagai tempat duduk bisa diperluas dan berfungsi untuk menambah keindahan dan nilai estetika di sebuah rumah. Untuk memberi kesan yang indah kamu bisa memilih meja dan kursi tembus pandang, misalnya saja yang berbahan akrilik. Mungkin terlihat sedikit rapuh, namun jangan khawatir karena bahan akrilik ini cukup kuat untuk menahan beban di atasnya. Dengan meja dan kursi model tembus pandang ini, maka ruang sempit bisa terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya karena kamu bisa melihat berbagai benda yang ada di balik meja dan kursi tersebut.

Karpet motif besar

Sumber gambar thedesignstory

Mendekor bagian dalam rumah memang menjadi tantangan tersendiri yang menyenangkan. Selalu ada saja hal yang bisa kita ubah untuk menciptakan suasana yang baru dalam rumah. Kalau kamu bosan dengan tampilan yang sederhana dalam rumah, kamu bisa mencoba mengganti karpet polosmu dengan karpet yang memiliki motif besar. Kamu yang memiliki rumah model minimalis dan ruang yang sempit, bisa melengkapi ruang tersebut dengan karpet motif besar dengan warna yang lembut. Jenis karpet motif besar dengan warna kalem akan bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas loh.

Kabinet multifungsi

Sumber gambar thedesignstory

Dekorasi selanjutnya yang cocok untuk rumah minimalis kamu adalah kabinet multifungsi. Tentunya kita butuh banyak barang dari yang kecil hingga besar untuk berbagai keperluan. Akan lebih ringkas dan rapi jika kita meletakkannya dalam sebuah laci atau kabinet. Nah, jika rumah kamu tipe minimalis, tentu kamu tidak ingin membuang banyak space hanya untuk berbagai jenis lemari hingga tempat penyimpanan lainnya. Pilih saja kabinet multifungsi yang bisa memaksimalkan tempat penyimpanan sekaligus bisa menghemat space di rumah kamu. Dengan memakai kabinet multifungsi, kamu tidak hanya bisa menyimpan aneka barang keperluan namun juga bisa membuatnya sebagai dekorasi rumah yang apik.

Nah, jika kamu ingin mendapat lebih banyak lagi inspirasi tentang desain rumah dan hal-hal yang berkaitan dengan itu, kamu bisa kunjungi dan daftar di The Design Story. Yuk, segera cek sekarang juga!