Di Hari Spesial, Inilah 10 Inspirasi Kado Pernikahan Islami Yang Istimewa di 2018

Di Hari Spesial, Inilah 10 Inspirasi Kado Pernikahan Islami Yang Istimewa di 2018

Mencari kado pernikahan islami yang paling oke buat pengantin baru kadang tidak segampang yang kita kira. Banyak benda-benda Islami yang sudah umum, dan terlihat biasa jika dijadikan kado begitu saja. Oleh karena itu, BP-Guide siap membantumu untuk mencari kado pernikahan Islami yang tidak akan mengecewakan sang mempelai.

Masih bingung mencari kado pernikahan Islami?

Mencintai lawan jenis tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena cinta adalah fitrah yang sudah ada seiring dengan penciptaan manusia itu sendiri. Cara mengekspresikan cinta tentu saja berbeda-beda bagi setiap orang, daerah, budaya, negara dan tentunya agama. Tak seperti kebiasaan barat yang bisa mengekspresikan cinta secara bebas, Islam justru memiliki aturan dan batasan-batasan tertentu dalam menyalurkan rasa cinta. Pernikahan adalah aturan mutlak yang harus dijalankan oleh Muslim untuk bisa menyalurkan cinta yang halal dengan pasangannya.

Di negara kita, sebuah pernikahan tentu saja sangat identik dengan kado atau hadiah. Dalam Islam sendiri, kado atau hadiah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan niat mewujudkan hubungan yang baik dengan orang tersebut serta mengharap pahala dari Allah. Hadiah diberikan tanpa adanya permintaan dan syarat apapun yang mengikatnya. Islam mensyaria’atkan pemberian hadiah untuk membalas budi dan menjalin silaturahmi serta kasih sayang antara sesama Muslim, namun akan menjadi haram jika hadiah tersebut merupakan barang haram atau sesuatu yang menjurus ke perbuatan haram, misalnya suap menyuap. Selama tujuannya baik, islam sangat menganjurkan umatnya untuk saling memberi hadiah di waktu-waktu tertentu, seperti walimahan (pernikahan), sunatan dan sebagainya.

Ketika mendengar saudara atau sahabat Muslim-mu menikah, kamu tentu saja sangat berbahagia. Selain menghadiri undangan-nya kamu pun ingin memberikan kado atau hadiah untuknya. Sekecil apapun itu, kamu ingin kado atau hadiahmu menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat dan selalu dikenang oleh sahabat atau saudaramu yang akan menikah.

Tips mempersiapkan kado pernikahan Islami

Bagi orang yang akan menikah, mereka pasti menyiapkan pernikahan yang sebagus mungkin agar dapat dikenang untuk selamanya. Mereka juga mengharapkan kehadiran kamu dan sahabat-sahabatnya yang lain untuk memeriahkan dan mendoakan pernikahannya. Namun bagi dirimu sendiri, hadir dan mendoakan saja rasanya tidaklah cukup. Kamu pasti ingin memberikan sesuatu yang membuat sahabatmu bahagia dan berkesan.

Kado yang berkesan tidak berarti harus mahal lho, kamu bisa memberikan sesuatu yang disukai atau dibutuhkan oleh sahabatmu dengan harga yang murah. Walaupun murah, carilah yang kualitasnya bagus dan unik karena kado yang unik membuat sahabatmu akan senantiasa mengenang dirimu.

Bagaimana cara memilih kado murah namun unik dan berkesan? Yang pertama, lakukan survei ke beberapa toko atau penjual, lalu lihat tampilan barangnya dan bandingkan harganya. Pilihlah yang berkualitas bagus namun harganya murah. Kedua, pertimbangkanlah apa kira-kira yang dibutuhkan pengantin baru? Saat baru-baru menikah, pengantin baru sedang romantis-romantisnya, mereka suka kado yang bisa digunakan berdua seperti mug couple, baju couple, dan sebagainya. Kamu bisa memilih kado ini untuk membantu membangun suasana romantis di antara mereka. Atau barang-barang yang mereka butuhkan untuk rumah baru mereka nanti seperti peralatan masak atau barang-barang elektronik.

Inspirasi kado pernikahan islami

Sebagai Muslim, kamu pastinya memikirkan kira-kira kado apa yang baik diberikan kepada sahabat yang sesuai dengan syariat Islam. Sebenarnya tidak ada standar khusus yang mengatur kado apa yang boleh diberikan kepada sesama Muslim dan apa yang tidak boleh. Namun alangkah lebih baiknya jika kado yang kamu berikan menjadi penyemangat mereka untuk beribadah kepada Allah dan mendorong mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Salah satu kado yang bermanfaat namun tidak memerlukan budget yang besar adalah perlengkapan ibadah seperti mukena, peci, Al-Quran dan sajadah yang bercorak seragam. Setelah menikah, tak hanya kegiatan lain, ibadah pun kini dilakukan bersama. Kegiatan ibadah ini akan terasa lebih berkesan jika peralatan yang digunakan bermotif senada. Jadi kamu bisa banget memberikan perlengkapan ibadah couple untuk sahabatmu.

Jika peralatan ibadah kamu rasa terlalu biasa dan personal, kamu bisa memilih kado lain yang kira-kira cocok untuk pengantin baru. Tapi kamu masih bingung mau kasih kado apa? Berikut kami beberapa inspirasi kado yang bisa berikan untuk sahabatmu.

Buku

Pernikahan dalam Islam merupakan salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, sunah nabi dan sarana mengekspresikan cinta secara halal. Mempersiapkan pernikahan tak hanya mempersiapkan secara lahiriahnya saja, tapi juga psikologinya karena pernikahan bukan tentang kesiapan secara materi semata, melainkan juga kematangan jiwa untuk mengayuh biduk rumah tangga nantinya.

Salah satu cara untuk mempersiapkan kematangan jiwa adalah dengan membaca buku-buku tentang pernikahan. Nah, kamu bisa banget memberikan buku tentang pernikahan sebagai kado untuk sahabatmu agar pernikahannya nanti menjadi well-prepared dan barokah.

Memilih buku pernikahan untuk dijadikan kado juga harus mempertimbangkan berbagai hal, contohnya buku apa yang kira-kira cocok untuk sahabatmu. Caranya, kenali dulu karakter sahabatmu, lalu pilihlah buku yang sesuai dengan karakternya tersebut. Ada baiknya juga kamu memberikan buku-buku tentang motivasi, saran, tips atau pencerahan lainnya yang berkaitan dengan pernikahan dan rumah tangga.

Salah satu buku tentang pernikahan yang recommended adalah buku yang berjudul “Nasihat dan Pelajaran Calon Pengantin”, buku berukuran 16 x 23,5 cm dengan berat 292 gram ini menjelaskan bagaimana solusi jitu untuk calon pengantin yang masih ragu tentang pernikahan. Dengan ketebalan 207 halaman dan dibalut softcover, buku ini juga membahas tentang berbagai solusi tentang permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga. Buku ini juga banyak dijual secara online, harganya Cuma Rp. 44.000 saja, bahkan di tokopedia cuma dijual seharga Rp. 33.600. Memberikan kado ini dijamin akan membantu sahabatmu untuk lebih siap secara mental dan lebih matang secara pengetahuan untuk membina keluarga idaman yang sesuai dengan ajaran Syariat Islam.

Perlengkapan shalat

Pada beberapa daerah, mas kawin bisa diberikan dalam bentuk seperangkat alat sholat. Namun demikian tak berarti kamu tidak bisa memberikan kado berupa perlengkapan sholat untuk sahabatmu. Karena perlengkapan sholat pasti akan selalu dibutuhkan bagi umat Muslim, tentu saja kadomu ini akan sangat berguna baik bagi pengantin wanita maupun pengantin pria.

Kamu bisa memberikan satu set perlengkapan ibadah berupa mukena, sarung dan sepasang sajadah. Sekarang bayak kok mukena dan sarung yang sengaja dirancang untuk couple sehingga motifnya senada. Untuk perlengkapan sholat ini bisa kamu dapatkan di ZALORA Indonesia, disini barang-barang perlengkapan sholat didesain secara modern dan mengikuti trend serta kebutuhan umat Muslim, harganya juga terjangkau, mulai dari Rp. 195.000 sampai Rp. 350.000. Barang branded di ZALORA juga sangat berkualitas sehingga sahabatmu akan mendapatkan kenyamanan dalam beribadah ketika menggunakan kado peralatan sholat dari kamu.

Memberikan perlengkapan sholat tak hanya sebatas memberikan kado semata, karena dibalik kadomu itu ada doa dan harapan yang kau panjatkan agar sahabatmu dan pasangannya lebih termotivasi dan rajin dalam beribadah serta mendekatkan diri pada Allah. Kado darimu membuat keduanya tak hanya mengingatmu sebagai pemberinya, tetapi juga harapan yang kamu sematkan di dalamnya.

Hiasan kaligrafi

Sebuah ruangan akan terasa kosong dan hampa jika tidak ada hiasan yang menghiasi dindingnya. Ketika akan menikah, salah satu hal yang dipersiapkan oleh calon pengantin (terutama pengantin perempuan) adalah desain interior kamar pengantinnya. Apalagi jika sahabatmu adalah orang yang sangat peduli dengan tampilan sebuah ruangan, maka hiasan kaligrafi sangat pantas kamu jadikan kado pernikahan sebagai penghias dinding kamarnya.

Kaligrafi tak hanya berfungsi sebagai hiasan dinding semata, namun juga menentramkan hati jika dipandang dan Insya Allah tidak keluar dari tuntutan agama. Memberikan kado kaligrafi kepada sahabat Muslim akan menambah keindahan dan artistik kamar pengantinnya. Ada begitu banyak penjual kaligrafi dengan berbagai pilihan desain tulisan, bingkai dan warna. Jika waktumu terbatas untuk mencarinya secara langsung, kamu bisa membelinya di toko online atau marketplace seperti Tokopedia, estimasi harganya sekitar Rp. 69.000 sampai Rp. 280.000

Tak hanya menghiasi kamar pengantin saja, kado kaligrafi dari kamu juga sangat berguna dan tetap bisa dipakai saat sahabatmu nantinya memiliki rumah baru. Karena rumah barunya tentu saja butuh hiasan untuk mempermanis ruangan, kaligrafi darimu dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan suasana rumah yang semakin Islami, indah dan sekaligus menyejukkan mata. Dijamin melalui kaligrafi ini, sahabatmu akan terus mengingatmu.

Al Quran

Al-Quran merupakan salah satu petunjuk dan rahmat bagi orang beriman dan bertakwa, Al-Quran juga menjadi pedoman bagi umat Islam. Oleh karena itu sebagai Muslim sangat dianjurkan untuk selalu membaca dan memperlajari makna dari ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran. Nah, jika kamu masih bingung mau memberikan kado apa untuk pernikahan sahabatmu, maka Al-Quran merupakan jawabannya.

Ya, meskipun bisa dipastikan hampir semua Muslim memiliki Al-Quran di rumah masing-masing, namun tak berarti kamu tidak bisa memilih Al-Quran untuk dijadikan kado lho. Al-Quran menjadi kado istimewa dan sangat bermanfaat untuk sahabatmu. Apalagi jika Al-Quran yang kamu berikan memiliki terjemahannya, karena dari sini sahabatmu bisa mempelajari lebih dalam lagi makna-makna yang tersirat di dalam Al-Quran. Membaca dan mempelajari Al-Quran merupakan suatu ibadah dan dihitung sebagai pahala. Jadi selain memberikan kado kamu juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk sahabatmu.
Apalagi saat ini banyak sekali Al-Quran yang didesain dengan sangat cantik, mulai dari kertasnya sampai ke covernya. Ada juga Al-Quran yang dilengkapi dengan terjemahan dan tajwidnya, jadi sangat cocok untuk dijadikan kado pernikahan. Misalnya saja Mushaf Al-Quran (A6) edisi ekonomis terbitan Pustaka Al-Kautsar yang sudah mendapatkan tashih dari lembaga resmi pemerintah Indonesia. Mushaf ini ditampilkan dalam khot Utsmani, diproduksi dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat kompetitif, yaitu sekitar Rp 48.000 saja. Kamu bisa banget menjadikan Al-Quran ini sebagai kado untuk sahabatmu.

Hiasan Dinding Ka'bah

Sumber gambar www.fineartamerica.com

Rumahku, surgaku. Istilah ini sangat terkenal di kalangan umat Muslim. Rumah memang seharusnya menjadi tempat ternyaman dan menjadi surga tersendiri bagi penghuninya. Oleh karena itu, sudah seharusnya umat Muslim menghiasi rumahnya agar terlihat nyaman dan artistik. Salah satunya dengan lukisan dan hiasan dinding lainnya. Karena itu kamu bisa menjadikan hiasan dinding sebagai kado untuk pernikahan sahabatmu.

Di atas sudah disebutkan jika kaligrafi dapat dijadikan sebagai inspirasi kado pernikahan. Namun ternyata tak hanya kaligrafi, hiasan dinding berupa gambar Ka’bah juga bisa lho kamu jadikan kado pernikahan yang Islami untuk menambah estetika kamar pengantin atau ruangan rumah sahabatmu.

Hiasan dinding Ka’bah merupakan foto Ka’bah dengan masjidil haram serta background komplek Abraj Al-Bait. Selain memperindah ruangan, hiasan dinding Ka’bah juga akan membangkitkan semangat dan kerinduan untuk dapat bertamu ke rumah Allah, Makkah Al-Mukarrahmah untuk menunaikan rukun Islam yang terakhir. Kamu bisa membelinya secara langsung di toko atau bisa juga melalui online, harganya dibanderol dari Rp. 200.000 sampai Rp. 600.000.

Buku hadist & sunnah Rasullullah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain Al-Quran, Hadits dan sunnah Rasul juga merupakan pedoman hidup umat Islam. Maka sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk mempelajari dan berpegang teguh pada hadist dan sunnah Rasulullah Saw.

Buku hadist dan sunnah Rasul bisa banget lho kamu jadikan kado untuk sahabatmu. Salah satu buku yang direkomendasikan adalah “Bulughul Maram, Kumpulan Hadits dan Sunnah Rasulullah Muhammad Saw karangan Al-Hafizd Ibnu Hajar Al-‘Asqalani. Buku ini merupakan karya besar yang sangat terkenal di dalam khazanah Islam dan menjadi rujukan bacaan untuk memahami Islam bagi Muslim di seluruh dunia. Harganya di kisaran Rp. 165.750 saja lho. Di dalamnya dijelaskan bagaimana seorang Muslim seharusnya beraktivitas dan berperilaku sesuai dengan sunnah Rasulullah—dari bangun tidur sampai tidur kembali—semuanya dibahas secara tematis, tuntas dan mudah untuk dipahami. Terjemahan bahasa Indonesia-nya juga sangat enak dibaca sehingga memudahkan untuk dimengerti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memberikan buku hadits dan sunnah Rasul, kamu sudah mengajak sahabat kamu untuk mempelajari dan melaksanakan ajaran Islam atas dasar yang benar dan sesuai dengan tuntutan Rasulullah, sehingga akan mengantarkannya kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Insya Allah.

Jilbab atau pashmina

Islam mewajibkan umatnya untuk menutup aurat secara sempurna, hal ini bertujuan untuk menjaga kehormatan, marwah serta menjaga wanita itu sendiri dari fitnah dunia. Perintah inilah yang kemudian dijadikan dalil atau landasan wanita-wanita Muslim untuk mengenakan jilbab sebagai penutup aurat mereka. Seiring perkembangan waktu, model jilbab ini pun mengalami perkembangan, jika dulu model jilbab hanya begitu-begitu saja, saat ini jilbab divariasikan dengan model, warna, corak dan bahan yang sangat variatif.

Sebagai sahabat Muslim, kamu bisa menjadikan jilbab atau pashmina sebagai inspirasi kado pernikahan sahabatmu. Selain untuk menyenangkannya dengan kadomu, kamu juga membantunya menambah koleksi jilbab yang digunakan untuk menjalankan perintah Allah SWT untuk menutup aurat dengan sempurna.

Memberikan jilbab untuk kado tentu saja kamu harus memperhatikan beberapa hal supaya jilbab yang kamu berikan cocok dengan karakter dan style sahabatmu. Sama seperti saat kamu membeli jilbab untuk dirimu sendiri, kamu pasti mencari yang paling cocok dan pantas dengan selera, karakter dan warna kulitmu bukan? Apalagi sahabatmu yang masih berstatus sebagai pengantin baru yang pada dasarnya ingin terlihat cantik di depan suaminya. Paduan jilbab yang bagus akan membuat sahabatmu terlihat modis dengan tampilan yang elegan.

Meskipun kamu membeli jilbab dan pashmina dengan harga yang murah, namun kamu juga harus memperhatikan kualitasnya ya. Kualitas yang bagus akan membuat sahabatmu senang mengenakan jilbab dan pashmina darimu. Saat ini banyak banget produsen dan online shop yang menjual jilbab bagus dengan harga murah. Kamu bisa mendapatkannya di Zalia, jilbab dan pashmina dari Zalia memberikan sentuhan elegan dan bahannya juga beragam, mulai dari sleek, satin dan sebagainya. Harga 2-Pack Satin Infinity Snood dari Zalia sekitar Rp. 179.000. Jilbab atau pashmina yang berkualitas bagus, akan menunjang penampilan pengantin baru menjadi lebih anggun dan menawan.

Baju gamis & baju koko senada

Sumber gambar busanamuslimmodis.com

Selain kewajiban untuk menutup aurat, busa Muslim saat ini juga sudah menjadi trend fashion yang sangat digandrungi. Banyak sekali busana Muslim yang dirancang modis, fashionable namun tetap syar’i. Nah, kenapa tidak coba memberikan sepasang baju gamis dan baju koko yang senada untuk kado pernikahan sahabatmu?

Pasangan muda sangat senang jika bisa mengenakan pakaian seragam atau pakaian couple dengan pasangannya, terlebih lagi ketika menghadiri acara-acara tertentu seperti kondangan atau hari-hari besar seperti hari Raya, ada perasaan bahagia jika bisa mengenakan baju couple agar tampak serasi dan kompak.

Saat ini banyak sekali model baju Muslim couple terbaru yang dijual, oleh karena itu pilihlah yang model dan motifnya tidak pasaran, misalnya pakaian muslim couple batik Karenina atau batik sarimbit yang dijual dengan harga Rp. 275.000 saja. Memberikan kado berupa baju gamis dan koko yang seragam, pasti membuat sahabatmu sangat bahagia karena ia merasa mendapat perhatian dari kamu.

Tasbih

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah berdzikir (mengingat) Allah SWT dengan cara memuji-Nya. Biasanya, saat berdzikir kita akan menghitung lafaz dzikir tersebut, menghitungnya bisa dengan menggunakan jari atau tasbih. Tasbih biasanya terbuat dari kayu, tulang dan sebagainya.

Tasbih bisa lho kamu jadikan kado untuk sahabatmu. Selain unik, kado tasbih juga menyiratkan bahwa kamu ingin sahabatmu selalu berdzikir atau mengingat Allah SWT. Jika ingin memberikan tasbih sebagai kado, pilihlah yang terbuat dari bahan yang bagus, misalnya kayu cendana, kayu yang sangat terkenal dengan wanginya yang khas. Maka tak heran jika tasbih yang terbuat dari kayu cendana sangat dicari atau diminati karena orang meyakini dengan menggunakan tasbih dari kayu cendana akan membuat dzikir semakin khusyu’. Tasbih cendana yang dijual umumnya terdiri atas 33 butir (harga Rp. 95.000) dan 90 butir (harga Rp. 145.000).

Kado berupa tasbih dari kayu cendana yang kamu berikan kepada sahabatmu tak hanya membuatnya selalu berzdikir (mengingat) Allah tapi juga mengingatmu dalam dzikir dan doa-doanya.

Mug bertuliskan kalimat hamdallah

Sumber gambar www.thereminderstore.com

Mug couple memang sudah tak asing lagi untuk dijadikan sebagai kado pernikahan, karena pengantin baru memang suka hal-hal yang berbau couple atau pasangan. Mug tak hanya digunakan sebagai alat minum tapi juga dapat dijadikan hiasan untuk melengkapi meja atau lemari hias.

Pilihlah mug dengan bentuk yang lucu dan desain yang unik untuk kamu jadikan kado pernikahan sahabatmu. Supaya lain dari yang lain serta nuansa Islami-nya terasa, kamu bisa memberikan mug dengan menggunakan desain kaligrafi atau bertuliskan lafaz hamdallah. Di Snapy kamu bisa lho memesan atau bahkan mendesain sendiri mug yang ingin kamu berikan kepada sahabatmu. Mug dari Snapy menggunakan digital printing dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 22.000 per pcs. Serunya lagi, Snapy menyediakan template desain mug dalam ukuran 200 x 80 cm yang desain-nya bisa kamu pilih sesuai seleramu.

Jangan lupa persiapkan ucapan terbaik untuk pernikahan teman kamu

Memberikan kado rasanya belum lengkap jika tidak disertakan dengan harapan dan doa kepada kedua mempelai. Karena pada dasarnya yang paling diharapkan oleh mempelai adalah kehadiran dan doa restu dari keluarga dan sahabat-sahabat mereka agar rumah tangga merak kelak menjadi keluarga yang bahagia. Oleh karena itu jangan lupa sertakan juga doa-doa terbaikmu untuk sahabatmu, doa tersebut bisa kamu ucapkan secara langsung ataupun kamu tuliskan lalu menyelipkannya di dalam bungkusan kado.

Dalam Islam, ada ucapan doa yang paling sering digunakan untuk menandakan pengantin baru, doa ini dari sebuah hadits, yaitu:

  • “Barakallahu lakum wa baraka alaikum wa jama’a bainakuma fii khair” {Hadis sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain}
    Artinya: Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan serta mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.
  • Ada juga doa dari Rasulullah saw. saat pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah:
    “Semoga Allah Swt. menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi rasa aman bagi umat”
  • Kamu juga bisa menambahkan ucapan dan harapanmu kepada sahabatmu, misalnya:
    “Selamat menuju jenjang baru di kehidupanmu kawan. Cinta yang kalian bina selama ini kini telah mengantarkan kalian ke jenjang pernikahan. Pintaku kepadamu sobat, Jagalah pernikahan kalian itu dengan sebaik baiknya. Semoga menjadi keluarga yang sakinah”
From our editorial team

Kado pernikahan Islami menyejukkan kedua mempelai kapanpun mereka menggunakannya..

Dengan memberikan sebuah kado pernikahan Islami untuk sahabatmu, maka kamu juga telah ikut mengamalkan Islam dengan hati yang tulus. Biarlah kado tersebut membuat kedua mempelai selalu ingat kepada Allah SWT dan bertambah-tambah lagi iman dan takwa mereka. Amin.