Tampil Berbeda dengan 10 Rekomendasi Fashion Rok Tutu yang Bikin Kamu Lebih Cantik dan Fashionable (2020)

Tampil Berbeda dengan 10 Rekomendasi Fashion Rok Tutu yang Bikin Kamu Lebih Cantik dan Fashionable (2020)

Rok tutu adalah pilihan outfit yang tepat jika kamu pergi ke pesta ataupun untuk digunakan saat santai. Kabar baiknya, rok tutu sangat mudah dipadukan dengan atasan apa pun, lho. Cek dulu tips dan berbagai rekomendasi fashion rok tutu bersama BP-Guide. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Tampil Feminin dan Menawan dengan Rok Tutu yang Identik dengan Balerina

Rok tutu adalah istilah yang identik dengan balerina. Awalnya, rok tutu memang hanya dipakai untuk menyebut rok yang dipakai pada pertunjukan balet. Namun seiring berjalannya waktu, rok tutu sudah banyak dimodifikasi menjadi pakaian sehari-hari. Sekarang, segala jenis rok dengan model lipit dan punya lapisan kain tule polos dengan dalaman furing disebut rok tutu.

Belakangan, rok tutu kembali populer di berbagai kalangan. Modelnya pun menjadi semakin beragam. Bukan hanya rok tutu mini atau midi seperti yang biasa dipakai oleh para balerina, namun ada juga rok tutu panjang sampai ke mata kaki. Sehingga rok jenis ini juga bisa dipakai oleh kamu yang menggunakan hijab.

Selain model, motifnya juga sangat beragam. Ada rok tutu polos, ada yang diberi motif cantik, atau diberi tambahan hiasan seperti mutiara hingga aksen payet. Tampilan rok tutu membuat siapa pun yang memakai rok ini tampak lebih feminin.

Jenis Atasan yang Cocok Dipadukan dengan Rok Tutu

Tank Top untuk Mendapat Kesan Ala Balerina

Sumber gambar https://cz.pinterest.com

Modelnya yang lipit dan mengembang membuat rok tutu sendiri sudah memberikan kesan ramai pada penampilan kamu. Jadi, sebaiknya padukan rok tutu dengan atasan yang lebih sederhana seperti tank top. Kamu bisa memilih tank top polos, bermotif, atau dengan aksen tertentu.

Misalnya tanktop dengan leher sweetheart yang bisa membuat penampilanmu semakin anggun. Jika kurang percaya diri menggunakan tank top karena terlalu terbuka, kamu bisa menambahkan luaran berupa cardigan rajut.

Paduan rok tutu dengan tank top menampilkan kesan feminin namun tetap santai dan kasual. Sebisa mungkin padukan dengan warna yang kontras. Jika rok tutu kamu berwarna terang, maka pilih tank top dengan warna gelap begitu pula sebaliknya.

Untuk menambah kesan kasual, kamu bisa memadukannya dengan ankle boots berwarna gelap. Gaya ini sangat cocok untuk dipakai ke acara santai seperti nongkrong atau jalan-jalan ke mall.

Sweater dengan Warna yang Manis

Selain tank top, kamu juga bisa memadukan rok tutu dengan sweater berwarna manis untuk menghadirkan kesan sporty. Warna manis yang dimaksud adalah warna-warna pastel, seperti pink dan lavender. Pastikan warna sweater tetap senada dengan warna rok tutu, sehingga kesan cheerful dan manisnya semakin terasa.

Perpaduan ini bisa menjadi alternatif gaya untuk kamu yang berhijab, dengan memadukan rok tutu panjang dan sweater. Padu padan ini sangat identik dengan gaya-gaya yang biasa ditampilkan orang-orang Korea dan Jepang, di mana penampilan ala street style sangat digemari di sana. Kamu bisa memilih sweater dengan dekorasi embroidery, gambar, hingga embellishment.

Menggunakan sweater polos pun tidak masalah. Kamu bisa menambahkan aksesoris tersendiri untuk meramaikan penampilanmu. Jika ingin tampil sedikit lebih feminin, kamu bisa memilih sweater dengan jenis cropped. Namun jika ingin tampilan yang sangat menonjolkan sisi street style, maka pilihlah sweater jenis oversized.

Kemeja untuk Tampilan Semi Formal

Sumber gambar https://luxymom.com


Kamu bisa memadukan rok tutu dengan kemeja rapi. Masukkan kemeja ke dalam rok tutu dan tambahkan ikat pinggang berukuran agak besar sebagai pemanis. Paduan ini akan menghasilkan look yang modern dan rapi.

Kaos untuk Kesan Dramatis



Padukan rok tutu warna hitam dengan atasan kaos bergambar menarik. Tambahkan sneakers yang berwarna senada untuk tampilan sporty dan playful. Jika masih kurang dramatis, kamu masih bisa menambahkan aksesoris sebagai statement tambahan, misalnya sling bag berbahan rotan atau kalung-kalung berukuran cukup besar.

Blus untuk Pergi ke Pesta

Untuk padu padan yang satu ini bisa dijadikan inspirasi ketika kamu akan menghadiri sebuah pesta. Rok tutu bisa dipadukan dengan blus cantik dengan warna yang serasi dengan warna rok.

Paduan rok tutu, blus putih berlengan balon, dan pashmina akan memberikan kesan classy yang simple. Untuk alas kakinya, kamu bisa menggunakan sneakers, flat shoes atau bahkan high heels.

Tips Memilih Rok Tutu

Sesuaikan Ukuran dengan Tinggi Badan

Dulu, rok tutu hanya memiliki satu ukuran panjang yang biasanya adalah selutut. Namun sekarang, rok tutu hadir dengan ragam ukuran panjang. Ada rok tutu maxi, rok tutu midi, dan rok tutu mini. Rok tutu maxi akan memberikan siluet tubuh yang lebih langsing dan sangat cocok dipadukan dengan atasan kasual, seperti T-shirt dan hoodie.

Rok tutu midi biasanya memberikan impresi elegan namun tetap santai. Biasanya siluet dari rok tutu midi ini tidak terlalu mengembang dibandingkan dengan rok tutu mini. Terakhir adalah rok tutu mini yang biasanya dibuat lebih bervolume daripada rok tutu maxi dan midi. Rok tutu jenis ini mengekspos bagian kaki lebih banyak sehingga akan membuatmu tampak lebih jenjang.

Ketiga jenis rok tutu tersebut memberikan impresi yang berbeda-beda. Jika tubuh kamu kurang begitu tinggi, sebaiknya hindari menggunakan rok tutu maxi karena akan membuatmu tampak lebih pendek. Rok tutu maxi lebih cocok dipakai oleh mereka yang cukup tinggi dan mereka yang ingin menyamarkan ukuran betis dan kaki.

Sedangkan untuk rok tutu midi, lebih cocok dipakai untuk banyak orang. Untuk kamu yang bertubuh petite, sebaiknya pilih rok tutu mini atau midi agar badanmu tidak nampak tenggelam. Memilih rok tutu yang sesuai dengan bentuk tubuhmu akan sangat memaksimalkan penampilanmu.

Rok Tutu Lipit atau Flare?

Selain ukuran, model rok tutu juga cukup beragam. Rok tutu lipit, cenderung lebih tipis sehingga kamu akan terhindar dari kegerahan. Ukurannya tidak begitu lebar dan tidak mudah terbang dititup angin. Lipitannya sendiri ada tiga model, yakni pipih, hadap, dan sungkup.

Rok tutu pipih mirip seperti rok sekolah anak SD yang arah lipatannya hanya searah. Sedangkan rok tutu hadap punya arah lipatan yang berhadapan entah itu di bagian tengah muka, tengah belakang, atau di sekeliling rok. Sedangkan rok tutu sungkup adalah rok tutu dengan arah lipatan yang berlawanan.

Jenis kedua yakni rok tutu flare yang membeikan lebih banyak ruang untuk bergerak dengan bebas. Rok ini juga cenderung lebih nyaman dipakai daripada rok pensil biasa ketika musim panas. Pilih rok tutu flare dengan bahan yang tipis dan tekstur yang ringan, misalnya chiffon, agar dapat menyerap keringat dengan lebih baik. Selain itu, bahan rok tutu flare yang terlalu tebal juga akan memberikan siluet badan yang lebih berisi.

Perhatikan Jumlah Lapisan Kain Rok Tutu

Sumber gambar https://www.pinterest.com

Kamu juga perlu memerhatikan jumlah lapisan kain pada rok tutu. Sama dengan ukuran, salah pilih lapisan kain rok tutu akan membuatmu tampak tenggelam. Rok tutu satu lapis memberi sensasi jatuh dan ringan ketika digunakan, sangat cocok dipakai saat cuaca panas.

Namun perlu diperhatikan bahwa rok tutu satu lapis biasanya rawan menerawang, oleh karena itu sebaiknya perhatikan baik-baik pilihan bahannya. Kalau memang menerawang, pastikan kamu menggunakan celana tambahan di bawah rok tutu satu lapis tersebut. Rok tutu jenis ini sangat cocok untuk gaya kasual.

Untuk rok tutu beberapa lapis lebih cocok dipakai ke acara-acara penting seperti pesta, kencan, atau makan malam yang cukup formal. Karena bahannya berlapis, rok tutu jenis ini memang kurang cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Siluetnya tampak lebih bervolume dan kamu juga akan tampil lebih feminin. Dengan menggunakan rok tutu berlapis ini, penampilanmu akan menjadi lebih modis.

Pilih Rok Tutu dengan Bahan yang Nyaman

Pada umumnya, rok tutu dibuat dari bahan kain tule dengan permukaan yang terasa agak kasar dan sangat mengembang. Namun, saat ini rok tutu banyak hadir dengan bahan dari katun dan serat sintetis yang jauh lebih nyaman dipakai.

Bahan ini terasa lebih nyaman dan lembut, lebih mudah dirawat, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Harganya pun cenderung lebih terjangkau. Aspek ini sangat penting untuk pakaian yang dipakai sehari-hari.

Selain bahan bagian luaran, perhatikan juga bahan dalamnya. Pastikan rok tutu tersebut memiliki kualitas furing yang baik. Terasa lembut dan halus menyentuh kulit kamu, tidak menerawang, tidak panas, dapat menyerap keringat dengan baik, dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Kamu juga bisa memilih dalaman berbahan katun dengan luaran kain sutra yang cocok dipakai untuk pergi ke acara formal.

Sesuaikan dengan Bujet yang Dimiliki

Rok tutu hadir dengan berbagai jenis dan kualitas, juga rentang harga yang ditawarkan. Karena punya rentang harga yang cukup luas, pilihlah rok tutu yang sesuai dengan bujet yang sudah kamu siapkan. Jangan sampai anggaran untuk berbelanja pakaian ini memakan anggaran dari pos lain yang lebih penting.

Lagi pula, memilih rok tutu dengan harga murah sama sekali bukanlah masalah asal kualitasnya cukup baik dan terasa nyaman ketika kamu pakai. Selain itu, kamu juga bisa memilih rok tutu dengan desain dan ukuran serbaguna, sehingga bisa kamu pakai dalam berbagai kesempatan.

Pilih rok tutu dengan model simpel dan warna netral yang bisa dipakai ke berbagai acara dengan berbagai model, sesuai keinginan, akan sangat membantu menghemat pengeluaran kamu.

10 Rekomendasi Rok Tutu yang Kekinian

Perra Maxi Tulle Skirt RO197

Rekomendasi pertama adalah rok tutu yang cocok dipakai untuk tampilan formal karena pilihan warnanya yang cenderung gelap, namun tetap memberikan kesan manis dan cantik.

Kamu bisa memadukannya dengan atasan berwarna cerah sehingga memberikan kontras yang membuat penampilanmu semakin menarik.

Untuk tampilan yang lebih kasual, padukan rok tutu ini dengan cropped top polos atau bergambar. Kamu juga bisa menambahkan kesan feminin dengan atasan model one shoulder berwarna kontras.

Rok tutu dari bahan kain tule yang lembut dan tidak gatal ini cocok untuk dipakai pergi kuliah sampai ke kantor. Ia tersedia dalam satu ukuran saja yakni all size yang muat untuk ukuran S hingga L.

Harga Rp. 95.000-255.000

Tutu Maxi Skirt ButterFly Embroidery

Jika kamu ingin rok tutu yang lebih menonjolkan sisi feminin kamu sebagai perempuan, maka rekomendasi yang kedua ini sangat cocok untuk kamu. Rok tutu berwarna putih dengan aksen bordir kupu-kupu dan dedaunan kecil.

Desainnya siap menambah kesan feminin dan elegan ke dalam penampilanmu. Selain putih, ada juga beberapa pilihan warna lain seperti mocha, black, dan red. Model ini sangat cocok untuk kamu yang berhijab karena ukurannya yang panjang sampai ke mata kaki.

Panjang rok tutu ini adalah 92-95 cm dengan lingkar pinggang 62 cm (bisa melar sampai 100 cm) dan lebar rok kaki 280 cm. Rok tutu bernuansa elegan ini hanya tersedia dalam satu ukuran all size, fit M to XL.

Sama dengan rok tutu pada umumnya, produk ini juga dibuat dari bahan kain tile berkualitas tinggi. Meski kain tile terkenal agak kasar ketika dipegang, tidak begitu dengan rok tutu yang satu ini.

Bahan kain tile yang digunakan sangat halus dan mengembang dengan baik – tidak berlebihan. Rok berbentuk A atau payung, dengan bagian bawah yang cukup lebar sehingga memberikan kebebasan ruang untuk kamu bergerak.

Harga Rp. 159.000-262.500

Rok Tutu Mutiara

Beralih ke produk rekomendasi berikutnya yakni sebuah rok tutu dengan pemanis tambahan berupa mutiara-mutiara kecil mengelilingi bagian rok tutu. Mutiara yang tertempel juga berkualitas tinggi dan dipasang dengan sangat rapi sehingga tidak mudah lepas.

Perpaduan mutiara dan rok tutu ini bisa dijadikan alternatif oleh kamu yang ingin tampil manis namun tetap sporty dan sedikit gothic. Untuk bahannya sendiri terbuat dari campuran kain katun dan kain tile premium, sehingga tak heran jika rok ini terasa sangat halus ketika dipegang.

Selain warna hitam, rok tutu ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna lain seperti abu, merah, navy, dan cokelat susu. Detail ukuran dari produk ini yaitu lingkar pinggang 70-90 cm (muat hingga 65 kg), panjang dalaman 86 cm dan luaran 96 cm. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Harga Rp. 30.000-75.000

Rok Tutu 7/8 Velvet Prisket

Agak sedikit berbeda dengan produk-produk sebelumnya, kali ini ada sebuah produk rok tutu dengan model velvet prisket. Sesuai namanya, bahan yang dipakai pada rok tutu ini adalah bahan velvet yang membuat rok tutu terkesan jauh lebih mewah daripada yang biasanya.

Rok tutu berbahan velvet ini pun seringkali menjadi fashion item terfavorit, terutama di musim hujan karena cuacanya yang sangat sejuk dan nyaman untuk menggunakan rok semacam ini.

Selain untuk kegiatan sehari-hari, rok tutu ini sebenarnya cukup fleksibel. Kamu juga bisa memakai rok tutu ini ke pesta dengan cara memadukannya dengan atasan yang feminin pula.

Jika kamu tertarik ingin membeli rok tutu ini, tentu saja kamu sangat ingin mengetahui ukurannya dong? Jadi, rok tutu velvet prisket ini memiliki lingkar pinggang 66-110 cm, di mana ukuran tersebut cukup besar di masyarakat. Untuk panjangnya sendiri sekitar 72 cm untuk dalaman, dan 78 cm untuk bagian luaran.

Harga Rp. 135.000-215.000

Macadamia House R8829 Tutu Suede Skirt

Apabila dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya, rok tutu ini memang memiliki lebar rok yang tidak terlalu besar. Namun, rok juga terasa longgar ketika dipakai, bukan jenis rok yang sangat ketat sampai membentuk tubuh dan membuat kita kurang nyaman mengenakannya.

Rok dengan panjang 82 cm ini terbuat dari bahan suede dan tile. Ia juga hanya tersedia dalam satu ukuran all size yang muat untuk ukuran S sampai L. Uniknya, rok ini bisa dipakai bolak-balik tergantung selera dan kebutuha kamu. Ada pilihan warna lavender yang imut, choco yang manis, dan black yang elegan.

Sebenarnya jenis ini cocok dipakai ke berbagai acara, namun sangat direkomendasikan untuk memakainnya di acara formal dan memadukannya dengan heels untuk memberikan tampilan yang lebih feminin.

Harga Rp. 155.000-195.000

KLV Rok Tutu Printing Panjang / Printing Tutu Maxi Skirt Import

Tampil lebih unik dan elegan dengan rok tutu bermotif bunga dari hasil printing. Printing motif pada rok tutu memberikan kesan halus dan natural, feminin, juga sangat elegan. Karena merupakan kain hasil printing, maka rok tutu ini perlu beberapa metode perawatan khusus.

Misalnya hindari merendam rok tutu terlalu lama, hindari menyikat kain, jemur dengan cara terbalik, dan hindari menggunakan pemutih yang bisa melunturkan warnanya. Warnanya sangat lembut, cocok untuk kamu yang juga ingin tampil lembut.

Rok tutu ini terdiri dari 2 lapis kain tule dan 1 lapis furing sehingga bebas dari menerawang. Memberikan gaya ala orang Korea yang sangat cantik.

Modelnya A-line maxi skirt, cocok juga untuk kamu yang tampil menggunakan hijab. Panjang rok tutu ini adalah 90 cm, dengan lingkar pinggang 62 cm yang bisa melar hingga 100 cm dan lebar kaki 280 cm.

Harga Rp. 150.000-165.000

Rok Tutu Model A-Line Lipit Bahan Lace Mesh Motif Bordir Bunga

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa rok tutu hadir dengan berbagai model. Ada rok tutu dengan model mengembang, namun ada juga rok tutu dengan model yang lebih jatuh dan tidak mengembang sama sekali.

Model inilah yang kemudian diterapkan pada produk rok tutu yang satu ini. tampilan rok tutu yang tidak mengembang sangat cocok untuk dipakai di acara sehari-hari karena lebih memberikan kesan kasual daripada kesan formal. Namun demikian, penampilan feminin tetap hadir dengan pemilihan kain bagian luar dan aksen bunga-bunga yang ada.

Apalagi rok tutu ini juga hadir dengan material katun dan renda. Ada tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih dan kebetulan ketiga-tiganya cukup netral, yakni black, gray, dan white. Panjang dari rok tutu ini sendiri adalah 72 cm dengan lingkar pinggang yang bisa melar sampai 84 cm.

Harga Rp. 171.768-292.000

Korean High Waist Tutu Skirt Floral Long Pleated

Produk ini sedikit mirip dengan rekomendasi sebelumnya, namun yang ini hadir dengan pilihan warna yang lebih cerah, yakni pink, grayish blue, dan apricot.

Sehingga menambahkan kesan playful atau ceria yang semakin kental di dalam penampilanmu. Sangat cocok untuk pemakaian di siang hari karena warnanya akan tampak lebih menyala di bawah cahaya alami dari sinar matahari.

Kamu bisa memadukannya dengan atasan berwarna senada atau berwarna gelap untuk menghadirkan kontras yang menonjolkan penampilanmu.

Di bagian pinggang, rok tutu ini mengadaptasi konsep high waist yang bisa memberikan siluet perut yang lebih langsing dan kaki yang lebih jenjang karena tubuh bagian bawah akan nampak lebih panjang dibandingkan tubuh bagian atas.

Harga Rp. 186.048-279.100

Tulle Skirts Women Fashion Elastic High Waist Long Mesh Pleated Skirt T

Dibandingkan rekomendasi-rekomendasi sebelumnya, rok tutu ini punya model yang sedikit berbeda dan bisa dibilang cukup unik. Hadir dengan model yang lebih berani dan lebih seksi, rok tutu model mini ini menampakkan lebih banyak bagian kaki kamu.

Kamu bisa memadukannya dengan flat shoes atau heels berwarna senada untuk memberikan look kaki yang lebih jenjang. Bahannya sendiri merupakan kombinasi antara acrylic dan polyester yang hanya tersedia dalam satu pilihan warna yakni hitam. Ia juga dilengkapi dengan renda dan kain jala.

Kain jala adalah jenis kain berpori-pori besar, bahkan lebih besar daripada kain tile. Sangat cocok untuk dipakai di kegiatan sehari-hari, apalagi jika kamu merasa cukup percaya diri dengan tampil sedikit berbeda – dramatis. Bagian pinggangnya dilengkapi dengan karet yang siap melingkari bagian pinggangmu dengan baik dan cantik.

Harga Rp. 106.896-202.300

Rok Tutu High Waist Asimetris Bahan Mesh

Sedang mencari rok tutu untuk menghadiri pesta pernikahan? Tentunya kamu tidak ingin melewati rekomendasi rok tutu yang satu ini. Desain bergelombangnya sangat unik dan feminin, dijamin membuat penampilanmu jauh lebih menarik dan tampak berbeda.

Kamu akan mengundang banyak perhatian dengan menggunakan rok tutu model ini. Rok tutu ini cocok dipakai untuk kamu yang ingin memiliki siluet tubuh lebih berisi karena modelnya yang bergelombang dan terdiri dari beberapa lapis kain yang cukup mengembang.

Pilihan warnanya cukup beragam, dari warna yang paling gelap hingga warna terang semuanya tersedia. Ada warna black, white, pink, khaki, gray, dan apricot.

Rok tutu ini masuk ke dalam jenis rok tutu asimetris yang membuat tampilan kamu lebih trendy. Karena tampilannya sudah sangat mewah, maka sebaiknya padukan dengan atasan bermodel simple sehingga menyeimbangkan penampilan kamu.

Harga Rp. 147.424-220.900

Baca juga

From our editorial team

Ladies, Pilih Rok Tutu untuk Tampilan Fashionable

Rok tutu punya ciri khas yang unik untuk kamu pilih sebagai outfit keren. Namun coba pilihlah rok tutu dengan bahan yang nyaman agar kamu pun lebih leluasa untuk bergerak. Rok tutu sangat cantik jika kamu gunakan untuk outfit pesta. Padankan saja dengan heels dan handbag senada agar rok tutumu semakin fashionable. Yuk, pilih salah satu rok tutu yang direkomendasikan BP-Guide ini!